Review realme 10 Pro 5G, Layar 120Hz dengan Bezel Tertipis dan Performa Mumpuni

realme 10 Pro 5G hadir dengan desain Ultra-slim, bezel layar tertipis di kelasnya, layar dengan kecepatan refresh 120Hz, kamera 108MP ProLight hingga performa yang mumpuni.

Trenteknologi.com – realme membuka tahun 2023 dengan secara resmi meluncurkan realme 10 Pro 5G di Indonesia yang merupakan smartphone kelas menengah dengan bandrol harga 4 jutaan, yang hadir dengan desain Ultra-slim, bezel layar tertipis di kelasnya, layar dengan kecepatan refresh 120Hz, kamera 108MP ProLight hingga performa yang mumpuni.

Trenteknologi.com mendapatkan kesempatan untuk mencoba secara langsung realme 10 Pro 5G ini. Lalu bagaimana pengalaman kami selama menggunakan ponsel ini pada saat digunakan untuk bermain game hingga penggunaan normal, apakah sebagai smartphone dengan bandrol harga 4 jutaan ini bisa memberikan pengalaman yang memuaskan ? Berikut ini ulasannya.

Desain Unik dengan Bezel Layar Tertipis di Kelasnya

realme 10 Pro 5G memiliki dimensi 163.7mm x74.2mm dan bobot 190 gram, membawa slogan “Boundless Display, New Vision” smartphone realme ini hadir dengan bezel layar samping yang sangat tipis yaitu 1mm dan bezel layar atas 1,15mm, berkat teknologi RAZR termasuk InSeal Technology. Pada sisi atas layar ponsel ini juga terdapat lubang kamera depan dengan sensor 16 MP di bagian atas tengah layar dan lubang earpiece yang juga berfungsi sebagai Dual Stereo Speaker.

Terdapat dua pilihan warna yang dihadirkan untuk realme 10 Pro 5G, yaitu Dark Matter unit yang kami gunakan ini dan juga warna Nebula Blue. Pada panel belakang menampilkan lapisan matte yang memberikan kesan premium yang memiliki pola menarik ketika terkena cahaya, dan masih terasa nyaman saat digenggam dan tidak meninggalkan sidik jari. Pada bagian panel belakang juga terdapat dua modul kamera utama dengan sensor 108MP ProLight dan juga lensa Potrait dengan sensor 2MP.

Beralih ke bagian samping, di sisi kanan terdapat tombol power yang juga berfungsi sebagai fingerprint dan juga tombol volume, yang sedikit menonjol. Posisi tombol power berada di tempat yang nyaman dan mudah dijangkau oleh jari pengguna. Di sisi kiri hanya terdapat slot untuk Sim Card Tray untuk Dual SIM yang keduanya telah mendukung jaringan 5G. Lalu pada sisi bawah menjadi tempat konektor USB-C, bersama dengan lubang speaker dan jack audio 3,5mm.

Menurut kami desain dari realme 10 Pro 5G sangat unik, realme berhasil melakukan pengerjaan yang sangat baik mulai dari sisi samping hingga ke bagian sisi layar, untuk menciptakan sebuah smartphone dengan bezel layar tertipis di kelasnya melalui teknologi RAZR dan InSeal Technology, yang memungkinkan merekatkan bagian sisi samping bingkai dan layar tanpa menggunakan lem. Dan meskipun bezel pada layar sangat tipis, faktanya sisi bawah LCD pada smartphone realme ini adalah salah satu yang terkecil yang pernah kami lihat dalam kisaran harga ini.

BACA JUGA :  Cari Hape Rp 1 Jutaan dengan NFC? Dua Smartphone realme Ini Bisa Jadi Pilihan

Layar Responsif dengan Warna dan Detail yang Baik

realme 10 Pro 5G menggunakan layar berukuran 6,72 inci dengan resolusi FHD+ 1080 x 2400px dan memilki kecepatan refresh 120Hz. Kecepatan refresh 120Hz dikombinasikan dengan Touch Sampling 240Hz yang membuat layar pada smartphone realme ini sangat responsif pada saat digunakan untuk berbagai aktivitas. DCI-P3 juga membuat akurasi warna pada ponsel ini juga cukup baik, terlihat pada saat digunakan untuk menonton video atau melihat gambar. Lalu untuk kecerahan layar, dengan kecerahan layar maksimal 680 nits juga membuat smartphone ini nyaman digunakan di dalam maupun luar ruangan. Dan juga dengan sertifikasi TÜV Rheinland Low Blue Light yang dapat mengurangi paparan sinar biru, membuat layar smartphone realme ini sangat nyaman untuk dilihat dalam jangka waktu lama.

Saat bermain game, layar pada realme 10 Pro 5G mampu mengelola output frame rate tinggi, dan kecerahan layar juga tidak mengecewakan. Warna yang ditampilkan pada saat bermain game, serta detail gambar yang juga cukup memuaskan. Untuk refresh rate pada layar-nya sendiri memiliki 6 tingkatan yang pada saat bermain game akan otomatis menjadi 60/90Hz. Dan akan berubah ke kecepatan refresh maksimal 90/120Hz jika digunakan pada saat memutar aplikasi video streaming seperti YouTube ataupun Netflix.

Kamera 108MP ProLight Menghasilkan Kualitas Foto yang Luar Biasa

Kamera utama realme 10 Pro 5G menggunakan sensor 108MP Samsung HM6 berkemampuan tinggi yang memiliki piksel 0,64µm, 9-Sum piksel 1.92µm dengan aperture F/1.75. Kamera utama pada smartphone realme tersebut juga telah dibekali dengan beberapa fitur menarik seperti Night Scene Mode, Street Mode, Photo Mode, Portrait Mode, 108M Mode, Professional Mode, Panorama Mode, Super Text, tilt-shift, Group portrait, One Take. Lalu untuk modul kamera keduanya adalah lensa Potrait beresolusi 2MP dengan aperture F/2.4.

realme 10 Pro 5G mampu menghasilkan foto siang hari yang bagus dengan tingkat detail yang tinggi, warna yang ditampilkan sangat baik tidak berlebihan, kontras yang baik, dan dynamic range yang cukup lebar. Kami sangat suka dengan kualitas foto yang dihasilkan, detail yang ditampilkan sangat halus. Bahkan hasil foto di dalam ruangan tampaknya juga tidak terlalu mengurangi kualitas gambar, tingkat noise rendah, ketajaman bagus, dan warna terlihat alami. 

BACA JUGA :  realme 12+ 5G Terlihat di Geekbench, Gunakan Chipset MediaTek Dimensity 1080?

Lalu untuk hasil foto pada malam hari menggunakan mode Nightscape, kami juga merasa cukup puas dengan kualitas fotonya. Kualitas foto pada malam hari menghasilkan foto yang cerah, highlight dan shadow yang seimbang, ketajaman tidak berkurang, warna yang baik, noise sangat minim, dan terlihat sangat detail. Pada saat menggunakan mode Nightscape, waktu tunggu untuk render hasil foto juga sangat cepat hanya butuh beberapa detik saja.

Untuk kamera depannya, menggunakan kamera dengan sensor 16MP. Dibanding pendahulunya, sensor kamera depan ini memiliki aperture yang lebih besar yaitu F/2.45. Sama halnya seperti kamera utamanya, kualitas foto selfie yang dihasilkan pun cukup baik dengan detail yang baik, ketajaman yang baik dan noise yang minim.

Secara keseluruhan, tidak ada yang kami keluhkan dari kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera utama, menurut kami kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera realme 10 Pro 5G cukup konsisten dalam berbagai skenario.

Performa Cepat Berkat Snapdragon 695 5G hingga realme UI 4.0

Soal performa, realme 10 Pro 5G hadir dengan chipset Qualcomm Snapdragon 695 5G yang dipasangkan dengan RAM 8GB dan pilihan penyimpanan internal 128GB/256GB. Konfigurasi prosesor dan RAM tersebut sama dengan pendahulunya, namun dari segi performa realme 10 Pro 5G menunjukkan peningkatan performa yang lebih baik dibandingkan pendahulunya.

