Connect with us

Uncategorized

Manfaat Dan Fungsi Pajak Di Indonesia

Published

on

Kita semua tentunya telah mendengar tentang pajak. Baik itu pajak bumi dan bangunan, pajak motor ataupun pajak penghasilan, semua telah kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan terkadang produk konsumtif yang Anda nikmati pun terkena pajak. Memang secara sepintas terdengar pajak ini memberatkan masyarakat. Akan tetapi, jika Anda mengetahui apa fungsi sebenarnya pajak itu dan manfaatnya, pandangan Anda akan berubah tentang pajak.

Pengertian Pajak

Pertama-tama, marilah kita pahami lebih dalam apa itu sebenarnya pajak? Pajak adalah iuran yang wajib dibayarkan oleh rakyat atau wajib pajak kepada negara untuk kepentingan pemerintah dan kesejahteraan masyarakat umum. Manfaat dari pajak yang terkumpul tidak akan secara langsung dapat dinikmati oleh wajib pajak, karena pajak digunakan untuk kepentingan umum bukan individual.

Pajak merupakan salah satu sarana pemerataan pendapatan warga negara dan sumber dana pembangunan negara bagi pemerintah. Jadi di jangka panjang masyarakat umum dapat menikmati efeknya dari pembangunan tersebut. Seperti contohnya jika Anda membayar pajak jalan raya maka Anda akan menikmati manfaatnya dari perbaikan jalan raya di daerah Anda.

Berdasarkan dari Pasal 1 angka 1 UU No. 6 Tahun 1983 yang kemudian disempurnakan dengan UU No. 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan umum dan tata cara perpajakan. Pajak adalah “kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang Undang, dengan tidak mendapat timbal balik secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat”

Jadi selain jasa timbal balik bersifat tidak langsung, pemungutan pajak dilakukan berdasarkan norma-norma hukum dan bersifat memaksa sehingga penolakan untuk membayar pajak atau menghindarinya pada umumnya termasuk pelanggaran hukum. Oleh sebab itu, setiap rakyat wajib membayarkan pajak sesuai dengan aturannya.

Siapakah Yang Perlu Membayar Pajak?

Apakah semua penduduk Indonesia perlu membayar pajak? Walaupun Anda yang belum bekerja perlu membayar pajak? Berdasarkan undang-undang memang semua rakyat Indonesia terikat dengan pajak. Tetapi hal tersebut hanya berlaku untuk warga negara yang sudah memenuhi syarat subjektif dan syarat objektif dari jenis pajak tersebut.

Jadi jika Anda tidak memiliki kendaraan bermotor maka Anda tidak perlu membayar pajak jalan raya. Atau Anda merupakan warga negara yang tidak memiliki penghasilan lebih dari Rp 2 juta maka Anda tidak akan dikenakan pajak penghasilan. Apabila Anda memiliki penghasilan lebih dari Rp 2 juta maka Anda wajib membayar pajak.

Apabila Anda memiliki motor, kini Anda dapat memeriksa pajak Anda dengan mudah. Periksa cara cek pajak kendaraan bermotor secara mudah lewat online sekarang juga.

Manfaat dan Fungsi Pajak

Dana yang terkumpul dari pajak merupakan salah satu sumber pendapatan vital bagi negara. Pendapatan ini akan digunakan untuk membiayai semua pengeluaran termasuk pembangunan negara. Selain pembangunan, pengeluaran lainnya yang perlu dibiayai termasuk pembiayaan penegakan hukum, keamanan negara, infrastruktur ekonomi, pekerjaan publik, subsidi, biaya operasional negara dan banyak lagi.

Dari semua kegunaan pajak di atas, fungsi pajak ini dapat dibagi menjadi:

  1. Fungsi anggaran (budgeter)

Seperti yang dijelaskan diatas, bahwa pajak merupakan sumber pendapatan negara, maka pajak berfungsi untuk membayar pengeluaran-pengeluaran negara. Demi perkembangan negara, maka pengeluaran besar seperti pembangunan nasional dan biaya lainnya tidak dapat dihindari. Oleh sebab itu, negara harus memastikan keseimbangan antara pengeluaran tersebut dengan pendapatan negara melalui uang pajak.

  1. Fungsi mengatur (regulasi)

Pajak juga dapat berfungsi untuk mengatur pertumbuhan ekonomi dari negara Indonesia. Dengan kebijakan pemerintah, pajak secara tidak langsung akan membantu ekonomi negara dan masyarakatnya.

Contohnya seperti untuk melindungi produksi dalam negeri, pemerintah meningkatkan harga bea masuk untuk produk dari luar negeri. Dengan demikian, masyrakat tidak perlu khawatir akan kompetisi harga yang ketat dengan produk luar negeri. Contoh lainnya dengan keringanan pajak, pemerintah dapat menarik investasi modal baik dalam negeri maupun luar negeri agar perekonomian Indonesia semakin produktif.

  1. Fungsi stabilitas

Dengan pajak, pemerintah dapat menjalankan kebijakannya yang berhubungan stabilitas perekonomian negara. Jadi pajak dapat berfungsi untuk mengendalikan inflasi. Pemerintah dapat mengatur jumlah uang yang beredar dengan pemungutan pajak atau penggunaan pajak yang efektif dan efisien. Dengan peningkatan pajak, maka jumlah uang yang beredar akan menurun sehingga inflasi tidak akan terjadi. Sebaliknya, jika kondisi ekonomi negara dalam deflasi maka pemerintah dapat menurunkan pajak.

  1. Fungsi redistribusi pendapatan (pemerataan)

Pajak juga berfungsi sebagai pemerataan dari pendapatan masyarakat dengan tujuan kebahagiaan dan kesejahteraan masyarakat. Pajak dapat digunakan untuk membiayai kepentingan umum dan pembangunan sehingga menciptakan lapangan kerja yang baru, dimana ujung-ujungnya akan membantu pendapatan masyarakat.

Dari semua fungsi tersebut, Anda sebagai masyarakat dapat menikmati berbagai manfaatnya. Beberapa diantara manfaat pajak adalah subsidi pangan, subsidi bahan bakar, transportasi umum, fasilitas umum seperti jalan, jembatan, sekolah, rumah sakit, lapangan kerja baru dari investasi, bantuan bagi pengangguran, penyediaan listrik, air, dan penanganan sampah, serta banyak manfaat lainnya.

Jadi setelah Anda mengetahui lebih dalam tentang apa itu pajak, jenis, manfaat serta fungsinya, pahamkah Anda betapa pentingnya pajak itu untuk kita semua? Jangan selalu pikir pajak itu hanya memberatkan masyarakat. Karena prinsip pajak itu sebenarnya dari masyarakat dan untuk masyarakat. Sudahkah Anda melakukan kewajiban Anda sebagai wajib pajak?

Selain pajak, Anda juga mungkin akan tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan yang Anda bayarkan dari gaji bulanan Anda, serta manfaat dan cara cek saldonya.

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Uncategorized

IxoTransport.com, Luncurkan Paket Liburan Menarik ke Museum dan Rental Mobil Solo

Published

on

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, museum adalah sebuah bangunan untuk memamerkan secara tetap benda-benda yang patut mendapatkan perhatian umum. Yang dimaksud benda yang patut mendapatkan perhatian umum adalah peninggalan dalam bidang sejarah, seni, dan ilmu. Khalayak umum menilai museum adalah tempat menyimpan barang-barang kuno dengan nilai sejarah tinggi.

Dari sekian banyak macam jenis wisata, wisata museum adalah salah satu yang populer. Keuntungan mengunjungi museum ada banyak terutama mendapatkan pengetahuan baru. Museum bukan hanya sekadar arena menikmati benda koleksi tetapi juga sebagai tempat menggelar hal-hal yang bersifat informatif, edukatif, kreatif, kompetitif, inovatif, dan rekreatif.

Museum di Surakarta cukup banyak dan sudah mempunyai nama baik secara nasional maupun internasional. Museum di kota tersebut sebagian besar memamerkan benda-benda peninggalan budaya.

Berikut ini tiga museum yang cukup diminati wisatawan Kota Solo. Untuk mengunjungi museum ini, manfaatkan jasa rental mobil Solo murah iXoTransport.

 

Museum Bersejarah di Kota Solo

  1. Monumen Pers Nasional

Monumen Pers Nasional diadakan setelah melalui rangkaian penggodokan wacana oleh tokoh-tokoh di bidang jurnalistik Indonesia. Sekitar tahun 1940-an, tepatnya tanggal 9 Februari 1941, tokoh-tokoh di bidang pers mengadakan konferensi. Beberapa nama tokoh terkemuka tersebut adalah B. M. Diah, Soemanang, dan Soedarjo Tjokrosisworo.

Kongres pers tersebut diadakan di Gedung Societeit Sasono Suko Mangkunegaran. Pada hari itu, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) berdiri. Tanggal itu pun ditetapkan sebagai Hari Pers Nasional.

Monumen Pers itu sendiri didirikan pada tanggal 9 Februari 1978. Presiden kedua RI, Soeharto, meresmikan museum yang berada di bawah kepengurusan Yayasan Pengelolaan Sarana Pers ini.

Saat ini, museum tersebut menyimpan sejumlah dokumen-dokumen, arsip, dan peninggalan terkait dunia jurnalistik Indonesia. Benda-benda tersebut di antaranya majalah, koran, kamera, foto, seragam kerja jurnalis, mesin ketik, dan dokumentasi foto.

IxoTransport menyediakan paket keliling Kota Solo dengan harga terjangkau. Sewa rental mobil di Solo murah di ixotransport.com.

  1. Museum Batik Danar Hadi

PT Batik Danar Hadi meresmikan Museum Batik Danar Hadi tahun 2008. Nama lain museum ini adalah House of Danar Hadi. Museum ini menempati bekas kediaman KRMTA Wuryaningrat di Jalan Slamet Riyadi No. 261 Surakarta.

Kediaman milik KRMTA Wuryaningrat itu dibeli oleh perusahaan Danar Hadi pada tahun 1999. Untuk kebutuhan Danar Hadi, rumah itu direnovasi dan kemudian dijadikan ruang serba guna. Seiring berjalannya waktu, bangunan tersebut dijadikan museum batik. Koleksi yang dipamerkan di antaranya adalah Batik Nusantara, Batik Cina, Batik Kraton, Batik Belanda, Batik Hokokai, dan Batik Sudagaran.

Destinasi wisata ke Museum Danar Hadi bisa dijangkau dengan mudah karena berada di tengah kota. Hubungi ixoTransport, jasa sewa mobil Solo murah untuk mendapatkan paket wisata museum terbaik.

  1. Museum Radyapustaka

Pada tanggal 28 Oktober 1890, Kanjeng Adipati Sosrodiningrat IV meresmikan pembangunan Museum Radyapustaka. Museum ini disebut sebagai museum tertua di Indonesia. Museum dibuka setiap Selasa hingga Minggu dari pukul 08.30 hingga pukul 13.00 WIB.

Radyapustaka adalah tempat menyimpan surat-surat kerajaan Kasunanan Surakarta, arsip-arsip Belanda, dan arsip-arsip kesusastraan Jawa Kuno. Museum ini juga menyimpan kerajinan keramik, arca, miniatur bangunan bersejarah, benda pusaka, baju, dan lukisan. Para petinggi kraton menyumbangkan koleksi-koleksi mereka untuk museum ini.

Koleksi-koleksi tersebut disimpan di 11 ruangan. Ruangan tersebut disebut Ruang Keramik, Ruang Perunggu, Ruang Memorial, Ruang Numismatika, Ruang Ethnografika, Ruang Rajamala, Ruang Wayang, Ruang Tosan Aji, Ruang Perpustakaan, Ruang Arca Batu, dan Ruang Miniatur.

Sewa mobil Solo ixoTransport menyediakan paket wisata jalan-jalan ke museum dengan harga terjangkau. Nikmati kemudahan menyewa mobil di ixotransport.com.

IxoTransport, sahabat transportasi Anda menikmati Kota Solo, menawarkan Paket Wisata ke Museum Pers, Museum Danar Hadi, dan Museum Radya Pustaka. Pemesanan sewa mobil di Solo murah dapat menghubungi nomor WhatsApp 085778910777

Continue Reading

Facebook

Advertisement
Advertisement

Tips & Trick

Review

Advertisement

Xiaomi Corner

Advertisement

Top 5