Connect with us

Aplikasi

Opera kini tanamkan fitur ad blocker pada browser untuk Smartphone dan Komputer

Published

on

Trenteknologi.com – Opera secara resmi telah meluncurkan fitur pemblokir iklan terintegrasi (native ad blocker) pada browser Opera untuk komputer serta Opera Mini untuk Android.

Menurut survei, 90% pengguna web di Asia Pasifik telah mulai menggunakan dan mempertimbangkan pemasangan ad blocker pada browser mereka. Sebanyak 67% dari pengguna internet di Asia Tenggara menilai iklan yang ada di internet sangat menganggu dan terkadang menyeramkan. Kecepatan browsing dan penghematan data merupakan dua dari enam alasan utama mengapa para responden ingin menggunakan ad blocker pada browser mereka. Bahkan menurut GlobalWebIndex, 28% dari pengguna internet di Indonesia telah menggunakan perangkat ad blocker untuk menghentikan iklan pada situs yang mereka kunjungi.

Sampai saat ini, sudah ada 60 juta pengguna Opera untuk komputer dan hampir 120 juta pengguna Opera Mini untuk Android yang aktif setiap bulannya, termasuk 11 juta pengguna dari Indonesia. Dengan adanya fitur ini, para pengguna tidak perlu lagi menginstal ad blocker pihak ketiga atau mengunduh aplikasi lain untuk mendapatkan pengalaman browsing yang lebih cepat.

“Opera merupakan browser pertama yang menawarkan native ad blocker di berbagai platform berbeda. Kami melakukan hal ini untuk bisa menyediakan browser tercepat yang tersedia bagi netizen saat ini. Berdasarkan tes kecepatan yang kami lakukan, iklan online dapat memperlambat kecepatan browsing secara siginifikan. Sekarang, dengan Opera pengguna dapat menjelajahi internet dengan jauh lebih cepat dibanding menggunakan browser lain, seperti Chrome,” ujar Lars Boilesen, CEO Opera.

 

Versi terbaru Opera Mini dengan Ad Blocker pangkas waktu loading

Pada dasarnya, fitur ad blocker menjadi semakin berguna di smartphone, di mana iklan online memakai luas layar yang terbatas, memperlambat kegiatan browsing serta menguras kuota data. Dengan menghilangkan iklan online, Opera Mini versi terbaru mempercepat waktu loading hingga 40% dibandingkan dengan browser tanpa fitur tersebut.

Bagi pengguna smartphone yang lebih perhitungan terhadap biaya, sadar harga, memblokir iklan online pada browser dapat menurunkan biaya penggunaan paket data internet secara efektif. Opera Mini banyak dikenal karena teknologi kompresi browser tersebut yang dapat mengurangi besaran data yang ditarik dari sebuah halaman web secara drastis. Dengan tambahan fitur ad blocker, para pengguna Opera Mini akan dapat memperkecil pemakaian data sebanyak 14%.

Riset yang dilakukan Enders Analysis menemukan bahwa antara 18% dan 79% data yang diunduh di smartphone berasal dari iklan. Angka penetrasi smartphone di Indonesia memang sudah semakin meningkat, namun biaya penggunaan data masih terbilang relative mahal dan menjadi penghalang bagi para pengguna. Banyaknya iklan online tentunya hanya memperburuk masalah ini.

 

Opera AdBlock

Fitur Ad Blocker di Browser Opera

 

Versi teranyar Opera untuk komputer 45% lebih cepat dibanding Chrome

Dengan mengintegrasikan ternologi ad blocker langsung pada kode yang tertulis di dalam browser, versi terbaru Opera untuk komputer mampu mempercepat loading halaman hingga 89% dibanding dengan browser lain yang tidak menggunakan fitur ad blocker. Browser Opera untuk komputer juga 45% lebih cepat dibandingkan dengan Google Chrome yang menggunakan aplikasi pemblokir iklan pihak ketiga.

 

Opera AdBlock_Performance

Performa Browser Opera dibandingkan dengan Google Chrome

Cara mengaktifkan teknologi native ad-block

Opera Mini:

Di bawah menu “O” di Opera Mini pengaktifan dapat mulai dengan mengklik “data savings summary.” Pada iOS, fitur ad blocker hanya dapat digunakan dalam mode penghematan data Opera Turbo, sementara untuk Android fitur ini tersedia di kedua mode pengehematan data yang tersedia.

 

Opera untuk komputer:

Fitur ad blocker dapat diaktifkan di bagian settings. Menonaktifkan fitur ad blocker untuk situs tertentu dapat dilakukan dengan mengklik ikon perisai pada address bar. Dialog di address bar juga menyajikan data statistik tentang jumlah iklan yang diblokir untuk situs tersebut, dan total jumlah iklan yang diblokir. Anda juga bisa membandingkan kecepatan loading halaman dengan atau tanpa fitur ad blocker.

 

Fitur-fitur lain

Opera Mini:

Versi terbaru Opera Mini untuk Android yang diluncurkan hari ini memiliki performa dan kecepatan yang lebih baik dari versi sebelumnya. Pada versi ini, pengguna bisa menambahkan situs favorit pada home screen smartphone sehingga situs tersebut lebih mudah diakses. Selain itu, versi ini juga dilengkapi dengan Discover newsfeed versi terbaru untuk mengakses artikel terpopuler di Internet.

 

Opera untuk PC

Versi terbaru browser Opera untuk komputer yang diluncurkan hari ini juga menyajikan fitur video pop-out. Ini memungkinkan Anda memindahkan frame video ke bagian sudut layar sehingga Anda bisa melakukan multi-tasking: browsing, belanja online, atau melakukan riset tanpa harus ketinggalan aksi di video tersebut. Anda bisa menempatkan video di bagian layar manapun dan bisa secara cepat menutup video, bila memang diperlukan.

Untuk mencoba sendiri fitur ini, Anda dapat mengunduh browser Opera untuk komputer atau Anda juga bisa mencoba fitur ad blocker gratis di Opera Mini untuk Android.

 

Tentang riset ini

Uji kecepatan pada komputer dilakukan terhadap 66 situs popular dengan konten yang kaya. Mesin uji menggunakan prosesor AMD Phenom II X6 dengan RAM 8GB yang dijalankan di Windows 10 64-bit. Kami juga melakukan tes yang sama menggunakan beberapa sistem lain. Persentase yang dihasilkan hampir sama, walaupun waktu loading yang dihasilkan untuk setiap situs tentunya berbeda. Dalam pengujiannya, Opera menggunakan WebDriver dan pengujian loading halaman dilakukan berulang sebanyak 15 kali untuk setiap halaman. Hasilnya menunjukan median untuk waktu loading halaman antara sesi navigationStart dan loadEventEnd.

Pada Opera Mini, pengujian dilakukan terhadap 50 situs popular dengan konten kaya menggunakan jaringan nirkabel (Wi-Fi) pada Nexus 5X dengan Android 6, menggunakan framework Appium-based yang kami miliki. Pengujian loading halaman dilakukan berulang sebanyak tiga kali, di setiap mode data savings yang ada di Opera Mini. Hasilnya menunjukan rata-rata loading satu halaman, yang dihitung mulai dari saat tombol “go” ditekan hingga berhentinya simbol loading. Penghematan data secara keseluruhan kemudian dibandingkan dengan seluruh penggunaan data yang terunduh pada sesi ini.

 

Aplikasi

Cari Informasi Lowongan Kerja di JobsDB dan Jobs Street ? Download Jora Aja

Published

on

Trenteknologi.com – id.jora.com, situs informasi lowongan kerja Indonesia meluncurkan aplikasi Android Lowongan Kerja Jora dan Jora Job Search di iOS versi baru yang bisa diunduh secara gratis.

Jora Indonesia mengambil pendekatan yang berbeda, karena hadir sebagai pengumpul informasi lowongan pekerjaan dari situs-situs loker yang sudah ada. Artinya, cukup dengan membuka Jora, pengguna bisa mencari lowongan kerja dari berbagai portal loker di Indonesia. Cukup dengan mengetikkan kata kunci apa saja di kotak nama pekerjaan seperti driver, kurir, part time, SMA, Jakarta, dan sebagainya, pengguna sudah bisa menemukan informasi lowongan kerja.

Mencontoh kesederhanaan cara kerja Google, Jora menyediakan aplikasi pencari lowongan kerja Indonesia yang mudah untuk di gunakan. Dengan menggunakan aplikasi ini, para pencari kerja tidak perlu membuka situs loker satu persatu hanya untuk mencari lowongan kerja.

Selain itu, aplikasi Lowongan Kerja Jora juga menyediakan fitur untuk menyimpan lowongan dan berlangganan info lowongan kerja gratis yang dikirim melalui email (job alert).  Dengan fitur Job Alert, pencari kerja tidak akan pernah ketinggalan lowongan kerja terbaru. Fasilitas ini dapat dimodifikasi untuk mendapatkan lowongan kerja terbaru setiap harinya atau setiap minggu.

Meski informasi lowongan pekerjaan begitu membanjir di internet, ada baiknya cermati dulu sumber dan akurasi infonya. Tak semua informasi yang Anda terima benar. Jangan sampai tertipu pada informasi lowongan kerja yang fiktif atau hoaks.

Menampilkan 80 ribu lowongan dari lebih 500 situs

Saat membuka situs atau aplikasi Jora, Anda boleh berharap banyak akan menemukan pekerjaan yang diidamkan. Sebab, Jora menampilkan sekitar 85 ribu lowongan kerja yang dihimpun dari lebih dari 500 situs lowongan kerja dan halaman karier perusahaan.

Berdasarkan analisis Jora, kini semakin banyak jobseeker yang mencari lowongan kerja freelance. Mayoritas pencari kerja, yakni sebanyak 58,02 persen, berusia 18-24 tahun. Sebanyak 80,87 persen menggunakan perangkat mobile untuk mencari info lowongan kerja.

Infografis Jora Indonesia

Riset Jora menemukan, bidang pekerjaan freelance yang diminati adalah desain, guru bahasa Inggris, administrasi, dan web developer. Tren pencarian lowongan kerja part time dan freelance diprediksi akan semakin meningkat karena minat mencari kerja sampingan semakin banyak menjelang libur akhir tahun.

Dari segi lokasi, pencari kerja di situs Jora Indonesia punya minat tinggi di 3 kota besar, yakni lowongan kerja Jakarta (20 persen), Medan (10 persen), dan lowongan kerja Surabaya (8 persen). Sekadar informasi, lowongan kerja yang banyak tersedia di Jakarta dan Surabaya adalah admin, sedangkan di kota Medan adalah driver.

Menariknya lagi, Jora memberikan akses gratis untuk menemukan lowongan kerja di 33 negara. Situs id.jora.com sendiri diluncurkan dalam Bahasa Indonesia akhir Januari 2016.

Continue Reading

Aplikasi

ShareIt Luncurkan Versi Terbaru Shareit 4.0 yang Kini Hadir dengan Konten Digital Online Gratis

Published

on

Trenteknologi.com – Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi smartphone, shareit. Bagi kamu yang hobi bermain ponsel pasti tidak asing dengan shareit. Ya, aplikasi shareit sempat booming sebagai aplikasi berbagi file dengan kecepatan yang luar biasa, mengalahkan bluetooth. Tentu proses berbagi file dengan shareit harus dilakukan 2 smartphone dengan masing-masing smartphone harus terhubung dengan shareit. Dengan kata lain, aplikasi shareit harus terinstal di kedua smartphone. Nah, selain menghadirkan fasilitas berbagi file dengan kecepatan beberapa detik, kini shareit telah meluncurkan fitur terbarunya. Apakah fitu terbarbu shareit? Yuk kita simak.

Shareit versi terbaru, shareit 4.0 hadir dengan fitur konten digital online gratis. Jadi buat kamu yang hobi browsing konten digital, seperti video, gambar, GIF, musik, foto, wallpaper, dan film dapat lebih menikmatinya dengan cepat. Ya, dengan menggunakan konten digital shareit tersebut, kamu dapat menonton video kesukaanmu dimana dan kapan saja tanpa perlu loading lama dan menghabiskan paket data yang banyak. Menurut penelitian penggunaan aplikasi smarphone yang dilakukan oleh Cisco, CEO shareit, Michael Qiu mengungkapkan bahwa konsumsi konten digital terutama video saat ini meningkat sehingga lalu lintas internat pada tahun mendatang (2019) akan dominan oleh transfer video. Begitu pula dengan penelitian pew research yang menyatakan bahwa 70% pengguna smartphone menggunakan ponsel mereka untuk berbagi konten digital seperti gambar, video, atau komentar mengenai kejadian-kejadian yang terjadi disekitar mereka, dimana 45% cukup sering melakukannya. Bagaimana denganmu? Michael Qiu menambahkan, apabila shareit 4.0 versi terbarunya menambahkan fitur konten digital untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang kini hobi berbagi file konten seperti video dengan teman-temannya. Apa saja fitur-fitur lain dari shareit 4.0?

Shareit 4.0 mempunyai berbagai fitur penting diantaranya, aplikasi dengan fitur transfer data paling cepat bahkan sedunia. Transfer data shareit 4.0 kini 200 kali lebih cepat daripada bluetooth, kecepatan paling maksimal mencapai 20M/detik, dan tanpa menurunkan kualitas gambar atau video. Fitur lain yaitu transfer berbagai macam file tidak hanya gambar dan video tetapi juga musik, aplikasi, dan lainnya. Selanjutnya, versi 4.0 ini juga bisa menonton video secara online tanpa batas dengan sangat cepat. Tontonan offline dengan kualitas HD juga terus diperbarui oleh shareit. Selain itu, shareit juga menyediakan fasilitas menonton video dengan sangat cepat. Tidak hanya format MP4, tetapi juga format video lain seperti MKV, 3GP, dan format lainnya. Fitur shareit terbaru juga dilengkapi dengan pemutar musik dengan kemampuan equalizer yang membuat anda nyaman mendengarkan musik. Terakhir, shareit 4.0 menyediakan fitur download sticker, wallpaper dan GIF lucu. Shareit merupakan perusahaan digital yang telah bekerjasama dengan perusahaan ternama seperti Google dan Amazon. Melalui fasilitasnya yang memudahkan konsumen berbagi video dengan sangat cepat kini telah didowload oleh lebih dari 1,2 milyar oleh pengguna smartphone dengan berbagai merek seperti iphone, mac, ipad, dan apple. Pasar utama shaeritu yaitu Indonesia karena 150 juta penggunanya berasal dari Indonesia.

Continue Reading

Android

Inilah 3 Aplikasi Yang Wajib Kamu Miliki Untuk Mengantisipasi Bencana Alam

Published

on

Tak ada satu pun manusia di dunia ini yang bisa mengetahui tentang kapan terjadinya bencana alam. Ya, hanya Tuhan-lah yang maha mengetahui akan terjadinya bencana alam. Maka dari itu, kita sebagai manusia biasa hanya bisa berdoa dan mengantisipasi bencana alam tersebut agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Berbicara soal berita teknologi terbaru, kini telah hadir beberapa aplikasi yang dapat kita unduh diperangkat ponsel untuk mengantisipasi bencana alam. Aplikasi-aplikasi tersebut akan memberitahu kamu tentang informasi bencana alam yang terjadi di wilayah sekitar. Lantas, aplikasi-aplikasi seperti apakah yang dimaksud ? Tanpa banyak panjang lebar lagi, berikut dibawah ini ada 3 aplikasi yang wajib kamu miliki untuk mengantisipasi bencana alam :

  1. Aplikasi Siaga Bencana

Aplikasi pertama yang wajib kamu unduh diperangkat android untuk mengantisipasi bencana, yakni aplikasi Siaga Bencana. Aplikasi yang satu ini dibesut oleh Palang Merah Indonesia (PMI), yang mengajak kita untuk mempelajari langkah-langkah yang tepat sebelum dan sesudah bencana alam tersebut terjadi. Aplikasi Siaga Bencana juga akan memberitahu tentang informasi bencana alam yang terjadi seperti kebakaran hutan, gempa bumi, tanah longsor, tsunami, badai topan, dan sebagainya.

  1. Aplikasi Zello

Aplikasi kedua yang wajub kamu unduh di perangkat android untuk mengantisipasi bencana alam, yakni aplikasi Zello. Pada dasarnya, aplikasi Zello ini berfungsi untuk melakukan komunikasi seperti alat Walkie – Talkie. Selain itu, alikasi Zello sudah dilengkapi dengan fitur kanal yang berguna untuk memberikan informasi bencana alam yang sedang terjadi. Yang lebih hebatnya lagi, aplikasi yang satu ini masih bisa digunakan meskipun sinyal pada ponsel kurang bagus. Bahkan, aplikasi Zello masih mampu bekerja dalam jaringan 2G lho.

  1. Aplikasi BMKG

Aplikasi ketiga yang wajib kamu unduh di perangkat android untuk mengantisipasi bencana alam, yakni aplikasi BMKG. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), merupakan badan yang memiliki tugas untuk menginformasikan kondisi cuaca di negara Indonesia. Tak hanya informasi tentang cuaca saja, Aplikasi BMKG juga memiliki fitur yang dapat menginformasikan tentang kualitas udara, titik gempa terbaru, cuaca maritim, dan cuaca di area bandara.

Itulah 3 aplikasi yang wajib kamu unduh pada perangkat android, untuk mengantisipasi bencana alam yang terjadi. Dengan begitu, kita bisa meminimalisir kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

Continue Reading

Jooble.id

Advertisement
Advertisement

Tips & Trick

Review

Advertisement

Xiaomi Corner

Advertisement

Top 5