KOMINFO Manfaatkan Zoom, Luncurkan Kampanye Nasional Makin Cakap Digital 2021

Trenteknologi.com – Zoom Video Communications, Inc. secara resmi dimanfaatkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) Republik Indonesia untuk meluncurkan Program Literasi Digital Nasional yang bertajuk “Indonesia Makin Cakap Digital”. Puncak dari acara tersebut adalah pidato Bapak Presiden Joko Widodo melalui Zoom Webinars yang kemudian dilanjutkan dengan sesi para Menteri dan Gubernur menggunakan Zoom Meetings. Acara ini disiarkan secara langsung melalui 16 stasiun TV nasional, serta kanal media sosial lainnya yang melibatkan peserta dari 514 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia, menjadikannya acara peluncuran literasi digital terbesar yang pernah diselenggarakan baik secara daring maupun luring di Indonesia. Zoom sudah tidak asing lagi menjadi tuan rumah acara dengan jumlah peserta yang besar – pada bulan Februari 2021 lalu, Zoom mendukung umat Buddha di Thailand pada perayaan Makha Bucha secara virtual yang diikuti oleh lebih dari 200.000 peserta.

Kampanye Nasional Makin Cakap Digital 2021 bertujuan untuk mempromosikan literasi digital sebagai keterampilan hidup yang penting melalui pelatihan yang bertahap dan meluas. Keterampilan ini akan digunakan untuk menjawab berbagai kebutuhan sektor pendidikan, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang menyerap 97% tenaga kerja, serta sektor pertanian yang vital untuk perekonomian – sekaligus meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Indonesia telah memanfaatkan teknologi untuk mengatasi pandemi COVID-19 dan menciptakan peluang-peluang ekonomi baru. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo yang dirumuskan menjadi program besar Kementerian Komunikasi dan Informatika: Indonesia Terkoneksi Digital Semakin Maju.

“Kami hendak mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi sebanyak-banyaknya kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Bapak Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, karena telah mengundang Zoom berpartisipasi dalam kampanye yang luar biasa ini. Merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi Zoom karena platform kami dapat dimanfaatkan oleh Pemerintah Indonesia untuk meluncurkan Program Literasi Digital Nasional”, ungkap Abe Smith, Head of International, Zoom. “Indonesia memiliki ambisi menjadi kekuatan ekonomi terbesar ke-4 di dunia pada tahun 2045 and negara dengan 270 juta penduduk ini semakin paham teknologi – semua elemen yang bisa meningkatkan daya saing digital Indonesia secara regional sudah tersedia. Zoom mengharapkan terjalinnya keterlibatan yang lebih dekat dan dalam lagi dengan pemerintah dan masyarakat agar kami bisa terus membantu Indonesia dalam mencapai tujuan literasi digital ini.”

Kampanye Nasional yang diluncurkan oleh Bapak Presiden Indonesia Joko Widodo ini merupakan bagian dari Program Literasi Digital Indonesia jangka panjang yang bertujuan untuk menjangkau lebih dari 50 juta orang di Indonesia menjadi makin cakap digital pada tahun 2024. Zoom berfungsi sebagai platform resmi konferensi video dan komunikasi dalam acara hybrid ini. Diluncurkan bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, kampanye tersebut mewujudkan semangat mengatasi berbagai tantangan dan mencerminkan ambisi Indonesia untuk menjadi bangsa yang diberdayakan oleh teknologi.

“Pemerintah Indonesia memanfaatkan Zoom untuk peluncuran ini karena keamanan, kemampuannya untuk mengakomodasi skala besar, dan kehandalan yang sudah terbukti – semuanya penting untuk membantu Bapak Presiden menjangkau dan berinteraksi dengan lebih dari setengah juta penduduk yang tersebar di 514 kabupaten secara serentak, seiring dengan usaha kami untuk meningkatkan literasi digital dan kompetensi masyarakat di Indonesia,” dijelaskan oleh Johnny G. Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika.

“Peluncuran program literasi digital nasional ini tentu selaras dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-113, yang juga jatuh pada hari ini. Kesatuan kita sebagai bangsa saat ini ditunjukkan dengan semangat dan optimisme saudara-saudariku semua, yang hadir melalui aplikasi Zoom. Hari ini kita telah mencetak sejarah sebagai salah satu pertemuan daring dengan peserta terbanyak, di mana setidaknya 350.000 partisipan hadir secara virtual. Momentum ini adalah titik transformatif, dimana partisipasi saudara-saudari semua tidak hanya menandai kebangkitan nasional, tetapi juga menunjukkan kebangkitan era digital nasional Indonesia,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika.

Dengan dukungan dari mitra Zoom di Indonesia yaitu Kayreach Systems, acara ini diadakan melalui Zoom Meetings dan Zoom Webinars, yang pada acara ini secara handal dan aman mampu ditingkatkan skalanya untuk rencana menampung lebih dari 500.000 peserta, dan disiarkan ke jumlah penonton tak terbatas melalui Youtube dan Facebook Live. Zoom Webinars memiliki fitur opsi pendaftaran (dengan tindak lanjut lewat pengingat dan email), pelaporan, Tanya Jawab, polling, fungsi untuk mengangkat tangan, dan rekaman MP4 / M4A dengan transkrip.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Post

China Mobile Gandeng Intel, HP dan MediaTek, Hadirkan PC Modern Koneksi 5G

Next Post

Pertama Kalinya Setelah Merger, GoTo Luncurkan WIB Spesial Kolaborasi Anak Bangsa

Related Posts
Total
0
Share