Connect with us

Aplikasi

Opera kini tanamkan fitur ad blocker pada browser untuk Smartphone dan Komputer

Published

on

Trenteknologi.com – Opera secara resmi telah meluncurkan fitur pemblokir iklan terintegrasi (native ad blocker) pada browser Opera untuk komputer serta Opera Mini untuk Android.

Menurut survei, 90% pengguna web di Asia Pasifik telah mulai menggunakan dan mempertimbangkan pemasangan ad blocker pada browser mereka. Sebanyak 67% dari pengguna internet di Asia Tenggara menilai iklan yang ada di internet sangat menganggu dan terkadang menyeramkan. Kecepatan browsing dan penghematan data merupakan dua dari enam alasan utama mengapa para responden ingin menggunakan ad blocker pada browser mereka. Bahkan menurut GlobalWebIndex, 28% dari pengguna internet di Indonesia telah menggunakan perangkat ad blocker untuk menghentikan iklan pada situs yang mereka kunjungi.

Sampai saat ini, sudah ada 60 juta pengguna Opera untuk komputer dan hampir 120 juta pengguna Opera Mini untuk Android yang aktif setiap bulannya, termasuk 11 juta pengguna dari Indonesia. Dengan adanya fitur ini, para pengguna tidak perlu lagi menginstal ad blocker pihak ketiga atau mengunduh aplikasi lain untuk mendapatkan pengalaman browsing yang lebih cepat.

“Opera merupakan browser pertama yang menawarkan native ad blocker di berbagai platform berbeda. Kami melakukan hal ini untuk bisa menyediakan browser tercepat yang tersedia bagi netizen saat ini. Berdasarkan tes kecepatan yang kami lakukan, iklan online dapat memperlambat kecepatan browsing secara siginifikan. Sekarang, dengan Opera pengguna dapat menjelajahi internet dengan jauh lebih cepat dibanding menggunakan browser lain, seperti Chrome,” ujar Lars Boilesen, CEO Opera.

 

Versi terbaru Opera Mini dengan Ad Blocker pangkas waktu loading

Pada dasarnya, fitur ad blocker menjadi semakin berguna di smartphone, di mana iklan online memakai luas layar yang terbatas, memperlambat kegiatan browsing serta menguras kuota data. Dengan menghilangkan iklan online, Opera Mini versi terbaru mempercepat waktu loading hingga 40% dibandingkan dengan browser tanpa fitur tersebut.

Bagi pengguna smartphone yang lebih perhitungan terhadap biaya, sadar harga, memblokir iklan online pada browser dapat menurunkan biaya penggunaan paket data internet secara efektif. Opera Mini banyak dikenal karena teknologi kompresi browser tersebut yang dapat mengurangi besaran data yang ditarik dari sebuah halaman web secara drastis. Dengan tambahan fitur ad blocker, para pengguna Opera Mini akan dapat memperkecil pemakaian data sebanyak 14%.

Riset yang dilakukan Enders Analysis menemukan bahwa antara 18% dan 79% data yang diunduh di smartphone berasal dari iklan. Angka penetrasi smartphone di Indonesia memang sudah semakin meningkat, namun biaya penggunaan data masih terbilang relative mahal dan menjadi penghalang bagi para pengguna. Banyaknya iklan online tentunya hanya memperburuk masalah ini.

 

Opera AdBlock

Fitur Ad Blocker di Browser Opera

 

Versi teranyar Opera untuk komputer 45% lebih cepat dibanding Chrome

Dengan mengintegrasikan ternologi ad blocker langsung pada kode yang tertulis di dalam browser, versi terbaru Opera untuk komputer mampu mempercepat loading halaman hingga 89% dibanding dengan browser lain yang tidak menggunakan fitur ad blocker. Browser Opera untuk komputer juga 45% lebih cepat dibandingkan dengan Google Chrome yang menggunakan aplikasi pemblokir iklan pihak ketiga.

 

Opera AdBlock_Performance

Performa Browser Opera dibandingkan dengan Google Chrome

Cara mengaktifkan teknologi native ad-block

Opera Mini:

Di bawah menu “O” di Opera Mini pengaktifan dapat mulai dengan mengklik “data savings summary.” Pada iOS, fitur ad blocker hanya dapat digunakan dalam mode penghematan data Opera Turbo, sementara untuk Android fitur ini tersedia di kedua mode pengehematan data yang tersedia.

 

Opera untuk komputer:

Fitur ad blocker dapat diaktifkan di bagian settings. Menonaktifkan fitur ad blocker untuk situs tertentu dapat dilakukan dengan mengklik ikon perisai pada address bar. Dialog di address bar juga menyajikan data statistik tentang jumlah iklan yang diblokir untuk situs tersebut, dan total jumlah iklan yang diblokir. Anda juga bisa membandingkan kecepatan loading halaman dengan atau tanpa fitur ad blocker.

 

Fitur-fitur lain

Opera Mini:

Versi terbaru Opera Mini untuk Android yang diluncurkan hari ini memiliki performa dan kecepatan yang lebih baik dari versi sebelumnya. Pada versi ini, pengguna bisa menambahkan situs favorit pada home screen smartphone sehingga situs tersebut lebih mudah diakses. Selain itu, versi ini juga dilengkapi dengan Discover newsfeed versi terbaru untuk mengakses artikel terpopuler di Internet.

 

Opera untuk PC

Versi terbaru browser Opera untuk komputer yang diluncurkan hari ini juga menyajikan fitur video pop-out. Ini memungkinkan Anda memindahkan frame video ke bagian sudut layar sehingga Anda bisa melakukan multi-tasking: browsing, belanja online, atau melakukan riset tanpa harus ketinggalan aksi di video tersebut. Anda bisa menempatkan video di bagian layar manapun dan bisa secara cepat menutup video, bila memang diperlukan.

Untuk mencoba sendiri fitur ini, Anda dapat mengunduh browser Opera untuk komputer atau Anda juga bisa mencoba fitur ad blocker gratis di Opera Mini untuk Android.

 

Tentang riset ini

Uji kecepatan pada komputer dilakukan terhadap 66 situs popular dengan konten yang kaya. Mesin uji menggunakan prosesor AMD Phenom II X6 dengan RAM 8GB yang dijalankan di Windows 10 64-bit. Kami juga melakukan tes yang sama menggunakan beberapa sistem lain. Persentase yang dihasilkan hampir sama, walaupun waktu loading yang dihasilkan untuk setiap situs tentunya berbeda. Dalam pengujiannya, Opera menggunakan WebDriver dan pengujian loading halaman dilakukan berulang sebanyak 15 kali untuk setiap halaman. Hasilnya menunjukan median untuk waktu loading halaman antara sesi navigationStart dan loadEventEnd.

Pada Opera Mini, pengujian dilakukan terhadap 50 situs popular dengan konten kaya menggunakan jaringan nirkabel (Wi-Fi) pada Nexus 5X dengan Android 6, menggunakan framework Appium-based yang kami miliki. Pengujian loading halaman dilakukan berulang sebanyak tiga kali, di setiap mode data savings yang ada di Opera Mini. Hasilnya menunjukan rata-rata loading satu halaman, yang dihitung mulai dari saat tombol “go” ditekan hingga berhentinya simbol loading. Penghematan data secara keseluruhan kemudian dibandingkan dengan seluruh penggunaan data yang terunduh pada sesi ini.

 

Aplikasi

Cara Membuka Situs Yang Diblokir Dengan Menggunakan Aplikasi Di Android

Published

on

Kadang kita merasa jengkel pada saat akan membuka situs yang akan kita buka, tetapi situs tersebut tidak bisa diakses karena telah diblokir. Namun anda jangan kuatir, karena saat ini ada aplikasi yang bisa digunakan untuk membuka situs yang diblokir. Oleh sebab itu, dalam kesempatan ini akan memberikan informasi tentang aplikasi yang bisa digunakan untuk membuka situs yang diblokir di Android sebagai berikut :

  1. SurfEasy VPN For Android

Aplikasi ini bisa digunakan melalui koneksi WiFi dan menyamarkan setiap kegiatan internet anda. Dengan menggunakan aplikasi ini anda bisa memblokir tracker dari iklan yang biasanya sering muncul di handphone anda. Aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk 500MB data setiap bulannya.

  1. FinchVPN

Aplikasi ini tidak kalah tangguhnya dibandingkan dengan aplikasi yang lainnya. Dengan aplikasi ini anda memiliki keuntungan tersendiri karena bisa menggunakan konfigurasi dari Open VPN, serta memiliki kemampuan untuk tersambung dengan port TCP/UDP.

  1. Hola free VPN

Setelah sukses dengan software dan ekstensi komputernya, Hola Free VPN saat ini sudah bisa digunakan pada perangkat smartphone Android. Selain itu, aplikasi yang satu ini juga memiliki kelebihan seperti koneksi VPN yang sangat cepat, serta bisa berganti-ganti negara dengan mudah.

  1. Psiphon

Selain cara penggunaannya yang sangat mudah, aplikasi ini sangat tangguh dalam membuka proteksi situs-situs yang telah diblokir. Selain itu aplikasi ini bisa digunakan secara gratis dan cepat.

  1. SuperVPN Free VPN Client

Aplikasi terbaik berikutnya yang bisa anda gunakan untuk buka situs diblokir di android, yakni bernama SuperVPN Free VPN Client. Adapun mengenai beberapa fitur-fitur yang dimilikinya seperti fitur pelindung privasi, tanpa registrasi, dapat membuka situs yang diblokir dengan mudah, tanpa batasan bandwith, tanpa harus root, dan lain sebagainya.

  1. VPN Master

Sesuai dengan namanya, aplikasi yang satu ini dibuat oleh developer bernama MasterVPN yang bisa anda gunakan untuk membobol situs yang sudah diblokir oleh pemerintah. Selain itu, aplikasi VPN Master juga memiliki tampilan yang begitu sederhana sehingga begitu mudah untuk dijalani. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, aplikasi ini menyediakan lebih 20 user dari negara lain lho.

Itulah beberapa aplikasi terbaik di android yang bisa anda gunakan untuk membuka situs yang telah diblokir. Bagaimana, tertarikkah anda untuk mencobanya?

Continue Reading

Aplikasi

Tokopedia Berikan Kejutan di Ramadan Ekstra, Apa Saja Kejutannya ?

Published

on

Trenteknologi.com – Untuk meramaikan bulan suci Ramadan, Tokopedia selalu memiliki inovasi yang sangat menarik bagi para pengguna nya. Di tahun ini Tokopedia meluncurkan festival belanja online yang bertajuk Ramadan Ekstra dengan berbagai penawaran promo yang sangat menarik. Seluruh pengguna Tokopedia akan mendapatkan kesempatan untuk menikmati ekstra cashback, ekstra gratis ongkir, ekstra produk eksklusif, ekstra bonus, ekstra diskon, hingga ekstra tiket pesawat ke luar negeri bagi yang beruntung, dan beragam ekstra kejutan lainnya.

Melalui adanya Ramadan Ekstra, Tokopedia berharap pengguna bisa mendapatkan kesempatan baru dalam menemukan berbagai kebutuhannya di bulan suc Ramadan dengan segala sesuatu yang ekstra. Puncak dari festival belanja online Ramadan Ekstra tersebut akan terjadi pada tanggal 24 dan 25 Mei 2018. Tokopedia akan memberikan kejutan kepada penggunanya untuk mendapatkan diskon belanja hingga 99%. Lalu seperti apa saja kejutan-kejutan yang akan diberikan oleh Tokopedia pada Ramadan Ekstra ini ? berikut ini penjelasan lebih detail tentang berbagai kejutan yang akan diberikan oleh Tokopedia.

 

SEMARAK RAMADAN EKSTRA – Kejutan Diskon 99% (24 Mei 2018)

  •  Shake Smartphone dapat Kejutan Hadiah

Bagi Anda pengguna Android atau iOS yang sudah memiliki aplikasi Tokopedia, Anda akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan berbagai kejutan mulai dari berbagai hadiah seru, promo menarik, dan kejutan diskon 99% untuk produk-produk terbaik pilihan dengan cara “Shake-Shake” smartphone Anda di jam-jam tertentu.

  •  Fashion Show by Exclusive Collaboration

Saksikan juga countdown menuju “Ramadan Ekstra, Kejutan Belanja Online” pada 24 Mei 2018 yang disiarkan secara langsung di NET, MNC TV, dan Trans7 dengan penampilan artis-artis papan atas Indonesia dan juga peragaan busana (fashion show). Berkolaborasi dengan brand-brand fashion ekslusif di Tokopedia semua produk fashion yang diperagakan bisa dibeli secara langsung melalui aplikasi Tokopedia.

RAMADAN EKSTRAKejutan Belanja Online (25 Mei 2018)

  •  Shake-Shake ( 5x dalam satu hari), – diskon 99%

Buka aplikasi Tokopedia di jam-jam tertentu, “Shake-Shakesmartphone hingga 5 kali dalam sehari untuk kesempatan dapatkan berbagai kejutan mulai dari berbagai promo menarik, hingga hadiah utama Toyota Yaris yang didiskon 99%!

  • Flash Sale

Rebut dan jangan sampai kehabisan berbagai produk pilihan terbaik di Tokopedia dengan harga miring serba 25.000 untuk semua produk flash sale Tokopedia.

  •  Save My Coupon

Untuk kamu yang sudah mengumpulkan kupon-kupon promo menarik di Tokopedia, saatnya gunakan “Save My Coupon” milikmu untuk tambahan promo Ekstra!

  • Promo Lainnya dan Exclusive Brand

Selain itu, dapatkan juga berbagai promo Ekstra Casback lainnya untuk berbagai produk di marketplace dan juga produk digital Tokopedia, serta berbagai penawaran menarik dari pilihan brand-brand ekslusif dari Tokopedia.

Bagi Anda yang belum memiliki aplikasi Tokopedia, download sekarang juga aplikasinya untuk sama-sama mendapatkan kesempatan berbagai kejutan dari Tokopedia di bulan Ramadan ini. Setelah Anda memiliki aplikasi Tokopedia, gunakan fitur “Shake-Shake” di jam-jam tertentu untuk dapat langsung mendapatkan berbagai kejutan termasuk hadiah utama Toyota Yaris yang akan didiskon hingga 99%.

Ingin belanja online murah di bulan Ramadan dengan berbagai promo menarik ? ke Tokopedia aja.

Continue Reading

Aplikasi

Bulan Puasa Belanja Online Makin Murah, dengan Promo Ramadhan Ekstra Tokopedia

Published

on

Bulan Ramadhan sebentar lagi akan tiba dalam waktu dekat. Pada bulan Ramadhan biasanya kita mengisi waktu menunggu berbuka puasa dalam berbagai hal, salah satunya adalah belanja online. Bagi Anda yang gemar berbelanja online, Tokopedia memberikan promo khusus yang bertajuk Ramadhan Ekstra. Dalam promo Ramadhan Ekstra, Tokopedia menawarkan berbagai jenis promo seperti Ekstra Flash Sale, Ketupat Ekstra, Ekstra Kejutan, Ekstra Bonus Produk Digital dan Produk Ekslusif Ramadhan.

Dengan adanya promo tersebut, Anda akan dapat menghemat pengeluaran belanja Anda dibandingkan berbelanja di toko offline atau Mall. Dan bagi Anda yang ingin berbelanja online di Tokopedia untuk turut meramaikan promo Ramadhan Ekstra ini, setidaknya terdapat beberapa tips penting agar belanja online Anda hemat selama bulan Ramadhan.

 

Bandingkan harga setiap toko online di Tokopedia

Salah satu kelebihan belanja online di Tokopedia adalah kita dapat membandingkan harga di setiap toko tanpa harus lelah berkeliling seperti di Mall. Jika Anda ingin mendapatkan harga barang termurah di Tokopedia, Anda hanya perlu mengetikkan nama barang yang ingin Anda cari lalu gunakan fitur Sort dan pilih menu Harga Termurah.

Pilih produk berkualitas dari kreator lokal

Produk hasil kreator lokal saat ini tidak kalah berkualitas dengan produk brand terkenal dunia. Bahkan dengan Anda membeli produk dari kreator lokal, Anda akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah serta membantu UKM di Indonesia. Anda dapat dengan mudah menemukan produk hasil kreator lokal melalui aplikasi Tokopedia dengan cara mengaktifkan Menu #KreasiLokal melalui fitur Filter.

Cari toko online terdekat

Ongkos kirim selalu menjadi hal yang paling diperhitungkan oleh pembeli pada saat berbelanja online. Maka dari itu sebagai tips jika Anda menginginkan ongkos kirim yang jauh lebih murah, disarankan untuk mencari toko online dengan lokasi yang dekat dengan lokasi Anda. Dengan Tokopedia, Anda dapat dengan mudah melihat lokasi toko yang menjual barang yang Anda inginkan, dengan cara melihat lebih detail profil toko tersebut.

Pilih cara pembayaran yang tepat

Satu hal lagi yang merupakan kelebihan dari berbelanja online di Tokopedia adalah Anda dapat dengan mudah memilih metode pembayaran yang diinginkan. Saat ini Tokopedia telah memiliki berbagai metode pembayaran yang dapat kita gunakan seperti Saldo Tokopedia, Transfer Bank, Kartu Kredit, Cicilan hingga pembayaran melalui minimarket. Dengan adanya pilihan metode pembayaran yang disediakan oleh Tokopedia tersebut, Anda akan dengan mudah menyesuaikan keuangan dan pastinya dapat lebih menghemat pengeluaran Anda.

Pilih metode pengiriman paling efisien

Saat ini Tokopedia telah bekerjasama dengan banyak jasa pengiriman yang akan sangat memudahkan pembeli untuk memilih jasa pengiriman yang diinginkan. Mulai dari jasa pengiriman konvesional hingga jasa pengiriman melalui transportasi online saat ini sudah dapat Anda gunakan di Tokopedia. Dengan begitu Anda dapat memilih jasa pengiriman dengan harga ongkos kirim terbaik sesuai anggaran Anda, yang pada akhirnya dapat menghemat keuangan.

Manfaatkan promo dan diskon

Dan hal yang paling dapat menghemat belanja online Anda selama bulan Ramadhan sudah tentu adalah promo dan diskon. Bukan Tokopedia rasanya jika tidak menawarkan berbagai promo dan diskon menarik setiap bulannya, khususnya pada bulan Ramadhan mendatang. Tokopedia akan mengadakan promo Ramadhan Ekstra selama bulan Ramadhan, dengan penawaran berbagai diskon menarik.

Makin Ekstra lagi, masih ada rahasia kejutan pada 25 Mei dari Tokopedia yang akan membuat Ramadan Ekstra menjadi lebih Ekstra! Layaknya festival belanja online “Black Friday”, kejutan seperti apa yang bakal buat pengalaman belanja online di bulan Ramadan Ekstra ini jadi lebih special?

Maka dari itu mulai sekarang langsung akses website atau instal aplikasi Tokopedia di smartphone Anda. Dan di tanggal 25 Mei 2018 mendatang, jangan lupa untuk melihat kejutan apa yang akan diberikan oleh Tokopedia. Karena siapa tahu di tanggal 25 Mei 2018, Tokopedia akan memberikan promo untuk produk yang Anda inginkan selama ini, dengan harga yang lebih terjangkau !

Continue Reading

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Top 5