Review realme Buds Air 2 Neo, Kualitas Suara Mengesankan, Fitur Lengkap & Harga Terjangkau

Trenteknologi.com – Biasanya teknologi Active Noise Cancellation (ANC) hadir untuk earphone TWS yang mahal, tetapi dengan realme Buds Air 2 Neo, earphone TWS yang telah dilengkapi dengan fitur Active Noise Cancellation (ANC) kini dapat dimiliki oleh lebih banyak orang.

Trenteknologi.com telah menggunakan earphone ini dan menguji kualitas suaranya, merasakan kenyamananya di telinga, memasangkannya dengan smartphone yang berbeda, hingga mengukur daya tahan baterai serta waktu pengisian.

Desain Unik dan Minimalis

realme Buds Air 2 Neo memiliki desain yang cukup unik, dengan case pengisi daya berbentuk telur dan dimensi yang sangat kecil, sehingga mudah ditaruh dimana saja termasuk dikantong celana. Dengan dimensi yang kecil tersebut, case juga dapat dibuka dengan mudah hanya dengan satu tangan dan menutupnya kembali cukup dengan satu jari saja. Untuk pilihan warna, realme Buds Air 2 Neo hadir dengan dua pilihan warna yaitu Active Black dan Calm Grey.

Lalu untuk desain earphone nya sendiri, memiliki desain oval yang menurut Kami sangat pas di telinga dengan area kontrol sentuh yang berkilau pada bagian kedua sisinya yang berguna untuk mengaktifkan berbagai fitur andalan dari earphone ini.

Pada saat dipasangkan pada telinga, earphone ini harus dipakai dengan benar agar terpasang dengan nyaman di telinga. Anda harus memposisikan earphone ini di lubang telinga kemudian diputar secara halus untuk mendapatkan posisi yang pas dan nyaman. Jika tidak, earphone dapat dengan mudah jatuh.

BACA JUGA :  CEO realme Pastikan realme GT Series Akan Kembali ke Indonesia, Unggulkan Teknologi AI

Fitur Lengkap dengan Active Noise Cancellation dan Transparency Mode

Fitur Active Noise Cancellation (ANC) pada realme Buds Air 2 Neo adalah keunggulan utamanya yang membedakannya dari earphone TWS murah lainnya. Fitur tersebut bisa dihadirkan pada earphone TWS realme ini berkat chipset realme R2 terbaru yang memiliki kemampuan untuk meredam kebisingan dengan baik, hemat daya dan memiliki konektivitas yang stabil.

Menurut realme, fitur ANC ini dapat mengurangi kebisingan hingga 25 desibel. Dan menurut Kami, fitur tersebut sangat efektif dalam meredam suara terutama pada saat diluar ruangan seperti dengungan mesin kendaraan dan suara frekuensi rendah lainnya.

Ini dapat memberikan pengalaman bebas gangguan dan imersif saat mendengarkan musik, melakukan panggilan suara, atau menonton film. Ini sangat mengesankan terutama jika pengguna belum pernah menggunakan earphone dengan fitur ANC sebelumnya.

Namun, fitur ANC tidak efektif dalam hal kebisingan frekuensi tinggi. Ini termasuk klakson kendaraan, gonggongan anjing kecil dan pengeras suara smartphone. Tetapi hal tersebut justru bagus menurut Kami, karena kita tetap bisa waspada dengan sekeliling kita terutama pada saat menggunakan earphone ini diluar rumah.

Tetapi terdapat fitur yang lebih berguna dari ANC yaitu adalah Transparency Mode. Dengan mengaktifkan Transparency Mode bahkan dengan ANC dimatikan, earphone tetap menyegel telinga namun suara di sekitar juga tetap terdengar oleh pengguna. Ini dapat mencegah pengguna melewatkan untuk mendengar suara-suara penting seperti pengumuman bandara atau sambil mengobrol contohnya.

BACA JUGA :  Review realme C51s, Kombinasi Performa, Kamera, dan Layar 90Hz dalam Satu Paket

Maka dari itu Kami merasakan fitur ini sangat berguna, karena Kami tidak harus melepas earphone setiap kali ada pengumuman-pengumuman di bandara atau sambil mengobrol.

Kualitas Suara Sangat Bagus dengan Latensi Kecil

Realme Buds Air 2 Neo menggunakan 10mm Bass Boost Driver yang biasa ditemukan pada earphone premium dan mendukung codec audio AAC HD.

Untuk kualitas suaranya menurut Kami sangat bagus meskipun sedikit bass-heavy. Sangat cocok untuk mendengarkan jenis musik seperti Jazz, Funk ataupun New Wave yang lebih menonjolkan frekuensi rendah.

Namun, menurut Kami earphone TWS realme ini sedikit ada yang terasa kurang untuk mendengarkan jenis musik Rock yang lebih menonjolkan frekuensi tinggi pada suara gitar ataupun simbal drum. Tetapi hal tersebut tidak menjadi masalah yang fatal bagi Kami, karena Kami tetap dapat merasakan kualitas suara yang sangat bagus pada saat mendengarkan jenis musik Rock.

Earphone ini juga sangat cocok untuk Gamer karena earphone ini telah dibekali dengan fitur Game Mode yang dapat mengurangi latensi hingga 88ms. Dengan adanya fitur tersebut, berarti latensi audio yang biasa menjadi masalah pada earphone Bluetooth dapat diminimalkan pada earphone TWS realme ini dan gamer dapat bermain secara nyaman.

Sementara itu, untuk kualitas mikrofon nya dapat menangkap audio dengan kualitas yang sangat baik untuk telepon dan video yang juga telah dilengkapi dengan fitur ANC.

BACA JUGA :  Berkat MediaTek Dimensity 6100+, realme 12 5G Catatkan AnTuTu Skor Hingga 410 Ribu!

Konektivitas Bluetooth 5.2 yang Sangat Cepat dan Stabil

Untuk konektivitasnya, earphone ini menggunakan Bluetooth versi 5.2 untuk koneksi yang cepat dan stabil dengan jangkauan yang baik. Ada juga Dual-channel Transmission yang berarti kedua earphone dapat menerima sinyal dari smartphone sehingga menghasilkan sinkronisasi yang sempurna.

Saat membuka tutup realme Buds Air 2 Neo untuk pertama kalinya, earphone akan secara otomatis terdeteksi oleh smartphone. Untuk dapat mengatur earphone TWS realme ini lebih lanjut, Anda harus menggunakan aplikasi realme Link untuk mengontrol daya baterai hingga mengatur Noise Control, Sound Effects dan lainnya.

Secara default, realme Buds Air 2 Neo dapat dikontrol dengan kontrol sentuh :

Ketuk Dua Kali : Putar/Jeda musik dan Jawab/Akhiri Panggilan

Ketuk Tiga Kali : Lagu Berikutnya

Tekan & Tahan Satu Sisi : Tolak panggilan

Tekan & Tahan Kedua Sisi : Mengaktifkan Mode Active Noise Cancellation (ANC) atau Transparency Mode

Daya Tahan Baterai Panjang dan Pengisian Baterai Sangat Cepat

Selama Kami menggunakan earphone ini, daya tahan baterai realme Buds Air 2 Neo dapat bertahan hingga 7 jam selama pengujian Kami. Lalu untuk pengisian baterai earphone ini, dengan adanya fitur Fast Charging dapat mengisi ulang daya casing earphone dari 0% hingga 100% dalam waktu hanya sekitar 1 jam 20 menit menggunakan USB Type-C.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

HP Luncurkan Program Pendidikan, Semangat Guru Virtual Learning Series dan HP LIFE

Next Post

Review EZVIZ C1C-B, Kamera Mungil yang Serba Bisa

Related Posts
Total
0
Share