Connect with us

Android

Tips MIUI 7 : 10 Tips ini akan Maksimalkan Fitur di MIUI 7 !

Published

on

Trenteknologi.com – Sejak pertama kali diluncurkan, MIUI 7 langsung mendapatkan sambutan yang hangat dari para pengguna dan pecinta MIUI. Dan sejak kehadirannya, MIUI 7 hadir dengan berbagai fitur yang sebenarnya sangat berguna dan dapat lebih memaksimalkan kinerja dari MIUI 7, namun seringkali tidak disadari oleh penggunanya. Untuk dapat memaksimalkan fitur pada MIUI 7, pengguna tidak memerlukan aplikasi pihak ke-3, karena sepenuhnya hanya perlu memanfaatkan fitur yang ada. Dan kali ini Trenteknologi.com akan berbagi 10 tips yang dapat lebih memaksimalkan fitur yang dimiliki oleh MIUI 7 !

 

Mempercepat Ponsel MIUI Anda

Beberapa dari Anda mungkin sudah tahu trik ini, yaitu pengguna dapat membuat ponselnya terasa lebih cepat dengan mengurangi skala waktu animasi. Untuk mengurangi skala waktu animasi, pertama kali pengguna harus mengaktifkan fitur Developer Options terlebih dahulu dengan cara buka Settings > About Phone > tap beberapa kali pada kolom MIUI Version sampai fitur Developer Options terbuka.

Mempercepat Ponsel MIUI_1

Setelah mengaktifkan fitur Developer Options, pengguna dapat langsung mengatur skala waktu animasi pada MIUI 7 dengan cara buka Settings > Additional Settings > Developer Options > lalu ubah Windows Animation Scale, Transition Scale dan Animator Scale menjadi .5x > Reboot.

 Mempercepat Ponsel MIUI_2

 

Alternatif untuk Tombol Lock atau Wake Screen MIUI

Mencoba untuk mengurangi penggunaan tombol Power ? Pengguna MIUI dapat mengganti tombol Power untuk fungsi Lock atau Wake Screen !

 

  • Lock Screen

Pada layar awal, tahan tombol Menu selama beberapa detik untuk memunculkan fitur Widget. Setelah fitur Widget muncul, pilih Widget > Toggles > klik Lock.

Tombol Lock atau Wake Screen MIUI_1

 

  • Wake Screen

Pengguna dapat membuka ponselnya tanpa tombol Power, yaitu menggunakan tombol Volume. Buka Settings > Additional Settings > Buttons > aktifkan Wake with Volume Buttons.

 Tombol Lock atau Wake Screen MIUI_2

 

Menampilkan Kecepatan Koneksi Internet MIUI

Apakah Anda tahu bahwa kita dapat dengan mudah melihat kecepatan koneksi internet pada Statusbar ? Buka Settings > Notifications > aktifkan Show Connection Speed.

Menampilkan Kecepatan Koneksi Internet MIUI_1

 

Sekarang pengguna dapat dengan mudah memeriksa apakah koneksi internet bekerja dan seberapa cepat kecepatan download.

BACA JUGA :  Review Mi Note 10 Pro : Smartphone dengan Kamera 108MP Pertama di Dunia

Menampilkan Kecepatan Koneksi Internet MIUI_2

 

Mengatur Fungsi Long Press MIUI

Sejak MIUI 6 diperkenalkan, menahan tombol Menu berfungsi untuk masuk ke Pengaturan Homescreen, bukan untuk membuka daftar aplikasi yang sedang berjalan. Namun apakah Anda tahu bahwa kita dapat mengembalikan cara kerja tombol Menu seperti layaknya pada MIUI 5 ?

 

  • Beralih ke Tombol Menu MIUI 5

Buka Settings > Buttons > rubah Press Recent ke Show Menu dan rubah Long Press Recent ke Show Recent Apps Tray.


Mengatur Fungsi Long Press MIUI_1

 

  • Mengatur Fungsi Long Press

Jika pengguna ingin tetap menggunakan fungsi Long Press yang dimiliki oleh MIUI 7, pengguna dapat mengatur fungsi Long Press tersebut sesuai dengan keinginan pengguna. Pilih salah satu pilihan fungsi pada Long Press Navigation Buttons, lalu pilih fungsi tombol Long Press yang pengguna inginkan untuk setiap tombol.

Mengatur Fungsi Long Press MIUI_2 

 

Menampilkan Persentase Baterai MIUI

Ketika pengguna pertama kali menggunakan MIUI, indikator baterai MIUI ditunjukkan hanya dengan ikon bar hijau saja. Namun pengguna dapat dengan mudah mengaktifkan persentase baterai pada MIUI, dengan cara buka Settings > Additonal Settings > Battery & Performance > pilih Percentage untuk menampilkan persentase baterai.

