Data Tidak Sengaja Terhapus? Ini Cara Mengembalikan Data yang Terhapus di Hape realme

Trenteknologi.com – Menghapus data secara tidak sengaja di hape merupakan hal yang sangat menjengkelkan. Baik itu foto, video, kontak, atau aplikasi, kehilangan data penting dapat menyebabkan kebingungan dan frustrasi. Namun, jangan khawatir! Anda memiliki beberapa cara untuk mengembalikan data yang terhapus di hape realme. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara mengembalikan data yang terhapus di hape realme dengan langkah-langkah yang mudah diikuti.

Ada berbagai alasan mengapa data di hape Anda bisa terhapus, mulai dari kesalahan pengguna, kesalahan sistem, hingga serangan malware. Terkadang, Anda mungkin secara tidak sengaja menghapus aplikasi atau data saat mencoba mengosongkan ruang penyimpanan. Apa pun penyebabnya, kemampuan untuk mengembalikan data yang terhapus bisa dapat Anda lakukan dengan mudah dengan berbagai metode.

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus Melalui Google Play Store

  1. Buka Google Play Store: Langkah pertama adalah membuka Google Play Store di hape realme Anda.
  2. Tap Profil Google Anda: Di pojok kanan atas, tap ikon profil Google Anda.
  3. Pilih “Manage Apps & Devices”: Dari menu yang muncul, pilih opsi “Manage Apps & Devices”.
  4. Navigasi ke Tab “Manage”: Di sini, Anda akan melihat dua tab: “Overview” dan “Manage”. Pilih tab “Manage”.
  5. Ubah Filter Menjadi “Not Installed”: Secara default, filter akan diatur ke “Installed”. Ubah filter ini menjadi “Not Installed” untuk melihat daftar aplikasi yang pernah terpasang di perangkat Anda tapi telah dihapus.
  6. Pilih Aplikasi yang Ingin Dikembalikan: Pilih aplikasi satu per satu atau pilih semuanya sekaligus, lalu klik ikon download di pojok kanan atas untuk mengunduh ulang aplikasi tersebut.
BACA JUGA :  Solusi Mudah Mengatasi Bootloop di Hape realme, Tanpa Laptop atau PC

Menggunakan Aplikasi Recovery

Selain menggunakan Google Play Store, Anda juga bisa menggunakan aplikasi pemulihan data untuk mengembalikan data yang terhapus. Berikut adalah beberapa aplikasi pemulihan data yang bisa Anda coba:

  1. PhoneRescue
  2. DroidKit
  3. Recuva
  4. Dr. Fone Recovery Tool

Untuk menggunakan aplikasi pemulihan data, Anda biasanya memerlukan laptop atau komputer sebagai pendukung. Berikut adalah langkah-langkah umumnya:

  1. Unduh dan Instal Aplikasi Recovery: Unduh aplikasi pemulihan data pilihan Anda di komputer.
  2. Hubungkan Hape ke Komputer: Gunakan kabel USB untuk menghubungkan hape realme Anda ke komputer.
  3. Jalankan Aplikasi Pemulihan Data: Buka aplikasi pemulihan data dan ikuti instruksi di layar untuk memindai perangkat Anda.
  4. Pilih Data yang Ingin Dikembalikan: Setelah pemindaian selesai, pilih data yang ingin Anda pulihkan dan ikuti langkah-langkah untuk mengembalikannya ke hape Anda.

Tips Tambahan untuk Menghindari Kehilangan Data di Masa Depan

  • Backup Data Secara Rutin: Gunakan layanan cloud seperti Google Drive atau fitur backup bawaan di hape realme Anda untuk membuat cadangan data secara rutin.
  • Hati-Hati Saat Menghapus Data: Pastikan untuk selalu memeriksa ulang sebelum menghapus file atau aplikasi dari perangkat Anda.
  • Gunakan Aplikasi Keamanan: Instal aplikasi keamanan untuk melindungi perangkat Anda dari malware yang dapat menyebabkan kehilangan data.

Mengembalikan data yang terhapus di hape realme sebenarnya cukup mudah jika Anda tahu caranya. Dengan menggunakan Google Play Store atau aplikasi recovery, Anda dapat dengan cepat mendapatkan kembali data yang hilang. Ingatlah untuk selalu membuat backup data secara rutin dan berhati-hati saat menghapus file atau aplikasi untuk menghindari kehilangan data di masa depan. Dengan langkah-langkah ini, Anda dapat memastikan bahwa data penting Anda tetap aman dan dapat diakses kapan saja Anda membutuhkannya.

BACA JUGA :  realme GT 6T Segera Diluncurkan, Dibekali dengan Chipset Snapdragon 7+ Gen 3
Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Tips Kalibrasi Baterai untuk Hape realme, untuk Perpanjang Umur Baterai

Next Post

Jaga Keamanan Data! Ini Cara Menyembunyikan Aplikasi di Hape realme

Related Posts
Total
0
Share