Trenteknologi.com –  MIUI merupakan sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh Xiaomi yang telah dilengkapi dengan berbagai jenis fitur berguna, yang lebih lengkap dibandingkan dengan sistem operasi Android bawaan Google. Selain memiliki berbagai fitur yang sangat lengkap, beberapa pengguna MIUI juga mengaku MIUI memiliki tampilan UI yang sangat enak dipandangan dan modern. Dan bagi Anda pengguna yang menggunakan MIUI terutama pengguna perangkat Xiaomi, berikut ini terdapat beberapa tips MIUI yang lebih efisien dan dapat mempermudah Anda.

 

Nonaktifkan Tombol Fisik

Dalam pengaturan default, tombol fisik yang ada pada perangkat Xiaomi telah diaktifkan secara default di MIUI, namun terkadang tombol fisik ini membuat masalah pada saat pengguna sedang bermain Games. Untuk itu, pengguna bisa menonaktifkan tombol fisik ini guna bermain Games dengan nyaman, dengan cara akses Home Screen dengan Editing Mode, pilih Widgets — Toggles Disable.

Selain itu untuk menonaktifkan tombol fisik tersebut, pengguna juga dapat melakukannya dengan cara yang berbeda, yaitu melalui menu Manage Toogles.

Thelapak.com

 

Dan untuk mengaktifkannya kembali dengan mudah, pengguna dapat mengaktifkannya dengan cara menekan tombol Home dan Power secara bersamaan.

 

Tombol Kombinasi Shortcut

Kadang-kadang kita tidak bisa melihat layar ponsel dengan jelas di bawah cahaya yang kuat. Namun sebenarnya ada metode yang cepat untuk mengatur kecerahan layar Anda ke tingkat tertinggi. Caranya adalah tekan tombol Volume + dan tombol Menu pada waktu yang bersamaan (Anda harus menonaktifkan Auto Brightness terlebih dahulu)

Tombol Kombinasi Shortcut MIUI

 

Mengambil Screenshot

Mungkin untuk tips ini beberapa dari pengguna sudah mengetahuinya. Jadi bagi pengguna yang masih belum mengerti bagaimana cara mengoperasikan perangkat Xiaomi terutama untuk mengambil Screenshot, pengguna dapat melakukannya dengan cepat yaitu dengan menekan tombol Volume – dan tombol Menu  secara bersamaan.

 

Mengambil Screenshot di MIUI_1

Atau cara mudah lainnya untuk mengambil Screenshot adalah pengguna juga dapat melakukannya dengan cara mengakses menu Notifikasi lalu pilih menu Screenshot.

Mengambil Screenshot di MIUI_2

 

 

Gunakan Tombol Home Agar Lebih Efisien

Pengguna dapat dengan mudah mengaktifkan fitur Torch walaupun sedang dalam keadaan modus Lockscreen. Caranya adalah dengan menahan tombol Home beberapa detik sampai fitur Torch aktif.

Fungsi Tombol Home Xiaomi

 

Gunakan Tombol Back Agar Lebih Efisien

Dalam modus Lockscreen, pengguna juga dapat dengan mudah mengakses fitur kamera. Caranya adalah dengan menekan tombol Back beberapa detik. Namun sebelumnya pengguna perlu melakukan pengaturan terlebih dahulu dengan cara masuk ke menu Settings > Button > Long Press Back for Camera.

Tombol Back Untuk Kamera Xiaomi

 

 

Gunakan Tombol Menu Agar Lebih Efisien

Dengan menggunakan tombol Menu dan menahannya beberapa detik, pengguna dapat mengakses beberapa fitur MIUI dengan cepat, yaitu salah satunya seperti Lauch Assistant.

Gunakan Power Menu Agar Lebih Efisien

Apakah Anda tahu bahwa Anda dapat melakukan hal lain dengan tombol Power selain untuk menyalakan / mematikan perangkat Xiaomi ? Dengan menggunakan tombol Power, pengguna juga dapat menggunakannya untuk menutup panggilan. Untuk dapat mengaktifkan fitur tersebut, masuk ke menu  Settings > Accessibility > Power Button End Calls.

Gunakan Volume Menu Agar Lebih Efisien

Beberapa tombol yang ada pada perangkat Xiaomi dapat digunakan untuk berbagai hal guna memberikan akses yang cepat untuk penggunanya, termasuk tombol Volume. Dengan tombol Volume, pengguna juga dapat mengaktifkan layar pada saat dalam modus Lockscreen. Untuk dapat mengaktifkan fitur ini, pengguna cukup mengakses menu Settings > Button > Wake With Volume Buttons.

 

Tombol Volume Xiaomi

Demikian 8 tips MIUI yang mungkin berguna untuk Anda agar dapat lebih efisien dalam menggunakan sistem operasi andalan Xiaomi ini, terutama untuk pemula. Tetap ikuti Trenteknologi.com melalui Facebook,Twitter ataupun Google Plus untuk mendapatkan berbagai tips dan trik Xiaomi lainnya.

1 COMMENT

  1. ada beberapa cara yang saya belum ketahui, informasi yang sangat menarik. perubahan MIUI memang tidak terlalu signifikan dari segi operasinya tapi tampilannya sangat memuaskan sejauh ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here