Connect with us

Brand

Windows 10 : 6 Tips dan Trik Tersembunyi yang Wajib Anda Coba !

Published

on

Trenteknologi.com – Sudah bukan rahasia lagi bahwa sistem operasi Windows 10 telah membawa kesuksesan yang besar untuk Microsoft. Dan dengan diluncurkannya Windows 10, terdapat serangkaian tips dan trik Windows 10 yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan pengalaman komputasi Anda menggunakan sistem operasi windows. Berikut adalah 6 tips dan trik tersembunyi di Microsoft Windows 10.

 

Resize Windows

Windows 10 memungkinkan Anda untuk mengontrol desktop Anda, fitur ini tidak dapat Anda temukan pada Windows 7 ataupun Windows 8. Windows 10 juga menawarkan fleksibilitas yang cukup baik untuk memindahkan atau menempatkan jendela Desktop sesuai keinginan Anda.

Dan untuk memudahkan pengguna, Windows 10 telah menambahkan banyak sekali keyboard shortcut untuk menempatkan beberapa jendela Windows 10 di lokasi desktop yang diinginkan. Untuk dapat menggunakan fitur ini, cobalah untuk membuka beberapa aplikasi dan tahan tombol WINDOWS + UP/DOWN/LEFT/RIGHT untuk melihat perubahan lokasi jendela.

 

Record Gaming Session

Windows 10 - Record Gaming Session

Windows 10 – Record Gaming Session

Di Windows 10 Anda dapat merekam pada saat Anda sedang bermain games, kapan saja dan yang dapat langsung Anda bagikan dengan teman-teman atau komunitas Anda. Untuk merekam Game, tekan WINDOWS + ALT + R secara bersamaan. Untuk menghentikan sesi rekaman, gunakan kombinasi tombol yang sama lagi.

 

Create Virtual Desktop

Windows 10 : Virtual Desktop

Windows 10 : Virtual Desktop

Windows 10 memungkinkan Anda membuat beberapa jendela Desktop untuk tujuan yang berbeda. Misalnya, Anda dapat membuat desktop yang terpisah untuk pekerjaan Anda, editing gambar, permainan dan hiburan. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah beralih di antara desktop setiap kali diperlukan.

BACA JUGA :  ASUS ROG G752, Mesin Game Terkuat dengan Dukungan CPU dan GPU Mutakhir

Untuk membuat Virtual Desktop di Windows 10, tekan WINDOWS + CTRL + D secara bersamaan. Dan untuk menutup Virtual Desktop di Windows 10, tekan WINDOWS + Ctrl + F4 secara bersamaan. Lalu beralih antara desktop, tekan WINDOWS + CTRL + LEFT/RIGHT.

 

Open Task View and Switch Windows

Windows 10 : Open Taskbar View

Windows 10 : Open Taskbar View

Selain membuat Virtual Desktop melalui cara yang disebutkan di atas, Anda juga dapat mengelola Desktop Anda dan menata beberapa aplikasi yang sedang Anda buka dengan cara lain. Tekan WINDOWS + TAB secara bersamaan untuk membuka semua jendela aplikasi yang sedang Anda gunakan. Anda juga dapat membuat atau menutup Desktop yang tidak Anda inginkan.

 

Open Task Bar Program

Windows 10 : Open Taskbar

Windows 10 : Open Taskbar

Di Windows 10, Anda dapat dengan mudah membuka program yang muncul di System Bar melalui beberapa kombinasi tombol mudah. Untuk melakukannya, tahan tombol WINDOWS + 1/2/3.

 

Control PC

Sama seperti generasi Windows sebelumnya, Anda dapat mengunci atau shutdown komputer Anda tanpa harus menggunakan mouse. Caranya adalah tekan WINDOWS + L untuk mengunci sistem atau tekan WINDOWS + X secara bersamaan kemudian tekan tombol U untuk shutdown sistem anda.

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Brand

Realme 5 Pro vs Vivo V17 Pro, Mana yang Lebih Layak untuk Dibeli ?

Published

on

Trenteknologi.com – Di bulan September ini dua ponsel dengan nama akhiran Pro yang mengunggulkan fitur Quad Camera di ponsel kelas menengah akan menjadi rival di tahun 2019 ini. Realme lebih dulu menghadirkan Realme 5 Pro ke pasar Indonesia beberapa hari lalu dengan membawa sejumlah keunggulan pada sektor kameranya. Salah satu keunggulannya sebut saja fitur 48MP Quad Camera. Dan yang paling menarik, ponsel itu dijual dengan harga yang cukup terjangkau, hanya dibawah 4 juta rupiah saja.

Namun Vivo juga tidak mau kalah, karena mereka sebentar lagi juga akan merilis ponsel lanjutan dari seri V, yang bernama V17 Pro. Ponsel Vivo dengan 6 kamera ini juga akan mengandalkan 48MP Quad Camera ditambah dengan kamera selfie dual pop-up, namun untuk harga jualnya masih belum diketahui karena peluncuran Vivo V17 Pro baru akan diluncurkan pada 23 September 2019 mendatang.

Kedua ponsel tersebut merupakan ponsel untuk pasar kelas menengah, dan ponsel kelas menengah kini sedang dipenuhi dengan berbagai pemain. Di kelas ini umumnya terisi dengan ponsel yang memiliki fitur-fitur unggulan seperti yang teradapat pada ponsel flagship. Dan jika kita lihat dari segi spesifikasi, Realme 5 Pro dan Vivo V17 hadir dengan spesifikasi yang terbilang sepadan. Lalu manakah yang lebih layak untuk dibeli ? mari coba kita bandingkan keunggulan pada kedua ponsel tersebut.

Desain : Konsep Desain Terkini, Tapi Tidak Identik
Pada kedua ponsel tersebut dari segi desainnya, Realme 5 Pro dan Vivo V17 Pro memiliki konsep desain yang terkini tapi tidak identik. realme 5 Pro masih menggunakan desain khas seperti yang digunakan realme 3 Pro. Sedangkan Vivo V17 Pro mirip dengan desain realme X.

BACA JUGA :  Xiaomi Resmi Pastikan akan Rilis 2 Laptop Linux di Awal 2016 !

Menggunakan material polikarbonat, baik V17 Pro maupun realme 5 Pro memiliki kilau pada bodinya berkat permainan warna gradasi mengkilap. Aksen seperti ini memberi kesan kemewahan dan juga elegan, hanya saja di realme 5 Pro ada ciri khas khusus. Tidak sekadar permainan gradasi dua warna atas dan bawah, pada Realme 5 Pro juga terdapat motif layaknya kristal terutama di bagian belakang bawah.

Sedangkan V17 Pro hadir lebih sederhana dengan gradasi dua warna atas dan bawah tanpa motif khusus.
Meski demikian namun keduanya nyaman untuk digenggam, karena bagian sisi belakangnya sama-sama dibuat melengkung sehingga sangat pas di telapak tangan. Perbedaan juga terlihat pada letak Quad Camera, realme 5 Pro memasangkan jejeran kamera di kiri atas dan Vivo V17 Pro di satu sisi memasangnya di bagian tengah. Jujur bagi kami lebih senang peletakan kamera di bagian samping, karena saat digenggam kamera ini tidak mudah terpegang jari. Jika berada di tengah, maka saat digenggam kamera mudah tersentuh tangan sehingga lensa menjadi cepat kotor.

Tapi kelebihannya Vivo V17 Pro memiliki kamera pop up layaknya Realme X, sedangkan realme 5 Pro menggunakan poni dewdrop. Untuk urusan ini tergantung preferensi Anda, mana yang Anda suka. Jika Anda suka desain yang ringkas maka akan lebih baik menggunakan desain poni di realme. Apalagi realme 5 Pro memiliki daya tahan dengan desain yang tahan akan cipratan air, V17 Pro belum.

BACA JUGA :  ASUS ROG GL552VX, Notebook Gaming Terjangkau Hadir di Indonesia

Layar : Perbedaan Teknologi Layar yang Digunakan
Panel IPS LCD dipilih untuk menjadi jenis layar realme 5 Pro. Sedangkan V17 Pro menggunakan panel Super AMOLED.

Ukuran juga berbeda, Vivo V17 Pro menggunakan layar berukuran 6,44 inci sedangkan realme 5 Pro 6,3 inci. Masing-masing berikan keunggulan masing-masing dan preferensi yang berbeda juga di tiap pengguna.

Kamera : 
Bagian kamera menjadi sektor yang paling menarik, karena dua ponsel itu memiliki keunggulan di bagian ini. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Vivo V17 Pro hadir dengan mengunggulkan kamera depan dual pop-up 32MP. Dan untuk kamera belakangnya terpasang empat kamera yang masing-masing beresolusi 48MP sebagai kamera utama, 8MP sebagai kamera lensa lebar, 13MP sebagai  kamera portrait, dan 2MP untuk kamera kedalaman (depth).

Kamera Vivo V17 Pro

Sedangkan untuk realme 5 Pro, ponsel ini memiliki kamera depan yang lebih sederhana yakni 16MP. Untuk kamera belakangnya, realme 5 Pro menggunakan Quad Camera dengan susunan kamera utama 48MP, 8MP kamera lensa lebar, 2MP lensa makro, dan 2MP lensa depth.

Kamera Realme 5 Pro

Kamera utamanya memiliki keunggulan saat berhadapan dengan kondisi minim cahaya. Melalui sebuah mode bernama Nightscape, kamera akan diatur sedemikian rupa saat membidik objek di kegelapan dengan mengandalkan teknologi kecerdasan buatan atau AI. Sehingga hasil yang akan didapatkan adalah foto malam hari yang terang, jernih dengan kontras yang seimbang. Dan yang membuat unggul dari Quad Camera di Realme 5 Pro adalah keberadaan kamera lensa makro yang dapat digunakan untuk memotret detail-detail kecil pada objek yang diinginkan.

BACA JUGA :  ASUS VivoBook Flip TP200, Notebook Lipat dengan USB Type-C

Baterai : Penggunaan Daya Baterai yang Irit dengan Teknologi Pengisian Daya Cepat
Vivo V17 Pro dibekali baterai berkapasitas 4100mAh, begitupun realme 5 Pro dengan kapasitas 4035mAh. Karena masing-masing menggunakan antarmuka olahan, maka untuk bagian ini keduanya berhasil menekan penyedotan daya berlebih. Hal ini berujung pada kehematan baterai keduanya sehingga mampu bertahan seharian.

VOOC Flash Charge 3.0

Sebagai nilai tambah keduanya juga mengusung teknologi pengisian daya cepat. Tapi realme 5 Pro hadir secara lebih spesial. Teknologi pengisian daya cepat populer yang bernama VOOC Flash Charge 3.0 dibawa di ponsel tersebut. Dengan kekuatan cas 20W menggunakan aksesori bawaan, baterai dapat terisi dari kosong hingga penuh di bawah 90 menit saja.

Kesimpulan : Rival yang Sepadan
Vivo V17 Pro dan realme 5 Pro hadir sebagai rival yang cukup sepadan. Keduanya membawa sejumlah fitur-fitur terkini, juga tampilan yang mengikuti zaman. Ada sejumlah perbedaan misal kamera V17 Pro yang dual di bagian depan. Sedangkan realme 5 Pro lebih unggul di penggunaan chipset. Juga kamera dengan lensa makro yang jarang ditemui untuk ponsel di kelasnya.

Maka yang akan menjadi pembedanya adalah dari segi harga. Vivo V17 Pro memang masih belum diketahui harganya hanya saja Vivo bukan vendor yang suka menjual produk dengan harga terjangkau. Beda dengan realme 5 Pro yang dijual dengan harga di bawah empat juta. Jadi jika dilihat dari kaca mata harga, jelas realme 5 Pro akan menjadi kandidat yang lebih layak untuk dimiliki untuk Anda yang memiliki dana 3 jutaan.

Continue Reading

Berita

Realme 5 & Realme 5 Pro Sudah Mulai dijual Secara Online & Offline, Menangkan juga Hadiahnya !

Published

on

Trenteknologi.com – Setelah diluncurkan beberapa hari lalu, tidak butuh waktu lama untuk mengetahui peminat produk ponsel dari Realme di Indonesia. Pada penjualan perdananya di Lazada, realme 5 Pro langsung terjual habis sebanyak 5.000 unit dalam waktu tiga menit saja. Hal tersebut tidak heran sepertinya dikarenakan Realme pada produk terbarunya ini membawa fitur Quad Camera pada Realme 5 dan Realme 5 Pro, yang menjadi sebuah inovasi baru untuk standar baru ke pasar ponsel di Indonesia.

Namun bagi kalian yang kemarin kurang beruntung mendapatkan Realme 5 ataupun Realme 5 Pro pada saat penjualan perdananya di Lazada, tidak perlu khawatir karena pada tanggal 21 September 2019 baik realme 5 Pro maupun realme 5 sudah mulai tersedia untuk dibeli secara online maupun offline. Ditambah, realme juga  akan menyelenggarakan sebuah kompetisi fotografi secara global yang akan diselenggarakan hingga 1 Januari 2020.

Kompetisi yang akan diselenggarakan oleh Realme bernama Shot On realme tersebut merupakan ajang bagi para pengguna realme untuk menunjukkan kehebatan skill fotografi, tentunya dengan menggunakan gadget Realme. Dan bagi para pemenangnya nanti, akan tersedia hadiah total jutaan rupiah yang bisa didapatkan untuk para pemenang terpilih.

Oleh karena itu ada baiknya jika kita mengenal lebih dekat apa saja kelebihan dari Realme 5 dan Realme 5 Pro yang sangat berguna bagi kalian yang ingin mendapatkan hasil foto yang kreatif dan berkualitas untuk diikutkan dalam kompetisi Shot on Realme.

BACA JUGA :  ASUS ROG GL552VX, Notebook Gaming Terjangkau Hadir di Indonesia

Salah satu dari segudang fitur yang ditawarkan di kedua ponsel itu adalah keberadaan Quad Camera. Quad Camera merupakan teknologi yang menghadirkan kamera dengan susunan kamera lensa lebar, kamera utama, kamera dengan lensa portrait, dan juga kamera dengan lensa makro. Keempatnya akan bersinergi untuk selalu bisa memberikan hasil foto terbaik di setiap momen.

Lensa Wide-Angle
Kamera lensa lebarnya memiliki luasan hingga 119 derajat. Ukuran yang sangat cukup untuk bisa menangkap keindahan dari adegan-adegan seperti pemandangan, gedung-gedung bertingkat, hingga untuk keperluan foto bersama dalam jumlah orang yang banyak.

Lensa Utama 48MP dengan sensor Sony IMX586

Kamera utamanya juga tidak main-main. realme percaya bahwa semakin besar bukaan lensa maka akan semakin banyak jumlah cahaya yang masuk untuk kamera. Sedangkan cahaya adalah jiwa dari sebuah kamera. Maka itu baik realme 5 dan 5 Pro menghadirkan kamera utama dengan ukuran aperture besar juga ukuran satuan piksel yang lebih besar. Usaha ini akan memungkinkan sensor untuk memberikan hasil foto terang meski diambil di lingkungan rendah cahaya.

Terlebih, khusus di realme 5 Pro, kamera utamanya memiliki resolusi sangat besar yaitu 48MP dengan sensor Sony IMX586. Jadi kamera ini bisa mengabadikan hasil bidikan tanpa menghilangkan detail yang ditangkap dengan mata. Sekaligus sangat andal saat menangkap foto di lingkungan rendah cahaya.

Lensa Potrait untuk Hasil Foto Bokeh

BACA JUGA :  HP Notebook-14-AM015TX : Notebook Termurah dengan Intel Core i5 dan ATI Radeon™ R5 M430 !

Berlanjut memenuhi permintaan hasil foto dalam mode bokeh yang lebih baik, kini disediakan lensa portrait. Lensa ini disediakan untuk membantu berikan kemampuan eksposur yang lebih tinggi untuk foto dan meningkatkan kontras antara terang dan gelap gambar.

Lensa Makro

Terakhir, menjadi tambahan manis adalah keberadaan kamera makro. Di rentang harga dua dan tiga jutaan pengguna sudah bisa menangkap detail-detail kecil di sekitar melalui kamera makro yang memang terdedikasi untuk adegan seperti itu.

Dengan empat kamera untuk menghadapi skenario berbeda dalam pemotretan, pengguna akan bisa lebih baik untuk berkreasi menghasilkan foto terbaik kapan pun. Bergabunglah dengan Shot On realme, dan bersiap menangkan hadiahnya.

Continue Reading

Berita

Realme Power Bank, Power Bank Berkapasitas 10.000 mAh dengan Pengisian Cepat Dua Arah

Published

on

Trenteknologi.com – Disaat yang bersamaan dengan peluncuran Realme 5 dan Realme 5 Pro, guna memperluas portofolio aksesorisnya Realme juga turut menghadirkan aksesoris terbarunya yaitu Realme Power Bank. Dengan tagline “Kecepatan Daya yang Sesungguhnya” dan untuk membuat hidup anak muda lebih menyenangkan dan lebih mudah, Realme Power Bank memiliki desain yang simpel namun elegan dengan tiga pilihan warna yaitu kuning, merah dan abu-abu. Dan juga ada tombol power di paling kanan serta empat LED yang berfungsi sebagai indikator level baterai.

 

Realme Power Bank memiliki dua port – port USB Type-C dan port USB A. Untuk Port Type-C berfungsi ganda yaitu sebagai port input dan output. Lalu kedua port tersebut juga telah mendukung pengisian cepat dua arah 18W, yang berarti Anda juga dapat mengisi daya Power Bank tersebut dengan cepat. Realme juga mengklaim bahwa Realme Power Bank ini dapat mengisi baterai iPhone XS Max dari kondisi 0% hingga 100% dalam waktu 56 menit saja.

Realme Power Bank memiliki baterai lithium berkapasitas 10000mAh yang diklaim Realme dapat mengisi daya Realme 5 Pro sebanyak 1,73 kali, Realme X sebanyak 1,86 kali dan iPhone XS sebanyak 2,3 kali. Realme bahkan juga mengklaim bahwa Realme Power Bank ini dapat mengisi daya laptop dan juga perangkat lainnya yang berdaya rendah secara bersamaan. Dari segi keamanan, Power bank ini juga telah dibekali dengan 12 perlindungan berbeda demi keamanan pengguna.

BACA JUGA :  ASUS VivoBook Flip TP200, Notebook Lipat dengan USB Type-C

Realme Power Bank ini akan dijual dengan harga Rp. 349.000 dan akan mulai tersedia mulai Oktober 2019 di seluruh Indonesia melalui Store Realme online ataupun offline.

 

 

Continue Reading
Advertisement

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement

Top 5