Review Samsung Galaxy Tab S8 5G, Performa Lebih Kencang & Mulus

Samsung Galaxy Tab S8 5G adalah alternatif tablet terbaik untuk penggiat seni yang membutuhkan tablet dengan stylus berakurasi tinggi.

Trenteknologi.com – Samsung Galaxy Tab S8 5G sebagai tablet premium, tak diragukan lagi adalah salah satu tablet Android terbaik yang ada di pasaran saat ini. Pasalnya, tablet dari Samsung ini telah dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni. Mulai dari, layar dengan tampilan yang hidup dan jernih, desain premium yang tipis dan ringan, daya tahan baterai yang bisa bertahan seharian, hingga fitur-fitur menarik seperti mode DeX dan stylus S-Pen yang tersedia dalam kotak pembelian.

Pada dasarnya, tablet ini merupakan pilihan yang sempurna bagi pengguna smartphone berbasis Android. Karena, dengan memilih gadget yang dibekali sistem operasi yang sama, akan membuat pengguna lebih mudah bekerja secara seamless dalam ekosistem yang sama.

Dari segi performa, kualitas kamera, dan user interface yang intuitive, membuat Samsung Galaxy Tab S8 layak dipertimbangkan. Ditambah lagi, baru-baru ini Google secara khusus telah memperkenalkan Android 13 yang dioptimalkan untuk tablet.

Tapi, sejauh mana upgrade yang dilakukan oleh Samsung pada tablet terbaru mereka ini? Dan, bagaimana performanya saat digunakan? Untuk mengetahuinya, silahkan simak review Galaxy Tab S8 di bawah ini.

Desain Premium dan Ringan

Jika dilihat secara kasat mata, nyaris tidak ada perbedaan antara desain pendahulunya dengan Galaxy Tab S8. Secara dimensi, tablet ini hadir dengan ukuran 253.8 x 165.3 x 6.3 mm. Begitu juga dengan bobotnya. Perbedaan bobot dari generasi tablet sebelumnya ini hanya 5 gram saja, sehingga, membuat pendahulu dan suksesornya sulit untuk dibedakan.

Dengan bobot sekitar 507 gram, tablet Samsung terbaru ini terasa sangat ringan meskipun membawa layar berukuran 11 inci. Membuatnya cukup mudah ditenteng dengan 1 tangan dan mudah dibawa kemana-mana.

Tablet ini dibalut dengan casing berbahan aluminium yang terasa sangat kokoh, halus, ringan, meski sedikit agak licin. Sehingga saat dipegang, kesan premium-nya sangat terasa. Tablet ini sendiri hadir dalam 3 pilihan warna, yaitu warna graphite, silver dan pink gold. Semuanya terlihat sangat menarik dan bisa disesuaikan dengan selera masing-masing pengguna.

Bagian sisi body tablet ini dibuat mendatar, sehingga sedikit agak sulit angkat jika diletakkan di atas permukaan yang datar seperti meja. Tapi untungnya, tatakan kamera belakang pada tablet ini agak sedikit bumpy dan menciptakan sedikit ruang untuk memasukkan ujung jari. Sehingga, memungkinkan kita mengangkatnya dari atas meja hanya dengan menggunakan satu tangan.

Meski sekilas tampak sebagai sebuah kelemahan Galaxy Tab S8. Namun, jika dilihat dari perspektif berbeda. Desain bagian sisinya yang mendatar tersebut, justru bisa menguntungkan pengguna. Pasalnya, bagian sisi tablet ini adalah tempat yang ideal untuk meletakkan (stylus) S-Pen untuk mengisi daya. Atau, untuk meletakkan S-Pen saat pengguna harus bolak-balik mengetik dan menulis.

Letak kamera depan masih berada di sisi sebelah atas jika tablet diletakkan secara horizontal. Menurut kami, ini adalah posisi yang sempurna. Karena mayoritas pengguna tablet lebih sering meletakkan tablet dalam posisi horizontal seperti layar laptop.

Jika didudukkan dalam posisi horizontal, letak tombol power (fingerprint sensor), tombol volume, dan slot micro SD, berada di bagian atas sebelah kiri. Sedangkan port USB Type-C berada tepat sisi sebelah kanan. FYI, tidak ada lubang jack 3.5 mm tablet ini, seperti yang juga kita temukan pada Tab S7.

Kualitas Layar dan Sound yang Luar Biasa

Display Galaxy Tab S8 tidak menggunakan teknologi AMOLED seperti yang terdapat pada model S8+ dan S8 Ultra. Akan tetapi, meski tidak menggunakan teknologi layar Super AMOLED dan hanya dibekali LTPS IPS LCD, namun layarnya tetap terlihat jernih dan nyaman di mata.

Meski kalah gengsi dibandingkan Super AMOLED, namun layar yang ada di gadget ini cukup terang dan jernih. Bahkan, jika disandingkan dengan layar Super AMOLED, kita akan sulit membedakan keduanya. Layar 11 inci yang melingkupi bagian depan tablet ini mengusung resolusi WQXGA+ (2560 x 1600p) dengan refresh rate 120Hz.

Dengan tampilan yang jernih dan hasil animasi yang halus dari refresh rate 120Hz, membuat pengalaman menggunakan tablet ini terasa sangat menyenangkan. Terutama, saat digunakan untuk membaca, bermain game, ataupun menonton film.

Layar tipe widescreen yang diusung tablet Android dari Samsung ini sangat ideal bagi pengguna yang sering memanfaatkan gadget untuk mengakses multimedia, atau menonton film, streaming, membaca, dan banyak berkutat dengan pekerjaan multitasking. Pasalnya, dengan layar yang agak lebar, pengguna bisa membagi layar menjadi dua, tiga, atau empat bagian dengan memanfaatkan fitur split screen.

Layar tablet ini tidak hanya terlihat cerah ketika digunakan di dalam ruangan. Ketika digunakan di luar ruangan, layarnya tetap mampu menghasilkan kecerahan yang cukup. Sehingga membuat konten di dalam layar tetap terlihat jelas. Tidak mengherankan, mengingat layar di tablet ini mampu menampilkan kecerahan hingga 565 nits. Jauh lebih cerah jika dibandingkan dengan beberapa kompetitornya. Termasuk iPad Air yang kecerahan layarnya hanya mampu mencapai angka 485 nits.

Beralih ke bagian audio, Samsung Galaxy Tab S8 memiliki kualitas audio yang premium dengan dukungan Quad Stereo Speakers dengan Sound by AKG dan didukung teknologi Dolby Atmos. Teknologi Dolby Atmos sendiri bisa diaktifkan dan dimatikan melalui shortcut yang bisa ditemukan pada status bar. Kualitas sound pada tablet ini sangat mengagumkan. Ketika digunakan untuk mendengarkan musik atau ketika digunakan untuk meeting. Suara yang dihasilkan cukup jernih. Sekalipun di-setting pada volume penuh, suaranya tidak pecah dan tetap terdengar jernih serta tajam.

Performa Lebih Cepat dan Halus

Pada tablet generasi terbaru ini, Samsung membenamkan prosessor 4 nm 64-bit Octa-Core dengan kecepatan 2.99 GHz. Keberadaan chipset tersebut dipadukan dengan RAM 8GB membuat performa tablet ini sangat memuaskan. Saat diuji untuk membuka 30 tab di Google Chrome sembari menjalankan video di YouTube, tablet ini tetap berjalan lancar tanpa ada hambatan. 

Begitu juga saat diuji dengan menggunakan game PUBG Mobile. Kombinasi hardware pada tablet ini tetap mampu menghasilkan kinerja yang memuaskan. Tanpa kendala, tablet ini bisa melibas dengan mulus game PUBG Mobile yang dijalankan pada settingan maksimal.

Kami juga melakukan pengujian performa tablet ini dengan menggunakan beberapa aplikasi Benchmark untuk mengetahui skor performa yang didapatkan secara akurat.

  • AnTuTu Benchmark : 649.250
  • GeekBench 5 : 767 (Single Core) – 2776 (Multi Core)

Kemudian, dalam pengujian selanjutnya, yaitu transcoding video di Adobe Premiere Rush. Tablet ini mampu mengkonversi sebuah video 4K ke resolusi FHD (1080p) hanya dalam waktu sekitar 48 detik.

Kamera Samsung Galaxy Tab S8 Lebih Jernih dan Akurat

Kamera, khususnya kamera depan (selfie camera) adalah bagian dari Galaxy Tab S8 yang mendapatkan upgrade paling signifikan. Pasalnya, tablet terbaru Samsung ini dibekali kamera tipe ultra wide dengan resolusi 12 MP yang mampu merekam video dengan resolusi maksimal 8K.

 

Meskipun menggunakan kamera tablet untuk mengambil foto selfie terlihat aneh, namun hasilnya adalah yang terpenting. Karena hasil foto selfie dari kamera ini sangat memuaskan. Namun, secara khusus kami menyoroti kemampuan kamera ini saat digunakan untuk video conference. Pasalnya, gambar yang ditampilkan sangat tajam dan jernih.

Begitu juga dengan kamera di bagian belakang yang mampu menghasilkan gambar dengan detail yang bagus dan akurasi warna yang natural.

Baterai Lebih Hemat

Saat dilakukan pengujian dengan aktivitas standar seperti browsing melalui jaringan Wi-Fi dengan setting kecerahan 150 nits dan dengan mengaktifkan refresh rate 120Hz, baterai Samsung Galaxy Tab S8 mampu bertahan hingga 13 jam. Begitu pula saat digunakan untuk melakukan tugas-tugas yang relatif berat, baterai tablet ini mampu bertahan seharian.

Aksesoris Canggih untuk Meningkatkan Produktivitas

Meskipun tablet secara natural lebih dimaksudkan untuk mengetik dengan metode touch screen. Namun, keberadaan keyboard external dan juga stylus, membuat berbagai aktivitas yang berkaitan dengan menulis atau menggambar jadi jauh lebih cepat dan akurat.

  • S-Pen

Meskipun tidak setiap orang membutuhkan stylus saat berinteraksi dengan tablet, namun keberadaan S Pen yang tersedia gratis. Membuat, banyak kegiatan yang, jadi lebih gampang saat ada dukungan stylus.

Secara garis besar, performa S Pen sangat mengagumkan. Dalam pengujian, saat digunakan untuk menggambar garis diagonal secara perlahan, S Pen mampu menghasilkan garis yang lurus tanpa ada jitter dan wobble.

Fakta tersebut membuat Galaxy Tab S8 superior dibandingkan dengan sejumlah tablet kompetitor yang masih menampilkan jitter dan wobble yang parah saat digunakan untuk menggambar garis diagonal.

Karena itulah, tablet ini sangat direkomendasikan bagi penggiat seni rupa yang kerap menggunakan perangkat digital untuk membuat gambar grafis.

Disamping itu, akurasi dan sensitivitas tekanan serta berbagai fungsi yang disertakan oleh Samsung pada S-Pen membuatnya sangat nyaman digunakan untuk menulis.

  • Keyboard

Cover book yang sekaligus berfungsi sebagai keyboard adalah aksesoris tambahan yang sangat berguna. Terutama, jika pengguna sering memanfaatkan perangkat untuk mengetik.

Meskipun ukurannya agak kecil karena harus menyesuaikan dengan ukuran tablet yang hanya 11 inci, namun performa cover keyboard untuk tablet ini sangat memuaskan saat digunakan mengetik.

Meski kecil, saat diuji, keyboard ini bisa menghasilkan (rata-rata) 82 kata per menit dengan tingkat akurasi hingga mendekati 100%. Hasil pengujian tersebut membuktikan bahwa aksesoris Samsung Galaxy S8 ini sangat mengesankan.

  • User Interface yang Bersahabat

Secara default, Samsung Galaxy Tab S8 membawa sistem operasi Android 12 yang kemungkinan besar akan mendapat upgrade ke versi 13.

OS Android yang ada pada tablet ini telah mendapatkan sejumlah modifikasi serta upgrade dari Samsung agar bisa mendukung S Pen, dan, agar terintegrasi sempurna dengan smartphone, smartwatch, ataupun earbud Samsung.

