10 Fitur Baru Smartphone ini, Kemungkinan Akan Hadir di Tahun 2016 !

0
3342

Trenteknologi.com – Teknologi setiap tahunnya selalu berevolusi dengan sangat cepat dan juga lebih canggih daripada generasi sebelumnya, termasuk teknologi pada perangkat smartphone. Saat ini, perangkat smartphone dapat dikatakan telah digunakan oleh hampir seluruh orang di dunia, mulai dari anak-anak hingga para orang tua. Smartphone sangat dibutuhkan saat ini karena memiliki teknologi yang semakin hari dapat lebih mempermudah penggunanya dalam melakukan berbagai aktivitas. Bahkan di tahun 2016 ini, teknologi smartphone 2016 dikabarkan akan lebih canggih dibandingkan dari tahun-tahun sebelumnya. Ingin tahu apa saja fitur baru yang mungkin hadir pada smartphone di tahun 2016 ini ? Berikut ini Trenteknologi.com jajarkan 10 fitur baru pada smartphone yang mungkin akan hadir di tahun 2016 ini !

 

Fitur Pengisian Baterai

Smartphone Wireless Charging

Meskipun teknologi pengisian baterai secara nirkabel telah hadir sejak tahun lalu, namun belum dapat digunakan oleh semua smartphone yang ada saat ini. Minat konsumen kepada pengisian baterai secara nirkabel saat ini terbilang masih rendah, karena memerlukan smartphone yang kompatibel dengan fitur tersebut dan harus membeli lagi perangkat pengisian baterai nirkabel secara terpisah. Dan di tahun 2016 ini, dikabarkan akan ada perangkat pengisian baterai nirkabel yang dapat digunakan oleh seluruh tipe smartphone. Dengan adanya perangkat tersebut, pengguna akan lebih mudah dalam melakukan pengisian baterai tanpa perlu menggunakan kabel charger sedikitpun.

 

Headphone Nirkabel

Jasa Followers Instagram

Bluetooth Headphone

Ada satu hal yang tetap ada di ponsel sejak dahulu kala yaitu Audio Jack 3.5mm. Namun semakin lama penggunaan headphone yang memiliki kabel saat ini sudah tidak terlalu efisien, terutama untuk Anda yang seringkali beraktivitas ditemani dengan headphone pastinya sangat ribet dengan kabel headphone tersebut. Dan sebagai solusinya adalah menggunakan headphone nirkabel yang memanfaatkan jaringan Bluetooth untuk mengkoneksikan headphone dengan smartphone Anda.

BACA JUGA :  Beradu Kreativitas Melalui Canon Street Pixmatography di Kota Tua

 

Dual Display

Smartphone Dual Display

Dual Display juga dikabarkan akan menjadi fitur baru yang akan hadir pada smartphone di tahun 2016 ini. Beberapa produsen smartphone saat ini telah menghadirkan fitur Dual Display pada produknya, sebagai contoh seperti Yotaphone atau yang baru-baru ini diluncurkan yaitu LG V10. Dengan adanya fitur Dual Display, layar kedua tersebut dapat melakukan segala macam hal yang berguna seperti Notifications, Extra Control, Tickers hingga mengakses Email.

 

Penyimpanan Internal 32GB

Smartphone Internal Storage

Rata-rata smartphone yang ada saat ini hanya hadir dengan bekal internal storage maksimal sebesar 16GB saja, hanya beberapa produsen samartphone saja yang meluncurkan smartphone dengan internal storage 32GB. Dengan internal storage 16GB, masih ada saja pengguna yang merasa kurang dengan internal storage sebesar 16GB khususnya pengguna yang seringkali menggunakan smartphone untuk merekan video. Untuk dapat menikmati smartphone dengan kapasitas internal storage sebesar 32GB, pengguna harus membeli smartphone kelas Premium terlebih dahulu yang tentunya dijual dengan harga yang tidak murah. Namun di tahun 2016 ini, smartphone dengan internal storage 32GB akan lebih banyak diluncurkan dengan harga yang relatif terjangkau.

