Tips Android : Ini Alasan Mengapa Charge Baterai Android sangat Lambat !

5
18331

Trenteknologi.com – Apakah smartphone Anda Anda memakan waktu terlalu lama untuk pengisian ulang baterai ? Baterai merupakan perhatian utama dari sebagian besar pengguna smartphone, karena beberapa pengguna smartphone Android seringkali mengeluhkan konsumsi baterai yang cukup boros. Anda tidak sendirian karena kebanyakan pengguna smartphone Android juga menghadapi masalah serupa. Namun sebenarnya masalah tersebut kembali lagi kepada penggunanya, seperti apa pola penggunaan smartphone Android yang dilakukan oleh penggunanya tersebut.

Jika Anda berpikir masalah ini dikarenakan ada kesalahan dalam sistem smartphone Anda sehingga menyebabkan pengisian baterai sangat lambat, Anda tidak 100% benar ! Karena proses pengisian baterai yang lambat kebanyakan disebabkan oleh kesalahan sederhana yang Anda buat sendiri.

Namun Anda tidak perlu khawatir, kali ini Trenteknologi.com akan memberikan beberapa tips Android yang cukup sederhana, yang harus Anda perhatikan pada saat sedang melakukan pengisian ulang baterai Anda.

 

Kurangi Aplikasi yang Sedang Berjalan

Tips Android_Background Apps

Aplikasi yang berjalan pada sistem adalah faktor paling utama yang dapat memperlambat pengisian baterai smartphone Android Anda. Jika aplikasi seperti platform Media Sosial, Games, Aplikasi Berita tetap berjalan di sistem, dapat dipastikan pengisian baterai smartphone Anda mungkin akan memakan waktu lebih lama. Maka dari itu Anda harus menonaktifkan aplikasi-aplikasi tersebut jika Anda ingin smartphone Anda melakukan pengisian baterai dengan cepat.

 

Jangan Gunakan Charger Ponsel Lain

Tips Android_Adaptor Charger

Sebagian besar ponsel yang ada saat ini hadir dengan port microUSB untuk menghubungkan adaptor charger guna mengisi baterai ponsel. Namun, seringkali pengguna smartphone Android tidak menggunakan adaptor charger dengan kualitas baik atau adaptor charger yang sesuai dengan spesifikasi dari produsen. Adaptor charger yang sesuai dengan spesifikasi dari produsen sangat wajib untuk Anda gunakan, karena setiap produsen smartphone telah membuat adaptor charger yang telah disesuaikan dengan kebutuhan produknya dan berbeda untuk setiap produknya, dari segi tegangan (Volt) dan kapasitas watt (Ampere) yang berbeda. Maka dari itu sangat disarankan kepada Anda untuk menggunakan adaptor charger yang disertakan dengan ponsel Anda dari produsen. Jika adaptor charger Anda rusak, juga disarankan untuk membeli adaptor charger dengan spesifikasi yang sama dengan adaptor charger lama Anda.

BACA JUGA :  Inilah Cara Cepat Mengisi Baterai Smartphone Android !

 

Sumber Pengisian Baterai yang Tidak Sesuai

Tips Android_Charging Laptop

Apakah Anda mengisi baterai smartphone Anda dengan menghubungkannya ke laptop atau desktop charger ? Jika benar begitu, wajar saja jika pengisian baterai smartphone Anda terasa lambat. Melakukan pengisian baterai dengan laptop atau charger desktop akan lebih membuat pengisian baterai lebih lambat, hal tersebut dikarenakan laptop atau charger desktop tidak memiliki tegangan listrik yang dibutuhkan oleh baterai smartphone Anda. Jadi kesimpulannya adalah tetap gunakan adaptor charger asli khusus smartphone Anda sebagai sumber pengisian baterai !

 

Aliran Listrik yang Tidak Stabil

Tips Android_Sumber Listrik

Pengisian baterai smartphone yang lambat terkadang juga disebabkan karena sumber listrik yang tidak stabil atau kabel microUSB yang rusak. Ada kemungkinan bahwa stop kontak atau kabel microUSB Anda tidak bekerja dengan baik, sehingga mengalirkan listrik yang tidak stabil kedalam baterai smartphone Anda. Solusinya adalah cobalah untuk melakukan pegecekan pada stop kontak Anda dengan menggunakan VoltMeter atau menggunakan kabel microUSB lain.

 

Baterai Telah Rusak

Tips Android_Broken Battery

Jika baterai smartphone Anda sangat lambat pada saat dilakukan pengisian ulang atau sangat boros, ada kemungkinan bahwa Anda perlu untuk mengganti baterai ponsel Anda. Dan lagi-lagi Anda diingatkan, untuk mengganti baterai yang sesuai spesifikasi dari produsen smartphone Anda.

 

Jangan Digunakan Selama Pengisian Baterai

Tips Android_Hands On

Poin ini yang paling banyak dilakukan oleh para pengguna smartphone ! Banyak pengguna smartphone Android yang begitu kecanduan dengan Gadget, sehingga tidak bisa jauh dari smartphonenya bahkan untuk beberapa saat. Mereka terus menggunakan smartphone untuk bermain Games, Browsing hingga mengakses platform media sosial pada saat smartphone dalam keadaan sedang dilakukan pengisian baterai. Jika Anda adalah salah satu dari mereka, maka Anda sekarang sudah tahu alasannya mengapa pengisian baterai smartphone Anda sangat lambat.

BACA JUGA :  Xiaomi Redmi 3 Akan di Luncurkan pada 12 Januari 2016 ! Dengan Balutan Logam dan Layar 5-Inci

Dengan seringkali melakukan kebiasaan buruk tersebut selain dapat memperlambat pengisian baterai, smartphone juga akan menjadi lebih cepat panas dan dapat berakibat meledaknya baterai smartphone Anda ! Seperti kasus yang telah banyak terjadi belakangan ini.

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here