Review Xiaomi Redmi Note 4 Indonesia : Kencang, Baterai Irit & Dingin !

0
4296
poker android ios smartphone

Spesifikasi Redmi Note 4 Indonesia

HARGA Rp. 2.399.000,-
DIMENSI 151×76.3×8.45 mm (5.95×3.0×0.33 in)
PROSESOR Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625, Octa Core 2 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 506, (650 MHz)
RAM 3 GB
STORAGE 32 GB, microSD up to 128 GB
LAYAR IPS LCD 5.5 inci Full HD (1920 x 1080), Night Display, Reading Mode
KAMERA 13 MP BSI CMOS PDAF, Aperture f/2.0 – 5 MP (Front), Smart & Pro Beautify
BATERAI 4100 mAh (typ) / 4000 mAh (min)
SISTEM OPERASI MIUI 8.0 (based on Android 6.0 Marshmallow)
JARINGAN 4G Dual-SIM

FDD-LTE B1 / B3 / B4 / B5 / B7 / B8 / B20

TDD-LTE B38 / B40

3G WCDMA850 / 900 / 1900 / 2100MHz

2G GSM850 / 900 / 1800 / 1900MHz

KONEKTIVITAS Bluetooth 4.1, Bluetooth HID, Wi-Fi Display, Wi-Fi Direct
INTERFACE IR-Blaster, 3.5mm Jack Audio, microUSB
SENSOR Fingerprint, Electronic compass, Accelerometer, Gyroscope, Hall sensor
Color Black / Gold

 

Trenteknologi.com – Sebagai komitmen Xiaomi pada tagline-nya “KaMI Buatan Indonesia” dengan memproduksi perangkatnya di Indonesia, produsen gadget asal Tiongkok tersebut kembali memboyong smartphone-nya ke pasar Indonesia yaitu Redmi Note 4. Ponsel ini merupakan ponsel kedua Xiaomi yang proses produksinya dilakukan di Indonesia.

Kali ini Trenteknologi.com berhasil memboyong smartphone kelas menengah ini untuk diuji coba. Kami melakukan uji coba pada ponsel ini kurang lebih selama 2 minggu lamanya, agar Kami dapat mengenal lebih dalam tentang berbagai kelebihan dan kekurangan pada ponsel teranyar dari Xiaomi ini. Dan berikut ini hasilnya, yang akan Kami ulas secara lengkap mengenai Redmi Note 4.

Kelebihan Redmi Note 4

Layar Besar dan Bodi Kokoh dengan Design ala Smartphone Premium

Di sisi layar Redmi Note 4 ini, sebagai keluarga Redmi Note, ponsel ini memiliki layar yang sangat besar yaitu 5,5 inci. Penampilan layar ponsel ini juga terlihat semakin berkelas dengan kaca lengkung 2.5D, yang membuat saya merasa sangat nyaman pada saat menggenggam ataupun menggeser layar.

Redmi Note 4 memiliki layar besar dengan bentang 5,5 inci

Walaupun merupakan smartphone kelas menengah, namun tidak membuat ponsel diciptakan dengan asal-asalan. Kesan pertama pada saat saya menggenggam ponsel ini saya merasakan bodi yang sangat kokoh namun ringan, sangat nyaman pada saat digenggam. Untuk bobotnya sendiri, ponsel ini hanya memiliki bobot 165g saja dan ketebalan yang terbilang sangat tipis hanya 8.45mm.

Bodi yang sangat tipis membuat Redmi Note 4 nyaman digenggam

Namun sayangnya dengan material Full Metal yang dimiliki ponsel ini, terbilang sangat licin membuat saya sangat hati-hati pada saat menggenggamnya, maka dari itu sangat disarankan untuk menggunakan softcase untuk memberikan perlindungan lebih pada bodinya.

Performa Juara dengan Qualcomm Snapdragon 625 & RAM 3GB

Bicara masalah performa yang dimiliki oleh Redmi Note 4 ini akan sangat panjang sekali untuk di ulas, karena performa yang dimilikinya sangat “Gila” menurut saya, cocok untuk Anda yang gemar bermain Games atau Multitasking. Pertama kali saya mencoba melakukan tes AnTuTu Benchmark, skor yang didapat oleh ponsel ini dapat menyentuh angka 61520.

Skor AnTuTu Benchmark Redmi Note 4 menyentuh angka 61520

Performa yang baik tersebut dihasilkan berkat Prosesor Qualcomm Snapdragon 625 Octa-Core yang dapat memberikan kecepatan hingga 2.0 GHz. Lalu untuk mendukung kinerja prosesor, ponsel ini juga ditanamkan RAM sebesar 3GB LPDDR3 yang dapat membuat kinerjanya lebih smooth.

