Review : Spesifikasi Lengkap Xiaomi Yi – Sports Camera

8
22998

Trenteknologi.com –  Walaupun saat ini Xiaomi Yi baru dirilis di Cina, namun bagi Anda yang berada di Indonesia juga dapat membeli Xiaomi Yi ini melalui online dengan harga yang terbilang cukup murah yaitu sekitar Rp. 1.3 jutaan untuk Basic Edition dan Rp. 1.4 jutaan saja untuk Travel Edition. Dengan bandrol harga Xiaomi Yi tersebut, Anda akan mendapatkan berbagai fitur canggih yang sangat berguna untuk Anda yang gemar melakukan aktifitas outdoor.

Xiaomi Yi telah dibekali dengan lensa Wide-Angle f.28 dengan sudut pandangan yang dapat mencapai 155 derajat serta dengan resolusi 16 megapiksel CMOS-illuminated buatan Sony. Selain itu, Xiaomi Yi ini juga telah disematkan dengan jaringan WiFi dari Broadcomm dan chip Ambarella A7LS yang berjalan pada sistem Xiaomi Yi. Chip Ambarella A7LS ini telah lebih dahulu digunakan pada beberapa Sports Camera terkenal lainnya seperti GoPro Hero3 Plus Silver, Ion Air Pro 3, Drift Ghost-S dan DJI Quadcopters.

 

Harga Xiaomi Yi Indonesia

Fitur dan Desain

Untuk spesifikasi lengkap Xiaomi Yi, Xiaomi Yi telah mendukung video berukuran 1080p pada 60, 48, 30 atau 24 frame per detik (fps), 960p pada 60 atau 48 fps, 720p pada 120, 60 atau 48fps dan 480p di 240fps. Selain itu Xiaomi Yi juga memiliki resolusi sebesar 16 megapixel. Anda juga dapat mengatur self-timer selama 3, 5, 10 atau 15 detik. Lalu ada juga modus Snapshot yang dapat menangkap gambar video hingga 10 detik berkualitas VGA untuk dapat Anda bagikan di berbagai social media dengan cepat.

BACA JUGA :  Inilah 4 Smartphone yang Dikabarkan Akan Hadir di 2016 !

Sekali lagi, Xiaomi Yi ini dibuat untuk pasar Cina, sehingga beberapa menu instruksi yang ada tersedia dalam bahasa Cina. Namun bagi Anda yang berada di luar Cina dan ingin memiliki Xiaomi Yi ini dan tidak mengerti bahasa Cina, tidak perlu takut karena Xiaomi Yi dapat dengan mudah digunakan mengandalkan beberapa tombol yang telah tersedia.

Xiaomi Yi memiliki tiga tombol. Satu di depan untuk tombol Power dan sebuah tombol di atas yang berguna untuk mengambil dan menghentikan rekaman gambar. Di sebelah kiri juga terdapat sebuah tombol yang berguna untuk mengaktifkan WiFi apabila pengguna ingin mengintegrasikan Xiaomi Yi ini dengan berbagai perangkat Android dan iOS, khususnya beberapa smartphone Xiaomi. Selain itu pada tombol-tombol yang ada pada Xiaomi Yi tersebut juga telah dilengkapi dengan lampu indikator yang dapat menjadi status daya baterai.

Pada bagian belakang Anda akan menemukan slot baterai dan juga meliputi slot kartu microSDXC, port micro-USB dan Micro-HDMI output. Untuk kapasitas kartu microSDXC yang dapat ditampung oleh Xiaomi Yi ini, Anda dapat menggunakan microSDXC dengan kapasitas penyimpanan hingga 128 GB.

Dalam paketnya, Xiaomi Yi memiliki beberapa kekurangan yaitu salah satunya adalah tidak dilengkapi dengan Casing anti air. Untuk Casing anti air, Anda dapat membelinya saat ini secara terpisah di beberapa toko online dan kabarnya Xiaomi juga akan meluncurkan Casing anti air pada pertengahan bulan Mei ini, sehingga nantinya Xiaomi Yi ini dapat Anda gunakan dibawah air.

BACA JUGA :  Canon Luncurkan Dua Kamera Saku Sekaligus, Canon IXUS 170 dan Canon IXUS 160

 

Spesifikasi Xiaomi Yi

 

Baterai dan Kualitas Video

Xiaomi Yi dibekali dengan baterai berkapasitas 1.010 mAh. Dengan kapasitas baterai tersebut, pengguna dapat merekam video dengan kualitas tinggi hingga 1 jam lebih lamanya. Namun jika pengguna merasa kurang dengan kapasitas baterai yang dimiliki Xiaomi Yi tersebut, pengguna juga dapat membeli baterai cadangan yang saat ini telah banyak beredar.

Walaupun terbilang dibandrol dengan harga yang sangat murah, kualitas video yang dihasilkan oleh Xiaomi Yi ini tidak bisa di anggap remeh. Pada saat merekam dengan kualitas video 1080p pada 60 fps, video yang dihasilkan Xiaomi Yi terlihat tajam dan halus dan dengan bitrate sekitar 25Mbps, detail gambar juga sangat halus walaupun digunakan pada saat kecepatan tinggi.

Pencahayaan pada hasil video juga terasa lebih lembut dengan kualitas warna yang sangat baik. Namun beberapa pengguna sempat mengeluhkan hasil video yang mereka ambil sebelumnya terjadi kerusakan. Namun masalah tersebut setelah diteliti disebabkan dikarenakan pengguna tidak menggunakan microSDXC yang berkualitas baik dan mudah rusak.

Untuk Port Micro-HDMI,  pengguna dapat melihat secara langsung hasil video yang mereka miliki melalui layar TV ataupun perangkat lainnya yang mendukung Micro-HDMI. Dengan mengintegrasikan Xiaomi Yi melalui TV ataupun perangkat lainnya, Anda tetap dapat melihat status baterai ataupun durasi rekaman yang Anda miliki di layar tersebut.

BACA JUGA :  iPhone 6c : iPhone Dengan Harga Murah, Akan Dilucurkan pada Q2 2016 !

Kesimpulan

Kualitas video yang dihasilkan oleh Xiaomi Yi terbilang sangat baik untuk Sports Camera di kelasnya, tetapi Anda akan perlu membeli dan membawa aksesoris Xiaomi Yi sendiri, karena saat ini Xiaomi belum menyediakan aksesoris tambahan dan recananya akan segera tersedia pada pertengahan Mei 2015 ini.

 

XIAOMI YI – SPORTS CAMERA

8 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here