Connect with us

Berita

Walaupun Ikut Membawa Teknologi AI, Namun Huawei Nova Series Terbaru Berbeda ?

Published

on

Trenteknologi.com – Huawei melihat ada pergeseran fokus dari manufaktur smartphone pada 2018 ini. Pada awal tahun, manufaktur smartphone masih berkutat soal desain yang bezel-less, lalu lambat laun mulai mengarahkan perhatiannya pada teknologi Artificial Intelligence (AI). Sekarang, semua manufaktur sudah menanamkan kemampuan AI di perangkat jagoan mereka. Dan di antara fitur AI yang menarik itu, AI pada sektor fotografi adalah yang paling hangat dibicarakan.

Sejarah fotografi di telepon selular ditancapkan pada 18 tahun lalu dengan kehadiran kamera ponsel yang memakai sensor CMOS 110.000 piksel. Kemampuannya jauhlah dibandingkan dengan yang sudah kita nikmati pada hari-hari ini. Tapi tak bisa dipungkiri, telepon genggam berkamera pertama itu telah mengubah industri dan dampaknya kita rasakan sampai sekarang.

Berbagai manufaktur telepon seluler, sejak era feature phone, sampai di era smartphone sekarang, terus berinovasi, mencoba menghadirkan fitur kamera smartphone yang mampu mengabadikan kenangan-kenangan terbaik mereka. Malah, kalau bisa menggantikan kamera digital.

Dari sekadar kamera bersensor CMOS, industri kemudian mulai menerima smartphone berkamera 5 MP yang sudah mendukung autofocus. Tak hanya bagian belakang, kamera depan pun hadir, dan kelak melahirkan trend bernama selfie.

Kini, 18 tahun kemudian, teknologi kamera pada smartphone sudah melompat begitu jauh. Dari sekadar satu kamera di depan dan satu di belakang, kita sudah bisa menikmati kamera belakang tiga sekaligus pada P20 Pro, yang merupakan hasil kerjasama Huawei dan Leica.

BACA JUGA :  ASUS Luncurkan Gaming Desktop ASUS ROG Strix GL12 dan GL10 di Indonesia

Lebih jauh lagi, kita sudah berada di era fotografi smartphone yang mengutilisasi kemampuan teknologi kecerdasan buatan alias AI. Di zaman ini, manufaktur ponsel banyak yang terburu-buru masuk ke pasar, demi meraih keuntungan sebagai yang pertama. Kalau bisa dibagi, pasar saat ini bisa dibagi tiga grup, yaitu: Grup Chipset, Grup Kamera, dan Grup Algoritma.

Grup Chipset: sebab untuk menjalankan AI butuh volume komputasi yang masif, maka dibutuhkan prosesor khusus yang bisa merealisasikan fitur AI dan mengakselerasi proses fotografi. Sebagai AI, engine itu sendiri harus mampu meningkatkan dirinya sendiri dengan pembelajaran terus menerus. Salah satu prosesor yang mampu melakukan itu adalah Kirin 970 dari Huawei. Prosesor ini mengalahkan pesaingnya berkat adanya NPU untuk memproses gambar, sehingga ia lebih efisien.

Grup Kamera: Salah satu yang menonjol di sini adalah smartphone ciptaan Google yang diluncurkan di semester 2, 2017 lalu. Ia mengkombinasikan komputasi cloud dan algoritma untuk membagi-bagi proses AI pada foto dan video. Dengan begitu, smartphone di kelompok ini dapat merekam obyek dengan baik. Tapi masalahnya, sistem ini sangat tergantung pada koneksi Internet.

Grup Algoritma: Manufaktur smartphone asal China, kebanyakan ada di kelompok ini. Mereka sangat tergantung pada peningkatan performa CPU dan GPU untuk memenuhi kebutuhan AI. Tapi karena tidak ada yang khusus didedikasikan menangani AI, maka performanya pun tak utuh. Akan sangat berbeda hasilnya kalau ada NPU yang dikhususkan untuk menangani AI. Begitulah yang bisa dicapai oleh Huawei P20 Pro.

BACA JUGA :  Vivo Pelopori Tren Teknologi Screen Touch ID

Tapi Huawei tampaknya ingin menyajikan kemampuan smartphone premium ini kepada masyarakat yang lebih luas melalui lini terbaru Nova Series-nya. Smartphone ini disebut diperkuat SoC kelas premium dengan kemampuan AI, tapi memiliki harga yang sebanding dengan smartphone kelas menengah lainnya.

Tak cuma itu, Nova Series terbaru ini juga sudah memakai empat kamera, dengan kamera belakang 24MP dan 16 MP, serta kamera depan yang memiliki formasi atau pasangan lensa 24MP dan 2MP. Kamera depan ini juga dilengkapi kemampuan scene recognition, yang pertama di industri. Sehingga bukan hanya obyek foto yang terlihat bagus, tapi latar belakangnya juga.

Makin penasaran? Jangan khawatir. Huawei akan segera menghadirkan smartphone berkemampuan hebat ini di Indonesia pada 31 Juli mendatang. Anda juga bisa mengintip lebih jauh fitur-fitur Nova Series terbaru ini melalui pemberitaan di media massa dan media sosial Huawei. Pantau terus ya.

Untuk informasi lainnya, kunjungi: https://consumer.huawei.com/id/

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Berita

realme X2 Pro Jadi Produk Flagship Terlaris di Blibli.com & realme 5s jadi No. 1 Produk Quad Camera di Lazada

Published

on

Trenteknologi.com – Melalui kampanye 12.12 realme Carnival yang diadakan kemarin, realme berikan kejutan dengan membawa smartphone populer mulai dari realme X2 Pro, realme 5s, kemudian realme 5, realme XT, dan realme 5 Pro yang dijual dengan harga khusus selama satu hari saja. Tidak hanya itu, headset nirkabel pertama dari realme juga dijual dengan pilihan warna lengkap serta harga yang lebih terjangkau.

Kejutan itu dihadirkan sebagai bentuk apresiasi realme ke pasar Tanah Air atas respons yang luar biasa. realme telah menggapai posisi Top 4 Smartphone Brand di Indonesia tahun ini. Pencapaian tersebut merupakan buah usaha keras realme dan tanggapan positif yang diberikan pasar.

Ditutup secara manis, realme mendapatkan rekor sebagai Merek Smartphone No. 1 di platform Akulaku karena memiliki tingkat pertumbuhan penjualan tertinggi dalam platform cicilan online tersebut selama 12.12 realme Carnival. realme turut menjadi Merek Smartphone Top 3 di Shopee. Seluruh pencapaian pada 12.12 realme Carnival membuktikan bahwa setiap kejutan yang diberikan realme kepada pelanggannya telah diterima dengan baik.

Secara spesifik, catatan lain juga diciptakan oleh produk realme Full Speed Flagship realme X2 Pro. Produk flagship yang baru diluncurkan ini mendapat jabatan no. 1 smartphone flagship terlaris dengan segmen Rp 7-8 Juta di Blibli.com. Smartphone realme 5s ikut meraih jabatan no. 1 New Quad Camera Smartphone di Lazada.

BACA JUGA :  Realme Tembus Top 7 Vendor Smartphone Global, Merek Smartphone Paling Cepat Berkembang

Untuk realme X2 Pro, pencapaiannya tidak mengherankan karena smartphone ini datang dengan banyak keunggulan. Dilempar realme ke pasar, realme X2 Pro dibekali prosesor Snapdragon seri 855+ berikan pengalaman performa yang luar biasa dan ditingkatkan. Cip pemrosesan AI juga tiga kali lebih cepat dari generasi sebelumnya, tangkas sekaligus cerdas menjalankan operasi inti.

Panel Super AMOLED Ultra Smooth dengan kecepatan refresh 90Hz yang diusungnya, menjadikan sajian visual paling halus yang memanjakan mata. Kecepatan turut ditunjukkan dari segi baterai dengan pengaplikasian teknologi pengisian 50W SuperVOOC. Teknologi tersebut bisa sajikan kecepatan pengisian baterai untuk penuh dari kondisi kosong hanya dalam waktu 35 menit.

Sedangkan untuk realme 5s, smartphone ini bisa menjadi no. 1 New Quad Camera Smartphone di Lazada karena bisa berikan standar baru ke jajaran smartphone di kelasnya. realme mengupgrade kamera utama di realme 5 menjadi resolusi 48MP.

Melalui tuntutan pengguna yang membutuhkan kinerja kamera yang lebih baik dan pengembangan dalam teknologi mobile photography, kamera resolusi sangat tinggi telah menjadi terobosan berikutnya dalam eksplorasi teknologi mobile photography. 48MP Quad Camera dari realme 5s dapat mengambil foto dengan resolusi setinggi 8000×6000 piksel sehingga menghasilkan gambar yang jelas dengan detail baik bahkan setelah diperbesar atau di-crop. Belum lagi baterai jumbonya yang mencapai kapasitas 5.000mAh tahan diajak beraktivitas berhari-hari.

BACA JUGA :  Realme U1 Akan Segera Dirilis di Indonesia, Akan Membawa Pengalaman Selfie Baru

Agar tidak melewatkan kesempatan emas berikutnya dari realme terus ikuti media sosial resmi realme Indonesia melalui akun Facebook di facebook.com/realmeIndonesia dan akun Instagram resmi realme Indonesia di instagram.com/realmeindonesia.

Continue Reading

Berita

Cuma Hari ini! 12.12 realme Carnival Hadir dengan Diskon Hingga 60%

Published

on

Trenteknologi.com – Hari ini atau tanggal 12 Desember menjadi tanggal penting terutama bagi yang ingin mendapatkan barang impian namun dengan harga khusus. Seperti realme yang memberikan kejutan kepada pelanggan dalam rangka meramaikan momentum Hari Belanja Online Nasional.  Melalui 12.12 realme Carnival di Shopee, Lazada, realme.com, dan Blibli.com, realme menghadirkan jajaran smartphone terbaiknya dengan diskon hingga 60% beserta hadiah spesial selama satu hari penuh.

realme mengadakan 12.12 realme Carnival sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan di Indonesia. Ini karena hanya dalam waktu setahun saja berkiprah, realme kini telah menduduki Top 4 Smartphone Brand di Indonesia. Selain bentuk dari apresiasi, 12.12 realme Carnival sekaligus menjadi jawaban realme dalam memenuhi permintaan tinggi dari pelanggan akan seri Quad Camera dan program promo Mega Sale 11.11 bulan lalu. Sebab realme sekaligus ingin membuktikan bahwa produk-produk unggulannya tersedia di pasaran. Ditambah melalui harga spesial dalam perhelatan 12.12 realme Carnival, realme siap menghadirkan Real Surprise bagi semua pelanggan di Indonesia.

Khusus di hari ini, realme menebar beragam produk smartphone populer seperti realme 5, realme 5 Pro, realme 5s, realme XT dan realme X2 Pro. realme 5, si Quad Camera PowerHero yang memberikan upgrade di berbagai bidang. realme 5 menjadi yang pertama di kelasnya dalam menghadirkan empat kamera belakang, baterai besar yang sangat tahan lama, serta prosesor berkinerja cepat.

BACA JUGA :  Realme Buds Wireless menjadi Bluetooth Neckband Earbuds terbaik untuk Musik

Pengaturan Quad Camera-nya termasuk kamera utama dengan sensor 12MP dengan aperture f/1.8, dan tiga lensa lainnya untuk menghadapi berbagai skenario. Upgrade besar lain dari realme 5 adalah baterai besar 5.000mAh yang memungkinkan untuk bertahan berhari-hari hanya dengan sekali pengisian daya. Smartphone quad camera terbaik di kelasnya ini hadir dengan harga khusus Rp 1.749.000 (3+32GB) dan Rp 2.199.000 (4+128GB) selama 12.12 realme Carnival.

Jika pelanggan menginginkan kamera resolusi besar yang disetel oleh ahlinya, ada 64MP Quad Camera Xpert realme XT yang disetel oleh sang ahli fotografer andal, Aaron Huey dari National Geographic. Smartphone ini tersedia dengan harga khusus Rp 3.499.000 (4+128GB) & Rp 4.199.000 (8+128GB) khusus di 12.12 realme Carnival.

Jika pelanggan menginginkan versi Pro, realme 5 Pro juga tersedia di 12.12 realme Carnival dengan harga spesial Rp 3.499.000 (8+128GB). realme 5 Pro menjadi produk andalan anak muda Indonesia sebab telah mengusung chipset Snapdragon 712 AIE yang cerdas, quad camera dengan sensor 48MP dengan Sony IMX586 yang serbaguna untuk mengambil foto layaknya pro dan VOOC Flash Charge 3.0 yang terbukti cepat dan aman.

realme 5s turut tersedia di momen luar biasa ini dengan harga Rp 2.699.000 (4+128GB). realme 5s membawa semua keunggulan yang telah menjadi ciri khas realme 5, dari baterai besar 5.000mAh, prosesor yang mumpuni di kelasnya yaitu Snapdragon 665 AIE, dan Quad Camera yang kini memiliki resolusi 48MP.

BACA JUGA :  ASUS Luncurkan Gaming Desktop ASUS ROG Strix GL12 dan GL10 di Indonesia

Produk flagship yang baru saja diluncurkan oleh realme yaitu Full Speed Flagship realme X2 Pro ikut tersedia dengan stok lebih banyak di 12.12 realme Carnival. realme X2 Pro dilengkapi dengan Snapdragon 855+, 90Hz Ultra Smooth Display, dan 50W SuperVOOC Flash Charge yang bisa mengisi daya ponsel dari 0% hingga 100% hanya dalam waktu 35 menit saja.

Tapi tidak berhenti di situ, realme sekaligus menyediakan gawai audio nirkabel mereka yaitu realme Buds Wireless yang juga dijual dengan harga spesial. Earphone nirkabel paling trendi dari realme, realme Buds Wireless tersedia juga dalam 3 pilihan warna (kuning-hitam, oranye, dan hijau) dengan harga spesial Rp 399.000.

Selama 12.12 realme Carnival, pelanggan bisa mendapatkan beragam produk di atas melalui platform Shopee, Lazada, dan realme.com dengan harga khusus di setiap platformnya sementara realme X2 Pro hanya akan tersedia di Blibli.com. Jadi jangan lewatkan kesempatan emas ini untuk mendapatkan produk terbaik dengan harga terbaik di 12.12 realme Carnival. Silakan mengunjungi situs resmi realme Indonesia di realme.com/id untuk informasi lebih detailnya.

Continue Reading

Berita

Xiaomi Meriahkan Festival Belanja Online 12.12, Dengan Diskon Hingga 20%

Published

on

Trenteknologi.com – Xiaomi kembali hadir untuk memeriahkan Harbolnas atau festival belanja online 12.12 dengan berbagai penawaran-penawaran spektakuler. Di antaranya adalah penjualan perdana smartphone Redmi 8 Series yang baru saja diluncurkan baru-baru ini, dengan harga perkenalan yang menarik, juga first sale untuk gaming flagship Black Shark 2 Series, dan Mi True Wireless Earbuds Basic terbaru.

Bertajuk “12.12 Sales” Xiaomi akan menggelar festival belanja pada 12-14 Desember 2019 di Mi.com dan partner e-commerce. Tidak hanya first sale smartphone terbaru, Xiaomi juga menghadirkan flash sale, pre-order dan potongan harga hingga 20 persen untuk produk smartphone dan ekosistem Xiaomi.

Redmi 8 Series

Redmi 8 Series adalah penerus terbaru seri Redmi yang sangat populer, hadir dengan peningkatan keren di sisi desain dan baterai 5000mAh, sehingga Redmi 8 Series layak disebut #HapeKeceBatreGede.

Redmi 8A 2GB 32GB ditawarkan pada harga perkenalan Rp1.399.000 dari sebelumnya Rp1.449.000. Adapun Redmi 8, ditawarkan dengan harga perkenalan Rp1.699.000 dari Rp1.749.000.

Redmi 8 akan tersedia secara eksklusif di Lazada dan Mi.com, mulai pukul 00.00 WIB. Sedangkan Redmi 8A akan tersedia secara eksklusif di Shopee sebab Xiaomi bergabung dengan festival Shopee 12.12 Birthday sale. Promosi ini akan tersedia selama siaran televisi live Shopee 12.12 Birthday sale pada pukul 19.00 pada 12 Desember 2019 di RCTI, SCTV, Indosiar dan MNC TV. Adapun di Mi.com dimulai dari pukul 00.00 WIB.

BACA JUGA :  Xiaomi Resmi Rilis Pocophone F1, Dengan Prosesor Snapdragon 845 !

Redmi Note 8 Series

Xiaomi menggelar flash sale di Mi.com dan Shopee untuk smartphone Redmi Note 8 Pro dengan harga Rp2.999.000 mulai tanggal 12 Desember pukul 00.00 WIB. Juga Xiaomi menggelar flash sale di Mi.com dan Lazada untuk Redmi Note 8 dengan harga Rp1.999.000 mulai pukul 00.00 WIB.

Black Shark 2 Pro Lava Orange Edition
Black Shark 2 dan Black Shark 2 Pro Lava Orange Edition akan tersedia untuk pre-order mulai 12.12 di Mi.com. Black Shark 2 akan tersedia dengan harga mulai Rp5.999.000 dan Black Shark 2 Pro Lava Orange Edition dari harga Rp7.999.000 untuk pembelian early bird.

Redmi 7 Series

Xiaomi juga menyediakan potongan harga sampai 13 persen untuk varian-varian Redmi 7 dan Redmi Note 7 di Mi.com, Blibli, Lazada, Shopee.

NoTipeHarga NormalHarga 12.12e-commerce
1Redmi 7ARp1.199.000Rp1.149.000Mi.com, Lazada, Shopee, Blibli
2Redmi 7 2/16Rp1.499.000Rp1.299.000Mi.com, Lazada
3Redmi 7 3/32Rp1.799.000Rp1.749.000Mi.com, Shopee, Blibli
4Redmi Note 7 4/64Rp2.199.000Rp2.099.000Mi.com, Lazada, Shopee, Blibli
5Redmi Note 7 4/128Rp2.599.000Rp2.499.000Mi.com, Shopee, Blibli

Mi Smart TV dan produk Ecosystem

Sementara itu pembelian Mi TV 4A 32inch ada promosi di Lazada, Shopee, JD.ID, dan Blibli. Harga spesial untuk flash sale di Lazada, Shopee, Blibli dan JD.ID pada 12 Desember pukul 00.00 WIB adalah Rp1.699.000 dari harga normal Rp1.999.000. Adapun Mi TV 4A 43inch ada promo spesial di Lazada, khususnya untuk flash sale 12 Desember pada pukul 12.00 WIB, harganya menjadi Rp2.999.000 dari harga normal Rp3.799.000.

BACA JUGA :  Realme Buds Wireless menjadi Bluetooth Neckband Earbuds terbaik untuk Musik

Sebagai bentuk kolaborasi antara Xiaomi Smart TV dan Vidio.com, kami juga memberikan penawaran menarik pada festival belanja 12.12. Pembeli Xiaomi Smart TV di Lazada akan mendapatkan potongan harga sebesar Rp100.000 untuk paket berlangganan Premier Gold selama 1 tahun.

Mi True Wireless Earbuds yang hadir dengan kualitas audio tak tertandingi dan daya baterai yang panjang, ditawarkan dengan harga Rp249.000 hanya pada 12.12 mulai pukul 00.00 WIB di Mi.com dan Authorized Mi Store. Produk inovatif lainnya adalah Mi Smart Band 4 dengan diskon sebesar Rp50.000 menjadi Rp399.000 dan produk ekosistem seperti Mi LED Smart Bulb dengan diskon 20 persen dan Mi Robot Vacuum dengan potongan harga 11 persen.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai festival 12.12 ini, kunjungi: https://event.mi.co.id/id/sales2019/12-12

Continue Reading
Advertisement

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement

Top 5