Multipolar Technology Perkuat Keamanan Jaringan Dengan Cisco Umbrella

Gary Adrian, Head Presales Network PT Multipolar Technology Tbk (kanan) tengah berbincang dengan Yohan Gunawan, Director Hybrid Infrastructure Services Business PT Multipolar Technology Tbk (kiri) mengenai penerapan solusi Cisco Umbrella untuk meningkatkan keamanan jaringan dan memproteksi akses ke situs yang tidak aman baik di dalam maupun luar jaringan kantor, yang sangat cocok bagi perusahaan dengan banyak cabang dan pekerja mobile.

Trenteknologi.com – Sepanjang satu tahun di masa new normal ini kita sudah terbiasa dengan cara kerja baru yang lebih fleksibel yang memungkinkan kita bekerja dari mana saja, hanya dengan mengandalkan jaringan internet. Namun dengan kemudahan tersebut, di sisi lain tim IT akan sangat sulit mengontrol aktivitas internet dan melindungi data perusahaan sehingga ancaman serangan malware juga turut mengintai para karyawan dan data perusahaan karena banyaknya sumber trafik internet yang tidak menggunakan jaringan internal perusahaan. Maka dari itu trafik internet dari berbagai sumber ini harus bisa dikontrol dan diatur secara terpusat, salah satunya dengan menerapkan solusi Cisco Umbrella untuk meningkatkan keamanan jaringan.

“Ini kami alami sendiri, sehingga akhirnya kami putuskan untuk implementasi Cisco Umbrella. Cisco Umbrella mencegah akses ke situs atau malware berbahaya meski karyawan bekerja dari luar kantor, sehingga kemungkinan jaringan terserang menjadi jauh berkurang,” papar Yohan Gunawan, Direktur Hybrid Infrastructure Services Business PT Multipolar Technology Tbk seperti yang dipaparkan dalam webinar bertajuk Simplify Cyber Security with Cloud-Delivered Protection.

Cisco Umbrella memiliki teknologi DNS-Layer Security yang akan meningkatkan visibilitas, melindungi pengguna di dalam dan di luar jaringan perusahaan dengan menghentikan ancaman pada port dan protocol, bahkan sebelum ancaman masuk ke dalam jaringan dan endpoint. Log aktivitas internet yang dideteksi juga akan direkam oleh Cisco Umbrella untuk menentukan kategori dari tipe ancaman keamanan, apakah sistem akan memblokir atau mengizinkan tipe ancaman keamanan tersebut.

“Serangan siber sering menyerang perusahaan dalam bentuk ransomware, dan kita dipaksa untuk membayar sejumlah uang sebelum mendapatkan kembali akses ke berkas atau sistem komputer. Akibatnya informasi sensitif bisa hilang dan proses bisnis terganggu. Ini riskan sekali. Sekarang kita monitor seluruh trafik internet karyawan dengan Cisco Umbrella, kita lakukan filter konten web, kita pantau dan blokir aplikasi dan URL yang mencurigakan,” jelas Yohan.

Teknologi yang dimiliki oleh Cisco Umbrella menggabungkan beberapa fungsi Connectivity, Security dan Identity di lokasi yang terdistribusi yang merupakan bagian dari solusi Secure Access Service Edge (SASE) sehingga memudahkan visibility, menerapkan policy dan mengintegrasikan dengan perangkat security lainnya. Tim Threat Intelligence Cisco yaitu Talos setiap harinya melakukan riset, analisis dan update terhadap vulnerability di seluruh dunia. Talos juga dapat diintegrasikan ke setiap solusi security dari Cisco.

Cisco Umbrella memberikan berbagai keunggulan antara lain:

  1. Melindungi pengguna dan perangkat roaming tanpa perlu terhubung ke jaringan kantor atau VPN
  2. Mendeteksi dan memblokir jenis-jenis baru serangan siber secara cepat dan mudah bahkan sebelum terkoneksi ke internet atau mencapai jaringan dan endpoint
  3. Mengurangi risiko dengan alert sedini mungkin dan mencatat semua aktivitas DNS sehingga potensi ancaman mudah ditelusuri dan ditindaklanjuti
  4. Meningkatkan kinerja internet dan menjamin kelancaran lalu lintas jaringan

Cisco Umbrella sangat cocok bagi perusahaan dengan banyak cabang dan pekerja mobile untuk memproteksi akses ke situs yang tidak aman, baik di dalam maupun luar jaringan kantor.

Tentang PT Multipolar Technology Tbk

PT Multipolar Technology Tbk (MLPT) adalah mitra terpercaya dalam perancangan dan pengembangan teknologi digital inovatif di sektor Perbankan dan Keuangan, Komersial, Telekomunikasi, Publik, Layanan Kesehatan dan Pendidikan. Multipolar Technology memiliki kompetensi dan pengalaman yang mumpuni di area Hybrid Infrastructure Platforms & Services, Hybrid Integration Platforms & Services, Business Solution Platforms & Services, Digital Insights, Customer Experience Platforms & Services, Strategy & Planning, serta Security Platforms & Services Platform, termasuk IT Managed Services melalui PT Visionet Data Internasional (VDI) dan layanan pengoperasian dan pengelolaan data center melalui PT Graha Teknologi Nusantara (GTN). Sejak 8 Juli 2013 PT Multipolar Technology Tbk telah tercatat di Bursa Efek Indonesia (kode saham MLPT), dan merupakan mitra terpercaya dari perusahaan teknologi global seperti Cisco, F5, Google, HPE, IBM, Lenovo, Microsoft, NCR, Nutanix, Oracle dan VMware, dan telah bersertifikasi ISO. Informasi lebih lanjut kunjungi www.multipolar.com dan ikuti media sosial kami: Twitter @MultipolarTech, Instagram @multipolartechnology, LinkedIn & Facebook PT Multipolar Technology Tbk, YouTube Multipolar Technology, Spotify TechLign Podcast.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Dassault Systèmes Perkenalkan Penawaran Baru 3DEXPERIENCE SOLIDWORKS

Next Post

realme GT Diperkenalkan di MWC Shanghai, Ditenagai Prosesor Snapdragon 888 !

Related Posts
Total
0
Share