Connect with us

Android

10 Solusi Cara Mengatasi ERROR di Google Play Store !

Published

on

Trenteknologi.com – Bagi Anda para pengguna perangkat Android, mungkin pernah dihadapkan dengan masalah pada Google Play Store dengan pesan error seperti Error 491, Error 498, Error 919 dan berbagai pesan Error lainnya. Dan untuk pengguna perangkat Android yang masih awam, pasti bingung dengan masalah tersebut dan tidak mengerti harus bagaimana cara mengatasinya. Untuk itu, kali ini trenteknologi.com akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi error di Google Play Store, berikut ini 10 cara mengatasi error di Google Play Store.

Google Play Error 491

 

Google Play ERROR 491

Untuk mengatasai masalah Google Play ERROR 491, cobalah untuk menghapus akun Google Anda dengan cara masuk ke Settings, Account dan All Account, lalu temukan akun Google Anda. Lalu setelah itu reboot perangkat Android Anda dan masukkan kembali akun Google Anda. Berikutnya, di dalam Settings, pilih Apps (Aplikasi) dan lalu pilih tab ‘All’ . Dan setelah itu pilih Google Services, kemudian klik Clear Data dan Force Stop.

 

Google Play ERROR 498

Masalah Google Play ERROR 498 dapat terjadi karena disebabkan cache pada perangkat Android Anda telah penuh. Lalu cara untuk mengatasinya adalah reboot perangkat Android Anda dan masuk ke Recovery Mode. Setelah masuk ke Recovery Mode, lalu pilih Wipe Cache Partition untuk menghapus semua cache yang ada di dalam sistem perangkat Android Anda.

 

Google Play ERROR 919

Google Play ERROR 919 ini biasanya dapat terjadi dikarenakan ruang penyimpanan yang tersedia pada perangkat Android Anda sudah penuh, sehingga Anda tidak dapat lagi melakukan install aplikasi pada perangkat Android Anda. Lalu solusinya adalah dengan cara menghapus beberapa data yang tidak diperlukan, seperti Musik, Video ataupun Aplikasi.

 

Google Play ERROR 413

Google Play ERROR 413 dapat terjadi karena disebabkan pada pengaturan Proxy yang kurang tepat, sehingga dapat menyebabkan kegagalan pada operasi Google Play Store Anda. Dan untuk mengatasinya, pada Settings, lalu temukan Installed Apps. Setelah itu klik Google Play Services dan tekan pada Clear Data dan kemudian pilih Force Stop. Lakukan juga hal yang sama dengan aplikasi Google Play Store dan hapus cache dari browser internet Anda.

BACA JUGA :  Selain Mi 5, Xiaomi Juga Meluncurkan Mi 4S dengan Spesifikasi yang Mumpuni !

 

Google Play ERROR 921

Jika Anda menemui masalah Google Play ERROR 921, cara mengatasinya yang dapat Anda coba adalah coba menghapus cache pada aplikasi Google Play Store. Namun jika cara tersebut tidak berhasil, cobalah untuk menghapus semua data pada  aplikasi Google Play Store, tapi harap diketahui bahwa ini akan berakibat terhapusnya semua pengaturan yang telah Anda buat pada Google Play Store. Sebagai usaha terakhir, hapus akun Google Anda lalu reboot perangkat Android Anda dan masukkan kembali akun Google Anda.

 

Google Play ERROR 403

Masalah Google Play ERROR 403 ini biasanya terjadi ketika dua akun Google yang Anda gunakan pada satu perangkat Android, digunakan untuk membeli aplikasi di Google Play Store sekaligus.

Solusi 1 

Masuk ke Google Play Store dengan salah akun Google saja. Uninstall aplikasi yang gagal Anda download. Berikutnya cobalah sekali lagi melakukan pembelian aplikasi di Google Play Store dan klik tombol Purchase.

Solusi 2 

Hapus Proxy Anda dengan cara masuk ke Settings, lalu pilih Wireless and Networks dan kemudian Mobile Networks. Pilih APN (Access Point Name) dan tekan Clear Proxy.

Solusi 3

Solusi lain, Anda dapat mencoba untuk menghapus seluruh riwayat penelusuran yang dapat Anda lakukan di Google Play Store, dengan cara memilih masuk ke Settings Google Play Store. Berikutnya, pilih Clear Search History.

Solusi 4

Cobalah membuat akun Google baru dan gunakan untuk Google Play Store. Sebelum Anda menggunakan akun Google baru Anda, pastikan Anda telah menghapus terlebih dahulu akun Google lama Anda.

 

Google Play ERROR 923

Hapus akun Google Anda dan hapus aplikasi yang tidak berguna yang hanya mengambil ruang penyimpanan perangkat Android Anda. Berikutnya, reboot perangkat Anda Anda dan masuk ke Recovery Mode. Pilih Wipe Cache Partition dan nyalakan kembali perangkat Android Anda. Lalu masukkan kembali akun Google Anda.

 

Google Play Store Hanya Dapat Men-Download Menggunakan WiFi

Masalah seperti ini biasanya ditemui oleh pengguna smartphone Xiaomi. Untuk mengatasi masalah ini, masuk ke aplikasi Download dan Settings. Setelah itu nonaktifkan Xunlei Download Engine atau atur Download Size Limit ke Unlimited.

 

Google Play Store tidak Dapat Men-Download dan Update Aplikasi

Jika Anda menemukan masalah seperti ini, yang harus Anda lakukan adalah dengan mengganti DNS pada perangkat Android Anda. Anda dapat menambahkan DNS ini pada baris terakhir pada Build.prop .

 

[html]
net.rmnet0.dns1=8.8.8.8
net.rmnet0.dns2=8.8.4.4

net.dns1=8.8.8.8
net.dns2=8.8.4.4
[/html]

 

 

Google Play ERROR 495

Untuk dapat mengatasi Google Play ERROR 495 ini, terdapat 3 metode yang dapat Anda lakukan, antara lain :

Metode 1

Buka Settings >> klik “All” pada apps
Dari daftar aplikasi temukan Google Play Store >> Clear Data dan Clear Cache
Dari daftar apps temukan Google Services Framework >> Clear Data dan Clear Cache
Sekarang coba instal atau memperbarui aplikasi dari Google Play Store
Jika masih tidak berhasil mencoba hapus Google Play Store Anda.

Metode 2

Pergi ke Settings >> Account >> Google >> hapus akun Gmail Anda
Sekarang beralih ke Settings >> Aplikasi >> All >> Force Stop, Clear Data dan Cache pada Google Play Store, Google Service Framework dan Download Manager (seperti dalam metode 1)
Sekarang masuk lagi ke Settings >> Account >> Google >> Masukkan kembali akun Gmail Anda
Reboot perangkat Android Anda dan lakukan Setup pengaturan Google
Jalankan kembali Google Play Store, lakukan update atau install aplikasi Anda.

Metode 3

Instal aplikasi VPN
Install aplikasi Hideman VPN dari Google Play Store 
Sekarang buka aplikasi dan pilih AS sebagai Negara koneksi dan tekan Connect
Buka Google Play Store dan Download aplikasi yang Anda inginkan

Advertisement

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement