Trenteknologi.com – Bagi para Mi Fans mungkin sudah mengetahui bahwa MIUI merupakan sistem operasi berbasis Android yang memiliki banyak sekali fitur berguna untuk para penggunanya. Walaupun berbasis sistem operasi Android, MIUI diciptakan dengan berbagai fitur-fitur tambahan yang sangat berbeda dengan fitur asli bawaan dari Android, salah satunya adalah fitur Shortcut yang dimiliki oleh MIUI. Shortcut merupakan sebuah cara atau jalan pintas yang digunakan untuk menggunakan salah satu fitur MIUI, hanya dalam 1 langkah atau sekali sentuh saja. Dan MIUI telah memiliki kurang lebih 7 shortcut berbeda yang dijamin akan lebih mempermudah penggunanya dalam mengakses fitur tertentu pada smartphone Xiaomi. Berikut ini 7 shortcut MIUI yang wajib Anda ketahui dan gunakan di Smartphone Xiaomi !

 

OHO : One Hand Operation

Walaupun fitur One Hand Operation bukan merupakan fitur terbaru pada teknologi smartphone, namun fitur yang satu ini terbilang sangat bermanfaat terutama untuk Anda yang sangat sibuk. Hanya dengan menggunakan 1 tangan saja, Anda dapat tetap dengan mudah mengoperasikan smartphone Xiaomi Anda dengan cara mengecilkan tampilan UI smartphone Xiaomi.

MIUI_One Handed Operation

Pada tampilan Home Screen, tekan tombol Home lalu secara cepat gesek (swipe) ke Kiri atau Kanan untuk mengaktifkan fitur OHO.

Thelapak.com

 

Mengaktifkan Camera Depan/Belakang secara Cepat

Biasanya untuk dapat mengakses kamera depan, Anda harus menekan sebuah tombol. Namun pada MIUI, Anda dapat dengan mudah beralih ke kamera depan smartphone Xiaomi Anda hanya dengan sekali gesekkan jari saja.

MIUI_Camera

Buka aplikasi Camera > gesek layar ke Atas atau ke Bawah untuk beralih dari kamera belakang ke kamera depan atau sebaliknya.

 

Home Screen Edit Mode

Bagi Anda pengguna MIUI khususnya pengguna smartphone Xiaomi, Anda dapat dengan mudah melakukan pengaturan pada tampilan Home Screen Anda, sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan.

MIUI_Homescreen Edit Mode

Pada tampilan Home Screen > Cubit layar smartphone Xiaomi Anda untuk masuk ke Edit Mode.

 

Mengatur Ulang Posisi Aplikasi

Kalau cara yang satu ini sepertinya sudah diketahui oleh hampir semua pengguna MIUI, namun tidak ada salahnya untuk dibahas terutama untuk pegetahuan para Newbie. Bagi Anda yang memiliki banyak sekali berbagai aplikasi, Anda dapat mengatur ulang posisi aplikasi Anda agar terlihat lebih rapih.

MIUI_Rearrange Homescreen

Tahan beberapa detik pada Shortcut Aplikasi yang ingin Anda pindahkan posisinya > Gunakan jari lain untuk menggeser halaman yang diinginkan untuk posisi aplikasi Anda.

 

Mengakses Hidden/Private Messaging

MIUI memiliki sebuah fitur yang berguna untuk menyembunyikan salah satu pesan (SMS) yang Anda miliki. Jika Anda memiliki pesan (SMS) yang disembunyikan, Anda dapat dengan mudah melihatnya kembali dengan Shortcut yang dimiliki oleh MIUI.

MIUI_Hidden Message

Buka aplikasi Messaging > Geser layar smartphone Xiaomi ke Bawah untuk melihat SMS tersembunyi Anda.
*CATATAN: Anda juga dapat melihat password / pola / pin aplikasi Messaging.

 

Menghapus Pesan (SMS)

Dalam aplikasi Messaging, Anda dapat dengan mudah menghapus pesan (SMS) yang Anda inginkan dengan cara gesek ke KIRI atau KANAN pada SMS yang ingin Anda hapus.

MIUI_Delete Message

 

Mengatur Notifikasi pada sebuah Aplikasi

Pada MIUI, Anda juga dapat mengaktifkan atau menonaktifkan notifikasi pada aplikasi tertentu.

MIUI_App Notifications

Klik 2x pada aplikasi yang Anda inginkan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Notifikasi pada aplikasi tersebut.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here