Peningkatan performa tersebut kami dapatkan dengan cara melakukan pengujian menggunakan beberapa aplikasi Benchmark untuk mengetahui skor performa yang didapatkan secara akurat.

AnTuTu Benchmark : 415.316

GeekBench 5 : 686 (Single Core) – 1996 (Multi Core)

PCMark : 9943

3D Mark : 2944 (Sling Shot Extreme)

Performa realme 10 Pro 5G juga tidak terlepas dari perangkat lunak terbaru yaitu realme UI 4.0 yang berbasis Android 13. Melalui realme UI 4.0, realme 10 Pro 5G juga telah mendukung fitur Dynamic RAM yang memungkinkan pengguna untuk memperluas RAM secara virtual hingga 8GB+8GB. Hadir juga perubahan pada Media Control baru sebagai bagian dari Android 13, animasi yang lebih baik, widget dinamis, dan pusat notifikasi dan kontrol yang ditingkatkan juga hadir sebagai bagian dari realme UI 4.0. UI terbaru tersebut juga menghadirkan fitur UltraBoom yang mampu meningkatkan volume speaker hingga 200% pada Dual Stereo Speaker yang dimiliki oleh ponsel ini.

BACA JUGA :  Ponsel realme Hilang? Begini Cara Melacak Smartphone realme yang Hilang

Keamanan juga lebih ditingkatkan seperti hadirnya fitur Auto Pixelate yang berfungsi untuk mengaburkan informasi sensitif ketika pengguna mengambil tangkapan layar di WhatsApp atau Messenger misalnya. Fitur Private Safe juga telah ditingkatkan, di mana pengguna dapat melindungi foto dan video mereka dengan kata sandi. Fitur keamanan lainnya adalah Fingerprint dan Face Unlock yang berfungsi dengan baik, cepat, akurat dan andal.

Dengan kombinasi spesifikasi tersebut, kami sangat puas dengan performa dari realme 10 Pro 5G saat digunakan untuk bermain game seperti PUBG, Call of Duty, Asphalt 9 hingga menonton video di YouTube dengan resolusi FHD, streaming video dari aplikasi OTT, bermain sosial media seperti Instagram maupun Facebook, dan begitu juga dengan kemampuan multitasking-nya yang terasa sangat mulus.

Baterai dengan 33W SuperVOOC dan Daya Tahan Baterai Memuaskan

realme 10 Pro hadir dengan baterai 5000 mAh yang telah mendukung pengisian cepat 33W SuperVOOC, yang selama kami uji coba dapat mengisi baterai 0% sampai 54% di 30 menit pertama, sementara pengisian penuh hingga 100% membutuhkan waktu sekitar 1 jam 12 menit. Pengisian cepat tersebut juga tidak perlu pengguna khawatirkan akan berefek buruk terhadap ponsel, karena realme telah menanamkan chip empat inti yang cerdas untuk mengidentifikasi kondisi pengisian daya pada baterai dan adaptor jika mengalami kelebihan beban.

Untuk daya tahan baterai, selama kami menggunakan realme 10 Pro 5G sangat puas dengan daya tahan baterainya yang dapat bertahan hampir seharian. Chipset Snapdragon 695 5G yang terkenal hemat daya bekerja sangat baik dengan baterai berkapasitas 5000 mAh.

Harga realme 10 Pro 5G

realme 10 Pro 5G tersedia dalam dua pilihan warna yaitu Dark Matter dan Nebula Blue. Hadir dengan RAM 8GB dan dua pilihan penyimpanan internal yaitu 128GB/256GB yang dibanderol dengan harga Rp 4.599.000 (128GB) dan Rp 4.999.000 (256GB) yang akan tersedia secara online mulai 15 Januari 2023 di Shopee dan realme.com/id serta Lazada, akulaku, blibli, tokopedia, TikTok, dan Erafone dan juga di seluruh Indonesia secara offline.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

realme 10 Pro Series 5G Ludes di Hari Penjualan Perdana, Jadi Smartphone Terlaris

Next Post

Buka Awal Tahun 2023, Redmi 10 5G dan Redmi 10 2022 Turun Harga

Related Posts
Total
0
Share