Connect with us

Berita

Walaupun Ikut Membawa Teknologi AI, Namun Huawei Nova Series Terbaru Berbeda ?

Published

on

Trenteknologi.com – Huawei melihat ada pergeseran fokus dari manufaktur smartphone pada 2018 ini. Pada awal tahun, manufaktur smartphone masih berkutat soal desain yang bezel-less, lalu lambat laun mulai mengarahkan perhatiannya pada teknologi Artificial Intelligence (AI). Sekarang, semua manufaktur sudah menanamkan kemampuan AI di perangkat jagoan mereka. Dan di antara fitur AI yang menarik itu, AI pada sektor fotografi adalah yang paling hangat dibicarakan.

Sejarah fotografi di telepon selular ditancapkan pada 18 tahun lalu dengan kehadiran kamera ponsel yang memakai sensor CMOS 110.000 piksel. Kemampuannya jauhlah dibandingkan dengan yang sudah kita nikmati pada hari-hari ini. Tapi tak bisa dipungkiri, telepon genggam berkamera pertama itu telah mengubah industri dan dampaknya kita rasakan sampai sekarang.

Berbagai manufaktur telepon seluler, sejak era feature phone, sampai di era smartphone sekarang, terus berinovasi, mencoba menghadirkan fitur kamera smartphone yang mampu mengabadikan kenangan-kenangan terbaik mereka. Malah, kalau bisa menggantikan kamera digital.

Dari sekadar kamera bersensor CMOS, industri kemudian mulai menerima smartphone berkamera 5 MP yang sudah mendukung autofocus. Tak hanya bagian belakang, kamera depan pun hadir, dan kelak melahirkan trend bernama selfie.

Kini, 18 tahun kemudian, teknologi kamera pada smartphone sudah melompat begitu jauh. Dari sekadar satu kamera di depan dan satu di belakang, kita sudah bisa menikmati kamera belakang tiga sekaligus pada P20 Pro, yang merupakan hasil kerjasama Huawei dan Leica.

BACA JUGA :  Ini 7 Alasan Mengapa Harus Membeli HUAWEI WATCH GT Active & Elegant

Lebih jauh lagi, kita sudah berada di era fotografi smartphone yang mengutilisasi kemampuan teknologi kecerdasan buatan alias AI. Di zaman ini, manufaktur ponsel banyak yang terburu-buru masuk ke pasar, demi meraih keuntungan sebagai yang pertama. Kalau bisa dibagi, pasar saat ini bisa dibagi tiga grup, yaitu: Grup Chipset, Grup Kamera, dan Grup Algoritma.

Grup Chipset: sebab untuk menjalankan AI butuh volume komputasi yang masif, maka dibutuhkan prosesor khusus yang bisa merealisasikan fitur AI dan mengakselerasi proses fotografi. Sebagai AI, engine itu sendiri harus mampu meningkatkan dirinya sendiri dengan pembelajaran terus menerus. Salah satu prosesor yang mampu melakukan itu adalah Kirin 970 dari Huawei. Prosesor ini mengalahkan pesaingnya berkat adanya NPU untuk memproses gambar, sehingga ia lebih efisien.

Grup Kamera: Salah satu yang menonjol di sini adalah smartphone ciptaan Google yang diluncurkan di semester 2, 2017 lalu. Ia mengkombinasikan komputasi cloud dan algoritma untuk membagi-bagi proses AI pada foto dan video. Dengan begitu, smartphone di kelompok ini dapat merekam obyek dengan baik. Tapi masalahnya, sistem ini sangat tergantung pada koneksi Internet.

Grup Algoritma: Manufaktur smartphone asal China, kebanyakan ada di kelompok ini. Mereka sangat tergantung pada peningkatan performa CPU dan GPU untuk memenuhi kebutuhan AI. Tapi karena tidak ada yang khusus didedikasikan menangani AI, maka performanya pun tak utuh. Akan sangat berbeda hasilnya kalau ada NPU yang dikhususkan untuk menangani AI. Begitulah yang bisa dicapai oleh Huawei P20 Pro.

BACA JUGA :  Realme Hadirkan Banyak Kejutan Selama 11.11 di Lazada

Tapi Huawei tampaknya ingin menyajikan kemampuan smartphone premium ini kepada masyarakat yang lebih luas melalui lini terbaru Nova Series-nya. Smartphone ini disebut diperkuat SoC kelas premium dengan kemampuan AI, tapi memiliki harga yang sebanding dengan smartphone kelas menengah lainnya.

Tak cuma itu, Nova Series terbaru ini juga sudah memakai empat kamera, dengan kamera belakang 24MP dan 16 MP, serta kamera depan yang memiliki formasi atau pasangan lensa 24MP dan 2MP. Kamera depan ini juga dilengkapi kemampuan scene recognition, yang pertama di industri. Sehingga bukan hanya obyek foto yang terlihat bagus, tapi latar belakangnya juga.

Makin penasaran? Jangan khawatir. Huawei akan segera menghadirkan smartphone berkemampuan hebat ini di Indonesia pada 31 Juli mendatang. Anda juga bisa mengintip lebih jauh fitur-fitur Nova Series terbaru ini melalui pemberitaan di media massa dan media sosial Huawei. Pantau terus ya.

Untuk informasi lainnya, kunjungi: https://consumer.huawei.com/id/

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Berita

EnGenius Cloud Diluncurkan, Tawarkan Solusi Jaringan Berbasis Cloud Bagi SME di Indonesia

Published

on

Trenteknologi.com – EnGenius Networks Singapore Pte Ltd, perusahaan jaringan nirkabel multinasional terkemuka, yang telah berpengalaman dalam solusi hardware dan software untuk perusahaan kecil dan menengah selama lebih dari dua dekade, mengumumkan kehadiran solusi EnGenius Cloud. EnGenius menggunakan teknologi komputasi cloud tercanggih yang ditanamkan dalam solusi pengelolaan jaringan nirkabel berbasis cloud pertamanya. Layanan ini ditujukan bagi perusahaan skala kecil dan menengah di Indonesia. Dengan kehadiran teknologi baru di dalam portofolio EnGenius di bidang solusi jaringan yang terus bertumbuh itu, para administrator TI dari perusahaan-perusahaan kecil dan menengah di Indonesia bisa merencanakan dan menjalankan ribuan jaringan canggih hanya dalam hitungan menit.

Saat ini, banyak perusahaan di dunia yang melakukan transformasi digital dengan mengadopsi jaringan yang mendukung teknologi cloud. Model jaringan seperti ini telah diterima secara luas oleh karena kemudahan pengaturan dan skalabilitasnya yang tinggi pada beban kerja yang lebih tinggi. Menurut IDC, penyebaran model jaringan berbasis cloud ini sudah mencapai 26 persen pada 2017. Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat dan diprediksi akan tumbuh menjadi 38 persen pada 2020. Fleksibilitas jaringan dan skalabilitas menjadi faktor yang membuat banyak perusahaan membangun infrastruktur TI berbasis cloud.

Solusi ini akan sangat menguntungkan bagi perusahaan berskala kecil dan menengah di Indonesia, yang terus didorong oleh pemerintah untuk mengadopsi teknologi digital dalam bisnis mereka, menuju target Indonesia sebagai negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, Indonesia memiliki sekitar 60 juta usaha kecil dan menengah, atau 99 persen dari total unit bisnis di Tanah Air. Kontribusi SME terhadap GDP mencapai 60 persen dan menyerap 116,73 juta tenaga kerja atau sekitar 97 persen dari total tenaga kerja. Namun penetrasi digital masih harus terus digenjot. Data dari Kementerian Koperasi dan UKM RI menyatakan bahwa 36 persen SME masih berbisnis secara offline dan 37 persen baru memiliki kemampuan digital yang mendasar, seperti adanya perangkat komputer dan akses broadband. Sebanyak 18 persen sudah menggunakan web dan media sosial, tetapi hanya 9 persen yang telah memiliki kemampuan digital yang mumpuni.

BACA JUGA :  Logitech G Kembangkan Sensor HERO 16K untuk Mouse Gaming, Kini Lebih Akurat !

Layanan cloud dari EnGenius diciptakan supaya pengadopsian digital semakin mudah dan terjangkau. Solusi ini dibangun di atas solusi cloud sejati – fondasinya adalah teknologi komputasi cloud paling canggih yang sudah terkenal di industri, yang beroperasi tanpa server (serverless) dengan desain Function-as-a-Service (FaaS), yang bekerja dalam hitungan mikrodetik dan menawarkan skalabilitas yang tinggi. Menariknya, solusi ini juga sudah siap mendukung AI sehingga infrastruktur komputasi cloud yang kuat dan dinamis ini tak terbatas pada perangkat yang dikelola per lokasi. Bahkan kinerjanya dapat diandalkan, meskipun sudah mencapai jumlah perangkat maksimum. Sehingga solusi ini mampu mengontrol dan memonitor sampai 100.000 perangkat access point dan switch secara bersamaan, hanya dengan satu akun saja.

Dengan menggunakan FaaS yang tak membutuhkan server, kebutuhan jaringan bisa disesuaikan berdasarkan permintaan. Jadi, bilamana ada permintaan fungsi baru atau beban tambahan, sumber daya yang tersedia akan dialokasikan berdasarkan karakteristik fungsi yang diinginkan. Selain itu, desain yang serverless ini tak hanya mampu memaksimalkan sumber daya, tapi juga dapat meningkatkan kinerja dari tiap fungsi yang ada di dalam jaringan.

EnGenius Cloud memiliki tingkat keamanan berlapis. Perangkat pengelolaan jaringan dipisahkan menggunakan tunnel yang dilindungi dengan otentifikasi dua faktor (two-factor authentication – TFA) untuk keamanan data pelanggan. Sebagai tambahan, EnGenius sudah mengimplementasikan infrastruktur cloud Multi-Tenant nan canggih untuk lebih melindungi pengelolaan user dan data mereka. Pelanggan di Indonesia kini memiliki solusi cloud yang aman dan scalable, yang dapat memberikan jaminan uptime 99,99 persen.

BACA JUGA :  Ini 7 Alasan Mengapa Harus Membeli HUAWEI WATCH GT Active & Elegant

“EnGenius Cloud telah membuat perusahaan kami berada di posisi terdepan dalam persaingan dan melengkapi solusi pengelolaan jaringan kami,” kata Lawrence Lim, Regional GM, APAC & Middle East, EnGenius Networks (S) Pte Ltd. “Kerja keras tim kami dan dedikasi mereka selama bertahun-tahun telah mampu mengembangkan sebuah solusi pengelolaan jaringan yang bebas langganan dengan insight yang praktis yang dapat memenuhi kebutuhan dan permintaan yang kompleks dari perusahaan kecil dan menengah di Indonesia, yang ingin memetik keuntungan dari kenyamanan yang ditawarkan oleh teknologi terbaru kami. Solusi EnGenius Cloud yang sudah lama ditunggu-tunggu adalah pondasi yang kita butuhkan untuk melanjutkan pengembangan pengelolaan jaringan nirkabel bagi perusahaan skala kecil dan menengah di Indonesia.”

EnGenius tidak hanya mendesain solusi cloud generasi terbaru yang secara inheren sangat scalable, tapi EnGenius juga memperkenalkan fitur dan tool visual terbaru yang didukung teknologi AI, untuk menyongsong pengembangan cloud masa depan. Fitur Advisory berbasis AI di EnGenius Cloud akan mendiagnosis jaringan, menunjukkan masalah yang terjadi dan menyediakan panduan bagi administrator jaringan untuk mengambil keputusan yang potensial. EnGenius juga mengintegrasikan tool pemenang penghargaan yaitu ezWifi Planner, untuk lebih melengkapi solusi cloud dengan perancangan Wi-Fi real-time. EnGenius melangkah lebih jauh

dengan penawaran unik berupa Multi-Tenant dan Topology View, yaitu fitur di mana administrator jaringan bisa mengatur onsite privileges yang berbeda-beda menurut user dan lokasi, dan secara otomatis memetakan penyebaran jaringan dan menampilkan koneksi perangkat, saat mereka sedang mobile. Solusi cloud EnGenius yang canggih ini sudah compatible dengan access point 11ax dan 11ac generasi terbaru dan gigabit switch.

EnGenius Cloud menawarkan akses 24/7 ke visual tool yang komprehensif, yang menyajikan tampilan terbaik dari jaringan EnGenius, hingga pemahaman mendetail untuk troubleshooting yang lebih menyeluruh. Dengan menyederhanakan proses troubleshooting, pengelolaan beberapa lokasi dari jarak jauh dan pembaruan firmware dan keamanan, EnGenius Cloud terbaru ini akan mengurangi kunjungan teknisi dan membawa manajemen jaringan WiFi yang canggih dan site survey tools, kepada perusahaan-perusahaan skala kecil dan menengah di Indonesia.

BACA JUGA :  Huawei FreeLace Resmi Dirilis di Indonesia, Evolusi Earphone Nirkabel
Continue Reading

Berita

Logitech Pebble M350 Hadir di Indonesia, Unggulkan Mouse Wireless yang Ramping & Menonjol

Published

on

Trenteknologi.com – Logitech telah meluncurkan mouse wireless terbarunya, yaitu Logitech Pebble M350, ke pasar Indonesia. Mouse wireless yang simpel, nyaman, hening saat digunakan, dilengkapi dengan semua pendukung utama dari mouse Logitech yang terpercaya. Logitech Pebble M350 tersedia dalam tiga warna, bentuknya ramping dan mudah dibawa kemana-mana akan terasa nyaman di genggaman tangan anda, layaknya Batu Pancawarna.

Setiap orang perlu memiliki perangkat teknologi yang bekerja dengan baik, nyaman digunakan dengan bentuk menarik,” kata Ismail Maksum, Country Manager Logitech Indonesia. Logitech Pebble M350 merupakan mouse sederhana, nyaman dan didesain sesuai dengan gaya hidup yang serba cepat, dimanapun Anda pilih untuk mengerjakan pekerjaan.

Logitech Pebble M350 tersedia dalam warna putih, pink dan hitam, dengan konsep desain yang minimalis dan fleksibel. Dimanapun Anda menggunakan komputer, baik itu di rumah, di kantor, ataupun tempat lainnya, Anda dan lingkungan sekeliling  akan merasa senang dengan pengalaman hening tanpa bunyi yang mengganggu (silent). Mouse ini tetap dilengkapi dengan pengalaman klik mouse pada umumnya, tetapi dengan pengurangan bunyi hingga 90 persen. Bahkan scroll wheel meluncur dengan hening (silent).

Dilengkapi dengan konektivitas ganda, pengguna bisa pilih koneksi melalui Bluetooth® atau melalui USB receiver Logitech. Ditambah high-precision optical tracking, Logitech Pebble M350 dapat bekerja hampir di semua permukaan.

BACA JUGA :  Huawei FreeLace Resmi Dirilis di Indonesia, Evolusi Earphone Nirkabel

Harga dan Ketersediaan

Mouse Wireless Logitech Pebble M350 kini telah tersedia di pasaran dengan harga eceran yang disarankan, Rp 369.999,-. Untuk Informasi lebih lanjut, silakan mengunjungi web atau Facebook kami

Continue Reading

Berita

Vivo Z1 Pro Smartphone dengan Performa Tangguh, Cocok Untuk Para Gamer

Published

on

Trenteknologi.com – Tahun ini sepertinya Vivo ingin sekali membuktikan komitmennya untuk pasar smartphone Indonesia. Hal tersebut terbukti dengan cara dalam waktu yang berdekatan, Vivo secara resmi memboyong Vivo S1 dan Vivo Y15 ke Indonesia dan kali ini kembali memboyong smartphone terbarunya yang diklaim memiliki performa tangguh yaitu Vivo Z1 Pro yang merupakan Z-Series pertamanya di Indonesia. Mengusung taglinePowerful Inside” vivo Z1 Pro hadir dengan fitur utama performa tangguh didukung prosesor Snapdragon 712 AIE, baterai super besar 5000 mAh  dengan 18w Dual-Engine Fast Charging, layar sinematik 6,53″ FHD+ Ultra O Screen pertama oleh vivo, serta 32MP AI Selfie Camera. Konsumen pun dapat melakukan pre-order secara eksklusif melalui Official Online Store vivo di e-commerce Lazada mulai 5 Agustus sampai 8 Agustus 2019.

Senior Brand Director vivo Indonesia, Edy Kusuma menyatakan “Kehadiran vivo Z1 Pro ini merupakan komitmen vivo untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Saat ini, konsumen sedang membutuhkan perangkat smartphone yang bisa memberikan performa kuat untuk aktifitas mobile gaming, mobilitas tinggi dan juga fotografi. Oleh karena itulah vivo menghadirkan vivo Z1 Pro sebagai perangkat sehari-hari yang dapat diandalkan,”

Performa yang ‘Powerful Inside’

Mendukung pengalaman mobile harian yang dapat diandalkan, vivo Z1 Pro ini dipersenjatai dengan prosesor Snapdragon 712 AIE, serta dilengkapi fitur vivo Multi-Turbo dan Ultra Game Mode yang didesain khusus oleh vivo. Qualcomm Snapdragon 712 AIE siap menghadirkan CPU terbaik di kelasnya melalui Qualcomm Kryo 360 CPU Octa-Core, yang dibangun pada proses 10nm dan menggunakan multi-core canggih yang memiliki kecepatan clock hingga 2.3GHz, hal ini merupakan peningkatan pada kelas pendahulunya Snapdragon 710 yang memiliki kecepatan clock 2.2GHz. Fabrikasi 10nm menghadirkan manajemen daya yang lebih rendah yang dapat membuat baterai vivo Z1 Pro tahan lama.

BACA JUGA :  Huawei FreeLace Resmi Dirilis di Indonesia, Evolusi Earphone Nirkabel

Mendukung pengalaman untuk multi-aplikasi baik streaming hingga mobile gaming yang semakin mantap, Snapdragon 712 AIE dengan Qualcomm Octa-core CPU Generasi ke-3 akan memberikan performa gaming yang lebih halus namun tetap efisien. prosesor vivo Z1 Pro ini juga dibundel dengan Qualcomm Adreno 616 GPU yang menghadirkan rendering grafis 45% lebih cepat dibandingkan seri Snapdragon 660 sebelumnya.

Qualcomm Spectra 250 sebagai ISP pada Snapdragon 712 AIE juga mendukung hadirnya berbagai fitur canggih pada vivo Z1 Pro, antara lain merekam video berkualitas 4K dengan 1 miliar shade warna beserta pengalaman audio yang lebih nyata. Selain itu, pengambilan video dengan vivo Z1 Pro sudah didukung dengan Electronic Image Stabilization (EIS) yang tetap menghadirkan performa optimal dengan konsumsi daya yang jauh lebih rendah.

Bagi para penggemar mobile gaming, dukungan vivo Multi-Turbo dengan 5 fitur optimalisasi yaitu Center Turbo, AI Turbo, Net Turbo, Cooling  Turbo, dan Game Turbo siap menambah akselerasi performa smartphone saat menjalankan aplikasi gaming pada vivo Z1 Pro. Selain itu, Ultra Game Mode yang memiliki fitur pengubah suara, sound-localisation training center, 4D game vibrations, tanda “do not disturb”, dan berbagai fitur didalamnya juga membuat pengguna semakin fokus dan bebas gangguan saat bermain game.

Baterai Besar dengan Fitur Pengisian Cepat

Agar mampu mendukung aktivitas harian yang tinggi, daya tahan baterai menjadi aspek esensial bagi pengguna. vivo Z1 Pro mengusung baterai super besar 5000 mAH. Kapasitas lebih besar ini memungkinkan pengguna untuk menjalankan YouTube hingga 13 jam, atau bermain PUBG hingga 7.5 jam.

BACA JUGA :  Ini 3 Fakta mengenai Huawei P30 Series yang akan Diluncurkan di Paris

vivo Z1 Pro juga didukung 18W Dual Engine Fast Charging yang memudahkan pengisian baterai agar lebih cepat, serta fitur Reverse Charging di mana vivo Z1 Pro dapat digunakan layaknya power bank untuk perangkat lainnya.

Desain Elegan, dengan Layar Ultra O Screen Pertama oleh vivo

Untuk memanjakan pengguna dengan visual gaming yang apik, vivo Z1 Pro mengusung layar berukuran 6.53 inci dan resolusi FullHD+ (2340 X 1080 pixel) serta aspect ratio 19.5:9. vivo Z1 Pro mengadopsi desain Ultra O Screen atau layar berlubang untuk menampung modul kamera depan beresolusi 32MP dengan bukaan lensa f/2.0 dan fitur AI Beauty.

 

Untuk bagian belakang, terdapat teknologi AI Triple Camera dengan kamera utama beresolusi 16MP dan bukaan f/1.8, 8MP dengan bukaan f/2.2 untuk lensa AI Super Wide-Angle, dan 2MP dengan bukaan f/2.4 untuk depth sensor. Untuk pilihan warna, vivo Z1 Pro menyediakan 2 pilihan warna, yaitu Sonic Black dan Sonic Blue.

Yoga Samiaji, Senior Product Manager PT vivo Mobile Indonesia menyatakan, “vivo Z1 Pro mengusung spesifikasi yang dapat mendukung kebutuhan konsumen muda terhadap performa andal untuk mobilitasnya yang tinggi, hingga kebutuhan aktivitas mobile gaming kesukaannya di mana pun dan kapan pun, tentunya dengan fitur yang ada vivo Z1 Pro seperti prosesor yang powerful dan baterai berkapasitas besar. Selain itu, tidak meninggalkan ciri khas mobile photography yang diusung vivo, vivo Z1 Pro juga dilengkapi kamera beresolusi tinggi serta layar luas untuk memanjakan kebutuhan visual pengguna.”

BACA JUGA :  Nokia 6.1 Plus Resmi Mendarat di Indonesia, Dengan Desain Layar Penuh dan Kinerja Luar Biasa

Ketersediaan

vivo Z1 Pro resmi meluncur dengan harga Rp3.099.000. vivo Indonesia membuka pre-order atau pemesanan vivo Z1 Pro secara eksklusif mulai 5 Agustus hingga 8 Agustus 2019 melalui vivo store di marketplace Lazada sebagai Official E-Commerce Partner. Rangkaian benefit tambahan seperti Giftbox senilai Rp 500,000 (selama persediaan masih ada), PUBG Redeem Code, serta promo cicilan Rp 200,000 dengan Kredivo dapat langsung didapatkan konsumen yang melakukan pemesanan.

Selain itu, vivo berkolaborasi dengan IM3 Ooredoo sebagai mitra eksklusif untuk paket bundling vivo Z1 Pro. Setiap pembelian vivo Z1 Pro konsumen akan mendapatkan kartu perdana prabayar IM3 Ooredoo dan dapat menikmati benefit paket internet 25GB + 5GB kuota game FREE hanya dengan top up Rp. 50.000 setiap bulannya selama 3 bulan. vivo juga akan membuka penjualan offline vivo Z1 Pro pada pertengahan Agustus.

Continue Reading
Advertisement

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement

Top 5