 Menampilkan Persentase Baterai MIUI_1

Selain dapat menampilkan indikator baterai berdasarkan persentase, pengguna MIUI juga dapat menampilkan indikator baterai berdasarkan grafis dengan cara buka Settings > Additonal Settings > Battery & Performance > pilih Graphical untuk menampilkan persentase baterai berdasarkan grafis. Opsi grafis akan menyembunyikan persentase baterai dan pada Top Bar akan menunjukkan hanya status baterai secara grafis.

Menampilkan Persentase Baterai MIUI_2

 

Membatasi WiFi dan Data Usage MIUI

Pembatasan Wi-Fi dan Data Usage untuk aplikasi adalah salah satu fitur yang paling berguna di MIUI. Anda dapat membatasi beberapa aplikasi yang menggunakan koneksi internet dan dapat menghemat penggunaan kuota internet Anda bahkan dapat menonaktifkan iklan pada sebuah aplikasi. Untuk melakukan pengaturan WiFi dan Data Usage, buka aplikasi Security > Data Usage > Restrict Data Usage > pilih aplikasi yang tidak Anda inginkan.

Membatasi WiFi dan Data Usage MIUI

 

Menyesuaikan Posisi Toggles MIUI

Apakah Anda tahu bahwa kita dapat mengubah posisi toggles ? Kita bisa menyesuaikannya posisi toggles untuk memaksimalkan efisiensi dalam menggunakan MIUI. Caranya adalah buka Settings > Notifications > Toggles Positions > lalu drag ikon Toggles ke posisi yang diinginkan.

Menyesuaikan Posisi Toggles MIUI

 

BACA JUGA :  MIUI 7.1 Global & China Stable Resmi Dirilis, Hadir dengan Beberapa Perbaikan Bug !

Mengatur Autostart Apps

Pada MIUI, pengguna bisa mengatur aplikasi mana yang Autostart pada saat ponsel melakukan Booting pertama kali. Dengan mengatur Autostart Apps, akan dapat sangat mempengaruhi pada notifikasi yang akan diterima pengguna dan juga dapat menghemat baterai. Untuk mengatur Autostart Apps, buka aplikasi Security > Permission > Autostart.

Mengatur Autostart Apps_1

Pengguna akan melihat beberapa aplikasi yang sudah diaktifkan Autostart secara default, namun pengguna juga dapat mengaturnya sesuai keinginan.

Mengatur Autostart Apps_2

 

Manage Notifications MIUI

Manage Notifications sangat penting bagi Anda untuk mengatur notifikasi dari sebuag aplikasi. Anda pastinya tidak ingin menerima pemberitahuan dari setiap aplikasi di ponsel Anda, terutama aplikasi web, aplikasi media maupun aplikasi kamera yang sangat tidak penting untuk Anda. Dan untuk melakukan Manage Notifications tersebut, buka Settings > Notifications > Manage Notifications > lalu silahkan lakukan pengaturan notifikasi sesuai keinginan.

 Manage Notifications MIUI_1

Sebagai tips, usahakan untuk menonaktifkan Floating Notifications and Lock Screen karena akan sangat mengganggu Anda pada saat sedang bermain games ataupun menonton video.

 

Hiasi Ponsel Anda dengan Tema MIUI

Salah satu fitur terbaik di MIUI adalah aplikasi Themes. MIUI memiliki lebih dari ribuan tema untuk diterapkan di ponsel Xiaomi pengguna. Selain itu, pengguna juga dapat menyesuaikan tema dengan wallpaper yang berbeda pada Lockscreen dan Homescreen. Untuk memilih tema sesuai keinginan, buka aplikasi Themes dan pilih tema favorit Anda dengan nilai rating tertinggi atau kategori yang berbeda.

Tema MIUI_1

Pengguna juga dapat memilih untuk mengubah wallpaper untuk Lockscreen dan Homescreen saja.

Tema MIUI_2

Bahkan pada MIUI 7, MIUI 7 memiliki fitur yang sangat luar biasa yaitu Daily Lockscreens. Untuk mengaktifkan Daily Lockscreens pada MIUI 7, buka Settings > Wallpaper > Choose Wallpaper > Daily Lockscreens > kemudian centang setiap kategori yang Anda sukai > Apply.

Tema MIUI_3

 

Sumber : en.miui.com – Credit : marcus_keong

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Advertisement

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement