ColorOS 11 Berbasis Android 11 Resmi Dirilis, Ini Dia Beragam Fitur Terbarunya

Trenteknologi.com – OPPO resmi meluncurkan ColorOS 11 yang berbasis Android 11 kepada penggunanya secara global. Dengan konsep “Make Life Flow”, ColorOS 11 menawarkan fitur-fitur yang menjadi favorit di Android sekaligus menawarkan tampilan UI terbaru yang diinginkan oleh para pengguna OPPO. Dan berikut ini adalah beberapa fitur-fitur yang hadir pada sistem operasi terbaru dari OPPO.

Terjemahkan Bahasa dengan Three-Finger Translate

Menggunakan kekuatan Google Lens dan Google Translate, pada ColorOS 11 pengguna dapat secara otomatis menerjemahkan bahasa pada saat melakukan screenshot. Fitur terjemahan ini juga akan muncul di Smart Sidebar jika Anda ingin mengaksesnya secara cepat.

FlexDrop Menawarkan Pengalaman Multi-Tasking yang Menyenangkan

Flexdrop dapat memberikan pengalaman Multi-Tasking yang lebih menyenangkan, memungkinkan pengguna untuk mengubah ukuran jendela aplikasi apa pun menjadi jendela mengambang. Jadi saat Anda menonton video, bermain game, atau melakukan tugas lain, Anda masih dapat memilih untuk melacak aktivitas di aplikasi lain. Fitur ini belum tersedia, akan diluncurkan pada Oktober 2020 mendatang.

Gamer Mode dengan Fitur Baru Immersive Mode

Di ColorOS 11, Oppo menambahkan fitur baru pada Gamer Mode dengan nama “Immersive Mode”. Mode ini akan memblokir panggilan, membatasi notifikasi media sosial, dan menonaktifkan gerakan tertentu di layar. Dengan Immersive Mode, Anda dapat fokus pada game tanpa perlu khawatir tentang hal lain.

Kostumisasi Dark Mode Sesuai Kebutuhan

Di ColorOS 11, Dark Mode mendapat perubahan baru terbesar yaitu pengguna dapat menentukan mode gelap seperti apa yang diinginkan. Pengguna dapat memilih di antara tiga opsi yaitu Enhanced, Medium, dan Gentle. Pengguna juga dapat melakukan pengaturan secara otomatis untuk mengaktifkan atau menonaktifkan mode gelap pada waktu tertentu.

Kostumisasi Always-On Display, Wallpapers dan Ringtones Sesuai Selera

Pada ColorOS 11 pengguna dapat membuat desain animasi untuk Always-On Display sesuai keiinginan. Selain itu pengguna juga dapat membuat wallpaper dan nada dering sendiri. Untuk wallpaper, pengguna dapat menggunakan foto atau gambar yang pengguna unduh dari internet sebagai wallpaper.

Lalu untuk ringtone, pengguna dapat mengubah nada, timbre, dan kecepatan nada untuk menciptakan sesuatu yang sesuai dengan selera.

Dengarkan Berbagai Suara yang Nyata di OPPO Relax 2.0

OPPO Relax di ColorOS 11 hadir dengan fitur yang disebut Sound Mix, di mana pengguna dapat memilih dari berbagai macam suara seperti suara alam, perkotaan, ASMR untuk menciptakan suara yang nyata. Pengguna juga dapat mendengarkan suara dari kota-kota seperti Tokyo, Bangkok, dan kota-kota lainnya di OPPO Relax 2.0.

Private System, Fitur Keamanan yang Ditingkatkan

ColorOS 11 juga berfokus pada keamanan dan privasi pengguna, dengan memanfaatkan perubahan yang telah dilakukan Google di Android 11. Fitur baru bernama Private System membuat sistem terpisah untuk dapat menjalankan aplikasi versi kedua dan menyimpan data lain dari aplikasi original.

Fitur tersebut hanya dapat diakses melalui pemindaian sidik jari atau kata sandi. Pengguna dapat menggunakannya untuk menyimpan konten yang lebih pribadi dan tidak ingin tersimpan di penyimpanan utama. Fitur ini akan hadir secara global pada November 2020 mendatang.

Selanjutnya, App Lock sekarang mendapatkan pintasan baru yang memungkinkan pengguna mengunci aplikasi melalui kata sandi, sidik jari, atau verifikasi wajah. Sistem permission juga mendapatkan perubahan dengan izin sementara yang mengatur ulang kamera, mikrofon, dan akses lokasi saat aplikasi ditutup yang sejalan dengan perubahan di Android 11.

Super Power Saving Mode, Manajemen Baterai yang Lebih Baik

Fitur Super Power Saving Mode bisa aktif saat baterai sudah mau habis. Fitur ini juga memberi opsi bagi pengguna untuk memilih hingga enam aplikasi yang masih dapat dijalankan.

Fitur Battery Guard juga membuat pengguna bisa merawat baterai yang bisa rusak apabila diisi semalaman. Fitur ini akan menjeda pengisian daya setelah mencapai 80 persen, secara otomatis OS akan melanjutkan pengisian baterai hingga penuh saat pengguna bangun tidur.

Performa Lebih Baik dengan UI First 2.0

UI First 2.0 pada ColorOS 11, diklaim dapat meningkatkan performa smartphone OPPO dengan meningkatkan kinerja RAM sebesar 45%, meningkatkan tingkat respons sebesar 32%, dan frame rate sebesar 17%, hal tersebut dapat berjalan karena adanya “Quantum Animation” dengan Lag-Reducing Engine.

Preloading Aplikasi AI juga akan mempelajari perilaku pengguna untuk mengurangi waktu loading sistem. Lalu adanya SuperTouch juga diklaim dapat mengidentifikasi skenario pengguna dan mengoptimalkan kecepatan respons sentuhan serta meningkatkan kelancaran sistem.

Jadwal Ketersediaan ColorOS 11

ColorOS 11 akan mulai tersedia ke beberapa ponsel OPPO secara bertahap selama beberapa bulan untuk pengguna di India, Indonesia, Thailand, Vietnam, Filipina, Kamboja, Mesir dengan total 5000 kuota yang tersedia.

Total
3
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Galaxy Tab S7 & S7+ Perangkat yang Cocok untuk Produktivitas di Masa PSBB

Next Post

Western Digital Rilis My Passport SSD, Ramping dan Performa Lebih Handal

Related Posts
Total
3
Share