Pada dasarnya, UI yang mudah digunakan dan tidak membingungkan, adalah bagian terpenting dari sebuah user interface.

Selama dicoba, user interface yang ada pada tablet ini terasa sangat bersahabat sebab, terlihat sangat bersih dan intuitif. Layar yang luas pada tablet ini mampu dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh Samsung. Sehingga, setiap user dengan berbagai latar belakang profesi, dijamin bisa berinteraksi dengan tablet secara baik.

  • Samsung DeX

Saat bekerja menggunakan tablet, terkadang pengguna membutuhkan layar yang lebih luas agar bisa melihat konten dengan lebih jelas.

Untuk mewujudkan ide tersebut, Samsung telah merancang teknologi DeX yang memungkinkan layar tablet ditampilkan di monitor atau disinkronkan dengan perangkat berbasis Windows.

Dengan memanfaatkan DeX, pengguna bisa menghubungkan tablet dengan layar eksternal secara nirkabel menggunakan teknologi Miracast, atau menggunakan kabel hub USB type-C dengan output HDMI.

Dengan adanya teknologi DeX pada Samsung Galaxy Tab S8, membuat level tablet ini sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan pesaingnya. Mengingat, pengguna bisa mengandalkan DeX untuk melakukan tugas-tugas yang sulit dikerjakan di layar 11 inch.

Harga Samsung Galaxy Tab S8

Harga Samsung Galaxy S8 5G varian 8/128 GB dibandrol Rp 12.999.000. Harga tersebut, sama persis dengan harga Galaxy Tab S7 yang dirilis setahun lalu. Jika anda tertarik beli Samsung Galaxy Tab S8. Anda bisa berkunjung langsung ke website resmi Samsung atau ke beberapa marketplace populer di Indonesia.

Kesimpulan

Kesimpulan
10 10 0 1
Samsung Galaxy Tab S8 5G adalah alternatif tablet terbaik untuk penggiat seni yang membutuhkan tablet dengan stylus berakurasi tinggi. Karena itu pulalah, tablet ini direkomendasikan bagi siswa maupun mahasiswa yang ingin menggunakan tablet untuk menulis hingga menggambar. Layar berukuran 11 inci yang mendukung refresh rate 120Hz, membuat tablet ini cocok juga dijadikan sebagai multimedia center ataupun untuk membaca. Dengan performa yang luar biasa berkat prosesor 4 nm 64-bit Octa-Core dengan kecepatan 2.99 GHz dan RAM 8 GB, membuat kegiatan browsing, bermain game, menonton, atau multitasking, akan terasa lebih mulus saat dilakukan menggunakan Galaxy Tab S8 5G ini.
Samsung Galaxy Tab S8 5G adalah alternatif tablet terbaik untuk penggiat seni yang membutuhkan tablet dengan stylus berakurasi tinggi. Karena itu pulalah, tablet ini direkomendasikan bagi siswa maupun mahasiswa yang ingin menggunakan tablet untuk menulis hingga menggambar. Layar berukuran 11 inci yang mendukung refresh rate 120Hz, membuat tablet ini cocok juga dijadikan sebagai multimedia center ataupun untuk membaca. Dengan performa yang luar biasa berkat prosesor 4 nm 64-bit Octa-Core dengan kecepatan 2.99 GHz dan RAM 8 GB, membuat kegiatan browsing, bermain game, menonton, atau multitasking, akan terasa lebih mulus saat dilakukan menggunakan Galaxy Tab S8 5G ini.
10/10
Total Score
  • Desain
    9/10 Amazing
  • Performa
    10/10 The best
  • Kamera
    9/10 Amazing
  • Fitur
    10/10 The best
Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Post

Tokopedia START Summit Kembali Digelar, Bagi Rahasia untuk Majukan Talenta Digital dan Industri Indonesia

Next Post

Xiaomi 12 Lite 5G Rilis Besok, Bakal Hadir dengan Desain Tipis dan Teknologi Terbaik

Related Posts
Total
0
Share