6 Tips Memilih Smartphone Baru

1
6749

Trenteknologi.com – Ingin beralih dari ponsel biasa ke ponsel pintar atau smartphone? Atau sebelumnya sudah menggunakan smartphone namun salah pilih? Sebelum membeli, coba pertimbangkan dahulu sebelum datang ke toko atau membeli secara online. Kalau perlu, survei terlebih dahulu smartphone apa yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Jika masih bingung apa saja yang perlu dicari, coba simak baik-baik tips berikut ini.

 

Memilih Sistem Operasi Smartphone

Sistem operasi atau Operation System (OS) ibarat jiwa dari sebuah smartphone. Dari sistem operasi, pengguna akan melihat tampilan menarik dari pikiran sebuah komputer. Mungkin kamu tahu ada beragam sistem operasi yang tersemat dalam smartphone. Namun saat ini yang paling populer adalah iOS dan Android.

Kedua sistem operasi itu perlu dipertimbangkan menjadi pilihan utama karena banyak developer lebih tertarik mengembangkan aplikasi di kedua sistem operasi itu. Kamu bisa memilih sistem operasi lain, seperti Windows maupun BlackberryOS, namun kamu harus terima risiko jika aplikasi yang tersedia tidak sebanyak iOS dan Android.

Jasa Followers Instagram

 

Baterai

Baterai berpengaruh pada ketahanan smartphone untuk tetap menyala saat digunakan. Di sisi lain, semakin besar ukuran baterai semakin besar pula ukuran smartphone.

Namun, tren sekarang banyak perusahaan yang menghadirkan smartphone dengan bentuk tipis. Untuk itu, kamu perlu mengenali besarnya ukuran baterai. Setidaknya pilih smartphone yang dapat bertahan selama sehari.

BACA JUGA :  Nikon Resmi Luncurkan KeyMission 360, Action-Cam dengan hasil Gambar 360° & Resolusi 4K UHD !

 

Kapasitas Penyimpanan

Kapasitas penyimpanan menyangkut besaran smartphone dalam menyimpan data, baik dokumen, foto, maupun video. Hal ini tergantung seberapa banyak kamu menyimpan data di dalam smartphone dan kapan akan memindahkannya ke perangkat komputer atau dengan komputerisasi  awan. Smartphone sendiri memiliki dua bentuk penyimpanan, pertama terbenam dalam perangkatnya.

Kedua dapat ditambahkan dengan memori eksternal. Keduanya ada untung dan ruginya. Sebagai saran, pilihlah smartphone dengan kapasitas memori tertanam sebanyak 32 GB. Itu karena bisanya sistem operasi dan aplikasi bawaan menguras banyak memori tanam dalam smartphone. Jika kurang dari 32 biasanya smartphone akan menjadi lambat dalam bekerja.

 

Layar

Smartphone sekarang sudah semakin mengusung banyak ukuran layar, kebanyakan lebih dari 4 inci. Namun kamu pun bisa tetap memilih layar dengan ukuran 4 inci ke bawah jika lebih menyukai smartphone yang dapat digenggam dengan satu tangan.

Namun, sejauh ini hanya iPhone yang masih menyematkan ukuran layar kecil ke smartphone buatannya. Selebihnya banyak perusahaan yang membuat layar smartphone besar, bahkan hampir seukuran tablet atau biasa disebut phabet.

 

Jaringan yang Tersedia

Pastikan jaringan yang tersedia di tempatmu sesuai dengan spesifikasi smartphone. Jika kamu berada di perkotaan, pastikan jaringan smartphone sudah dapat menyesuaikan jaringan 4G. Untuk itu, sebelum membeli, pastikan smartphone yang kamu pilih sudah dapat jaringan 4G. Jaringan 4G pun dianggap lebih murah dan lebih cepat. Tentunya harganya tergantung dari operator seluler yang ada, baik pulsa maupun paket internet.

BACA JUGA :  Update iOS 9.0.1 Sudah Tersedia Sekarang, Ini Dia Perubahannya !

Kamu pun perlu memilih apakah memilih jaringan GSM atau CDMA. Hal tersebut berpengaruh terhadap smartphone yang akan kamu beli. Untuk pulsa dan paket internet kamu tak perlu khawatir karena pulsa dan paket internet sekarang sudah murah. Kamu pun dapat dengan mudah mendapatkannya. Kamu tak perlu jauh-jauh pergi ke counter karena sekarang sudah banyak perusahaan penyedia pembelian pulsa secara online, contohnya Traveloka dengan fitur terbarunya Traveloka Connectivity.

Traveloka menyediakan pulsa dan paket internet dari berbagai operator, seperti Terkomsel, Indosat, dan XL. Kamu pun tidak perlu bersusah payah membelinya. Itu karena pembelian pulsa dan paket internet dapat dilakukan langsung dari aplikasi Traveloka di smartphone.

 

Menentukan Harga

Dari 5 hal di atas, berikutnya kamu bisa menentukan harga yang cocok sesuai dengan kebutuhanmu. Namun tak usah heran jika merek smartphone tertentu bisa jadi mematok harga murah dengan spesifikasi yang sama. Untuk itu kamu perlu melihat reputasi dan review dari pemakai. Lihat performa smartphone apakah berdaya tahan lama dan berkualitas atau tidak. Untuk smartphone yang menjual kualitas sebanding dengan harga, kamu bisa membeli smartphone iPhone. Namun untuk perangkat Android, biasanya perusahaan smartphone akan menjual dengan harga yang bervariatif tergantung spesifikasi.

Setelah menentukan merek dan model dari smartphone yang diinginkan, barulah kamu bisa membelinya. Jika masih ragu, coba tanyakan pada temanmu yang telah membeli dengan merek dan model yang sama. Dengan begitu kamu bisa semakin mantap untuk membeli atau justru mencari tahu lagi smartphone yang lebih cocok.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here