Tips MIUI 7 : 10 Tips ini akan Maksimalkan Fitur di MIUI 7 !

Trenteknologi.com – Sejak pertama kali diluncurkan, MIUI 7 langsung mendapatkan sambutan yang hangat dari para pengguna dan pecinta MIUI. Dan sejak kehadirannya, MIUI 7 hadir dengan berbagai fitur yang sebenarnya sangat berguna dan dapat lebih memaksimalkan kinerja dari MIUI 7, namun seringkali tidak disadari oleh penggunanya. Untuk dapat memaksimalkan fitur pada MIUI 7, pengguna tidak memerlukan aplikasi pihak ke-3, karena sepenuhnya hanya perlu memanfaatkan fitur yang ada. Dan kali ini Trenteknologi.com akan berbagi 10 tips yang dapat lebih memaksimalkan fitur yang dimiliki oleh MIUI 7 !

 

Mempercepat Ponsel MIUI Anda

Beberapa dari Anda mungkin sudah tahu trik ini, yaitu pengguna dapat membuat ponselnya terasa lebih cepat dengan mengurangi skala waktu animasi. Untuk mengurangi skala waktu animasi, pertama kali pengguna harus mengaktifkan fitur Developer Options terlebih dahulu dengan cara buka Settings > About Phone > tap beberapa kali pada kolom MIUI Version sampai fitur Developer Options terbuka.

Mempercepat Ponsel MIUI_1

Setelah mengaktifkan fitur Developer Options, pengguna dapat langsung mengatur skala waktu animasi pada MIUI 7 dengan cara buka Settings > Additional Settings > Developer Options > lalu ubah Windows Animation Scale, Transition Scale dan Animator Scale menjadi .5x > Reboot.

 Mempercepat Ponsel MIUI_2

 

Alternatif untuk Tombol Lock atau Wake Screen MIUI

Mencoba untuk mengurangi penggunaan tombol Power ? Pengguna MIUI dapat mengganti tombol Power untuk fungsi Lock atau Wake Screen !

 

  • Lock Screen

Pada layar awal, tahan tombol Menu selama beberapa detik untuk memunculkan fitur Widget. Setelah fitur Widget muncul, pilih Widget > Toggles > klik Lock.

Tombol Lock atau Wake Screen MIUI_1

 

  • Wake Screen

Pengguna dapat membuka ponselnya tanpa tombol Power, yaitu menggunakan tombol Volume. Buka Settings > Additional Settings > Buttons > aktifkan Wake with Volume Buttons.

 Tombol Lock atau Wake Screen MIUI_2

 

BACA JUGA :  Apa Itu Teknologi Sunlight Display Pada Xiaomi Mi 4i dan Mi Note ?

Menampilkan Kecepatan Koneksi Internet MIUI

Apakah Anda tahu bahwa kita dapat dengan mudah melihat kecepatan koneksi internet pada Statusbar ? Buka Settings > Notifications > aktifkan Show Connection Speed.

Menampilkan Kecepatan Koneksi Internet MIUI_1

 

Sekarang pengguna dapat dengan mudah memeriksa apakah koneksi internet bekerja dan seberapa cepat kecepatan download.

Menampilkan Kecepatan Koneksi Internet MIUI_2

 

Mengatur Fungsi Long Press MIUI

Sejak MIUI 6 diperkenalkan, menahan tombol Menu berfungsi untuk masuk ke Pengaturan Homescreen, bukan untuk membuka daftar aplikasi yang sedang berjalan. Namun apakah Anda tahu bahwa kita dapat mengembalikan cara kerja tombol Menu seperti layaknya pada MIUI 5 ?

 

  • Beralih ke Tombol Menu MIUI 5

Buka Settings > Buttons > rubah Press Recent ke Show Menu dan rubah Long Press Recent ke Show Recent Apps Tray.


Mengatur Fungsi Long Press MIUI_1

 

  • Mengatur Fungsi Long Press

Jika pengguna ingin tetap menggunakan fungsi Long Press yang dimiliki oleh MIUI 7, pengguna dapat mengatur fungsi Long Press tersebut sesuai dengan keinginan pengguna. Pilih salah satu pilihan fungsi pada Long Press Navigation Buttons, lalu pilih fungsi tombol Long Press yang pengguna inginkan untuk setiap tombol.

Mengatur Fungsi Long Press MIUI_2 

 

Menampilkan Persentase Baterai MIUI

Ketika pengguna pertama kali menggunakan MIUI, indikator baterai MIUI ditunjukkan hanya dengan ikon bar hijau saja. Namun pengguna dapat dengan mudah mengaktifkan persentase baterai pada MIUI, dengan cara buka Settings > Additonal Settings > Battery & Performance > pilih Percentage untuk menampilkan persentase baterai.

 Menampilkan Persentase Baterai MIUI_1

Selain dapat menampilkan indikator baterai berdasarkan persentase, pengguna MIUI juga dapat menampilkan indikator baterai berdasarkan grafis dengan cara buka Settings > Additonal Settings > Battery & Performance > pilih Graphical untuk menampilkan persentase baterai berdasarkan grafis. Opsi grafis akan menyembunyikan persentase baterai dan pada Top Bar akan menunjukkan hanya status baterai secara grafis.

BACA JUGA :  Ini Dia 10 Smartphone Android Canggih Yang Akan Segera di Rilis !

Menampilkan Persentase Baterai MIUI_2

 

Membatasi WiFi dan Data Usage MIUI

Pembatasan Wi-Fi dan Data Usage untuk aplikasi adalah salah satu fitur yang paling berguna di MIUI. Anda dapat membatasi beberapa aplikasi yang menggunakan koneksi internet dan dapat menghemat penggunaan kuota internet Anda bahkan dapat menonaktifkan iklan pada sebuah aplikasi. Untuk melakukan pengaturan WiFi dan Data Usage, buka aplikasi Security > Data Usage > Restrict Data Usage > pilih aplikasi yang tidak Anda inginkan.

Membatasi WiFi dan Data Usage MIUI

 

Menyesuaikan Posisi Toggles MIUI

Apakah Anda tahu bahwa kita dapat mengubah posisi toggles ? Kita bisa menyesuaikannya posisi toggles untuk memaksimalkan efisiensi dalam menggunakan MIUI. Caranya adalah buka Settings > Notifications > Toggles Positions > lalu drag ikon Toggles ke posisi yang diinginkan.

Menyesuaikan Posisi Toggles MIUI

 

Mengatur Autostart Apps

Pada MIUI, pengguna bisa mengatur aplikasi mana yang Autostart pada saat ponsel melakukan Booting pertama kali. Dengan mengatur Autostart Apps, akan dapat sangat mempengaruhi pada notifikasi yang akan diterima pengguna dan juga dapat menghemat baterai. Untuk mengatur Autostart Apps, buka aplikasi Security > Permission > Autostart.

Mengatur Autostart Apps_1

Pengguna akan melihat beberapa aplikasi yang sudah diaktifkan Autostart secara default, namun pengguna juga dapat mengaturnya sesuai keinginan.

Mengatur Autostart Apps_2

 

Manage Notifications MIUI

Manage Notifications sangat penting bagi Anda untuk mengatur notifikasi dari sebuag aplikasi. Anda pastinya tidak ingin menerima pemberitahuan dari setiap aplikasi di ponsel Anda, terutama aplikasi web, aplikasi media maupun aplikasi kamera yang sangat tidak penting untuk Anda. Dan untuk melakukan Manage Notifications tersebut, buka Settings > Notifications > Manage Notifications > lalu silahkan lakukan pengaturan notifikasi sesuai keinginan.

 Manage Notifications MIUI_1

Sebagai tips, usahakan untuk menonaktifkan Floating Notifications and Lock Screen karena akan sangat mengganggu Anda pada saat sedang bermain games ataupun menonton video.

BACA JUGA :  Aplikasi Xiaomi : 9 Aplikasi Khusus Untuk Pengguna Xiaomi !

 

Hiasi Ponsel Anda dengan Tema MIUI

Salah satu fitur terbaik di MIUI adalah aplikasi Themes. MIUI memiliki lebih dari ribuan tema untuk diterapkan di ponsel Xiaomi pengguna. Selain itu, pengguna juga dapat menyesuaikan tema dengan wallpaper yang berbeda pada Lockscreen dan Homescreen. Untuk memilih tema sesuai keinginan, buka aplikasi Themes dan pilih tema favorit Anda dengan nilai rating tertinggi atau kategori yang berbeda.

Tema MIUI_1

Pengguna juga dapat memilih untuk mengubah wallpaper untuk Lockscreen dan Homescreen saja.

Tema MIUI_2

Bahkan pada MIUI 7, MIUI 7 memiliki fitur yang sangat luar biasa yaitu Daily Lockscreens. Untuk mengaktifkan Daily Lockscreens pada MIUI 7, buka Settings > Wallpaper > Choose Wallpaper > Daily Lockscreens > kemudian centang setiap kategori yang Anda sukai > Apply.