 

Resolusi Layar 4K

Smartphone 4K Display

Layar 2K sekarang sudah banyak tersedia di beberapa model smartphone, tetapi layar dengan resolusi 4K saat ini hanya terdapat pada smartphone kelas Premium yaitu Sony Xperia Z5. Maka dari itu layar dengan resolusi 4K digadang-gadang juga akan menjadi tren teknologi terbaru di tahun 2016 ini. Keuntungan dari layar beresolusi 4K adalah pengguna akan benar-benar terasa di dunia nyata, khususnya pada saat bermain games atau menonton video.

BACA JUGA :  Xiaomi Resmi Luncurkan Mi Band di Indonesia Hari Ini !

 

VoLTE

Smartphone VoLTE

VoLTE atau Voice Over LTE merupakan teknologi yang memungkinkan sebuah suara dapat disampaikan melalui data LTE. Dengan menggunakan fitur VoLTE, suara yang dihasilkan akan lebih jernih pada saat pengguna melakukan panggilan telepon. Ada banyak ponsel yang sudah mendukung fitur VoLTE di India, tetapi tidak dapat digunakan karena jaringan operator selular disana belum mendukung fitur VoLTE ini. Maka dari itu operator selular diseluruh dunia nantinya diharapkan dapat mendukung fitur VoLTE mulai pada tahun 2016 ini.

 

Iris Scanner

Fujitsu Arrows F-04G NX_Iris Scanner

Fitur Fingerprint saat ini sudah hadir di banyak produk smartphone, tetapi fitur Iris Scanner atau Pemindai Mata baru beberapa produsen smartphone saja yang menggunakannya. Dengan adanya fitur Iris Scanner, keamanan smartphone akan dapat lebih ditingkatkan tanpa harus menyentuh apapun. Salah satu produsen smartphone yang telah menggunakan fitur tersebut adalah Microsoft, Microsoft telah menerapkan Iris Scanner sebagai sistem keamanan untuk Lumia 950 dan 950XL. Bahkan Vivo, ZTE & Alcatel juga telah mengumumkan smartphone dengan dukungan fitur Iris Scanner dan dikabarkan akan dirilis pada tahun 2016. Selain itu, rumor juga menyambangi LG dan Samsung yang dikabarkan akan juga menggunakan fitur Iris Scanner pada produk terbaru mereka.

 

Dual Camera : Kamera Depan + Kamera Belakang

Smartphone Dual Camera

Ada beberapa smartphone yang dibekali dengan fitur Dual Camera yang telah diluncurkan dalam beberapa tahun terakhir. Sebagai contoh produsen smartphone yang membekali produknya dengan fitur Dual Camera adalah HTC, Huawei, Lenovo, Qiku dan Xolo yang memiliki smartphone dengan fitur Dual Camera pada kamera belakangnya. Sebagian besar smartphone tersebut telah membuat kesan yang baik pada penggemar kamera dengan memberikan ketajaman yang lebih baik dan fungsi re-fokus pada kameranya. Namun pada tahun 2016, dikabarkan akan terdapat smartphone dengan fitur Dual Camera pada kamera depan dan kamera belakang, sehingga akan dapat menghasilkan foto yang lebih baik lagi.

BACA JUGA :  5 Aplikasi Android yang Sebaiknya Anda Hapus Sekarang !

 

LiFi : WiFi Berkecepatan Tinggi

Smartphone LiFi

 

Li-Fi adalah istilah yang digunakan untuk generasi berikutnya dari teknologi transfer data nirkabel yang diklaim memiliki kecepatan transfer 100 kali lebih cepat dari WiFi yang ada saat ini. Tidak seperti WiFi, yang menggunakan sinyal RF untuk transfer data, Li-FI menggunakan spektrum cahaya untuk mentransfer data sehingga sangat aman digunakan di daerah elektromagnetik karena tidak akan mengganggu gelombang radio lain. Sebuah smartphone prototipe yang menggunakan teknologi tersebut telah diperkenalkan pada ajang CES 2014 lalu dan pada tahun 2016 smartphone dengan teknologi tersebut diharapkan dapat mulai diproduksi secara massal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here