IBM Gandeng Synnex Metrodata Indonesia, Percepat Pertumbuhan Infrastruktur Digital di Indonesia

Trenteknologi.com – Indonesia telah mengalami lonjakan digitalisasi yang signifikan. Pemerintah Indonesia dengan langkah-langkah strategis, telah merumuskan rencana dan roadmap untuk mencapai transformasi digital menyeluruh. Fokus utama adalah mendorong pertumbuhan infrastruktur digital yang kuat dan adopsi teknologi digital, khususnya dalam bidang otomatisasi dan analitik, guna meningkatkan produktivitas dan efisiensi di berbagai sektor.

Menurut perkiraan, Pasar Layanan Teknologi Informasi (TI) di Indonesia diprediksi akan mencapai USD 9 miliar pada tahun 2028. International Data Corporation (IDC) juga memproyeksikan investasi IT utama akan berfokus pada modernisasi, infrastruktur, optimalisasi aplikasi, dan produktivitas perusahaan.

Di era di mana teknologi terkini seperti kecerdasan buatan (AI) dan otomatisasi menjadi kunci ketahanan bisnis, perusahaan diharapkan untuk mempercepat adopsi inovasi. Hal ini membuka peluang bagi kemitraan baru, menyoroti peran krusial mitra layanan TI dan distributor dalam mengubah perusahaan menjadi ekosistem digital.

Melihat kondisi tersebut IBM berkolaborasi dengan PT. Synnex Metrodata Indonesia (SMI) untuk membawa solusi terkini seperti AI generatif untuk bisnis dan infrastruktur guna memenuhi kebutuhan konsumen di sektor pasar komersial. Dengan jaringan yang meliputi 20 wilayah strategis dan lebih dari 5.200 mitra saluran di seluruh Indonesia, SMI memainkan peran penting dalam memperkenalkan dan memperluas distribusi untuk berbagai solusi AI dan infrastruktur IBM. Mulai dari model dasar hingga ke otomatisasi, keamanan siber, dan keberlanjutan yang didukung oleh AI, SMI membawa pengalaman dan keahlian yang diharapkan dapat memperluas ekosistem IBM.

BACA JUGA :  realme Buds T110 Hadir Sebagai TWS Tangguh dengan Sertifikasi IPX5

Perlu dicatat bahwa peran bisnis partner dan distributor TI lokal tidak hanya terbatas pada pengembangan ekosistem, tetapi juga membantu IBM mempercepat inovasi. Dengan membawa berbagai keterampilan dan keahlian, para mitra ini mendukung upaya inovasi untuk mengembangkan solusi baru secara lebih cepat dan efisien demi kepentingan pelanggan dan pertumbuhan berkelanjutan Ekonomi Digital Indonesia.

Proyeksi nilai AI sebesar $16 triliun pada tahun 2030 menunjukkan potensi luar biasa dalam mendorong pertumbuhan dan mengatasi tantangan di berbagai sektor. Menurut studi CEO IBM 2023, 75% CEO yang disurvei percaya bahwa organisasi yang mengadopsi AI generatif akan memiliki keunggulan kompetitif.

IBM sendiri telah merespons tuntutan pasar dengan menghadirkan solusi AI terbaru yang siap pakai yaitu Watsonx. Watsonx adalah generative AI for business yang memanfaatkan foundation model yang dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip etika yang menjadi komitmen IBM. Watsonx memberikan akses layanan mandiri dan semua yang dibutuhkan bisnis, seperti perangkat, teknologi, infrastruktur, dan konsultasi pakar, dalam satu tempat.

Watsonx bukan hanya tentang inovasi AI, tetapi juga mengedepankan kontrol kualitas yang memastikan keterpercayaan. Dengan perangkat yang memungkinkan bisnis menggunakan data mereka sendiri secara aman dan dapat beradaptasi dengan fleksibel terhadap perubahan hukum dan regulasi.

Watsonx terdiri dari studio watsonx.ai untuk model fondasi baru, AI generatif, dan machine learning (penyimpanan data watsonx.data, yang dibangun di atas arsitektur lakehouse IBM juga meluncurkan watsonx.governance pada tanggal 5 Desember untuk membantu organisasi menerapkan AI secara bertanggung jawab dan bersiap menghadapi regulasi yang akan diterapkan di seluruh dunia.

BACA JUGA :  Ini Canggihnya Layar Memukau pada realme 12 Pro+ 5G, Inovasi Visual dalam Genggaman

Platform IBM Watsonx tidak hanya memberikan akses ke teknologi, tetapi juga memfasilitasi pembangunan dan penerapan model AI secara besar-besaran dengan lingkungan yang lebih dapat dipercaya dan terbuka. Ini membantu perusahaan meningkatkan daya saing dan produktivitas, sejalan dengan visi pertumbuhan berkelanjutan Ekonomi Digital Indonesia.

Dengan langkah-langkah ini, distributor TI dan mitra bisnis di Indonesia tidak hanya menjadi penghubung antara solusi teknologi terkini dan pelanggan, tetapi juga katalisator pertumbuhan ekosistem digital yang kokoh dan berkelanjutan.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Logitech Ungkap 62% Karyawan di Indonesia Memilih Bekerja Secara Hybrid

Next Post

Tokopedia Hadirkan Sederet Fitur Baru untuk Belanja Online Makin Murah!

Related Posts
Total
0
Share