Review Samsung Galaxy Tab A7 Lite, Tablet Mungil dengan Harga Terjangkau

Trenteknologi.com – Masa pandemi telah membuat perangkat tablet kini lebih dibutuhkan karena meningkatnya kebutuhan akan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ataupun Work from Home (WFH), tetapi juga untuk bersenang-senang namun menginginkan sebuah perangkat yang portabel dan multifungsi, karena saat ini jutaan orang di seluruh dunia terpaksa berdiam diri di rumah bersama dengan semua anggota keluarga yang masing-masing memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

Kebanyakan orang mungkin akan mencari sebuah tablet dengan layar 10 inci atau lebih, namun saat ini juga terdapat tablet yang dibekali dengan layar yang lebih kecil dengan bandrol harga jauh lebih murah. Salah satu saran yang paling menarik adalah Samsung Galaxy Tab A7 Lite yang sempat kami coba selama beberapa hari. Kita akan membahas sebuah tablet yang dijual dengan harga 2 jutaan saja, lalu bagaimanakah pengalaman kami selama menggunakan tablet Samsung dengan harga terjangkau ini ?

Desain Kompak dan Ringan

Walapun merupakan tablet dengan harga 2 jutaan, Samsung Galaxy Tab A7 Lite adalah tablet yang cukup kompak dan sangat ringan dengan bobot hanya 371 gram dan berlapis material metal pada bagian belakangnya, yang memberikan nuansa premium di tangan pengguna.

Pada bagian belakangnya Samsung juga telah menempatkan modul kamera di sudut kiri atas, slot USB Type-C dan jack headphone 3.5mm di bagian bawah, dua speaker yang telah menggunakan teknologi Dolby Atmos, tombol daya dan volume di sisi kanan, dan slot kartu SIM di sisi kiri.

Layar dengan Tingkat Kecerahan yang Cukup Baik

Tablet Samsung ini telah dibekali layar yang cukup besar 8,7” dengan resolusi 1340 x 800 WXGA+. Untuk performa dari layar tablet Samsung ini, memiliki tingkat kecerahan dan kontras yang cukup baik, dengan respons sentuh yang juga cukup responsif.

Dengan spesifikasi layar tersebut, Samsung Galaxy Tab A7 Lite sangat nyaman untuk digunakan sebagai perangkat yang mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ataupun Work from Home (WFH). Bahkan layar besar yang dimiliki oleh tablet ini juga sangat nyaman digunakan untuk menonton konten video, menjelajahi Internet dan media sosial, serta memainkan game yang tidak terlalu membutuhkan grafis tinggi.

Performa

Berbicara tentang dapur pacunya, Samsung memilih prosesor Octa-Core dengan kecepatan 1.8 GHz yang dapat bertambah kecepatannya hingga 2.3 GHz yang dipadukan dengan 3GB RAM dan penyimpanan 32GB yang dapat diperluas dengan microSD hingga 1TB.

Berbekal 3GB RAM multitasking pada tablet ini cukup berjalan dengan baik, kami dapat membuka game, 1-2 aplikasi media sosial, browser, dan Spotify secara bersamaan tanpa masalah. Namun untuk bermain game yang membutuhkan grafis tinggi seperti PUBG contohnya, kami sarankan menggunakan resolusi serendah mungkin untuk dapat memainkan game dengan nyaman.

Dari segi suara, kedua speaker yang dimiliki oleh tablet ini cukup bertenaga dan mendukung teknologi Dolby Atmos dengan bass yang cukup baik saat menghubungkan headphone menggunakan port jack 3.5mm. Koneksi yang sangat baik dan kualitas suara juga sangat terasa jika menggunakan headset Bluetooth.

Berbekal baterai 5100mAh, tablet ini dapat bertahan 2-3 hari penggunaan normal. Pengisi daya yang disediakan dalam box penjualan sayangnya hanya menawarkan daya 7,8W, namun tablet Samsung ini sudah mendukung pengisian daya cepat 15W yang adaptornya dapat Anda beli secara terpisah.

Kamera

Samsung Galaxy Tab A7 Lite memiliki kamera utama di bagian belakang dengan resolusi 8MP f/2.6 yang dilengkapi dengan autofocus dan kamera depan beresolusi 2MP f/2.6. Jelas tablet ini tidak diciptakan untuk pengalaman mengambil foto dan video seperti perangkat kelas premium, tetapi perlu diketahui bahwa dalam kondisi pencahayaan yang baik Anda bisa mendapatkan hasil foto yang bagus.

 

Berbekal kamera depan yang beresolusi 2MP, tablet Samsung ini juga cukup nyaman digunakan untuk video call yang biasa digunakan untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ataupun Work from Home (WFH).

Fitur One Hand Operation+ dan Samsung Kids

Menggunakan sistem operasi Android 11 dengan antarmuka One UI 3.1, Samsung Galaxy Tab A7 Lite memiliki fitur andalan yaitu One Hand Operation+ yang memiliki fungsi untuk mengontrol tablet ini hanya dengan satu tangan. Fitur ini akan mengenali tiga tindakan: geser horizontal ke tengah, geser diagonal ke atas, dan geser diagonal ke bawah. Pengguna bisa mengaktifkan switch untuk menambahkan tiga tipe gestur “swipe and hold”.

Cara menjalankan dan mengaktifkan fitur ini:

  • Download One Hand Operation+ di Galaxy Store, lalu pilih Aktifkan (Switch on)
  • Kustomisasi gestur-gestur yang Anda inginkan
  • Ada banyak pilihan, temukan yang paling cocok untuk Anda
  • Kustomisasi gesture bar, atur sampai betul-betul cocok dengan kebiasaan Anda
  • Swipe untuk memeriksa pengaturan Anda

Selain fitur One Hand Operation+, fitur unggulan yang dihadirkan pada tablet Samsung ini adalah Samsung Kids yang dapat melindungi anak-anak pada saat menggunakan tablet Samsung agar tidak terpapar konten yang tidak sesuai dengan usianya dengan cara mengaktifkan fitur Parental control.

Harga Galaxy Tab A7 Lite

Galaxy Tab A7 telah tersedia di Indonesia dengan pilihan warna Gray dan Silver dan dibandrol dengan harga Rp 2.499.000, yang dapat dibeli secara langsung melalui Samsung Online Store ataupun Samsung Experience Store terdekat.

Kesimpulan

Kesimpulan
9 10 0 1
Samsung Galaxy Tab A7 Lite jelas ditujukan untuk mereka yang mencari tablet dengan harga yang terjangkau untuk memenuhi kebutuhan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ataupun Work from Home (WFH). Pada saat yang sama, tentu saja dapat digunakan untuk berselancar di Internet, menghabiskan waktu di media sosial dan menonton film atau serial dengan nyaman.
Samsung Galaxy Tab A7 Lite jelas ditujukan untuk mereka yang mencari tablet dengan harga yang terjangkau untuk memenuhi kebutuhan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ataupun Work from Home (WFH). Pada saat yang sama, tentu saja dapat digunakan untuk berselancar di Internet, menghabiskan waktu di media sosial dan menonton film atau serial dengan nyaman.
9/10
Total Score
  • Desain
    9/10 Amazing
  • Performa
    9/10 Amazing
  • Kamera
    8/10 Very good
  • Fitur
    9/10 Amazing
Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Survei Travelport: Industri Travel Indonesia Tetap Dipercaya oleh Para Traveller

Next Post

Acer Hadirkan Laptop Gaming Acer Nitro 5 dan Predator Helios 300

Related Posts
Total
0
Share