Connect with us

Review

Review Galaxy Tab S7, Tablet Android Berkinerja Tinggi dan Fitur Lengkap

Published

on

Trenteknologi.com – Samsung Galaxy Tab S7 merupakan tablet Android yang telah dilengkapi dengan fitur-fitur lengkap yang cocok untuk mendukung produktivitas. Telah dibekali dengan layar 11 inci beresolusi LTPS LCD, Qualcomm Snapdragon 865+, S Pen, Dual-Camera, aplikasi Clip Studio Paint, Noteshelf, Canva, Samsung Notes dan dengan dukungan Samsung DeX, membuat tablet ini menjadi tablet Android yang memiliki kemampuan lebih powerful dibandingkan dengan seri pendahulunya.

Dan kali ini Trenteknologi.com mendapatkan kesempatan untuk mencoba secara langsung tablet Android Samsung Galaxy Tab S7 ini secara langsung. Bagaimana menurut Kami tentang tablet Android ini ? berikut ulasannya.

Desain Premium, Tipis dan Ringan

Samsung Galaxy Tab S7 hadir dengan bodi yang dibalut dengan bahan bermaterial aluminum alloy, sehingga sangat terasa kokoh di tangan. Walaupun dibalut dengan bahan bermaterial metal, tablet ini memiliki bobot yang cukup ringan yaitu 500 gram dan bobot tersebut didistribusikan dengan cukup baik sehingga Kami tetap nyaman pada saat memegangnya dengan satu tangan saat membaca eBook atau menjelajahi web. Di bagian depan terdapat layar 11 inci didalam bezel tipis dengan kamera depan 8MP yang sekarang berada di bezel samping, bukan di atas. Tablet ini pun sangat tipis dengan ketebalan 6.3mm saja.

Lalu pada sisi bawah dan atas masing-masing telah dilengkapi dengan speaker ganda dari AKG dan port USB Type-C, namun tidak dilengkapi dengan jack audio 3.5mm. Di satu sisi terletak konektor keyboard sementara sisi lainnya memiliki pengatur volume, sensor sidik jari yang bersatu dengan tombol power dan slot kartu SIM. Port USB Type-C juga terletak di bagian bawah.

Pindah ke bagian belakang, terdapat modul Dual-Camera 13MP + 5MP yang terletak di sisi kiri atas, walaupun modul kamera sedikit menonjol tetapi menurut Kami tidak terlalu mengganggu sama sekali. Lalu dibawah modul kamera terdapat sebuah garis hitam yang berguna untuk meletakkan S Pen, dan jika dilihat dari sisi estetika desain sangat menambah kesan elegan. Kualitas pembuatannya sangat kokoh dan warna Mystic Black membuat Tablet ini memiliki desain yang premium.

Kualitas Layar dan Sound yang Jernih

Jika Galaxy Tab S7 Plus dibekali layar AMOLED 12 inci, Samsung Galaxy Tab S7 dibekali dengan layar LTPS IPS LCD 11 inci dengan resolusi 2.560 x 1.600, DCI-P3, HDR10+ dan refresh rate 120Hz. Selama Kami menggunakan Tablet ini, Kami bisa menarik kesimpulan bahwa layar pada tablet ini menghasilkan warna yang jelas dan cerah serta ketajaman gambar yang luar biasa untuk sebuah tablet.

Selanjutnya, Kami merasakan pengalaman yang menyenangkan pada saat melakukan berbagai aktivitas menggunakan tablet ini, mulai dari membaca eBook hingga menonton Film. Lalu refresh rate 120Hz yang dibekali pada layar tablet ini, juga membuat pengalaman menggunakan tablet ini sangat nyata karena membuat transisi sangat halus, bahkan pada saat digunakan untuk bermain Games. Ditambah lagi, Samsung Galaxy Tab S7 telah hadir dengan sertifikasi Low Blue Light, sehingga tidak membuat mata Kami mudah lelah pada saat menggunakan tablet ini dalam waktu yang lama.

Pada bagian sound, tablet ini telah dilengkapi dengan Quad-Speaker dari AKG yang mendukung Dolby Atmos. Hal tersebut membuat Kami merasakan kualitas suara yang sangat jernih memanjakan telinga.

Tablet yang Bertenaga dengan Qualcomm Snapdragon 865 Plus

Samsung Galaxy Tab S7 didukung oleh Qualcomm Snapdragon 865 Plus yang merupakan SoC terbaru dan terhebat saat ini yang dipasangkan dengan Adreno 650 GPU dan juga dikombinasikan dengan RAM 6GB dan penyimpanan internal 128GB.

Dengan spesifikasi dapur pacu tersebut, tablet ini memiliki manajemen RAM yang sangat baik, walaupun banyak aplikasi yang tetap berjalan di latar belakang. Kami dapat melakukan aktivitas multitasking dengan lancar, dan Kami tidak menemukan Lag sedikitpun. Lalu Refresh Rate 120Hz yang dikombinasikan dengan chipset terbaru tersebut sangat menghasilkan kinerja terbaik yang bisa Anda dapatkan di tablet Android.

BACA JUGA :  Realme 5 Pro vs Vivo V17 Pro, Mana yang Lebih Layak untuk Dibeli ?

Kami juga melakukan pengujian performa tablet ini dengan menggunakan beberapa aplikasi Benchmark untuk mengetahui skor performa yang didapatkan secara akurat.

  • AnTuTu Benchmark : 580.738
  • GeekBench 5 : 907 (Single Core) – 2924 (Multi Core)
  • 3D Mark : 7.123 (Sling Shot Extreme) – 8.754 (Sling Shot) – OpenGL ES 3.0 : 146.413/Vulkan : 646.011 (API Overhead)

Bermain Game juga sangat menyenangkan, Kami mencoba memainkan PUBG Mobile ataupun Call of Duty Mobile dan tidak mengalami penurunan FPS sama sekali, berkat GPU Adreno 650 dan juga Refresh Rate 120Hz. Selama Kami menggunakannya untuk bermain Game, Kami juga tidak menghadapi masalah panas yang berlebihan pada tablet ini.

Kamera Cukup Jernih dengan Warna yang Akurat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Samsung Galaxy Tab S7 memiliki pengaturan Dual-Camera yang terdiri dari kamera belakang 13MP dengan sensor Samsung ISOCELL S5K3M5 1/3.4″ sebagai kamera utama dan 5MP sebagai kamera dengan lensa Ultrawide f/2.2 fixed focus serta kamera depan 8MP memakai lensa 26mm f/2.0 dan fixed focus.

Hasil foto yang dihasilkan oleh kamera belakang tablet Android ini menurut Kami cukup jernih dengan warna yang juga cukup akurat.

Baterai yang Dapat Bertahan Seharian untuk Segala Aktivitas

Samsung Galaxy Tab S7 dibekali dengan baterai 8.000 mAh yang sudah mendukung pengisian daya 45W Fast Charging. Namun, Samsung hanya menyertakan adaptor pengisi daya 15W di dalam paket penjualannya. Tetapi Kami pun tetap merasa puas dengan performa pengisian daya menggunakan adaptor 15W tersebut, karena menurut Kami tetap dapat memberikan pengalaman mengisi daya dengan cepat, kurang lebih hanya butuh waktu sekitar 1 jam dari 0% sampai dengan 100%.

Daya tahan baterai 8000 mAh tersebut pun sangat membuat Kami takjub. Dengan daya baterai 100%, Kami dapat menggunakan tablet ini sepanjang hari dengan kebutuhan seperti menonton YouTube, Browsing hingga bermain Game selama seharian.

Aksesoris yang Dapat Mendukung Produktivitas

Dalam paket penjualan Galaxy Tab S7 telah dilengkapi dengan S-Pen di dalam box-nya. Selain itu, Anda dapat membeli Book Cover Keyboard yang dijual secara terpisah. Mari kita bahas tentang kedua aksesori tersebut.

S-Pen

Seperti yang disebutkan sebelumnya, S Pen sudah tersedia di dalam paket penjualan Galaxy Tab S7. S Pen pada tablet ini memiliki latensi yang sangat rendah yang dikombinasikan dengan kecepatan refresh rate hingga 120Hz, akan menghasilkan responsiveness yang tinggi untuk mengurangi lag secara signifikan, membuat Kami dapat menulis dengan presisi dan akurat. S Pen ini dapat dengan mudah diletakkan atau ditempelkan di badan tablet karena mengandung magnet. Tempelkan di belakang tablet, di bawah modul kamera, maka S Pen akan otomatis mengisi daya baterainya.

Dan Air Actions yang merupakan fitur untuk S Pen telah diperluas fungsinya yang saat ini dapat digunakan untuk mengakses aplikasi seperti Smart Select, Screen Write dan banyak lagi. Lalu untuk menyempurnakan pengalaman menyenangkan menggunakan S Pen dan membantu Anda menjadi lebih kreatif, Samsung menyediakan aplikasi seperti Clip Studio Paint, Canva, dan Noteshelf secara gratis.

Keyboard

Kami merasa sangat nyaman mengetik menggunakan keyboard ini. Sedangkan untuk TouchPad, menurut Kami memiliki ukuran yang pas dan mudah digunakan.

Namun, ada sedikit masukan dari Kami yang mungkin kedepannya dapat diatasi oleh Samsung. Yaitu tidak ada LED Light, sehingga Kami cukup sulit menggunakannya pada saat di dalam ruangan minim cahaya. Kami berharap kedepannya Samsung dapat meluncurkan sebuah Keyboard untuk tabletnya yang telah dilengkapi dengan LED Light untuk dapat lebih memudahkan pengguna dan memberikan kesan yang lebih elegan.

BACA JUGA :  Xiaomi Black Shark Resmi Diluncurkan, dengan Snapdragon 845, RAM 8GB dan Shark GamePad

Samsung OneUI 2.5 Berbasis Android 10, Menghadirkan Banyak Fitur Baru

Galaxy Tab S7 hadir dengan Samsung OneUI 2.5 berbasis Android 10. Fitur baru seperti Music Share dan Quick Share semuanya ada di sini. Samsung Notes terbaru juga hadir di tablet ini dengan fitur yang sudah mendukung penulisan untuk berbagai catatan, impor dan anotasi PDF, serta kemampuan untuk menulis, mengetik, dan menggambar di area yang sama.

Selain itu, fitur Multi-Active Window yang pertama kali terlihat di Galaxy Fold tahun lalu juga hadir di Galaxy Tab S7. Anda dapat menggunakannya untuk membuka hingga tiga aplikasi sekaligus dalam satu layar. Lebih lanjut, ada juga fitur Edge-Screen yang menampilkan beberapa aplikasi favorit yang dapat diakses di samping layar. Dengan fitur-fitur baru tersebut, Samsung terlihat sangat berfokus pada aktivitas multitasking dan Kami sangat menyukainya.

Samsung DeX yang Saat Ini Semakin Sempurna

Samsung DeX telah ditingkatkan sejak beberapa tahun terakhir, dan akhirnya menjadi lebih sempurna dibanding yang sebelumnya. Ini menyediakan lingkungan seperti PC untuk Galaxy Tab S7. Pengalaman PC-like ini disempurnakan dengan Book Cover Keyboard dari Samsung yang membuat Anda dapat menulis, mengetik, maupun membuat sketsa dengan nyaman.

Berkat One UI terbaru, Samsung DeX kini memiliki task bar yang lebih efisien. Begitu juga tambahan screen zoom dan opsi ukuran font, Anda dapat mengatur Samsung DeX sesuai preferensi. Geserlah windows ke kanan atau kiri layar, sehingga aplikasi yang sedang aktif akan muncul sehingga Anda bisa dengan cepat memilih dan menjalankan tool yang Anda inginkan. Untuk mendukung presentasi, Samsung DeX juga bisa terhubung secara wireless ke perangkat TV yang kompatibel.

Kelebihan Samsung Galaxy Tab S7

  • Kualitas Premium
  • Performa sangat mengesankan
  • Layar sangat jernih, tajam dan responsif
  • Daya tahan baterai sangat baik
  • S Pen sudah tersedia dalam paket penjualan

Kekurangan Samsung Galaxy Tab S7

  • Keyboard belum mendukung LED Light

Kesimpulan

Samsung Galaxy Tab S7 bisa dibilang telah menjadi tablet favorit untuk Kami saat ini. Dengan ukuran layar 11 inci dan berbagai fitur lengkapnya, menurut Kami sangat nyaman untuk digunakan dalam memenuhi berbagai kebutuhan. Jika Anda menginginkan tablet Android untuk membaca, browsing, menonton berbagai pilihan hiburan, dan sesekali digunakan untuk bekerja, Samsung Galaxy Tab S7 bisa menjadi pilihan Anda.

Harga Samsung Galaxy Tab S7

Di Indonesia, Samsung Galaxy Tab S7 LTE dengan penyimpanan 128GB dibandrol dengan harga Rp. 12.999.000 dengan pilihan warna Mystic Black dan Mystic Silver yang saat ini sudah tersedia di Samsung.com, Lazada, Blibli, JD.id, dan Shopee. Dan untuk Galaxy Tab S7 Book Cover Keyboard, dijual secara terpisah dengan harga Rp. 2.299.000.

Beli Produk ini di Blibli.com

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S7

Layar 11” 2560 x 1600 LTPS PLS
OS Android 10 (One UI 2.5)
Warna Mystic Black, Mystic Silver
Dimensi & Berat 253.8 x 165.3 x 6.3 mm, 500 gr
Camera Depan: 8 MP

Belakang:

13 MP (Utama)

5 MP (Ultra Wide)

Memori/ Penyimpanan 6GB RAM

128GB ROM

Internal Storage Micro SD Slot (Up to 1TB)

Chipset SM 8250-1, Octa core (1x 2.8 GHz+ 3×2.4 GB + 4×1.8 GB)
Prosesor Snapdragon 865+
Kapasitas Baterai 8.000mAh (Typical)
Konektivitas WiFi, LTE
Konektor USB Type C
Sensor Accelerometer, Gyroscope, RGB, Hall Sensor
GPS GPS + GLONASS
Audio Quad Speakers sound by AKG, Dolby Atmos®
Video UHD 4K (3840 x 2160) | 30fps
S pen Included, BLE (9 ms latency)

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Advertisement

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement