Connect with us

Review

Review Acer Nitro 5 AMD Ryzen 4000 (AN515-44), Performa Kencang Tapi Adem

Published

on

Trenteknologi.com – Gaming laptop Acer Nitro 5 AMD Ryzen AN515-44 adalah salah satu pilihan laptop murah untuk gamer dan editor yang layak dipertimbangkan jika Anda tertarik dengan sebuah PC yang handal, baik untuk bermain game ataupun menjalankan software-software berat seperti: video editor, aplikasi 3D, image editor, hingga music composer yang rata-rata membutuhkan hardware-resource bertenaga besar.

Harga Acer Nitro 5 yang ditenagai prosesor AMD Ryzen 4000 series dan GPU NVidia GeForce ditawarkan mulai Rp 13 jutaan. Game PC ini adalah pilihan ideal bagi para gamer maupun editor karena, perangkat ini hadir dengan sejumlah pilihan konfigurasi (spesifikasi hardware) yang menarik. Hadir dengan sejumlah konfigurasi membuat Nitro 5 dapat dipilih sesuai kebutuhan atau anggaran yang tersedia.

Terus baca review laptop Acer Nitro 5 AMD Ryzen AN515-44 ini hingga tuntas jika Anda tertarik dan penasaran dengan performa serta kelebihan maupun kekurangannya.

Desain

Desain Nitro 5 yang dibalut bodi plastik masih mengandalkan kelir hitam yang kini terlihat lebih macho berkat sentuhan carbon fiber yang sangat khas.

Dari tahun ke tahun, desain yang ditawarkan memang terlihat serupa dan terkesan monoton. Hal tersebut memang disengaja, untuk menunjukkan identitas laptop gaming ini–sehingga lebih mudah dikenali.

Meski demikian, selalu ada upgrade desain yang dibawa oleh laptop Nitro 5 terbaru. Meskipun sifatnya hanya perubahan minor, namun jika dilihat lebih teliti akan tampak perbedaanya. Upgrade desain biasanya ditujukan untuk meningkatkan performa laptop disamping untuk meningkatkan estetika serta untuk membedakannya dengan seri terdahulu.

Untuk Nitro AN515-44 yang menggunakan CPU Ryzen serie 4000, perubahan desain yang paling mencolok terlihat pada ada exhaust yang kini berjumlah 4 buah di bagian belakang. Perubahan desain ini dibuat untuk memaksimalkan sirkulasi udara. Terbukti, laptop gaming ini mengalami peningkatan performa CPU dan GPU hingga 25% dengan desain fan dan exhaust yang baru.

Port adapter DC-IN kini juga disematkan di bagian belakang untuk menghadirkan kesan rapi saat laptop dilihat dari depan.

Perubahan lainnya yang agak mencolok adalah cover LCD yang kini hanya menampilkan logo Acer dengan motif embos yang ditemani dua buah garis vertikal. Bagi mereka yang mengikuti perkembangan Nitro 5 pasti akan dengan mudah melihat perubahan tersebut. Karena memang, Acer tidak lagi menyematkan logo Predator di sana. Tujuannya adalah untuk menegaskan bahwa seri Nitro dan Predator merupakan dua line up laptop gaming yang terpisah.

Ports

Pada body bagian kanan, terdapat 1 buah slot USB Type-A 3.1 gen 1, USB Type-C 3.2 Gen 2, dan slot HDMI yang ditemani 5 lubang ventilasi. Sedangkan di sebelah kanan, terdapat port LAN, 2 buah slot USB Type-A 3.1 Gen 1, jack audio 3.5 mm, kensington lock, serta lubang ventilasi.

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, khusus untuk port adapter, ini sudah dipindahkan ke bagian belakang, tepat berada di tengah-tengah antara exhaust kiri dan kanan.

Display

Acer Nitro 5 AN515-44 menggunakan layar jenis IPS dengan diagonal berukuran 15,6 inci yang didukung resolusi FHD dan refresh rate 144Hz serta response time 3ms.

Layar IPS ini tergolong cukup baik karena menawarkan sudut pandang yang sangat luas tanpa mengalami degradasi warna saat dilihat dari sudut extrim sekalipun.

BACA JUGA :  Realme Kembali Hadirkan 3 Smartphone Andalannya Untuk Sambut Harbolnas 12.12

Layar laptop ini juga sangat memanjakan mata, karena menawarkan refresh rate hingga 144Hz. Refresh rate yang tinggi membuat setiap pergerakan di layar terasa lebih halus. Response time-nya yang singkat turut membuat aktivitas gaming, editing, dan menonton menggunakan laptop ini semakin menyenangkan.

Sekalipun bukan yang terbaik, layar Acer pada Nitro 5 terbaru ini tergolong sangat memuaskan meski hanya menawarkan color gamut: Adobe RGB 46%, sRGB 61%, NTSC 44%, dan DCI P3 3 45%.

Untuk kebutuhan photo dan video editing, color gamut ini memang tidak seakurat layar untuk laptop yang memang diciptakan untuk para designer graphic. Meski demikian, akurasi warnanya patutut diapresiasi karena mampu mendekati warna objek sesungguhnya.

Dimensi body

Body laptop ini memiliki panjang sekitar 36.3 Cm dan lebar 25.5 Cm serta ketebalan maksimal 2,39 Cm. Ya, Anda tak salah lihat. Laptop ini memang didesain lebih tipis dibandingkan dengan pendahulunya. Beratnya sendiri mencapai 2,4 Kg. Untuk sebuah laptop gaming, bobot 2,4 Kg tergolong cukup ringan.

Keyboard

Keyboard adalah bagian yang dianggap sangat penting pada sebuah laptop, baik oleh gamer, editor, maupun pengguna biasa. Karena sebagian besar (interaksi) kontak langsung antara user dengan laptop terjadi pada area ini.

Karena itulah, tidak mengherankan apabila setiap review laptop pada umumnya akan ruang khusus untuk membahas performa keyboard-nya.

Berbeda dengan keyboard Acer Nitro 5 sebelumnya, kali ini ACER tidak hanya menampilkan backlight berwarna merah saja, tapi berubah menjadi backlight RGB 4 Zona yang lebih agresif, stylis, dan modern, hingga membuat tampang laptop ini jadi jauh lebih keren.

Namun bukan itu saja kelebihan keyboard laptop gaming Acer ini. Bahan yang solid dan penempatan setiap tuts yang tidak terlalu renggang–juga tidak terlalu rapat, membuat kegiatan mengetik, bermain game, atau menekan kombinasi shortcut terasa sangat mudah dan nyaman.

Begitu juga dengan touchpad-nya yang mendukung multi-gesture hingga 4 jari. Ukurannya yang besar dan penempatannya yang (sedikit) agak berada ke kiri, membuat tangan kanan yang kerap kita gunakan untuk menggeser kursor terasa lebih rileks dan tidak mudah pegal.

Audio

Mencari kekurangan Acer Nitro 5 tidaklah mudah. Apalagi jika kita mengingat harga laptop gaming Acer Nitro ini yang sangat terjangkau. Namun jika harus menyebutkan sebuah kekurangan, rasanya bagian audio adalah salah satunya.

Sejatinya, audio pada laptop ini sudah dilengkapi dengan teknologi Acer TrueHarmony untuk mengoptimalkan suara. Sayangnya, speaker ganda berkekuatan 2W yang dilengkapi teknologi DTS X Ultra dan Special 3D Sound masih terasa kurang maksimal karena suara yang keluar kurang keras. Pun demikian dengan bass-nya terasa kurang nendang.

Baterai

Dari hasil pengujian menggunakan PCMark 8 Home Conventional dengan pengaturan brightness di level minimum dan mengaktifkan Power Saver Mode, baterai berkapasitas 56Wh (watt hour) pada laptop ini bisa bertahan hingga 4 jam 43 menit.

Hasil tersebut cukup memuaskan mengingat rata-rata laptop gaming hanya mampu bertahan sekitar 3 jam-an. Hal tersebut tidak mengherankan, mengingat gaming laptop lebih mengutamakan performa dibandingkan dengan daya tahan baterai.

