Kenal Lebih Dekat dengan Jenius, Digital Banking Terkemuka Di Indonesia

Trenteknologi.com – Jenius adalah aplikasi digital banking yang dikeluarkan oleh PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) pada tahun 2016 silam. Aplikasi ini menyediakan kemudahan bagi nasabah untuk melakukan transaksi perbankan dan pembayaran saat berbelanja online. Artikel ini akan memaparkan informasi mengenai Jenius yang hadir sebagai digital banking terkemuka yang bisa anda simak sampai habis.

Kontribusi Jenius Sebagai Pionir Dalam Digital Banking

Jenius sebagai pionir dalam digital banking di Indonesia hadir memberikan pengalaman yang baru yang bisa langsung dirasakan oleh masyarakat dalam pembukaan rekening. Masyarakat yang ingin membuka rekening Jenius tidak perlu mendatangi kantor cabang lagi tetapi bisa hanya dengan menggunakan gadget. Dengan begitu, anda tidak perlu membuang waktu dalam mengantri dan mengurusi berbagai keperluan administratif yang rumit di kantor.

Penyelesaian urusan pembukaan rekening bisa anda selesaikan dengan mudah dan praktis dengan menggunakan aplikasi Jenius yang hanya memerlukan waktu 10 menit saja. Selain itu, Jenius juga hadir menyediakan fitur $Cashtag yang memungkinkan nasabah menggunakan identitas tersebut sebagai nomor rekening. Oleh karena itu, pengiriman uang dan transaksi lainnya tidak perlu dilakukan dengan menghafal nomor panjang rekening yang merepotkan seperti yang biasa dilakukan di bank konvensional.

Melihat terobosan yang dilakukan oleh Jenius tersebut, pasar menyambut dengan positif. Banyak masyarakat yang tertarik menggunakan pengalaman baru tersebut. Hal tersebut juga berpengaruh terhadap peningkatan digital banking lain yang juga menawarkan produk yang serupa.

Bahkan hal ini menarik perhatian dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang secara resmi akhirnya merilis peraturan digital banking murni, yaitu Peraturan OJK (POJK) Nomor 12 dan 13 (2021). Kontribusi besar ini merupakan prestasi Jenius yang telah berhasil membuat pengalaman baru bagi masyarakat dalam bidang digital banking.

Kelola Keuangan Pribadi Lebih Simpel, Cerdas, dan Aman Dengan Jenius

Zaman digital saat ini semakin memudahkan masyarakat dalam melakukan aktivitasnya, termasuk pengelolaan keuangan. Dengan menggunakan aplikasi digital, para generasi milenial akan merasa lebih mudah dalam pengaturan keuangan. Hal ini dimanfaatkan oleh Jenius sehingga menghadirkan kemudahan dalam pengelolaan keuangan pribadi dengan lebih simpel, cerdas, dan aman.

  • Moneytory atau Money Story

Fitur ini bisa anda dapatkan di aplikasi Jenius yang bisa anda dapatkan di Google Play Store atau App Store. Fitur moneytory sangat berguna bagi anda yang sering kelewatan atau merasa kebablasan dalam berbelanja atau anda tidak pernah mencatat keuangan dengan jelas sehingga tidak tahu alur penggunaan keuangan anda dengan baik. Moneytory ini memampukan anda untuk membuat buku harian keuangan pribadi anda dan mengatur cash flow dengan simpel dan cerdas sehingga kondisi keuangan anda bisa lebih terpantau setiap saat.

  • Jenius Debit Card

Fitur ini bisa digunakan oleh nasabah yang membutuhkan dana darurat, dana liburan, atau investasi. Dengan menggunakan fitur ini, anda bisa mengatur dan memonitor keuangan dengan mudah, aman, dan hemat waktu. Sebagai nasabah Jenius, anda bisa memiliki hingga 5 kartu debit sekaligus yang bisa anda bagikan kepada kerabat seperti orang tua, istri, anak, dan siapapun yang ingin anda berikan.

Kartu-kartu tersebut bisa anda atur dana dan limitnya sehingga anda lebih mudah mengatur keuangan, bahkan untuk seluruh anggota keluarga anda. Alat bantu ini akan membantu dalam mengelola keuangan anda sesuai dengan kebutuhan dan sangat direkomendasikan untuk digunakan karena memiliki PIN yang mengamankan transaksi.

  • Save It

Fitur ini dibuat untuk nasabah yang ingin memiliki tabungan tambahan di rekening Jeniusnya. Save it memiliki tiga jenis tabungan yaitu Flexi Saver, Dream Saver, dan Maxi Saver yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda.

Flexy Saver merupakan jenis tabungan yang fleksibel untuk mengalokasikan uang anda dengan metode disiplin menabung. Tabungan jenis ini memungkinkan anda untuk menyimpan atau menabung uang yang bukan berasal dari penghasilan utama anda. Jenis tabungan kedua adalah Dream Saver yang merupakan tabungan autodebit yang berguna untuk mewujudkan mimpi-mimpi anda dengan penarikan tabungan langsung dari saldo aktif anda.

Jenis tabungan ketiga yaitu Maxi Saver yang merupakan tabungan deposito berjangka dimana setoran, metode perpanjangan, serta tenornya diatur sendiri oleh pengguna sesuai dengan kemampuan dan keinginannya.

  • Investasi Reksadana

Fitur yang disediakan oleh Jenius ini berguna untuk mempermudah para nasabah untuk melakukan investasi reksadana. Pada metode ini, nasabah diberikan kesempatan dalam memilih beberapa jenis produk investasi seperti pasar uang, obligasi jangka panjang, obligasi jangka pendek, atau saham yang disesuaikan dengan kondisi keuangan dan keinginan para pengguna. Fitur ini disediakan oleh Jenius karena sebagian masyarakat membutuhkan digital savvy yaitu keinginan untuk berinvestasi dengan simpel, cerdas, dan aman menggunakan aplikasi Jenius.

Penggunaan investasi reksadana di aplikasi Jenius memiliki beberapa keunggulan seperti praktis dalam membuka akun, memberikan info komposisi investasi sesuai dengan profil risiko pengguna, histori tercatat dengan sangat rapi, serta transaksi yang dilakukan langsung terhubung dengan saldo aktif pengguna. Hal ini tentu sangat berguna dalam memperoleh investasi reksa dana yang mudah dan praktis hanya menggunakan satu aplikasi di smartphone anda.

Edukasi Keamanan Digital dan Fitur-fitur Jenius untuk Keamanan Bertransaksi

Jenius menghadirkan berbagai kemudahan dalam pengelolaan keuangan yang bisa membantu anda dalam kehidupan sehari-hari. Jenius selalu mengutamakan kepuasan penggunanya dengan memegang teguh 3 pilar utama yaitu simple, smart, dan safe yang mampu meningkatkan kenyamanan para penggunanya sehingga tetap menggunakan Jenius dalam berbagai transaksi yang dilakukan, yaitu dengan fitur keamanan berikut.

  • Teknologi Keamanan Jenius

Aplikasi Jenius menggunakan sistem keamanan yang berlapis guna memastikan bahwa transaksi dan penyimpanan data pengguna dalam keadaan yang sangat aman. Berikut ini merupakan cara yang digunakan Jenius untuk senantiasa menjaga keamanan data-data pengguna, yaitu: menggunakan teknologi keamanan berstandar internasional, menerapkan isolasi dan proteksi data berlapis, dan diawasi oleh Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

  • Fitur Keamanan Aplikasi Jenius

Selain memastikan bahwa secara sistem anda aman menggunakan Jenius, aplikasinya juga disediakan berbagai fitur yang mampu memperkuat keamanan akun anda. Selain menggunakan password dan pin, Jenius juga menyediakan fitur-fitur yang sangat berguna untuk menjaga apabila terjadi aktivitas perbankan yang tidak normal yang berhubungan dengan akun anda, diantaranya adalah:

  • Pengaturan limit transaksi yang dapat anda ubah sesuai dengan kebiasaan transaksi yang anda lakukan.
  • Pengaturan PIN di setiap kartu debit dimana anda bisa memasukkan pin yang berbeda-beda pada masing-masing kartu debit Jenius yang anda miliki. Dengan begitu, apabila anda kehilangan kartu debit anda, kecil kemungkinan pencuri tersebut bisa mengakses seluruh PIN yang anda pasang.
  • Pengaturan notifikasi yang menyeluruh dan bisa disesuaikan sehingga apabila ada transaksi yang tidak dilakukan atau aktivitas yang mencurigakan yang tidak anda kerjakan, maka anda bisa bertindak dengan cepat untuk menanggulanginya.
  • Fitur block dan unblock kartu debit Jenius yang bisa langsung anda lakukan menggunakan aplikasi Jenius di smartphone anda.
  • Fitur Jenius Pay yang bisa membantu anda untuk melakukan transaksi online tanpa perlu memasukkan informasi mengenai kartu debit anda di e-commerce atau marketplace tempat anda berbelanja.

Berkreasi dan Berkolaborasi dengan Jenius co.create

Jenius saat ini sudah sangat berkembang di masyarakat karena pelayanan dan kemudahan yang ditawarkan menarik perhatian. Bagaimana tidak, Jenius memungkinkan masyarakat mampu melakukan pengelolaan keuangan dan transaksi dengan mudah, aman, dan praktis sehingga menjadi solusi life finance yang lengkap dan relevan bagi masyarakat. Artikel ini akan mengulas tentang bagaimana Jenius mampu menjadi solusi Life Finance yang terbaik bagi masyarakat luas dengan Jenius co.create.

Dalam wadah Co.Create, anda bisa mengikuti tema-tema yang disediakan berdasarkan keinginan anda. Berikut ini adalah tema yang bisa kamu ikuti berdasarkan ketertarikan atau interest yang anda miliki:

  • Co.Create club

Tema ini menaungi personal finance and creative dimana pada wadah satu ini akan ditampung berbagai macam program yang inspiratif dan membangun. Bagi anda yang menyukai dunia finansial dan kreatif, anda bisa bergabung di tema ini bersama dengan pegiat profesional lainnya.

  • Co.Create business

Berbeda dengan tema personal sebelumnya, Co.Create menaungi para small to medium business owners yang ingin mengembangkan usahanya. Anda akan memperoleh berbagai program yang informatif dan berguna bagi anda yang ingin mendalami bisnis dari pakar-pakar bisnis yang sudah profesional dan berpengalaman.

  • Co.Create tech

Tema yang satu ini ditujukan kepada para developers and tech enthusiasts dimana akan disediakan bermacam-macam program yang edukatif bagi anda. Program menarik tersebut disediakan bagi anda yang tertarik dengan dunia teknologi dan akan dibimbing oleh pegiat teknologi dan developer yang sudah berpengalaman dibidangnya.

Sekian informasi mengenai perkembangan digital banking dan kontribusi Jenius sebagai digital banking selalu meningkatkan pelayanan demi kepuasan pengguna. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca untuk mengetahui peran Jenius sebagai pelopor digital banking di Indonesia.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Post

OPPO Reno7 Dirilis, Kamera Bersensor IMX709 dengan Desain Klasik

Next Post

Cognex Code Reader DataMan 280, Penuhi Kebutuhan Manufaktur Industri 4.0

Related Posts
Total
0
Share