Tema MIUI_3

 

Sumber : en.miui.com – Credit : marcus_keong

loading...
author
Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....
test
41 Responses
  1. author

    citra1 year ago

    masih bingung saya

    Reply
  2. author

    andri1 year ago

    Saya pengguna xiaomi Redmi 2 baru n update ke MIUI 7…yang ingin saya tanyakan kepada mas bayu, kenapa di saat indikator batre 100% full charge tetapi masih ada seperti logo listrik dsamping logo baterai ya mas? jadi saya bingung apakah sebenrnya batre sudah penuh atau belum…mohon informasinya mas. terima kasih

    Reply
    • author
      Author

      Bayu Aditya Putra1 year ago

      Kalo kaya gitu kemungkinan ada error dari system, coba agan Wipe Cache via Recovery Mode (Data tidak hilang). Atau bisa juga coba Factory Reset via Recovery Mode (Semua data di Internal Memory akan hilang). Tapi tetep usahakan BACKUP data dulu gan 🙂

      Reply
      • author

        andri1 year ago

        tetapi beberapa rekan saya yang saya tanyakan katanya memang seperti itu? memang jika terisi penuh apa ciri notifikasinya? pertnyaan kedua kenapa wa sama bbm saya sering nyangkut jadi harus dibuka dlu bbm dan wa nya baru notifikasinya masuk..padahal saya sudah permission dan autostart untuk bbm dan wa nya… mohon jawabannya mas bayu saya pakai redmi 2

        Reply
        • author

          fahmee9 months ago

          sama…
          Redmi 3 gua jga gtu…harus di buka dlu aplikasi baru masuk

          Reply
          • author

            DADAN9 months ago

            atur setting battery performancenya jadi stay connect. dijamin notifikasi lancar masuknya.
            saya pake redmi 3 🙂

          • author
            Author

            Bayu Aditya Putra9 months ago

            wow, boleh juga dicoba tuh gan…thanks masukannya 🙂

        • author

          opank5 months ago

          coba bbm/wa install di system,
          *)Root

          Reply
  3. author

    Haerul1 year ago

    Boleh minta solusi gak gan??? sya bru habis beli xiaomi kakak yang bekasnya baru 2 bulan. tapi kok tampilan aplikasi musiknya warna abu-abu semua??? pengennya saya berwarna lah ato ada temanya jga…. Trims

    Reply
  4. author

    Tasya8 months ago

    saya pake miui 7.3 versi global min, kalau ganti tema berapa jam kemudian selalu kembali ke tema default gan. bisa bantu solusinya min ? ^^

    Reply
    • author
      Author

      Bayu Aditya Putra8 months ago

      Bisa dicoba ikuti cara ini :

      Go to setting –> Installed app –> select System Launcher –> Clear Cache and Data

      setelah itu coba rubah kembali ke themes yang diinginkan 🙂

      Reply
      • author

        tasya8 months ago

        Udah dicoba min, masih ttep balik k tema yg semula brpa jm kmdian, pdhl gk d apa”in 🙁

        Reply
        • author
          Author

          Bayu Aditya Putra8 months ago

          Themes berbayar/gratis sis? dan pake app wsm tools ga?

          Itu memang masih menjadi bug MIUI sudah lama soalnya 🙂

          Reply
          • author

            tasya8 months ago

            Udah kak, dibenerin sama tukang service ^^ .tp skrang mlah customize fontnya yg hilang, pdhl sblmnya klw clear data tema pilihan fontnya mncul di customize.skrng gk ada.. apa itu slh servis kak ?

  5. author

    andi8 months ago

    cara menghilangkan suara boot sound/suara saat hp dinyalakan di hp xiaomi redmi 3 caranya gimana ya..?

    Reply
    • author
      Author

      Bayu Aditya Putra8 months ago

      Harus di root dulu, setelah itu pake aplikasi Root Explorer. Lalu ke folder System > Media, nanti disana biasanya ada file audio dengan nama Boot, tinggal hapus aja 🙂

      Reply
  6. author

    Super8 months ago

    Mas mohon info buat menampilkan ikon kamera di layar kunci depan bisa diatur nggak ya jika pakai tema yang nggak ada fitur ikon kamera nya di layar kunci depan tsb?

    Reply
  7. author

    azzam7 months ago

    Maaf mas. Saya pakai redmi 2, masalahnya kalau mau masuk additional setting lalu mau masuk button selalu setting terhenti. Mohon solusinya. Terima kasih

    Reply
  8. author

    Olive7 months ago

    mau tanya donk..saya pake xiaomi redmi 2 prime..trus saya ga sengaja ngupdate OSnya..Jd sinyal telkomsel saya tiba2 hilang..kemudian saya coba browsing trus nemu cara katanya di’fastboot ya..setelah selesai proses flahing,sinyalnya udah muncul..eh tp ko malah error hpnya..tiap saya masukin kuncinya,blm sempet ngebuka balik lagi minta masukin kunci..saya masukin lg kuncinya..trus balik lagi minta kunci..jd saya ga bisa ngapa2in dgn hp itu..kira2 tau ga yah solusinya hrs digimanain??Mohon bantuannya..

    Reply
  9. author

    Kim7 months ago

    Mas kok di miui 7 kalau ada incoming call, selain bunyi ringtone juga ada suara mbak mbak yang bacain nama dan nomor orang yang telpon kita sih? contoh: “fulan 075468856xx incoming call” kalau seperti itu cara nonaktifin suara mbak” nya gimana ya?

    Reply
  10. author

    mutiara7 months ago

    saya pakai mi4i, awalnya menggunakan versi MIUI7 BETA, melihat temanya lucu lucu sekali bahkan sampai di latar belakang message pun masih terlihat gambar dr tema itu. tapi ketika saya upgrade ke MIUI8 tema yg pernah saya pakai di MIUI 7 kyak tidak didukung, temannya tetap bisa dipakai tapi tampilan nya jd berubah tidak ada latar belakang gambar dr tema itu sendiri.

    Reply
  11. author

    Raras7 months ago

    halo bang,mau tanya deh. br 2hari Xiaomi Redmi 3S ane pegang. garansi 1thn distri. kok ane gabisa ganti wallpaper hp pake foto sendiri ya,bahkan hasil jepretan kameranya jg gabisa dijadiin wallpaper. setiap mau setel foto jd wallpaper selalu muncul tulisan “tidak bisa memuat gambar” itu kenapa ya??

    Reply
    • author

      Iryanto6 months ago

      halo bang,mau tanya deh. br 2hari Xiaomi Redmi 3S ane pegang. garansi 1thn distri. kok ane gabisa ganti wallpaper hp pake foto sendiri ya,bahkan hasil jepretan kameranya jg gabisa dijadiin wallpaper. setiap mau setel foto jd wallpaper selalu muncul tulisan “tidak bisa memuat gambar” itu kenapa ya??

      Reply
    • author

      Pinkyy2 months ago

      Kak apa sudah bisa ganti walpaper nyaa? Gimana caranya kak?

      Reply
  12. author

    Mepro7 months ago

    Min kok widget redmi 3 gk ada ya? Gimana ya kalau mau ngapus halaman yg kosomg

    Reply
  13. author

    desi6 months ago

    detail banget penjelasannya,… nanti di coba di rumah deh

    Reply
  14. author

    ade6 months ago

    min kalo mau disable autocorrect dikeyboardnya gimana yaa min ??

    Reply
    • author
      Author

      Bayu Aditya Putra6 months ago

      Masuk ke Setting > Additional Settings > Languange & Input > Google Keyboard > Text Correction > Hilangkan Ceklist pada Auto-Correction

      Reply
  15. author

    edhy aduhai6 months ago

    maaf nih numpang bertanya,
    sy juga coba tips” yg diatas, yaitu untuk membuka dengan tombol volume, tapi kok setelah sy buka setting-additional setting-button&keys nah pada saat sy klik kolom buttonnya kok langsung keluar ke menu awal settingnya yah..??
    tolong di bantu yahh..!!

    Reply
  16. author

    Mr bay6 months ago

    Gan mau tanya hp saya xiaomi redmi 2 prime.. Setelah saya update terus pas buka setwlan privasi menutup sendiri dan pas unindtal aplikasi kok hp nya ngereatar sendiri dan aplikasi nya nggak hilang..
    . Mohon bantuan nya gan

    Reply
  17. author

    Roy6 months ago

    cara biar nama aplikasi ga ada bisa ga min? mohon infonya ya

    Reply
  18. author

    kanii6 months ago

    Mau nanya nih gan, Punya ane redmi 3s nih gan kog mock location yg dideveloper optionnya ga ada ya, pdhal devwloper optionnya udah sya pencet 7 kali diMIU nya itu???

    Reply
  19. author

    gyuavajuice5 months ago

    Kak nanya dong kok mau pasang lock screen picture selalu ada tulisan cant load picture terus ya? Gak bisa ganti wallpaper dan lockscreen. Caranya gimana? Makasih.

    Reply
  20. author

    Tata5 months ago

    Kak mau nanya dong. Kn kmren aku nghapus jam dri tema trs make jam dri hp jdi skarang stiap gnti tema jamnya ga ngikutin tem bntuknya. Gmna yah kak cara ngerubahnya ?

    Reply
  21. author

    veri4 months ago

    Cara mematikan boot audio gimana,, mohon infonya

    Reply
  22. author

    thoriq3 months ago

    Kak mau txa nih. Ketika saya flashing xioami mi5 saya k miui 8 global version tidak dapat mengganti wallpaper home screen maupun lock screen ?
    Sebelumnya lake miui 7.5 distributor bisa-bisa aja ganti wallpapernya?
    Mohon pencerahanya kaka.
    Terima kasih kaka.

    Reply
  23. author

    Ajmahardika1 month ago

    Klu performa animasi sistem di setting>baterry and performa mksdnya apa

    Reply

Leave a reply "Tips MIUI 7 : 10 Tips ini akan Maksimalkan Fitur di MIUI 7 !"