Prosesor yang ditanamkan oleh Xiaomi tersebut juga telah menggunakan teknologi FinFET LPP 14nm, yang dapat membuat Redmi Note 4 ini hemat energi dan selalu dingin walaupun digunakan untuk bermain Games berjam-jam.

Bermain games berspesifikasi tinggi NO LAG !

Saya menguji coba Redmi Note 4 ini untuk bermain Games dengan kualitas grafis yang cukup tinggi (Real Racing 3, Mortal Kombat X, Need for Speed, Mario Run) kurang lebih selama 2 jam, hasilnya sangat mencengangkan karena saya dapat bermain berbagai Games tersebut tanpa lag dan sensor temperature menunjukkan di angka yang selalu stabil di 36 derajat !

Untuk kapasitas internal memorinya, ponsel ini telah dibekali dengan internal storage sebesar 32 GB yang dapat di ekspansi hingga 128 GB dengan menggunakan microSD.

Baterai 4100 mAh, Tahan Lama hingga Seharian

Sektor lain yang merupakan salah satu kelebihan dari Redmi Note 4 ini terdapat pada sektor baterainya. Dengan baterai jumbo berkapasitas 4100 mAh dan berkat dukungan teknologi FinFET LPP 14nm, membuat baterai ponsel ini terbilang sangat irit. Bahkan selama 2 minggu pemakaian, Kami tidak pernah berhasil untuk menghabiskan kapasitas baterai Redmi Note 4 ini sampai dengan 0% dalam 1 hari.

Kamera CMOS 13 MP dengan Fitur PDAF & Kamera Depan 5 MP dengan Fitur Beautify

Pada sektor kamera sebenarnya tidak ada yang spesial dari Redmi Note 4 ini, namun memiliki hasil foto yang menurut saya terbilang cukup berkualitas baik. Dengan sensor Sony IMX 258 13 MP dengan aperture f/2.0, membuat hasil foto yang dihasilkan oleh kamera ponsel ini cukup tajam dan jernih. Selain itu kamera pada ponsel ini juga telah dilengkapi dengan fitur PDAF yang membuatnya dapat menangkap fokus pada objek bergerak dalam waktu 0.1 detik saja !

Kamera belakang beresolusi CMOS 13 MP, menggunakan Sensor Sony IMX 258

Kamera pada ponsel ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur mode pemotretan, seperti Night Mode, Landscape hingga Potrait yang dapat memberikan warna yang berbeda pada setiap hasil foto yang kita ambil. Fitur yang cukup lengkap juga hadir untuk kamera depan ponsel yang beresolusi 5 MP ini, terdapat fitur Beautify yang mampu membuat wajah Anda menjadi lebih cerah.

Hasil Foto Redmi Note 4

Kekurangan Redmi Note 4

Belum Mendukung Fitur Fast Charging

Sebenarnya prosesor yang dimiliki oleh Redmi Note 4 ini sudah mendukung fitur Fast Charging, tetapi sayangnya Xiaomi tidak menggunakan fitur yang dimiliki oleh prosesor tersebut pada ponsel ini. Dengan baterai super besar berkapasitas 4100 mAh, cukup memakan waktu yang lama untuk melakukan pengisian ulang baterai hingga 2 sampai dengan 3 jam lamanya.

Tips : Bagi Anda yang ingin merasakan pengisian ulang daya baterai yang lebih cepat, sangat disarankan untuk langsung mengupdate versi MIUI Anda ke versi 8.2.4.0 . Karena pada saat saya uji coba, setelah saya melakukan update MIUI ke versi 8.2.4.0 waktu pengisian ulang relatif lebih cepat 1 sampai dengan 2 jam saja.

Speaker Belum Stereo

Pada saat pertama kali melihat Redmi Note 4 ini, pada awalnya saya pikir telah dilengkapi dengan Stereo Speaker karena terdapat dua sisi lubang speaker.

Lubang Speaker (Kiri) – Lubang Mic (Kanan)

Namun setelah saya teliti lebih dalam, ternyata speaker ponsel ini masih mengusung Mono Speaker, lubang speaker terdapat di sebelah kiri (kiri pada gambar) dan lubang sebelah kanan (kanan pada gambar) berfungsi sebagai mic.

Kesimpulan

Xiaomi membandrol Redmi Note 4 ini dengan harga yang sangat murah yaitu Rp. 2.399.000. Namun dengan harga yang murah tersebut, ponsel ini bisa diberikan predikat “Murah, tapi tidak murahan” dan patut menjadi pilihan untuk Anda boyong di tahun ini.

Walaupun memiliki beberapa kekurangan, namun secara keseluruhan ponsel ini memiliki kelebihan yang sangat luar biasa, terutama bagi Anda yang gemar bermain games berspesifikasi tinggi. Bagi Anda penggemar game Android, masalah baterai cepat habis dan ponsel terasa panas tidak akan Anda temukan pada Redmi Note 4 ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here