Connect with us

Android

4 Tips Mempercepat Kinerja Google Chrome di Android !

Published

on

Trenteknologi.com – Terdapat beberapa kasus dari pengguna perangkat Android yang mengeluhkan dengan menggunakan aplikasi Google Chrome menyebabkan lambatnya kinerja perangkat Android mereka. Lambatnya kinerja perangkat Android pada saat sedang menggunakan Google Chrome, dikarenakan Google Chrome terlalu banyak memakan source RAM yang cukup banyak. Maka dari itu kita harus melakukan optimalisasi terhadap Google Chrome Android untuk mempercepat kinerja Google Chrome. Berikut ini adalah 4 tips mempercepat kinerja Google Chrome di Android !

 

Menghapus Cache

Ini adalah tips yang bekerja di semua jenis aplikasi, termasuk Chrome. Untuk dapat mempercepat kinerja Chrome, pertama kali yang harus Anda lakukan adalah dengan menghapus Cache Chrome dan Clear Data Chrome yang dapat Anda temukan di menu Settings > Apps pada perangkat Android Anda. Dan walaupun ini merupakan trik lama, namun trik ini masih tetap disarankan pertama kali untuk mempercepat kinerja sebuah aplikasi.

Chrome Clear Cache_Clear Data

 

Berikan Chrome Lebih Banyak Memori

Seperti Chrome versi desktop, Chrome di Android juga dapat Anda lakukan pengaturan melalui menu Flags. Dan untuk dapat mempercepat kinerja Chrome menggunakan menu Flags, ketik perintah dibawah ini :

Ketik “chrome: // flags” pada address bar. Atau Anda juga dapat langsung memasukkan perintah “chrome://flags/#max-tiles-for-interest-area” .

Setelah itu tap daftar drop-down di bawah Maximum Tiles for Interest Area dan rubah pengaturan dari Default menjadi 512. Dengan begitu, Anda memberikan Chrome source memori lebih yang diambil dari perangkat Android Anda, sehingga Anda akan menikmati kinerja Chrome yang lebih cepat dan hampir tanpa lag pada saat mengakses beberapa situs yang Anda inginkan. Setelah melakukan pengaturan memori, tap Relaunch Now untuk me-restart Chrome dan mengaktifkan efek pengaturan yang telah Anda lakukan.

BACA JUGA :  Xiaomi akan Luncurkan 2 Produk Sekaligus pada 27 Juli 2016 Mendatang !

Chrome Memory

 

Mengurangi Penggunakan Data

Jika loading Chrome sangat lambat adalah masalah Anda, Chrome untuk Android memiliki fitur yang berguna yaitu Data Saver yang selain dapat mengurangi konsumsi kuota internet Anda, namun juga dapat mempercepat loading halaman Chrome pada waktu yang sama. Untuk dapat mengaktifkannya, masuk ke Menu pada Chrome dan kemudian pilih Data Saver untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Data Saver ini bekerja dengan mengirimkan permintaan halaman yang Anda inginkan melalui server Google, di mana data tersebut akan dikompresi dan dikirim kembali ke Anda. Berbagai data pribadi Anda akan aman, sehingga Anda tidak perlu khawatir Google akan mencuri data pribadi Anda tersebut, dan Anda juga dapat melihat berapa banyak data yang Anda gunakan.

Chrome Data Saver

 

Menonaktifkan JavaScript

Dalam hal kinerja, menonaktifkan JavaScript dapat membantu Anda untuk meningkatkan loading halaman pada Chrome dan mengurangi jumlah lag yang seringkali ditemukan oleh pengguna Android yang menggunakan Chrome. Untuk menonaktifkan JavaScript, masuk ke menu Settings pada Chrome, lalu nonaktifkan JavaScript.

Chrome Disable JavaScript

CATATAN : Dengan menonatifkan JavaScript, juga akan menonaktifkan fitur tertentu yang ada pada situs tertentu, terutama pada fitur Flash.

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Advertisement

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement