Tips Android : 5 Trik Mempercepat Kinerja Android

0
12483
poker android ios smartphone

Trenteknologi.com — Tips Android kali ini akan membahas bagaimana cara mempercepat kinerja pada Android Anda. Pastinya cukup berlebihan jika Anda mengeluarkan dana hingga jutaan rupiah hanya untuk memiliki sebuah smartphone yang memiliki kinerja cepat dan sebenarnya tidak terlalu Anda butuhkan. Namun pastinya Anda juga seringkali menemukan kendala pada smartphone kelas Mid-End, terutama kinerjanya yang tidak cukup baik. Namun sebenarnya, terdapat beberapa trik Android bagi Anda yang memiliki smartphone kelas Mid-End agar dapat memiliki kinerja yang cepat layaknya smartphone High-End. Berikut ini 5 trik mempercepat kinerja Android.

 

Update OS Terbaru

Update OS Android

OS terbaru selalu diiringin dengan beberapa perbaikan bug dan perbaikan umum yang akan dapat membantu perangkat Android Anda untuk berjalan lebih baik. Pembaruan OS terbaru cenderung ditemukan pada OTA (Over The Air) dan secara otomatis akan melakukan pembaharuan pada perangkat Android Anda, tetapi tidak ada salahnya untuk memeriksanya secara manual. Pergi ke Settings > About Devices > Software Update > Check for Update.

 

Bersihkan Homescreen

Android Homescreen

Jika Anda memilih untuk menggunakan Live, disarankan untuk menggunakan Wallpaper Static saja guna memberikan kinerja yang lebih cepat untuk Android Anda. Selain itu, Anda juga harus membersihkan setiap ikon yang tidak terpakai dan membatasi penggunaan widget yang penting saja. Semakin rapih tampilan Homescreen Anda, akan semakin baik kinerja Android Anda.

BACA JUGA :  Pertimbangan Colocation Server Provider yang Tepat Untuk Bisnis

 

Hapus dan Nonaktifkan Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Uninstall App Android

Guna mempercepat kinerja Android Anda, sangat disarankan untuk menghapus atau menonaktifkan aplikasi yang tidak Anda gunakan. Pergi ke Settings> Apps > All tab. Lihatlah apa saja aplikasi yang kira-kira tidak Anda inginkan atau butuhkan.

Ketuk pada setiap aplikasi yang Anda tidak inginkan dan kemudian pilih Uninstall atau jika opsi uninstall tidak ada, tekan Disable. Jika Anda memilih Disable, sewaktu-waktu Anda dapat kembali mengaktifkan aplikasi tersebut sesusai keinginan Anda.

Anda juga harus melihat di Settings > Apps > Running, untuk melihat beberapa aplikasi yang berjalan pada sistem Android Anda dan melihat aplikasi mana yang menghambat kinerja Android Anda.

 

Matikan Fitur Auto-Sync

Android Autosync

Fitur Auto-Sync seringkali menjadi penyebab lambatnya kinerja pada perangkat Android, maka dari itu disarankan untuk menonaktifkan fitur Auto-Sync ini jika Anda tidak terlalu membutuhkannya.

Anda bisa pergi ke Settings dan temukan fitur Auto-sync di bawah Account. Selain itu Anda juga dapat menonaktifkan fitur Auto-Sync ini untuk beberapa aplikasi tertentu saja, sebagai contih seperti Facebook. Jika Anda ingin menonaktifkan fitur Auto-Sync pada Facebook, Anda dapat menonaktifkannya melalui menu Settings yang terdapat pada aplikasi Facebook.

 

Overclock Android

Android Overclock

Jika Anda ingin lebih melihat perubahan yang signifikan dari kinerja Android Anda, Anda dapat melakukan overclock menggunakan sebuah aplikasi seperti  SetCPU atau Android Overclock  . Namun perlu diingat, gunakanlah aplikasi overclock tersebut dengan benar, akrena jika Anda salah melakukan Setting akan berdampak buruk terhadap Android Anda, resiko yang paling besar adalah perangkat Android Anda bisa mati total.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here