Berbagai Hal yang Harus Anda Tahu Tentang Kartu Kredit

0
506

Trenteknologi.com – Jika mendengar kartu kredit, pasti sudah tidak asing dengan mendengarnya. Ketika Anda akan memilih kartu pintar ini, memang tidak begitu susah layaknya mencari pasangan hidup, namun memilih kartu pintar ini adalah tantangan tersendiri. Anda harus sangat jeli melihat berbagai manfaat yang diberikan agar Anda bisa memiliki keuntungan yang sangat maksimal. Sering Anda juga bertanya, mengapa saat ini banyak orang yang menggunakan kartu pengganti uang ini sebagai alat pembayaran. Tentu saja karena kemudahan yang diberikannya. Anda bisa dengan mudah membeli barang tanpa harus membayar dengan utuh barang tersebut, alias mencicilnya.

Hal lain yang di rasa menguntungkan bila Anda menggunakan alat yang satu ini ialah , Anda akan merasa terbantu saat membuat laporan keuangan. Setiap bulannya, Anda dapat melihat transaksi yang Anda lakukan sebulan terakhir. Ini bisa sangat membantu Anda saat melakukan audit berbagai pengeluaran yang Anda lakukan. Selain itu, kartu ini juga terkesan lebih praktis. Anda bisa membayangkan, bagaimana rasanya membawa uang yang jumlahnya jutaan rupiah di dompet, pasti takut, risih, bahkan was-was. Tapi beda saat Anda membawa kartu ini, Anda hanya tinggal membawa sebuah kartu dan bisa di lakukan untuk berbagai transaksi.

Banyak orang yang berpendapat bila kartu kredit  ini sangat berbahaya. Memang benar berbahaya, jika Anda menggunakannya melebihi batas kemampuan Anda untuk mengangsur. Seperti yang sudah di terangkan di bagian awal, bila credit card ini memberikan Anda kemudahan saat berbelanja. Tentu ada orang yang cenderung keblabasan, yaitu berbelanja melebihi kemampuan. Anda bisa mengontrol penggunaannya seperti hanya menyisakan cc 1 atau 2 saja. Banyak orang yang mengira bila memiliki banyak kartu akan semakin hemat, faktanya, banyak kartu malah semakin keblabasan, belanja di tempat banjir diskon kartu. Jika Anda berbelanja di tempat yang banyak diskon, tentu akan memperkecil pengeluaran Anda bukan, selain itu Anda bisa mengecilkan limit. Bank memberikan limit untuk setiap tipe kartu, bila limit tersebut terlalu tinggi, Anda bisa meminta untuk mengecilkannya.

BACA JUGA :  Opera kini tanamkan fitur ad blocker pada browser untuk Smartphone dan Komputer

Ada beberapa kesalahan yang sering Anda lakukan saat menggunakan credit card, seperti:

  1. Hanya melakukan pembayaran tagihan minimal, bila Anda hanya melakukan tagihan minimal, Anda akan dengan mudah dikenai bunga kartu yang sangat tinggi,
  2. Terlambat melakukan pembayaran, jika Anda melakukan keterlambatan pembayaran, Anda akan dikenai denda,
  3. Menggunakannya untuk hal yang kurang perlu, seringkali Anda berbelanja bersama teman-teman kemudian membeli berbagai barang yang tidak perlu.

 

Anda bisa menggunakan cara aman pada saat memakai uang plastik ini untuk berbagai pembayaran, seperti jangan tergiur dengan makan di tempat mewah hanya karena potongan harga beberapa persen bila Anda menggunakan credit card, pahami berbagai biaya yang terkesan tersembunyi sewaktu Anda menggunakannya di luar negeri, selain itu Anda juga harus pintar dalam memilah, memilih berbagai pembelian barang dengan cash atau dengan kartu, dan membayar segala tagihan dengan lunas sebelum tiba jatuh tempo pembayaran.

Berbagai bank telah mengeluarkan kartu ini, salah satunya kartu kredit mandiri dari bank mandiri. Anda hanya tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Bila di Mandiri, Anda harus memiliki penghasilan minimal 3 juta setiap bulannya. Tentu bukan nominal yang besar bukan? Sesuaikan pemilihan kartu dengan kebutuhan dan pendapatan Anda. Tidak perlu memaksakan melakukan apply yang jauh dari kemampuan yang Anda miliki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here