Connect with us

Review

Review SSD : Western Digital WD Blue SN500 NVMe 500GB

Published

on

Trenteknologi.com – Bagi seorang gamer, film/video editor, hingga desainer grafis yang kerap menjalankan game, program, atau software berat dan besar, dukungan komponen hardware yang memiliki kecepatan tinggi pasti sangat mempengaruhi kinerja mereka. Bagi seorang gamer misalnya, kecepatan hardware yang baik akan membantu mereka bereaksi lebih cepat terhadap setiap ancaman musuh atau sebaliknya, beraksi lebih cepat saat pelihat peluang untuk memenangkan pertandingan. Bagi seorang grafis desainer maupun film maker, kecepatan hardware seperti RAM, processor, kartu grafis, motherboard bus, hingga hard-drive (storage) pasti akan sangat mempengaruhi kecepatan dan keleluasaan bekerja hingga kecepatan rendering.

Dari sekian banyak komponen hardware pada sebuah PC ataupun laptop, SSD (Solid State Drive) adalah salah satu komponen yang sangat penting karena dapat mempengaruhi kecepatan sebuah perangkat (PC) dalam membuka atau menjalankan software dan game, kecepatan transfer data, response time, hingga rendering. Karena memiliki peran yang sangat vital, maka tidak mengherankan apabila banyak produsen hardware yang terus berusaha menghadirkan hardisk/storage yang bisa menawarkan kecepatan baca maupun menulis data pada kecepatan maksimal.

Western Digital (WD) adalah salah satu contoh produsen storage yang cukup populer. Produk mereka cukup banyak diminati. Selain karena berkualitas dan awet, mereka juga banyak menawarkan produk dengan harga yang cukup terjangkau. Salah satu contohnya adalah SSD Blue SN500 berkapasitas 500GB.

Seberapa bagus kualitasnya? Seberapa cepat SSD ini? Dan, berapa harganya? Jawaban dari berbagai pertanyaan tersebut akan Anda temukan dengan membaca review SSD Western Digital SN500 kapasitas 500GB di bawah ini.

Spesifikasi dan Pengujian SSD Western Digital WD Blue SN500

Solid State Disk (SSD) adalah pilihan storage terbaik untuk PC maupun laptop modern dan bagi Anda yang menginginkan kecepatan, kesenyapan, maupun komponen yang compact. Tidak seperti hardisk konvensional (hardisk model Sata) yang masih menggunakan piringan cakram untuk menyimpan data, SSD tidak memiliki komponen bergerak di dalamnya. Karena itulah storage type SSD tidak menimbulkan suara berisik saat beroperasi, menawarkan kecepatan yang tinggi, serta hadir dengan ukuran yang lebih kecil dan bobot yang lebih ringan.

BACA JUGA :  Vivo Pastikan akan Hadirkan S1 Pro ke Indonesia

Seiring dengan perkembangan teknologi, SSD kini hadir dalam bentuk NVMe (Volatile Memory Express). NVMe merupakan terobosan terbaru dibidang SSD yang fokus pada kecepatan, performa, dan portabilitas. Cara kerja dan jenis memori hardware ini sangat mirip dengan RAM. Karena itulah, kemampuan transfer data SSD NVMe bisa mencapai beberapa kali lipat (lebih cepat) dibandingkan dengan storage biasa (SATA).

SSD WD SN500 bekerja dengan menggunakan slot NVMe M.2. Faktor inilah yang membuat komponen-penyimpanan komputer ini memiliki kinerja dan kecepatan yang lebih signifikan jika dibandingkan dengan hardisk jenis SATA. Di samping menawarkan performa yang lebih baik, penggunaan jalur standard PCIe juga membuat komponen ini jadi lebih hemat daya.

Selain menawarkan kecepatan baca tulis yang maksimal ketika digunakan untuk menyimpan maupun mentransfer file, SSD berkecepatan tinggi seperti WD SN500 juga menawarkan kecepatan yang luar biasa dalam membuka atau menjalankan game hingga software dengan waktu loading yang lebih singkat.

Untuk melihat performa sesungguhnya yang ditawarkan oleh SSD ini, kami melakukan pengujian menggunakan software Cyrstal Disk Mark. Dari hasil pengujian, SSD WD SN500 ini menunjukkan hasil yang cukup mengejutkan, mengingat komponen ini berada di segmen entry level.

Pengujian menggunakan Cyrstal Disk Mark menunjukkan SSD ini mampu membaca dengan kecepatan maksimal 1752 Mb/s dan menawarkan kecepatan tulis maksimal hingga 1464 Mb/s.

Selain itu kami juga melakukan pengujian dengan menggunakan software AS SSD Benchmark, skor yang didapatkan pun cukup baik seperti yang terdapat pada tangkapan gambar yang kami lampirkan dibawah ini.

Kesimpulan: SSD WD Blue SN500 Adalah Pilihan Storage Terjangkau dengan Kinerja Menakjubkan

BACA JUGA :  Resmi Dirilis di Indonesia, Ini Dia Harga dan Spesifikasi Realme 3

Dengan performa yang ditawarkan, WD Blue SN500 bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang menginginkan sebuah komponen penyimpanan PC berharga murah, namun menawarkan kemampuan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan sebuah hardisk Sata.

Meskipun dalam sejumlah pengujian menunjukkan bahwa SSD Western Digital ini tidak secemerlang beberapa pesaingnya, seperti Samsung 970 EVO PLUS yang nyata-nyata merupakan komponen high end, namun performa yang ditunjukkan oleh SSD WD bisa mendekati kecepatan Samsung 970 Evo Plus. Jika mempertimbangkan harganya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan SSD Samsung tersebut, tentu SSD WD tergolong cukup worthed.

Harga SSD WD Blue SN500

Setelah membaca review dan mengetahui spesifikasi SSD Western Digital SN500 di atas, tentu banyak diantara Anda yang pasti merasa tertarik untuk beralih menggunakan SSD type NVMe M.2 dan penasaran dengan harganya.

Berapa harga WD SN500 berkapasitas 500 GB ini? Di pasaran, SSD ini dijual pada kisaran angka Rp 1,4 jutaan dengan garansi selama 5 tahun. Harga tersebut memang jauh di atas rata-rata harga hardisk model Sata. Akan tetapi, jika melihat performa kecepatan baca-tulis yang ditawarkan, tentu harga tersebut masih tergolong layak. Mengingat, banyak waktu yang bisa kita hemat saat memindahkan atau mentransfer (copy/paste) data maupun saat menjalankan aplikasi untuk bekerja maupun saat bermain game.

Kelebihan SSD WD Blue SN500

  • Sejumlah pengujian menunjukkan performa SSD WD mampu mengungguli SSD Apacer AS2280P2
  • Harganya sangat terjangkau
  • Garansi hingga 5 tahun
  • Bisa digunakan pada beragam pilihan motherboard berharga terjangkau
  • Konsumsi power sangat efisien (maksimal 2.7W)
  • Dilengkapi dengan fitur WD SSD Dashboard yang bisa digunakan untuk memonitor: ruang penyimpanan yang tersisa, mengecek temperatur, dan lain sebagainya

Kekurangan SSD WD Blue SN500

  • Pilihan kapasitas tidak banyak, hanya 250GB dan 500GB saja

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Advertisement

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement