Alibaba Cloud Perkuat Ekosistem Mitra Digital dan Talenta Digital di Indonesia

Trenteknologi.com – Alibaba Cloud mengumumkan penguatan lokal ekosistem dengan melakukan orientasi dan kolaborasi yang lebih erat dengan mitra teknologinya. Alibaba Cloud bersama dengan lokal ekosistem di Indonesia mendukung permintaan pelanggan Indonesia yang terus meningkat untuk transformasi digital di berbagai bidang termasuk mobile banking dan perencanaan sumber daya perusahaan (ERP).

Selain itu, perusahaan cloud terdepan ini juga telah meluncurkan program pelatihan talenta digital lebih lanjut bersama dengan dukungan komunitas yang lebih luas. Inisiatif diadakan dengan tujuan untuk mempercepat upaya digitalisasi bisnis di pasar.

“Kami telah melayani pasar di Indonesia sejak 2016 dan selama enam tahun terakhir, kami telah berkomitmen di Indonesia dengan menginvestasikan lebih banyak sumber daya yag bertujuan untuk mengembangkan ekosistem mitra lokal kami, memperkenalkan produk dimana di dalam nya terdapat layanan yang modern dan canggih, menawarkan berbagai program pelatihan talenta digital, dan memberikan dukungan kepada komunitas startup dan developer,” kata Leon Chen, Country Manager of Indonesia, Alibaba Cloud Intelligence. “Melihat kedepan di tahun 2023, kami akan melanjutkan komitmen kami yang tak tergoyahkan di dalam pasar Indonesia dengan mendukung percepatan transformasi digital untuk seluruh jenis bisnis di Indonesia.”

Tingkatkan Ekosistem Digital dengan Lebih Banyak Mitra Teknologi

Alibaba Cloud telah mengembangkan ekosistem lokalnya di Indonesia dengan bekerja sama dengan mitra teknologi berpengalaman termasuk ISV dan integrator sistem. Tahun ini, para mitra termasuk AdINs (spesialis dalam sistem multifinance), Real Data Indonesia (dalam mMonitoring Kinerja Aplikasi Seluler), Dimata Sora Jayate (di ERP), Worxcode (di ioffice), MKP (untuk sistem pembayaran e-tiket), 3Dolphins (di Chatbots & CRM) dan Zahir (di Aplikasi Bisnis yang Terintegrasi), telah memperkuat kolaborasi mereka dengan Alibaba Cloud, dimana Alibaba Cloud melanjutkan misinya untuk memfasilitasi permintaan transformasi digital pelanggan lokal.

BACA JUGA :  Bose Ultra Open Earbuds Akan Hadir di Indonesia 26 Maret, Tawarkan Audio yang Revolusioner

Sebagai bagian dari program global Alibaba Cloud yang bernama “Regional Accelerator”, yang diumumkan pada bulan September lalu, Alibaba Cloud juga akan menawarkan dukungan kuat kepada para mitra di Indonesia – termasuk pendanaan, potongan harga, dan prakarsa go-to-market – guna mempercepat inovasi teknologi dan perluasan pasar mereka secara bersama-sama, sebagai upaya untuk lebih memberdayakan pelanggan di tanah air.

Menggerakkan Pelatihan Talenta Digital dan Dukungan Komunitas

Selama setahun terakhir, lebih dari 62.000 orang di Indonesia telah mengikuti berbagai program pelatihan digital yang diselenggarakan oleh Alibaba Cloud yang bekerja sama dengan universitas lokal, asosiasi, inkubator startup, dan komunitas pengembang.

Misalnya upaya Alibaba Cloud meluncurkan Student Ambassador Program tahun ini, yang bertujuan untuk memilih duta mahasiswa yang antusias dari universitas di seluruh negeri untuk membantu mempromosikan pengetahuan tentang komputasi awan dan kecerdasan digital di antara generasi tenaga kerja berikutnya. Dua puluh duta mahasiswa (student ambassadors) dari 40 universitas dipilih tahun ini, dan perusahaan berencana untuk merekrut siswa magang yang akan mendapatkan manfaat dari pembelajaran dan pengalaman langsung di lapangan selama setahun penuh pada tahun 2023.

Selain itu, tahun ini Alibaba Cloud telah bermitra dengan 10 universitas seperti Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknologi & Bisnis (Stikom Bali), Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (Itats), Universitas Bina Nusantara (Binus) yang terletak di kota Jakarta, Surabaya, Bali, Bandung dan Yogyakarta, guna memberikan pelatihan kepada dosen dan mahasiswa di univertias tersebut terkait komputasi awan dan mata pelajaran AI.

BACA JUGA :  Xiaomi Hadirkan Xiaomi Watch dan Xiaomi Smart Band 8 Pro di Indonesia

Perusahaan juga telah mendukung program pelatihan talenta digital yang disediakan oleh KOMINFO (Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia), dimana lebih dari 2.000 siswa telah mendapat manfaat dari peningkatan keterampilan mereka sendiri pada topik-topik seperti komputasi awan, keamanan, dan big data agar mereka dapat tetap kompetitif di era digital ini.

Alibaba Cloud juga telah bermitra dengan lebih dari 20 asosiasi lokal dan komunitas pengembang termasuk Indigo, Codepolitan, Cloud Computing Association (ACCI) dan Aftech di tahun ini untuk membuat pelatihan online dan lokakarya pendidikan untuk startup yang sedang naik daun, pengembang dan pengusaha pemula.

Dukung Transformasi Digital Pelanggan dengan Produk dan Solusi Mutakhir

Selama setahun terakhir, Alibaba Cloud telah memperkenalkan serangkaian produk mutakhir di bidang analitik digital, rekomendasi cerdas, manajemen aplikasi layanan mikro, solusi keamanan yang ditingkatkan, dan blockchain sebagai layanan bagi pelanggan untuk mempercepat perjalanan transformasi digital mereka.

Telkomsigma, anak perusahaan Telkom Group, penyedia telekomunikasi terbesar di Indonesia, telah berkolaborasi dengan Alibaba Cloud untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas layanan cloud miliknya. Memanfaatkan tumpukan Apsara, solusi aman dan cerdas dari Alibaba Cloud, Telkomsigma juga akan memperluas layanan cloud-nya dalam menyediakan lingkungan hybrid dan multi-cloud untuk memenuhi tuntutan Telkomsigma akan lingkungan berkapasitas tinggi, inovasi berbasis cloud, serta efisiensi operasi dan manajemen.

AI Rudder, sebuah perusahaan perangkat lunak yang menyediakan teknologi Voice AI canggih untuk membantu perusahaan mengatasi tantangan komunikasi B2C, telah memanfaatkan infrastruktur dan solusi cloud milik Alibaba Cloud yang dapat diskalakan untuk mengembangkan analitik digital dan platform AI untuk melakukan pengoptimalan yang digerakkan oleh kecerdasan dan analitik prediktif yang dapat meningkatkan kinerja dan keakuratan solusi Voice AI-nya.

BACA JUGA :  Penjualan Perdana, Xiaomi 14 Laris Terjual Lebih Dari 3000 Unit!

PT Raiz Invest Indonesia (“Raiz”), sebuah perusahaan teknologi keuangan di Indonesia, telah bermitra dengan Alibaba Cloud untuk membangun saluran pengembangan dan penerapan aplikasi dengan kelincahan, koordinasi, dan transparansi. Dengan solusi cloud-native Alibaba Cloud, Raiz telah memperluas kemampuannya untuk melayani semakin banyak pengguna dan transaksi harian dengan cara yang tangguh dan aman.

Dengan tiga pusat data lokal dan satu scrubbing center di pasar lokal, Alibaba Cloud telah melayani permintaan transformasi digital bisnis Indonesia secara menyeluruh mulai dari pengusaha mikro, UKM, unicorn hingga perusahaan besar seperti Astra Financial, Adira Finance, Akulaku, Kopi Kenangan dan Garuda Indonesia.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Lexar Umumkan Kapasitas Baru untuk Lexar Professional CFexpress Type B Card GOLD Series

Next Post

Niagahoster Prediksi Tren dan Strategi Digital Marketing di Tahun 2023

Related Posts
Total
0
Share