Review realme C21Y, Smartphone 1 Jutaan yang Cocok untuk Belajar di Rumah

Trenteknologi.com – realme selalu menghadirkan produk untuk menyasar berbagai kalangan, salah satunya adalah kalangan para pelajar. Di masa pandemi seperti sekarang yang semua aktivitas sekolah dilakukan melalui online, para pelajar pasti sangat membutuhkan sebuah smartphone dengan harga murah namun performa dapat diandalkan untuk mereka gunakan mengikuti kelas online di rumah. Dan untuk memberikan solusi terhadap kebutuhan tersebut, realme menghadirkan smartphone murah dengan performa tinggi dan baterai berkapasitas besar yaitu realme C21Y.

Lalu apakah benar performa yang dimiliki oleh smartphone realme tersebut dapat diandalkan untuk berbagai kebutuhan, khususnya untuk mengikuti sekolah online dirumah ? berikut ulasan Trenteknologi.com yang berkesempatan untuk mencoba langsung smartphone realme tersebut.

 

Desain Menarik dengan Layar yang Jernih

Dengan warna Cross Black dan Cross Blue, realme C21Y menawarkan desain yang cukup menarik yang terinspirasi oleh Time Hourglass, desain crosshatch yang berani juga modis dan fungsional. Terdapat tiga kamera yang menempel di sudut kiri atas, sedangkan sensor sidik jari berada tepat di bawahnya.

Di sisi lain, kami merasakan kualitas layar IPS LCD 6,5 inci dengan resolusi 720p yang cukup baik saat bermain game ringan hingga menonton video. Layar tersebut juga mampu memberikan tingkat kecerahan hingga 400 nits dan rasio layar 20:9 yang memberikan pengalaman luar biasa selama menggunakan smartphone realme ini. Walaupun memiliki bobot 190g dan ketebalan 8,9mm, namun hal tersebut masih bisa diterima karena smartphone realme ini dibekali dengan baterai berkapasitas besar.

Performa Handal untuk Smartphone Kelas Entry-Level

Performa sebuah ponsel tergantung pada spesifikasi internalnya, semakin kuat spesifikasi internalnya, semakin cepat dan semakin baik performa yang akan Anda dapatkan. Namun sayangnya, Anda tidak akan mendapatkan konfigurasi internal kelas atas karena ini adalah ponsel murah. OS Android 11 dengan antarmuka realme UI khusus.

Dibekali dengan prosesor Cortex A75 octa-core 12nm dengan kecepatan 1.8 GHz, kinerjanya dapat menangani tugas sehari-hari ataupun digunakan untuk para pelajar yang mengikuti kelas online di rumah tanpa masalah. Jangan skeptis dahulu dengan prosesor Cortex A75 yang dimiliki oleh smartphone realme ini, karena selama kami menggunakan realme C21Y ini kami merasakan performa yang cukup mulus dan tidak merasakan kendala seperti lagging. Lalu dengan tambahan grafis Mali-G52, kualitas video yang ditampilkan juga cukup baik.

Selain itu Kami juga melakukan pengujian performa pada smarthone realme ini dengan menggunakan beberapa aplikasi Benchmark untuk mengetahui skor performa yang didapatkan secara akurat.

  • AnTuTu Benchmark : 157.604
  • GeekBench 5 :353 (Single Core) – 1339 (Multi Core)

Untuk RAM dan penyimpanan internal, terdapat dua pilihan yaitu 3GB/32GB dan 4GB/64GB. Jika penyimpanan internal terasa kurang untuk memenuhi kebutuhan Anda, Anda dapat menambahkan penyimpanan menggunakan microSD dengan kapasitas hingga 256GB.

Kamera dengan Fitur Lengkap

Walaupun dijual dengan harga murah, bukan berarti Anda tidak akan mendapatkan banyak fitur menarik pada sektor kamera. Ada kamera utama 13MP dengan aperture f/2.2 yang dapat menghasilkan foto cukup baik untuk sebuah smartphone murah. Selain itu Anda juga dapat menghasilkan foto yang menarik dengan menggunakan 2MP lensa Black & White (B/W) ataupun foto close up menggunakan lensa Macro dengan resolusi 2MP.

Lalu untuk Anda yang gemar berselfie ria, realme C21Y juga telah dibekali dengan kamera depan beresolusi 5MP yang telah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih seperti AI Beauty, HDR, Panoramic View, Timelapse.

Baterai Berkapasitas Besar, Tahan Seharian

realme C21Y dibekali dengan baterai besar berkapasitas 5000mAh yang membuat smartphone realme ini dapat bertahan hingga seharian penuh. Dengan baterai berkapasitas besar tesebut, realme mengklaim bahwa smartphone ini dapat digunakan untuk panggilan telepon hingga 44 jam, menonton YouTube selama 21 jam, mengikuti kelas online menggunakan Zoom Meeting atau Google Meet sekitar 6 jam dan bermain game sekitar 5 jam.

Kami juga dapat lebih menghemat penggunakan daya baterai tersebut dengan menggunakan beberapa fitur canggih yang telah disematkan pada smartphone realme ini, seperti App Quick Freeze yang berfungsi untuk mengurangi aplikasi yang berjalan di latar belakang dan tidak di gunakan, Screen Battery Optimization yang akan mengurangi efek animasi untuk meningkatkan daya tahan smartphone dan Sleep Standby Optimization yang akan menurunkan performa smartphone pada saat smartphone tidak digunakan, khususnya pada waktu kita dalam jam tidur.

realme UI R Edition Sangat Membantu Performa dari realme C21Y

Untuk system operasi yang digunakan pada realme C21Y, realme membekalinya dengan Android 11 dengan tampilan antar muka yaitu realme UI R Edition. realme UI R Edition merupakan versi sederhana dari realme UI yang memiliki tampilan layaknya Android Stock, dengan kinerja yang lebih ringan dan cepat.

Menurut kami keputusan realme menggunakan realme UI R Edition merupakan keputusan yang sangat tepat karena sangat terasa performa yang dimiliki oleh realme C21Y terasa sangat ringan dan cepat, walaupun menggunakan varian RAM 3GB/32GB. Walaupun beberapa fitur dikurangi, namun tidak mengurangi pengalaman luar biasa selama kami menggunakan smartphone ini.

Harga realme C21Y

realme C21Y varian 3GB/32GB saat ini sudah tersedia di official realme store online seperti Shopee, akulaku dan realme.com/id, maupun offline di seluruh Indonesia yang dijual dengan harga Rp. 1,499,000  (3GB+32GB). Lalu untuk realme C21Y varian 4GB/64GB mulai dijual melalui Flash Sale secara perdana pada tanggal 27 Juli 12:00 WIB dan Flash Sale kedua pada tanggal 28 Juli 12:00 WIB dengan harga khusus Rp 1,799,000 menjadi Rp 1,699,000 di Shopee, akulaku, realme.com/id dan juga akan dijual secara offline mulai 31 Juli 2021.

Kesimpulan

Kesimpulan
9 10 0 1
realme C21Y menurut kami smartphone yang layak untuk dimiliki, terutama bagi pelajar yang membutuhkan sebuah smartphone dengan performa yang dapat diandalkan, tetapi juga dengan harga yang murah untuk digunakan selama para pelajar yang mengikuti kelas online di rumah. Dengan harga hanya 1 jutaan tersebut, Anda akan mendapatkan berbagai kelebihan seperti desain yang sangat menarik, performa kencang hingga baterai berkapasitas besar 5000 mAh yang dapat bertahan hingga seharian penuh. Bahkan walaupun smartphone murah, realme C21Y juga telah mendapatkan sertifikat TÜV Rheinland dengan melewati 23 tes utama, mulai dari tes penggunaan sehari-hari, tes skenario penggunaan pada lingkungan ekstrem, hingga tes komponen.
realme C21Y menurut kami smartphone yang layak untuk dimiliki, terutama bagi pelajar yang membutuhkan sebuah smartphone dengan performa yang dapat diandalkan, tetapi juga dengan harga yang murah untuk digunakan selama para pelajar yang mengikuti kelas online di rumah. Dengan harga hanya 1 jutaan tersebut, Anda akan mendapatkan berbagai kelebihan seperti desain yang sangat menarik, performa kencang hingga baterai berkapasitas besar 5000 mAh yang dapat bertahan hingga seharian penuh. Bahkan walaupun smartphone murah, realme C21Y juga telah mendapatkan sertifikat TÜV Rheinland dengan melewati 23 tes utama, mulai dari tes penggunaan sehari-hari, tes skenario penggunaan pada lingkungan ekstrem, hingga tes komponen.
9/10
Total Score
  • Desain
    9/10 Amazing
  • Kamera
    8/10 Very good
  • Performa
    10/10 The best
  • Fitur
    9/10 Amazing
Total
1
Shares
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Ini Alasan Kenapa POCO M3 Pro 5G Wajib Dimiliki, Walaupun RAM Tidak Besar

Next Post

Acer Luncurkan Swift 3 Infinity 4 “Ocean Blue” dengan Sertifikasi Intel Evo

Related Posts
Total
1
Share