Garuda Indonesia Gandeng Alibaba Cloud Sebagai Penyedia Layanan Cloud

Trenteknologi.com – Alibaba Cloud resmi bekerjasama dengan Garuda Indonesia untuk menjadi penyedia layanan cloud untuk maskapai nasional Indonesia tersebut. Layanan ini menjawab peningkatan permintaan maskapai akan akselerasi transformasi digital, terutama selama masa pandemi.

Menghadapi tantangan yang terjadi di masa pandemi Covid-19 yang menyebabkan pembatasan perjalanan secara global, Garuda Indonesia berupaya mencari solusi transformasi digital yang dapat membuat maskapai penerbangan tetap sigap dan mampu bersaing dalam industri penerbangan melalui operasi TI yang disederhanakan, namun disempurnakan untuk memberikan efisiensi.

Melihat hal ini, Alibaba Cloud telah bekerja sama dengan mitra lokal seperti Indosat Ooredoo, sebuah perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, dan ViBiCloud, penyedia layanan cloud terkelola terdepan untuk memberikan solusi teknologi, seperti data center cloud, sumber daya yang didesain secara optimal, serta teknologi jaringan Alibaba Cloud yang dapat meningkatkan kinerja dan keandalan inti layanan aplikasi maskapai penerbangan, mulai dari situs web perusahaan penerbangan, aplikasi seluler, pemesanan dan tiket, aplikasi pendukung operasi maskapai penerbangan hingga aplikasi pelatihan online.

Melalui teknologi ini, Alibaba Cloud mengurangi latensi jaringan maskapai penerbangan dan meningkatkan efisiensi biaya. Selain itu, waktu yang diperlukan untuk perilisan dan penerapan aplikasi baru serta peningkatan efisiensi untuk pengoperasian aplikasi secara keseluruhan menjadi lebih singkat.

“Kerjasama dengan Alibaba ini adalah upaya untuk mendukung proses transformasi digital perusahaan menjadi maskapai penerbangan berbasis IT.” kata Pungky Prasetyawan, Head of IT Digital Transformation, Garuda Indonesia.

“Di tengah situasi yang penuh tantangan saat ini, perusahaan harus mampu beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, salah satu caranya dengan memperkuat aset digital guna memberikan pengalaman digital yang mulus bagi pelanggan. Kami berharap kerjasama dengan Alibaba Cloud ini dapat mendukung upaya kami dalam mengimplementasikan strategi efisiensi biaya dengan dukungan teknologi informasi, khususnya teknologi cloud,” tambah Head of IT Digital Transformation, Garuda Indonesia.

“Kami sangat senang dapat menyediakan layanan cloud terdepan kami untuk mendukung transformasi digital maskapai penerbangan Garuda Indonesia,” kata Leon Chen, Country Manager Alibaba Cloud Indonesia. “Dengan infrastruktur cloud kami yang kuat di Indonesia, teknologi komputasi yang tangguh, serta keahlian dan wawasan terhadap industri yang telah dipelajari dari mitra lokal kami, kami yakin dapat memberikan nilai lebih bagi kesuksesan bisnis Garuda Indonesia. Teknologi cloud milik Alibaba Cloud akan membantu Garuda Indonesia untuk menghadirkan inovasi dan kecepatan di pasar, yang menawarkan pengalaman yang mulus bagi pelanggan di Indonesia.”

Melayani 21 wilayah dengan 63 zona ketersediaan secara global, Alibaba Cloud menduduki peringkat pertama sebagai penyedia layanan cloud publik di APAC dan nomor tiga secara global, berdasarkan data dari Gartner. Dua pusat data Alibaba Cloud di pasar Indonesia didirikan masing-masing pada tahun 2018 dan 2019, telah memperoleh sertifikat dan lisensi keamanan termasuk Keamanan Informasi ISO 27001 berdasarkan peraturan dari Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi No. 4 Tahun 2016. Melalui teknologi cloud-nya, Alibaba Cloud juga telah mendukung beberapa perusahaan keuangan terkemuka di Indonesia, termasuk Adira Finance, Kredivo, Faspay, Asa Kita Indonesia, dan Futuready.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Alibaba Cloud Ungkap Perjalanan Transformasi Digital dengan Pelanggannya di Konferensi Apsara 2020

Next Post

Red Hat OpenShift Versi Terbaru, Hadirkan Virtualisasi ke Era Cloud-Native

Related Posts
Total
0
Share