Mari Coba Aplikasi Payroll Gratis untuk UMKM dan Bisnis Kecil

Untuk mengembangkan usaha yang lebih profesional dan menguntungkan, bisnis juga harus mampu melakukan manajemen sumber daya manusia sebagai pilar aktivitas bisnisnya. Dan, apalikasi payroll berbasis web dalam hal ini menawarkan kemudahan pengaturan gaji dan cuti untuk karyawan.

Untuk mereka yang sedang melakukan penelusuran aplikasi payroll sebagai alat bantu pekerjaan HR, bisa mencoba dulu aplikasi payroll gratis Kayaroll, dengan desain yang menarik dan mudah, oleh siapapun di Indonesia, dengan harapan bisa menjadi solusi aplikasi payroll terbaik.

Aplikasi Payroll itu Apa dan Proses Kerjanya

Untuk mereka yang berprofesi sebagai pengusaha UMKM dan bisnis kecil, salah satu hal penting yang mereka lakukan adalah menggaji karyawan. Kerap hal ini berasa seperti tugas yang melibatkan banyak hal, khususnya mereka yang baru mulai menjalankan bisnis dan bertanya-tanya bagaimana proses kerja payroll.

Untuk menghitung payroll secara keseluruhan, ada beberapa elemen dan aspek yang digunakan sebagai dasar-dasarnya, seperti berikut ini:

  1. Setup sebagai gaji tetap atau upah per jam, borongan, satuan dan berskala.
  2. Menentukan kapan pembayaran akan dilakukan per minggu atau setiap akhir bulan.
  3. Persiapan perangkat untuk monitor karyawan per jam.
  4. Persiapan perangkat untuk monitor tunjangan atau manfaat lain yang akan didapatkan karyawan.
  5. Pajak penghasilan dan batas waktu pembayarannya.
  6. Menerbitkan bukti potong pajak penghasilan.

Aplikasi payroll tidak hanya berperan untuk memudahkan perhitungan gaji atau upah, dia juga menjadi satu platform untuk proses pembayaran secara langsung / online, tanggal awal dan pengakhiran perjanjian kerja, upah per jam dan gaji, dan bisa terkoneksi dengan aplikasi akuntansi dan manajemen sumber daya perusahaan untuk mendapatkan data pengeluaran untuk HR.

Hal-hal Yang Diperhatikan Memilih Aplikasi Payroll

Dalam memilih aplikasi payroll yang bisa memenuhi kebutuhan yang ada, pertama Anda perlu menentukan fitur-fitur apa yang paling penting harus ada didalamnya. Berikut adalah beberapa hal tersebut.

  1. Fitur-fitur yang Ada

Dengan biaya awal yang rendah, banyak aplikasi payroll akan menyediakan fitur-fitur dasar yang diperlukan untuk dipakai, dan bisa mengakses fitur-fitur tambahan dengan tambahan biaya.

Sebagai pengusaha UMKM dan bisnis kecil, aplikasi payroll diharapkan menjadi asisten HR ketika personil staf untuk itu tidak atau belum ada. Tentunya kedua aspek tersebut perlu dipertimbangkan secara matang dengan pertimbangan kompleksitas manajemen sumber daya manusia yang ada.

  1. Kenyamanan dan Kemudahan Pakai

Masih berkaitan dengan point 1 di atas, UMKM dan bisnis kecil merupakan pengusaha mandiri yang harus mengurus berbagai aspek dari usahanya, sehingga penggunaan aplikasi payroll diharapkan tidak menjadi hal yang rumit untuk dipelajari dan dioperasikan.

Sebelum mengadopsi sebuah aplikasi payroll, pengusaha bisa mengecek dulu kemudahan dan kenyamanan dalam penggunaannya serta seberapa cepat siap pakai.

  1. Keterjangkauan Biaya

Biaya yang terjangkau merupakan dambaan setiap pemilik UMKM dan bisnis kecil, tetapi ini kembali lagi kepada lingkup administrasi HR yang ingin dicakup dan alokasi anggaran untuk akuisisi layanan aplikasi payroll ini.

Apabila fitur-fitur tertentu belum terpakai saat ini maka bisa membayar untuk fitur-fitur dasar yang ada, dengan biaya tambahan menyusul ketika bisnis berkembang dan ada kebutuhannya.

Namun apabila biaya awal tersebut ada yang lebih mahal namun mencakup fitur-fitur esktra yang lebih baik, ini tentu akan menjadi alasan logis bahwa harga tersebut tidak lebih mahal dibanding yang lainnya.

  1. Manajemen Tunjangan dan Manfaat Karyawan

Tunjangan dan manfaat untuk karyawan bisa menjadi keunggulan dan nilal lebih untuk merekrut dan mempertahankan karyawan dengan kinerja yang baik. Anda perlu memastikan apa ada fitur-fitur manajemen tunjangan dan manfaat karyawan yang sudah tersedia dan/atau bisa diakses.

Untuk berbagai hal-hal yang disampaikan di atas, pemilik UMKM dan bisnis kecil mempunyai kesempatan untuk melakukan eksplorasi fitur-fitur dengan registrasi mudah di website Kayaroll dan mencoba secara gratis.

Kayaroll  mengusung visi dan misi untuk menciptakan solusi payroll yang mudah digunakan, sederhana dan menyenangkan di lingkup perusahaan di Asia Tenggara termasuk untuk Indonesia.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Digitaliasi Pertanian Indonesia, TaniHub, World Bank & Microsoft Gelar Cultivhacktion

Next Post

OPPO Gelar Reno6 Ultimate Gaming Battle & Gandeng Tim e-Sports Bigetron Red Aliens

Related Posts
Total
0
Share