Trenteknologi.com – Kali ini Trenteknologi.com akan membahas tentang tips Android, layaknya seperti perangkat PC, di Android juga memungkinkan Anda untuk mempercepat kinerja CPU Android hingga batas maksimalnya. Proses ini disebut Overclocking dan akan memaksa CPU untuk bekerja sedikit lebih cepat daripada biasanya. Proses ini sangat mudah dan dapat memberikan kinerja yang lebih cepat pada CPU Android lebih dari 30%. Berikut ini adalah cara untuk Overclock ponsel Android guna mempercepat kinerja Android !

 

PERINGATAN !

Sebelum Anda mengikuti langkah Overclocking Android ini, Trenteknologi.com memperingatkan bahwa Overclocking CPU memiliki beberapa resiko. Dengan melakukan Overclock pada smartphone, akan menghasilkan panas yang berlebih terhadap smartphone Anda. Maka dari itu sangat disarankan untuk tidak melakukan Overclock langsung ke peningkatan yang maksimal. Cobalah untuk perlahan-lahan secara bertahap dalam melakukan Overclock.

 

Kernel untuk Overclock

Hal pertama yang Anda butuhkan untuk melakukan Overclock CPU Android Anda adalah smartphone yang sudah dalam kondisi ROOT dan pastinya Kernel yang mendukung Overclocking. Anda hanya perlu menemukan Kernel yang tepat untuk model smartphone yang Anda miliki.

ElementalX Kernel
ElementalX Kernel

Situs seperti XDA Developers adalah tempat yang tepat untuk Anda menemukan Kernel smartphone Anda. Bagi Anda yang ingin mencari Kernel, terdapat 4 hal yang wajib Anda perhatikan pada saat sedang mencari Kernel yaitu :

  • Kernel mendukung Overclocking
  • Kompatible dengan model Smartphone Anda
  • Kompatible dengan versi Android yang Anda gunakan saat ini
  • Reputasi Kernel terkenal baik dan stabil

 

Cara Overclock Smartphone Android

Dalam tips Overclock Android ini, smartphone yang digunakan adalah smartphone besutan Google yaitu Nexus 5. Namun proses langkah untuk Overclock Android ini dapat diaplikasikan pada semua model smartphone Android.

 

Backup Data & Download Kernel

Pastikan Anda telah melakukan Backup pada data Anda. Anda dapat melakukan Backup melalui Custom Recovery atau dengan sejumlah aplikasi berbasis PC. Setelah melakukan Backup data, Anda dapat langsung mengunduh Kernel yang Anda perlukan yang sesuai dengan model Smartphone Anda.

Download Kernel
Download Kernel

 

Fastboot / Recovery Mode

Setelah Anda mengunduh Kernel, pastikan file Kernel berada di SD Card Anda. Lalu matikan ponsel Anda dan masuk ke mode Fastboot. Untuk masuk ke mode Fastboot, dapat Anda lakukan dengan cara menekan tombol Power dan Volume Down, tetapi beberapa produsen smartphone memiliki kombinasi tombol yang berbeda.

Fastboot / Recovery Mode
Fastboot / Recovery Mode

Instal Kernel

Dalam mode Fastboot, tekan tombol Install (Install ZIP pada CWM) dan arahkan ke SD Card untuk menemukan file Kernel yang telah Anda download sebelumnya. Lalu tunggu proses instalasi Kernel hingga muncul pesan sukses. Lalu Reboot smartphone Anda.

Mengubah Kecepatan Clock CPU

Untuk dapat melakukan peningkatan pada clock CPU smartphone Android Anda, Anda memerlukan aplikasi pihak ketiga CPU Manager yang dapat Anda download di Play Store dan pastikan smartphone Anda sudah dalam keadaan ROOT. Dalam tutorial ini, CPU Manager yang digunakan adalah Kernel Adiutor. Dan selain menggunakan Kernel Adiutor, kemungkinan Anda juga akan diminta untuk menginstal BusyBox.

Pengaturan Clock CPU
Pengaturan Clock CPU

 

Carilah pengaturan untuk meningkatkan kecepatan Clock CPU. Tergantung pada aplikasi yang Anda gunakan, Anda dapat memilih kecepatan CPU Max dari menu drop-down atau menggunakan slider.

 

CPU Clock Monitor
CPU Monitor

 

INGAT ! Lakukan pengaturan Clock CPU secara perlahan dan bertahap, lalu lihat seperti apa efek pengaturan yang Anda coba terhadap stabilitas, daya tahan baterai dan panas pada smartphone Anda.

 

**Do With Your Own Risk – Trenteknologi.com tidak bertanggung jawab terhadap yang terjadi pada smartphone Anda !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here