Dassault Systèmes dan The Fab Foundation Membuka Self-Replicating Lab Fab

Trenteknologi.com – Di ajang 3DEXPERIENCE World 2022, mantan Duta Besar Haiti untuk Amerika Serikat, Paul Altidor, Sherry Lassiter, President & CEO, The Fab Foundation dan Suchit Jain, Vice President, Strategy and Business Development, 3DEXPERIENCE WORKS, Dassault Systèmes, secara bersama-sama mengumumkan rencana pembukaan fab lab (fabrication laboratory) yang paling canggih di Haiti. Dirancang oleh Dassault Systèmes bermitra dengan The Fab Foundation, fab lab ini akan berlokasi di kota Jérémie dan dibangun untuk menjembatani kesenjangan antara local maker dan tool serta skill fabrikasi digital global yang terkini.

Fab Lab Jérémie adalah fab lab kelima yang didirikan oleh Dassault Systèmes, berkolaborasi dengan The Fab Foundation, setelah fab lain di Rwanda, Bhutan, Chili, dan Nepal. Fab lab ini dibangun untuk menstimulasi fabrikasi digital dan ekosistem teknologi lokal. Fab lab menyediakan platform untuk membangun kapasitas, berbagi pengetahuan dan integrasi disiplin ilmu hardware dan software, untuk membawa inovator Haiti semakin dekat dengan masa depan yang mandiri.

Namun, fab lab ini akan jadi yang pertama dalam rangkaian fab lab ‘self-replicating yang bertujuan untuk membuat mesin yang dapat menciptakan rangkaian lengkap mesin, komponen dan utilitas lain, yang dibutuhkan untuk menyusun dan menjalankan fab lab yang berfungsi penuh di dalam komunitas kedua.

“Kami telah bermitra dengan Center for Bits & Atoms di MIT dalam proyek yang dinamakan ‘Machines that Make,’ dan kini bisa memproduksi mesin untuk sebuah fab lab, di dalam fab lab dengan biaya sekitar sepersepuluh saja dari teknologi yang sudah ada,” ucap Sherry Lassiter, President dan CEO The Fab Foundation. “Haiti akan menjadi proyek pilot fab lab yang dibuat di dalam fab lab, memungkinkan masyarakat Jérémie membangun peluang ekonomi lokal baru dan untuk meningkatkan peluang di seluruh negara itu.”

Fab lab adalah tempat para maker datang untuk mengakses mesin, ilmu dan pendampingan. Kami sudah memungkinkan renaissance ini dengan bekerja bersama mitra kami, The Fab Foundation, selama hampir satu dekade,” ucap Jain. “Tahun ini kami menggeser skala inovasi dengan mengenalkan konsep laboratorium ‘self-replicating’ yang memiliki potensi membawa kita ke dunia berkelanjutan yang lebih baik. Dan kami mulai dari Haiti.”

“Laboratorium fabrikasi digital yang pertama di jenisnya ini akan mengakselerasi proses revitalisasi ekonomi lokal dan menaikkan posisi kota Jérémie menjadi destinasi teknologi untuk para pemikir kreatif, desainer, dan pengusaha Haiti,” kata Altidor. “Dilatih di Fab Lab Jérémie dan dilengkapi dengan ilmu dan pengetahuan mutakhir, talenta lokal akan terus mendesain dan mengembangkan teknologi baru dan pada akhirnya memungkinkan Haiti untuk melompat maju menjadi emerging economy dalam waktu dekat.”

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Post

Bisnis UKM Tumbuh Pada 2022, Sejasa Dukung Pemulihan Industri Layanan Penyedia Jasa

Next Post

Red Hat Perluas Platform Kubernetes, dengan Penyimpanan Lebih Konsisten & Persisten

Related Posts
Total
0
Share