Dapatkan Mobil Bekas Anda dengan Down Payment Sebesar Rp 0

0
487
poker android ios smartphone

Trenteknologi.com – Memiliki sebuah mobil bukanlah sesuatu yang mewah bagi masyarakat di zaman kini. Boleh dikatakan mobil merupakan salah satu keperluan dalam kehidupan. Baik untuk transportasi ke kantor, menghantar anak ke sekolah ataupun keperluan transportasi lainnya, tidak heran lagi mobil sangat diperlukan. Seiring dengan meningkatnya permintaan terhadap mobil, jumlah perusahaan yang membiayai pembelian mobil secara kredit pun menjamur. Sehingga memiliki mobil dengan sistem kredit bukanlah sesuatu yang sulit bagi masyarakat. Selama persyaratan kredit mudah dan tidak terlalu membebani, penduduk akan mencoba untuk mengambil kredit mobil untuk pembelian mobil baru ataupun bekas.

Bagi Anda yang tidak mengalami permasalahan dalam keuangan, membeli mobil baru tentunya merupakan pilihan pertama. Akan tetapi, apabila Anda tidak ingin terbebani dengan angsuran berat karena harga mobil yang mahal, mobil bekas akan selalu menjadi jalan keluar terbaik. Selain harga yang relatif lebih murah dari mobil baru, proses pengajuan kredit mobil bekas lebih cepat dan Down Payment (DP) / uang mukanya lebih rendah ketimbang kredit mobil baru. Dan apabila Anda terdesak membutuhkan mobil tetapi tidak memiliki dana untuk membayar DP, kredit mobil bekas tanpa DP masih dapat dilakukan.

Jika Anda tertarik untuk mengambil kredit mobil bekas tanpa uang muka, berikut beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan dan pertimbangkan. Serta langkah mudah untuk mendapatkannya.

Apa Itu Kredit Mobil Bekas Tanpa DP / uang muka?

Kredit mobil bekas tanpa DP adalah program kredit mobil bekas dimana seluruh pembiayaan pembelian mobil ditanggung oleh pinjaman atau pihak kreditur, dengan tujuan untuk menekan biaya pengeluaran debitur. Kita semua tahu bahwa dalam pengambilan kredit mobil, debitur akan perlu menyisihkan sebagian dana untuk pembayaran DP. Kredit mobil akan membiayai maksimal hingga 80% dari harga mobil sedangkan 20% lagi dari akan menjadi Down Payment (DP). Dengan ketersedianya cara kredit mobil bekas tanpa DP, boleh dikatakan pengumpulan DP 20% tersebut tidak perlu menjadi kendala besar untuk mendapatkan mobil bekas.

Jumlah perusahaan leasing atau bank yang menyediakan layanan kredit mobil bekas memang sangat banyak, akan tetapi tidak semua lembaga ini dapat memberikan tanpa DP. Lembaga resmi pemberi kredit seperti bank umumnya tidak dapat memberikan program tersebut. Hanya sebagian lembaga resmi atau pada umumnya kreditur swasta yang dapat menyediakan program kredit mobil bekas tanpa Down Payment.

Pertimbangan Penting Sebelum Mengambil Kredit Mobil Bekas Tanpa DP

Sebelum memutuskan untuk mengambil kredit mobil bekas tanpa DP, ada beberapa pertimbangan yang patut Anda perhatikan

  • Jika Anda memilih untuk tidak membayar uang muka, pastikan Anda mampu untuk membayar angsurannya.
BACA JUGA :  ASUS ROG G752VS, Notebook Terkuat dengan GTX 1070

Tidak ada DP memang dapat meringankan beban pengeluaran di saat awal, tetapi dengan tidak adanya DP berarti jumlah pinjaman kredit mobil sama dengan 100% dari harga mobil. Sehingga jumlah angsuran yang perlu dibayarkan setiap bulannya akan lebih tinggi daripada kredit mobil bekas dengan DP. Sebagai contoh:

Kredit Mobil Bekas Dengan DP Kredit Mobil Bekas Tanpa DP
Harga Mobil Bekas Rp 70.000.000 Rp 70.000.000
Down Payment (DP) 20% 0%
Jumlah Pinjaman Rp 56.000.000 Rp 70.000.000
Tenor Pinjaman 5 Tahun 5 Tahun
Bunga Kredit Mobil 5% 5%
Jumlah Angsuran Rp 1.166.666 Rp 1.458.333

 

Seperti contoh tersebut angsuran per bulan untuk kredit mobil bekas tanpa DP akan lebih tinggi dibandingkan dengan DP. Jadi jangan terlalu memaksakan jika ternyata jumlah angsuran per bulan terlalu tinggi. Pastikan selalu jumlah angsuran dalam kemampuan keuangan Anda untuk membayarnya. Karena cukup banyak kejadian dimana mobil debitur ditarik perusahaan leasing karena ketidaksanggupan membayar angsuran.

Solusi terbaik bila mengetahui jumlah angsuran kredit mobil diatas kemampuan Anda adalah untuk menambahkan DP atau mencari harga mobil yang lebih murah. Pastikan juga Anda memeriksa terlebih dahulu simulasi kredit mobil untuk mengetahui jumlah angsuran per bulannya. Agar Anda dapat memperkirakan apakah angsuran kredit mobil bekas masih dalam jangkauan kemampuan keuangan bulanan.

 

  • Rugi bila menjual mobil dalam waktu singkat.

Bayangkan situasi ini, Anda membeli sebuah mobil, sesaat Anda mengemudikannya keluar dari show room, harga jual mobil tersebut akan jatuh setidaknya 20%. Dengan kata lain, mobil Anda berharga 20% lebih rendah dari harga yang Anda bayar. Jika setelah mengemudi mobil tersebut dalam beberapa bulan dan Anda merasa ingin menjualnya. Anda kemungkinan besar dapat menjualnya dengan harga jual 80% dari harga asli mobil itu, karena mobil telah mengalami depresiasi.

Bila Anda membeli mobil bekas tanpa uang muka, maka menjual mobil tersebut akan mengakibatkan 20% dari pinjaman Anda tidak terbayar karena harga jual mobil yang 80% dari harga asli mobil. Sedangkan pinjaman sama dengan 100% dari harga asli mobil. Oleh sebab itu, membeli mobil dengan DP terkadang ada baiknya dengan tanpa DP sama sekali, untuk mengantisipasi depresiasi dari harga jual mobil.

Bagaimana Cara Mendapatkan Kredit Mobil Bekas Tanpa DP?

Untuk mendapatkan kredit mobil bekas tanpa uang muka yang teramah di saku Anda, perhatikan beberapa tips dan langkah penting berikut.

  1. Pilih Mobil Bekas Langsung dari Sang Pemakai Jika Memungkinkan

Alasan utama Anda memilih mengambil kredit mobil bekas tanpa uang muka adalah menghemat pengeluaran. Mencari mobil langsung dari sang pemakai merupakan salah satu jalan untuk meminimalisasi pengeluaran. Walau akan membutuhkan sedikit usaha, dengan cara ini Anda dapat menikmati harga di bawah harga pasaran mobil bekas pada umumnya. Harga mobil dari pedagang mobil atau showroom mobil bekas umumnya lebih tinggi dari harga yang diterapkan si penjual. Hal ini sudah pasti, karena pihak perantara seperti pedagang mobil akan mengambil keuntungan dari selisih harga beli dan harga jual.

BACA JUGA :  4 Pekerjaan yang Cocok Ditekuni Sarjana Baru

Walau tidak semua penjual pasti akan menjual dengan harga rendah. Terkadang sebagian penjual menjual dengan harga yang cukup tinggi juga dari pasaran. Hal ini tergantung pada motif dari si penjual. Apabila si penjual lagi membutuhkan dana dan terburu-buru ingin mejual mobilnya, situasi inilah yang umum dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan mobil bekas harga murah. Untuk cara mendapatkan mobil langsung dari pemakainya, Anda dapat mencari informasi dari teman, kenalan yang ingin menjual mobil, ataupun melalui iklan individual yang dipasang di koran atau website.

 

  1. Cari Leasing Mobil Bekas Yang Terpercaya

Setelah menentukan pilihan mobil dan setuju dengan harganya, tahap berikutnya adalah mencari lembaga pembiayaan yang dapat memberikan kredit mobil. Dalam proses pencarian ini, pastikan Anda memilih perusahaan leasing yang terpercaya dan memiliki nama dalam proses kredit mobil bekas. Sebagai contohnya Sinarmas Multifinance, Indomobil Finance, Astra Credit Companies, dan Adira Kredit Mobil. Hal ini untuk menghindari dari proses mendapatkan kredit yang rumit dan suku bunga yang tidak menentu ataupun penipuan.

Jika Anda telah memiliki kenalan dari pihak leasing, hal ini dapat sangat membantu Anda untuk mendapatkan kredit mobil bekas tanpa DP. Sebagian perusahaan leasing memberikan langsung program tanpa DP. Akan tetapi, Jika program ini tidak tersedia maka Anda dapat bekerjasama dengan pihak leasing untuk meningkatkan harga mobil tersebut. Sehingga nilai pinjaman yang diterima akan mencakupi harga penuh dari mobil bekas tersebut.

Sebagai contoh, Anda ingin membeli mobil dengan harga Rp 70.000.000. Kemudian Anda ingin mengambil kredit mobil 100% dari harga tersebut tanpa DP sama sekali. Sedangkan, perusahaan leasing mengharuskan Anda untuk meletakan DP sebesar 20% dari harga mobil, dengan kata lain Rp 14.000.000. Untuk menutupi DP ini, bekerjasamalah dengan kenalan dealer Anda di leasing tersebut untuk meningkatkan harga mobil menjadi Rp 87.500.000 di aplikasi pengajuan. Hal ini akan mengakibatkan perusahaan leasing memberikan kredit 80% dari harga mobil Rp 87.500.000 sehingga Anda mendapatkan Rp 70.000.000. Dengan demikian, Anda dapat menutupi harga mobil secara penuh tanpa mengeluarkan DP ke penjual mobil.

BACA JUGA :  Berbagai Hal yang Harus Anda Tahu Tentang Kartu Kredit

Jika Anda tidak memiliki kenalan, maka Anda masih dapat menggunakan cara penjamin. Anda akan membutuhkan anggota keluarga atau teman dengan catatan kredit atau keuangan yang kuat untuk menjadi penjamin. Jadi siapapun yang Anda pilih sebagai penjamin, akan menerima tanggung jawab untuk pembayaran kredit mobil juga. Sehingga apabila Anda tidak mampu membayar angsuran maka konsekuensinya akan dikenakan kepada penjamin dan Anda. Menggunakan cara penjamin ini akan membuat pihak leasing lebih yakin untuk memberikan Anda pinjaman jumlah lebih tinggi ataupun tanpa DP. Karena resiko untuk pihak leasing akan lebih rendah.

 

  1. Ajukan Aplikasi Kredit Mobil Bekas

Setelah Anda menemukan pilihan leasing dan mobil, tahap selanjutnya tentunya mengajukan aplikasi kredit mobil di pihak leasing tersebut. Proses pengajuan aplikasi pinjaman mobil bekas tidaklah sulit. Berikut langkah dan persyaratan yang harus dipenuhi.

Persyaratan dokumen aplikasi kredit mobil bekas:

  • Fotokopi kartu identitas (KTP)
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi keterangan penghasilan / Slip gaji
  • Fotokopi SIUP & NPWP untuk wiraswasta
  • Fotokopi tabungan atau rekening koran 3 bulan terakhir
  • Fotokopi PBB atau Bukti Rekening Listrik / PDAM

Langkah  pengajuan kredit mobil bekas:

  • Siapkan persyaratan dokumen
  • Kunjungi pihak leasing pilihan
  • Isikan formulir aplikasi dan serahkan persyaratan dokumen
  • Pihak leasing akan memproses dalam 3 hingga 5 hari
  • Jika pihak leasing menyetujuinya maka Anda akan menerima kontrak kredit mobil dan penjual mobil akan dibayar oleh pihak leasing.

Setelah mendapatkan kredit mobil bekas tersebut, Anda dapat memulai membayar angsuran di tanggal yang ditentukan di kontrak kredit mobil.

Kesimpulan

Mengambil kredit mobil bekas tanpa uang muka merupakan jalan keluar terbaik untuk Anda yang memiliki masalah uang tunai ketika ingin membeli mobil. Walau cara ini memiliki resiko pada tingginya cicilan kredit, hal itu dapat diatasi selama Anda menghitung angsuran terlebih dahulu dan memastikanya kemampuan keuangan Anda. Anda tentunya tidak ingin mobil disita karena permasalahan keuangan di tengah proses kredit berjalan. Oleh sebab itu, perencanaan yang matang sangatlah penting sebelum membeli mobil tanpa uang muka.

Pada saat pencarian mobil bekas, jika memungkinkan langsung berhubungan dengan sang penjual. Karena harga yang ditawarkan perusahaan perantara biasanya memiliki harga yang lebih mahal dari harga jual asli mobil bekas tersebut. Ketika ingin menentukan perusahaan leasing dan mengambil pinjaman mobil, selalu pilih dari perusahaan yang terpercaya dan bandingkan suku bunga kredit mobil dari 1 perusahaan ke perusahaan lain. Jangan sampai menyesal dengan suku bunga yang lebih tinggi dari pasaran ketika Anda telah menyetujui kontrak leasing tersebut.

* Artikel awalnya dari AturDuit kredit mobil bekas tanpa DP.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here