BACA JUGA :  Logitech G PRO X Headset Gaming dengan Teknologi Blue VO!CE, Hadir di Indonesia

Hardware & performa

Telah disebutkan di bagian atas, laptop ini ditenagai dengan prosesor AMD Ryzen seri 4000, RAM yang dapat di-upgrade (maksimal) hingga 32GB, serta GPU NVIDIA GeForce GTX. Kombinasi hardware tersebut didukung teknologi Acer CoolBoost untuk mendinginkan CPU maupun GPU hingga 9% lebih baik dibandingkan dengan mode otomatis. Karena itulah, banyak yang menyebut laptop ini sebagai salah satu laptop gaming terdingin.

Pengujian pertama dilakukan menggunakan PCMark 10 untuk melihat seberapa baik performa yang dihasilkan oleh CPU AMD Ryzen 7 4800H dan hasilnya menurut PCMark 10 adalah mampu menghasilkan skor hingga 5.348.

Hasil pengujian menggunakan 3DMARK Time Spy, CPU AMD Ryzen 7 4800H yang dilengkapi dengan 8 cores dan 16 threads mampu menghasilkan skor hingga 7.657. Setiap core menawarkan base-speed 2.9 GHz. Pada mode maximum (Turbo Boost), kecepatan tertinggi yang dapat dicapai setiap core sekitar 4.2GHz.

Performa CPU yang sangat bagus tersebut terasa semakin memuaskan berkat dukungan ruang penyimpanan tipe SSD NVMe dengan kapasitas 512GB yang turut mendongkrak kinerja laptop ini untuk digunakan untuk mentransfer data, membuka aplikasi dan game, serta tetap smooth saat digunakan untuk multitasking.

Kesimpulan Acer Nitro 5 AMD Ryzen AN515-44

Menilik harga Acer Nitro 5 AN515-44 yang hanya Rp 13 jutaan untuk varian AMD Ryzen 5 4600H + 1x8GB RAM dan Rp 15 jutaan untuk varian Ryzen 7 4800H + 1x8GB RAM, performa yang ditawarkan jelas melebihi ekspektasi. Ditambah lagi dengan kehadiran sejumlah fitur unggulan seperti teknologi Acer CoolBoost, software Nitro Sense, hingga Killer Ethernet E2600 dan Intel Wi-Fi 6, semua itu turut membuat gaming laptop Acer Nitro 5 terasa semakin worth it untuk dimiliki.

Spesifikasi Acer Nitro 5 AMD Ryzen 4000 AN515-44

CPU : AMD Ryzen 7 4800H / Ryzen 5 4600H Processor
OS : Windows 10 Home
LCD : FHD IPS, non-glare (144Hz)
Memory : 1*8GB,Upgradable to 32 GB DDR4 memory at 2933 MHz
Storage : 512GB SSD NVMe
Graphic : NVIDIA GeForce GTX1650Ti 4Gb of GDDR6
Weight 2.2kgs
Thickness 23.9mm
ODD none
Modem none
Audio • DTS® X:Ultra Audio, featuring optimized Bass, Loudness, Speaker Protection with up to 6 custom content modes by smart amplifier

• Supported in Windows Spatial Sound for PC Gaming with DTS license integrated

• Immersive audio rendering over headphones and internal speakers

• Acer Purified.Voice technology with dual built-in microphones. Features include far-field pickup, keystroke suppression, adaptive beam forming, and pre-defined personal and conference call modes.

• Compatible with Cortana with Voice

• Acer TrueHarmony technology for lower distortion, wider frequency range, headphone-like audio and powerful sound

I/O Port One USB 3.2 Gen 2 port featuring power-off USB charging

Two USB 3.2 Gen 1 ports

HDMI® 2.0 port with HDCP support

Ethernet (RJ-45) port

USB Type-CTM port: USB 3.2 Gen 2 (up to 10 Gbps) • USB charging 5 V; 3 A

3.5 mm headphone/speaker jack, supporting headsets with built-in microphone

DC-in jack for AC adapter

Power Supply 135W

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Advertisement

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement