Connect with us

Android

Mengapa Xiaomi Mi 4i Tidak Tersedia Slot microSD ? Ini Jawaban Xiaomi

Published

on

Trenteknologi.com –  Salah satu kelemahan” yang dimiliki oleh Xiaomi Mi 4i mungkin bagi banyak penggemar Xiaomi adalah tidak adanya slot microSD, sehingga pengguna tidak dapat memiliki kapasitas media penyimpanan tambahan. Namun bagi sebagian pengguna, hal tersebut tidak menjadi masalah, tetap tidak sedikit pula yang menyayangkan tentang tidak tersedianya slot kartu microSD pada Mi 4i ini.

Dan setelah mendengar beberapa kritik dari penggemarnya tersebut, Xiaomi menjelaskan bahwa tidak tersedianya slot microSD pada Mi 4i dikarenakan ada beberapa alasan. Hugo Barra, selaku Vice President Xiaomi internasional mengatakan ada beberapa alasan mengapa Mi 4i tidak memiliki slot kartu microSD. Lalu apa alasan Xiaomi mengenai masalah kelemahan  Xiaomi Mi 4i  ini ? Berikut penjelasannya.

 

  • Slot kartu microSD membutuhkan motherboard yang cukup besar (25% lebih besar dari yang dimiliki oleh Mi 4i) dan akan menyebabkan desain Mi 4i menjadi lebih besar, sehingga kurang efisien untuk pengguna.
  • Jika Xiaomi menyediakan  slot kartu microSD di Mi 4i, butuh kapasitas baterai yang lebih besar dan tidak akan memungkinkan untuk Mi 4i dapat di desain dengan tipis seperti saat ini.
  • Selain itu Xiaomi juga mengatakan bahwa microSD secara signifikan dapat memperlambat kinerja sistem dan seringkali dapat menyebabkan aplikasi crash. Bahkan menurut survey, Xiaomi itu telah membuktikan bahwa microSD adalah penyebab paling signifikan dari kegagalan sistem pada perangkat Xiaomi (hingga 30% pengguna mengeluhkan hal ini) hal tersebut dikarenakan buruknya kualitas microSD di pasaran, bahkan banyak yang palsu.
BACA JUGA :  Xiaomi Mi5 Akan Dirilis November Mendatang, Hadir Dengan Snapdragon 820 & 2K Display

 

Alasan yang telah dijelaskan oleh Xiaomi tersebut juga merupakan alasan yang sama mengapa sebagian besar ponsel high-end saat ini tidak dirilis tanpa menyediakan  slot microSD.

Namun bagaimana dengan pengguna yang membutuhkan kapasitas media penyimpanan yang besar ? Xiaomi juga menjelaskan bahwa kapasitas media penyimpanan internal Mi 4i telah diperhitungkan untuk kebutuhan pengguna saat ini, dan menurut Xiaomi kapasitas media penyimpanan internal sebesar 16GB pada Mi 4i akan cukup untuk kebutuhan pengguna saat ini, bahkan untuk pengguna yang seringkali menyimpan berbagai jenis video dengan resolusi besar. Namun jika pengguna benar-benar membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih, pengguna dapat menggunakan fitur  Mi Cloud  yang telah disediakan secara gratis oleh Xiaomi.

Bahkan kabar gembira juga disampaikan oleh Xiaomi baru-baru ini, bahwa mereka juga akan segera merilis Mi 4i dengan kapasitas media penyimpanan yang lebih banyak yaitu Mi 4i berkapasitas 32 GB dan 64 GB.

Advertisement

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement