Connect with us

Berita

Walaupun Ikut Membawa Teknologi AI, Namun Huawei Nova Series Terbaru Berbeda ?

Published

on

Trenteknologi.com – Huawei melihat ada pergeseran fokus dari manufaktur smartphone pada 2018 ini. Pada awal tahun, manufaktur smartphone masih berkutat soal desain yang bezel-less, lalu lambat laun mulai mengarahkan perhatiannya pada teknologi Artificial Intelligence (AI). Sekarang, semua manufaktur sudah menanamkan kemampuan AI di perangkat jagoan mereka. Dan di antara fitur AI yang menarik itu, AI pada sektor fotografi adalah yang paling hangat dibicarakan.

Sejarah fotografi di telepon selular ditancapkan pada 18 tahun lalu dengan kehadiran kamera ponsel yang memakai sensor CMOS 110.000 piksel. Kemampuannya jauhlah dibandingkan dengan yang sudah kita nikmati pada hari-hari ini. Tapi tak bisa dipungkiri, telepon genggam berkamera pertama itu telah mengubah industri dan dampaknya kita rasakan sampai sekarang.

Berbagai manufaktur telepon seluler, sejak era feature phone, sampai di era smartphone sekarang, terus berinovasi, mencoba menghadirkan fitur kamera smartphone yang mampu mengabadikan kenangan-kenangan terbaik mereka. Malah, kalau bisa menggantikan kamera digital.

Dari sekadar kamera bersensor CMOS, industri kemudian mulai menerima smartphone berkamera 5 MP yang sudah mendukung autofocus. Tak hanya bagian belakang, kamera depan pun hadir, dan kelak melahirkan trend bernama selfie.

Kini, 18 tahun kemudian, teknologi kamera pada smartphone sudah melompat begitu jauh. Dari sekadar satu kamera di depan dan satu di belakang, kita sudah bisa menikmati kamera belakang tiga sekaligus pada P20 Pro, yang merupakan hasil kerjasama Huawei dan Leica.

BACA JUGA :  MediaTek Rilis Helio P90 Dengan AI Lebih Canggih dan Fotografi Resolusi Tinggi

Lebih jauh lagi, kita sudah berada di era fotografi smartphone yang mengutilisasi kemampuan teknologi kecerdasan buatan alias AI. Di zaman ini, manufaktur ponsel banyak yang terburu-buru masuk ke pasar, demi meraih keuntungan sebagai yang pertama. Kalau bisa dibagi, pasar saat ini bisa dibagi tiga grup, yaitu: Grup Chipset, Grup Kamera, dan Grup Algoritma.

Grup Chipset: sebab untuk menjalankan AI butuh volume komputasi yang masif, maka dibutuhkan prosesor khusus yang bisa merealisasikan fitur AI dan mengakselerasi proses fotografi. Sebagai AI, engine itu sendiri harus mampu meningkatkan dirinya sendiri dengan pembelajaran terus menerus. Salah satu prosesor yang mampu melakukan itu adalah Kirin 970 dari Huawei. Prosesor ini mengalahkan pesaingnya berkat adanya NPU untuk memproses gambar, sehingga ia lebih efisien.

Grup Kamera: Salah satu yang menonjol di sini adalah smartphone ciptaan Google yang diluncurkan di semester 2, 2017 lalu. Ia mengkombinasikan komputasi cloud dan algoritma untuk membagi-bagi proses AI pada foto dan video. Dengan begitu, smartphone di kelompok ini dapat merekam obyek dengan baik. Tapi masalahnya, sistem ini sangat tergantung pada koneksi Internet.

Grup Algoritma: Manufaktur smartphone asal China, kebanyakan ada di kelompok ini. Mereka sangat tergantung pada peningkatan performa CPU dan GPU untuk memenuhi kebutuhan AI. Tapi karena tidak ada yang khusus didedikasikan menangani AI, maka performanya pun tak utuh. Akan sangat berbeda hasilnya kalau ada NPU yang dikhususkan untuk menangani AI. Begitulah yang bisa dicapai oleh Huawei P20 Pro.

BACA JUGA :  Huawei Nova Academy Kembali Digelar, dengan Tema Cityscape Photography

Tapi Huawei tampaknya ingin menyajikan kemampuan smartphone premium ini kepada masyarakat yang lebih luas melalui lini terbaru Nova Series-nya. Smartphone ini disebut diperkuat SoC kelas premium dengan kemampuan AI, tapi memiliki harga yang sebanding dengan smartphone kelas menengah lainnya.

Tak cuma itu, Nova Series terbaru ini juga sudah memakai empat kamera, dengan kamera belakang 24MP dan 16 MP, serta kamera depan yang memiliki formasi atau pasangan lensa 24MP dan 2MP. Kamera depan ini juga dilengkapi kemampuan scene recognition, yang pertama di industri. Sehingga bukan hanya obyek foto yang terlihat bagus, tapi latar belakangnya juga.

Makin penasaran? Jangan khawatir. Huawei akan segera menghadirkan smartphone berkemampuan hebat ini di Indonesia pada 31 Juli mendatang. Anda juga bisa mengintip lebih jauh fitur-fitur Nova Series terbaru ini melalui pemberitaan di media massa dan media sosial Huawei. Pantau terus ya.

Untuk informasi lainnya, kunjungi: https://consumer.huawei.com/id/

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Berita

Realme XT Pimpin Tren Kamera Smartphone “Quad Camera” Beresolusi 64MP

Published

on

Trenteknologi.com – Inilah waktu bagi realme membuka era baru kamera smartphone Tanah Air. Setelah sempat memberikan bocorannya, kini saatnya realme menguak produk terbaru mereka. realme XT menjadi salah satu pelopor dalam menghadirkan kemampuan menangkap sebuah foto melalui resolusi yang super besar. Dengan besaran kamera utamanya 64MP, tangkap semua detail secara luar biasa hanya dengan satu jepretan.

Setelah berhasil melakukan penelitian mendalam untuk mengimplementasikan kamera resolusi tinggi ke smartphone, realme berfokus ke pengguna anak muda dengan menantang dirinya sendiri. Mereka ingin untuk selalu bisa menghadirkan teknologi paling mutakhir ke penggunanya. Inilah yang menjadi cikal bakal kelahiran realme XT ke Indonesia. realme XT akan menjadi 64MP Quad Camera Xpert dengan menghadirkan sensor kamera tertinggi di dunia yang belum pernah ada sebelumnya.

realme XT mampu hasilkan foto beresolusi 9216×6912 piksel yang sangat detail dalam mode bernama Ultra 64MP. Ukuran foto akan 4 kali lebih besar dari pemotretan reguler 16MP. Ini memberikan keuntungan dengan detail yang sangat tajam saat diperbesar. Sebagai gambaran, saat ini resolusi kamera terbesar yang ada di pasaran adalah 48MP. realme pun menjadi salah satu pelopor lahirnya era 48MP, dan telah siap untuk melompat lebih jauh melalui resolusi 64MP.

Ponsel realme XT juga masih masuk ke dalam kategori Quad Camera, yang berarti tidak hanya mengandalkan satu kamera saja di bagian belakang, tapi bersama-sama dengan tiga kamera lain. Dimulai dari realme 5 dan realme 5 Pro, Quad Camera menjadi identitas baru realme dalam meluncurkan produk-produk andalan. Ini disebabkan oleh buah pemikiran akan hasil foto yang harus bisa memberikan kualitas terbaik di berbagai skenario.

BACA JUGA :  Tahun Baru, Huawei Nova 3i Turun Harga dengan Bonus Menarik di Lazada

Hal tersebut mungkin diwujudkan melalui kamera-kamera terdedikasi. Seperti kamera dengan lensa ultra-wide untuk tangkapan lebar, lensa ultra-macro untuk tangkapan objek kecil, dan lensa telefoto untuk hasilkan foto dengan efek bokeh terbaik. Di bagian depan, terdapat kamera selfie beresolusi 16MP yang ditempatkan di minidrop notch.

Sebagai gambaran, kamera 64MP realme XT memiliki ukuran sensor yang lebih besar dari realme 5 Pro. Bersama dengan teknologi ISOCELL Plus, sensor 64MP dari Samsung menggunakan teknologi piksel Tetracell 4-in-1 untuk menggabungkan empat piksel yang berdekatan menjadi satu piksel besar berukuran 1.6μm. Teknologi Tetracell dan 3D HDR akan memungkinkan para pengguna mengambil foto-foto sejernih kristal kapan pun. Kamera realme XT bisa memberikan tampilan yang cantik dan menakjubkan di segala kondisi pemotretan.

Tentu realme XT tidak hanya akan hadir dengan keunggulan di sektor kamera. Smartphone ini turut dilengkapi dengan spesifikasi mumpuni lain di berbagai bidang. Sebut saja dalam urusan prosesor, teknologi pengisian baterai, dan layar yang membawanya setingkat dengan perangkat-perangkat flagship.

Maka bersiaplah untuk menyambut dan mencoba 64MP Quad Camera Xpert dari realme XT. Smartphone yang berikan pengalaman mobile photography benar-benar berbeda di rentang harga Rp 3 Jutaan.

Continue Reading

Berita

Realme XT dengan Kamera 64MP Bakal Dijual di Indonesia, dengan Harga 3 Jutaan

Published

on

Trenteknologi.com – Untuk mempertahankan posisinya sebagai Top 5 Smartphone Brand di Indonesia, Realme akan kembali membawa produk terbarunya ke Indonesia yaitu realme XT. Ponsel terbarunya ini akan diluncurkan pada 23 Oktober 2019 mendatang, realme XT akan menjadi 64MP Quad Camera Xpert dengan menghadirkan sensor kamera tertinggi di smartphone saat ini yang belum pernah ada sebelumnya kepada anak muda di Indonesia.

Setelah beberapa waktu lalu memboyong Realme 5 dan Realme 5 Pro ke Indonesia, Realme XT sendiri juga merupakan salah satu seri produk “Leap To Quad Camera” dari realme yang tentunya lebih canggih dari rangkaian produk realme sebelumnya. realme XT akan melanjutkan kesuksesan seri X dari realme, yang dikenal sebagai seri yang memiliki banyak inovasi terbaru. realme XT akan membawa pengguna ke era baru mobile photography yang super detil dan super jernih dengan resolusi tinggi dan konfigurasi kamera quad yang dibawa olehnya.

“Sebagai merek smartphone baru yang “Dare to Leap”, realme berkomitmen untuk terus mengeksplorasi kemungkinan dalam menciptakan era baru mobile photography. Setelah realme 5 Series, seri kamera quad pertama kami diluncurkan di Tanah Air mendapat sambutan baik oleh pelanggan kami, oleh karena itu kami akan segera meluncurkan 64MP Quad Camera Xpert. Hari ini, dengan senang hati saya mengumumkan bahwa realme XT, yang merupakan smartphone expert terlengkap di segmen harga Rp 3 Jutaan akan diluncurkan di Indonesia pada tanggal 23 Oktober. Dengan realme XT, kami percaya kami dapat memberikan pengalaman fotografi yang baru dari kamera smartphone dalam mengambil gambar dan memberikan pengalaman seperti fotografer profesional hanya dengan sebuah smartphone,” kata Josef Wang – Marketing Director realme SEA.

BACA JUGA :  Ingin Dapat Smartphone Nova Series Terbaru dari Huawei ? Begini Caranya

Realme XT akan hadir dengan layar 6,4 inci FHD+ Super AMOLED Dewdrop yang menawarkan In-Display Fingerprint serta rasio layar 91,9%. Smartphone ini juga ditenagai oleh Snapdragon 712 yang dipasangkan dengan pilihan RAM hingga 8GB dan penyimpanan internal 128GB. realme XT didukung oleh baterai besar 4.000 mAh dengan dukungan VOOC Flash Charge 3.0. realme XT akan hadir dalam dua varian, 4GB+128GB dan 8GB+128GB.

Di bagian belakang, realme XT menggunakan konfigurasi quad-camera yang membawa sensor 64MP Samsung ISOCELL Bright GW1 dengan aperture f/1.8 dan EIS. realme XT juga memiliki mode Ultra 64MP dalam pengaturan kamera yang akan memungkinkan pengguna mengambil foto dengan resolusi penuh. Pengaturan quad-camera juga mencakup kamera ultra-wide 8MP, kamera ultra-macro 2MP dan kamera depth-sensor 2MP. Di bagian depan, terdapat kamera selfie beresolusi 16MP yang ditempatkan di minidrop notch.

Berbicara tentang desain dan finishing, realme XT akan memberikan pengguna sensasi premium dan material yang disempurnakan. realme XT adalah smartphone pertama dari realme yang membawa kaca Gorilla Glass 5 di bagian depan dan belakang, yang bertujuan untuk memberikan tampilan dan nuansa premium. realme XT menghadirkan desain 3D glass hyperbola curve back yang tidak hanya memberikan pengalaman menggenggam yang lebih baik, tetapi juga memberikan efek visual yang sangat menarik. realme XT akan memiliki dua varian warna: Pearl Blue & Pearl White.

BACA JUGA :  Vivo Z1 Pro Smartphone dengan Performa Tangguh, Cocok Untuk Para Gamer

Persiapkan diri Anda untuk menyambut dan mencoba 64MP Quad Camera Xpert dari realme XT yang melampaui batas, memberikan pengalaman mobile photography yang benar-benar berbeda di rentang harga Rp 3 Jutaan. Bagi yang ingin lebih tahu tentang realme XT, anak-anak muda di Indonesia dapat mengunjungi web resmi realme Indonesia melalui realme.com/id.

Continue Reading

Berita

Hanya Dalam Waktu 1 Tahun, Realme Menjadi Top 5 Smartphone Brand di Indonesia

Published

on

Trenteknologi.com – Dikenal sebagai pemain baru di industri smartphone di Tanah Air, realme, merek smartphone yang berhasil menyediakan smartphone dengan spesifikasi terbaik di kelasnya dan desain yang stylish, hari ini merayakan hari jadi pertamanya di Indonesia. Secara resmi meluncurkan produk lini pertamanya pada Oktober 2018, realme tampaknya tidak pernah berhenti memenuhi kebutuhan smartphone berteknologi terkini dengan harga kompetitif untuk anak muda di Indonesia.

Sedikit kilas balik ke 9 Oktober 2018, realme meluncurkan realme 2 Series & realme C1 untuk pertama kalinya di Indonesia dan di Asia Tenggara. Dengan tagline Proud to Be Young, realme 2 & realme 2 Pro diprediksi akan menjadi game changer dan merek smartphone pilihan terbaru untuk generasi muda di Indonesia dan Asia Tenggara. Dengan cepat, kedua smartphone ini dan entry level king realme C1 terjual puluhan ribu unit di Lazada.

Memasuki tahun 2019, realme membuat perubahan desain pada logonya yang menjadi lebih ikonik dan menghadirkan semangat baru Dare to Leap. Hal tersebut dilakukan karena realme adalah perusahaan yang berani menerobos batasan dan memiliki visi global yang berwawasan ke depan. realme juga dengan cepat memasuki pasar global dan berulang kali memecahkan rekor penjualan, membuktikan bahwa realme sangat mengerti kebutuhan smartphone untuk anak muda di seluruh dunia. realme dioperasikan dan dikelola oleh sekelompok anak muda, telah mencapai hasil luar biasa di pasar luar negeri.

BACA JUGA :  Huawei Nova Academy Kembali Digelar, dengan Tema Cityscape Photography

Hanya dalam waktu satu tahun, realme berhasil menjadi Top 10 Smartphone Brand di dunia yang bersaing dengan Samsung, Huawei dan Apple berdasarkan laporan penjualan ponsel dari Counterpoint pada Q2-2019. Di Indonesia, laporan dari Counterpoint, Canalyst, dan IDC menempatkan realme di posisi kelima dari Top 5 Smartphone Brand di Indonesia. Tentunya, prestasi tersebut telah menjadi pencapaian terbesar yang diperoleh realme dalam waktu kurang dari setahun di Indonesia.

“Setahun sudah kami berada di Indonesia dengan meluncurkan produk pertama kami di Indonesia pada hari ini, satu tahun yang lalu. Tujuan awal realme di Indonesia adalah menghadirkan produk dengan pengalaman terbaru dan unik bagi anak muda. Dengan demikian, produk kami penuh dengan inovasi dan dibuat berdasarkan umpan balik positif dari anak muda di Indonesia. Saya ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan dari semua pihak dan realme Fans di tahun pertama kami di Indonesia. Kami berharap dapat terus menyediakan produk yang luar biasa dan terjangkau bagi anak muda, melampaui ekspektasi mereka dalam hal kinerja, desain dan kualitas,” kata Josef Wang – Marketing Director realme SEA.

Sampai saat ini, realme telah membawa 10 produk secara resmi ke Indonesia dalam waktu satu tahun dan telah menjangkau hampir seluruh kota di Indonesia. Selain Indonesia, realme juga telah hadir di lebih dari 20 negara termasuk Tiongkok, Eropa, India, Asia Tenggara, dan Rusia. realme berhasil memecahkan rekor penjualan di berbagai negara termasuk Indonesia dan menjadi ‘Top 5 Smartphone Brand’ di Indonesia dalam waktu kurang dari setahun.

BACA JUGA :  Tahun Baru, Huawei Nova 3i Turun Harga dengan Bonus Menarik di Lazada

Apa Langkah realme Selanjutnya?

realme percaya teknologi saat ini merupakan bagian penting dari hampir semua aspek kehidupan manusia dan sebagian besar teknologi dipakai untuk membuat hal-hal yang positif. Saat ini realme telah menetapkan tujuan baru: berusaha untuk menjadi merek teknologi yang trendi. realme akan terus melampaui batas kinerja, desain, dan kualitas sekaligus untuk menyampaikan semangat “Dare to Leap” dan menghadirkan kejutan menarik bagi konsumen para muda. Produk realme terbaru, realme 5 dan realme 5 Pro mengusung desain kristal penuh gaya, desain diamond-cut dan pilihan warna yang lebih elegan sebagai implementasi dari semangat “leap to design”.

Menghadirkan semangat “leap to performance”, realme akan menghadirkan produk dengan kamera 64MPdan akan memasang chipset Snapdragon 855 Plus di masa depan. realme selalu mengejutkan konsumen dengan teknologi kamera yang menakjubkan sebagai hal penting bagi mereka. Sebagai salah satu produsen smartphone pertama yang mengambil sampel foto dengan resolusi besar 64MP melalui smartphone quad camera 64MP, realme telah membuktikan upayanya dalam membuat produk yang “Dare to Leap” melalui seri X yang akan datang: realme XT dan realme X2 Pro. Keduanya dilengkapi dengan spesifikasi level flagship, mulai dari kamera 64MP hingga Snapdragon 855 Plus dan solusi pengisian baterai cepat terbaru.

“Leap to Performance” lainnya yang akan dihadirkan oleh realme adalah kemampuan koneksi 5G. realme akan menjadi salah satu merek smartphone pertama yang mengadopsi teknologi 5G melalui kerjasamanya dengan Qualcomm. Perangkat realme di masa depan akan memiliki chipset Qualcomm terbaru, seri 7G Mobile Platform, yang mampu mendukung koneksi jaringan 5G dari semua wilayah dan pita frekuensi, serta arsitektur jaringan standalone (SA) dan non-standalone (NSA).

BACA JUGA :  Logitech G PRO X Headset Gaming dengan Teknologi Blue VO!CE, Hadir di Indonesia

realme tidak akan pernah berhenti mengeksplorasi inovasi ponsel berdasarkan penelitian yang mendalam dan masukan dari realme fans di seluruh dunia karena realme berfokus pada produk yang berorientasi pengguna dan memungkinkan pengguna untuk menerima terobosan atau inovasi teknologi yang dihadirkan oleh realme.

Sekilas mengenai perjalanan dan pencapaian realme di Indonesia

Continue Reading
Advertisement

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement

Top 5