dHost Fokus Maksimalkan Implementasi Jaringan 5G di Indonesia

Trenteknologi.com – dhost adalah penyedia layanan neutral hosting, yang menyediakan infrastuktur telekomunikasi dan solusi teknologi value-added lainnya. Saat ini, dhost menyediakan infrastruktur konektivitas di Indonesia, dan telah mengembangkan bisnisnya sampai ke Filipina dan Jepang. Layanan neutral hosting dhost telah membantu operator-operator telekomunikasi untuk menyediakan konektivitas yang baik di kota-kota dan di dalam gedung (in-building).

dhost saat ini menyediakan infrastruktur jaringan bagi perusahaan penyedia telekomunikasi, serta infrastruktur jaringan dalam gedung atau area indoor tertentu bagi bisnis dan organisasi untuk memastikan kelancaran konektivitas yang bisa diandalkan bagi pengguna di area tersebut. Dalam waktu dekat, dhost fokus untuk mengoptimalkan layanan jaringan 4G yang telah ada dengan dukungan terhadap upaya penyediaan 5G di masa depan.

“Model bisnis dhost (in-building neutral hosting) berbasis pada bagaimana infrastuktur mereka dapat mendukung beberapa operator sekaligus, dengan beberapa dari pelanggan kami meliputi operator-operator ternama di Indonesia. Kami adalah perusahaan yang sudah terdaftar dengan tingkat kompleksitas bisnis tinggi, sehingga kami mampu menetapkan rencana investasi jangka panjang bagi perusahaan, sehingga secara operasional kami dapat memperoleh keuntungan usaha dalam jangka waktu yang panjang dan tidak terlalu terdampak jangka pendek, kata Chong Min selaku CEO dHost.

Selain itu menurut Chong Min, 4G juga masih menjadi jaringan yang paling umum digunakan. Sementara itu 5G akan diadopsi dengan lebih cepat oleh startup dan pelaku industri, sebab mereka biasanya membutuhkan jaringan dan kecanggihan teknologi yang didukung 5G. Contohnya low latency/latensi rendah. Biasanya operator jaringan yang akan memperkenalkan layanan 5G untuk startup-startup dan industri tersebut. Inilah yang akan mendorong penerapan 5G secara luas di Indonesia. “Namun, Indonesia juga memiliki pertumbuhan ekonomi yang kuat, sehingga kami optimis bahwa hal ini dapat mendukung rencana jangka panjang Dhost,”urai Chong Min.

BACA JUGA :  Confluent Akan Gelar Kafka Summit 2024 Pertama di Asia Pasifik

Investasi dHost di Indonesia

Secara bisnis, Dhost telah bekerja sama erat denga operator-operator di Indonesia, salah satunya yang sedang berjalan adalah peralihan dari 4G menjadi 5G. Ada juga investasi teknologi, seperti investasi pada RAN, Open RAN, dan Edge Computing.

Tidak hanya teknologinya, tetapi juga model bisnis yang nantinya bisa digunakan oleh pelanggan-pelanggan yang hendak mengadopsi teknologi 5G. Pelanggan bisa menggunakannya melalui managed service atau pelayanan dengan pembayaran berkala, bukan transaksi lepas, sehingga teknologi dhost bisa berkembang seiring dengan banyaknya pelanggan yang menggunakan sistem managed service ini.

Investasi ini bisa dilakukan secara independent, sebab bisa disesuaikan dengan rencana bisnis perusahaan pelanggan yang berniat mengadopsi teknologi tersebut. Implementasi 5G telah menjadi agenda bagi banyak pemerintahan. Dari perspektif makro, 5G akan memberi keuntungan ekonomi ekonomi yang signifikan, mengingat banyaknya sektor industri yang dapat memperoleh manfaat dari implementasi 5G, baik di area perkotaan maupun pedesaan.

Implementasi Jaringan 5G di Indonesia

Implementasi 5G telah menjadi agenda bagi banyak pemerintahan. Dari perspektif makro, 5G akan memberi keuntungan ekonomi ekonomi yang signifikan, mengingat banyaknya sektor industri yang dapat memperoleh manfaat dari implementasi 5G, baik di area perkotaan maupun pedesaan. Ada beberapa hal utama yang bisa diperhatikan:

  • Kooperatif: membuka kerja sama seluas-luasnya dengan operator telekomunikasi
  • Konsultatif: pemerintah perlu membuka ruang diskusi dengan pelaku industri maupun operator mengenai kebutuhan-kebutuhan yang muncul
  • Selektif: mengimplementasikan solusi 5G secara selektif sesuai dengan kebutuhan industri di Indonesia, sehingga penerapannya menjadi lebih efektif
  • Spektrum: 5G membutuhkan lebih banyak spektrum terutama pada frekuensi tinggi. Jika pemerintah semakin cepat memberikan ketersediaan frekuensi tersebut, maka operator dapat memiliki waktu lebih banyak untuk mempersiapkan penerapan 5G untuk pelaku industri maupun konsumen.
BACA JUGA :  realme C65 Bakal Hadir di Indonesia pada 2 Mei 2024, dengan Jaminan 4 Tahun Tanpa Lag

Beberapa kota besar di Pulau Jawa saat ini telah siap melakukan implementasi jaringan 5G, khususnya kota-kota padat penduduk dan industri, sebab banyak perusahaan teknologi yang berbasis di area ini. Operator biasanya akan mendahulukan area-area dengan infrastuktur yang sudah siap atau tersedia untuk menerapkan 5G di daerah tersebut, sekaligus memudahkan untuk mendapatkan sumber daya yang dibutuhkan untuk penerapan 5G. Penerapan mungkin bisa lebih cepat terjadi di area Pulau Jawa, khususnya Jabodetabek dan Jawa Barat.

Sejak peluncuran identitas baru perusahaan, dhost telah mencapai lebih dari 800 titik infrastruktur konektivitas di Asia dan beroperasi di 79 kota yang tersebar pada 27 provinsi, yang menjadikan dhost pemimpin di bidang in-building neutral hosting. Bisnis dhost di Filipina juga telah berkembang, dan dhost sudah bekerjasam dengan operator-operator utama di negara tersebut. dhost kini tengah dalam proses pembangunan bisnisnya di Jepang. Selain itu, dhost juga berencana memperluas operasinya pada negara ketiga di Asia.

dhost juga tengah mempersiapkan proyek besar yang diperkirakan akan rampung dalam 12-18 bulan ke depan. Selain itu, dhost juga membuka kembali kantornya di Jakarta setelah selesai proses renovasi, tepatnya pada Kamis, 29 September 2022, sehingga diharapkan dapat segera mengundang rekan-rekan media untuk berkunjung dan bersilaturahmi.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Nagato : Specialisasi Ninja Sensor di Naruto “Sang Pemimpin Akatsuki yang Berbahaya”

Next Post

Trellix Ungkap Lebih Dari Setengah Ahli Keamanan Siber Indonesia Kesulitan Hadapi Serangan Siber

Related Posts
Total
0
Share