Aruba Perkenalkan Solusi EdgeConnect Microbranch Baru, Modernisasi Lingkungan Kerja Hybrid

Aruba resmi memperkenalkan solusi EdgeConnect Microbranch, solusi jaringan terdepan yang dirancang untuk lingkungan kerja hybrid seperti home-office dan kantor kecil.

Trenteknologi.com – Aruba resmi memperkenalkan solusi EdgeConnect Microbranch, solusi jaringan terdepan yang dirancang untuk lingkungan kerja hybrid seperti home-office dan kantor kecil. Solusi ini menyediakan semua layanan tradisional yang aman, seperti yang biasanya didapatkan di kantor, kepada karyawan yang bekerja secara remote melalui satu Wi-Fi access point (AP) tanpa gateway, agent atau hardware tambahan yang dibutuhkan di lokasi remote.

Dengan EdgeConnect Microbranch, departemen IT dapat memastikan para karyawan remote mendapatkan pengalaman Work From Anywhere yang konsisten, kapanpun dan dimanapun mereka berada. EdgeConnect Microbranch memberikan layanan konektivitas on-campus lengkap, mempercepat proses troubleshooting dan menjaga agar perusahaan tetap terlindungi dengan memperluas jangkauan framework keamanan on-campus Zero Trust dan Secure Access Services Edge (SASE) ke home office/kantor kecil dengan mulus.

EdgeConnect Microbranch, yang merupakan bagian dari Aruba ESP (Edge Services Platform), terdiri dari AP dan seperangkat layanan SD-WAN terbaru dan dibangun berbasis teknologi Aruba yang menyediakan konektivitas dan keamanan yang kuat dan bisa langsung digunakan di kantor-rumah tanpa perlu melakukan setting yang merepotkan (zero touch) melalui solusi Remote Access Points (RAPs) yang populer.

SD-WAN sudah mulai diaplikasikan ke kantor-kantor cabang dan kampus-kampus besar untuk memenuhi semakin meningkatnya permintaan terhadap performa, kehandalan, dan keamanan aplikasi. Saat ini, ketika kerja hybrid semakin menjadi New Normal, home-office dan kantor kecil membutuhkan pengelolaan traffic berbasis policy dan keamanan SASE berbasis cloud dari Aruba SD-Wan agar bisa mendukung para karyawan yang bekerja remote secara efisien, kuat dan aman. Bahkan, IDC memperkirakan 70% perusahaan yang ada di dalam ranking G2000 akan memberlakukan model kerja remote atau hybrid-first, sehingga mengubah proses kerja.

Bagi banyak perusahaan, kunci keberhasilan dalam penerapan sistem kerja yang fleksibel dan remote adalah kemampuan untuk memberikan akses yang sama ke berbagai tools, aplikasi dan fungsionalitas kepada karyawan hybrid di rumah seperti halnya di kantor. Solusi EdgeConnect Microbranch terbaru melakukan hal ini dengan menambahkan layanan baru SD-WAN dan SASE ke dalam konektivitas, access control berbasis identitas, manajemen dan kemampuan analitik yang sudah dinikmati pengguna selama ini melalui Aruba RAP – tanpa hardware tambahan di infrastruktur on premise, atau agent pada perangkat. Tidak membutuhkan hardware tambahan adalah faktor yang penting bagi home office, kantor kecil dan lokasi ad-hoc yang tidak memiliki staf IT, seperti gerai ritel, kios, dan klinik kecil, yang rata-rata memiliki keterbatasan ruang.

Layanan EdgeConnect Microbranch menjawab tantangan yang umum dialami oleh sistem kerja remote, seperti kebutuhan untuk menjamin performa aplikasi yang latency-sensitive (unified communication and collaboration), serta memastikan agar keamanannya sesuai dan bisa bersaing dengan perangkat-perangkat haus bandwidth yang semakin memadati jaringan. Layanan EdgeConnect Microbranch terbaru seperti routing berbasis policy, yang memungkinkan tim IT mengoptimalkan bagaimana traffic aplikasi diarahkan ke satu tujuan, melengkapi layanan yang sudah ada seperti Air Slice, yang secara dinamis mengalokasikan sumber daya AP radio ke aplikasi khusus. Sebagai contoh, kualitas panggilan konferensi video bisa ditingkatkan dengan memprioritaskan trafik konferensi video ketimbang video hiburan, lalu mengarahkan traffic konferensi video langsung ke vendor SaaS terpercaya, sehingga memutus perjalanan yang tak penting ke data untuk inspeksi.

“EdgeConnect Microbranch menghadirkan pendekatan modern dan skalabilitas kepada perusahaan-perusahaan sehingga mereka bisa menerapkan sistem kerja remote dan membuat pengalaman kerja di home office sama seperti bekerja di kantor yang sebenarnya,” kata Larry Lunetta, VP of Solutions Portfolio Marketing, Aruba, Hewlett-Packard Enterprise. “Ketika sebagian orang yakin bahwa keamanan hanya ada di layanan jaringan yang bisa diteruskan ke AP/Router di home office – meskipun harus membutuhkan box tambahan, EdgeConnect Microbranch membuktikan bahwa dengan pendekatan berbasis cloud, semua layanan jaringan yang sangat penting bisa diteruskan ke kantor-rumah hanya melalui satu titik akses.”

Dengan memperluas pengalaman RAP in-home yang sudah kuat dengan fitur-fitur penting di SD-WAN, EdgeConnect Microbranch tampil sebagai solusi ideal untuk operasional hybrid seperti contact center, telehealth dan manajemen IT, di mana uptime dan security adalah hal yang sangat penting.

EdgeConnect Microbranch adalah solusi terkemuka di industri yang memperbaiki pendekatan lama yang mengharuskan penambahan hardware yang ekstensif ke kantor kecil dan kantor-rumah jika ingin menikmati layanan SD-WAN dan SASE. Pendekatan lama juga memerlukan penambahan hardware kelas consumer dan perangkat dengan yang memiliki fungsi khusus, sehingga kurang memiliki kemampuan pengelolaan dan fungsionalitas yang kuat.

Fitur dan Benefit SD-WAN Terbaru – Tidak Membutuhkan On-Premise Gateway

  • Routing berbasis policy: memungkinkan IT untuk menghasilkan performa dan keamanan aplikasi berdasarkan aturan-aturan yang sudah terotomatisasi untuk memenuhi service-level agreements (SLAs) pada aplikasi, website atau jenis pengguna tertentu.
  • Orkestrasi tunnel dan route: Mengoptimalkan performa jaringan dengan orkestrasi VPN tunnel sesuai permintaan, dan secara otomatis mengalihkan traffic ke jaringan dengan kinerja terbaik.
  • Integrasi SASE: Menyediakan konektivitas aman untuk layanan keamanan cloud seperti Zscaler secara langsung melalui AP dan bersama dengan Aruba Central menyediakan orkestrasi tunnel dan manajemen konfigurasi terpadu
  • Peningkatan visibilitas WAN: Mengakselerasi troubleshooting dan meningkatkan pengalaman pengguna dengan menyediakan update hampir real-time untuk menjamin WAN availability, utilisasi, dan throughput dengan mendeteksi latensi, jitter dan masalah konektivitas lain yang memberikan dampak kepada ISP yang selama ini tak terlacak oleh tim IT.

Fitur-fitur ini dikembangkan pada kemampuan solusi remote access Aruba yang sudah ada sebelumnya, termasuk:

  • Prioritas traffic: menentukan sumber daya radio untuk satu aplikasi dan secara dinamis melakukan perubahan pengaturan ketika sesi aplikasi dimulai atau berakhir
  • Skalabilitas yang sangat besar: Bisa diinstalasi secara zero touch dan tersedia manajemen terkonsolidasi untuk puluhan ribu pekerja remote melalui layanan berbasis cloud Aruba Central dan AOS 10
  • Peningkatan uptime dan reliability: menyediakan LTE backup melalui antarmuka USB jika kantor-rumah atau kantor kecil kehilangan konektivitas ISP

“Seiring dengan terus meluasnya sistem kerja remote, departemen IT menghadapi semakin banyak tantangan, seperti memastikan akses yang visible, mudah dikelola dan sangat aman untuk semua pekerja – terlepas di manapun lokasi mereka – ke aplikasi bisnis yang sangat penting dan data,” kata Chris DePuy, technology analyst, 650 Group. “Bisa memperluas framework keamanan Zero Trust dan SASE ke kantor-rumah dan kantor remote akan memainkan peranan penting saat perusahaan menggerakkan inisiatif kerja hybrid mereka.”

Harga dan Ketersediaan

Solusi Aruba EdgeConnect Microbranch tersedia di Early Access dan secara umum akan tersedia pada Maret 2022 untuk AP yang menjalankan ArubaOS 10 dengan Foundation AP License (termasuk pelanggan AP yang memenuhi syarat dan sudah memiliki serta mengelola Central). Aruba Central Foundation Licenses tersedia dengan harga US$145 per AP. Harga AP bervariasi berdasarkan model, mulai dari US$575 untuk Aruba 303H Series.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Deloitte Rilis Laporan Technology-empowered Digital Trade in Asia Pacific, Soroti Meningkatnya Perdagangan Digital

Next Post

VENTENY Resmi Hadir di iOS, Targetkan Jadi Employee Super-App di Tahun 2022

Related Posts
Total
0
Share