Connect with us

Android

Hanya Dengan Teks Sederhana, Smartphone Android Dapat Dengan Mudah di Hack !

Published

on

Trenteknologi.com – Menurut penelitian yang telah dipublikasikan Senin lalu, hanya dengan menerima pesan gambar melalui pesan teks, smartphone Android dapat dengan mudah di Hack !

Fakta tersebut mungkin merupakan kecacatan smartphone terbesar yang pernah ditemukan. Dan fakta tersebut juga akan mempengaruhi sekitar 950 juta ponsel di seluruh dunia atau sekitar 95% dari Android yang digunakan saat ini.

“Masalahnya berasal dari cara ponsel Android menganalisis pesan teks yang masuk. Bahkan sebelum Anda membuka pesan, smartphone Android secara otomatis akan memproses file media yang masuk, termasuk gambar, audio atau video. Itu berarti file malware tersebut dapat mulai menginfeksi ponsel secepat pesan teks tersebut diterima” menurut Zimperium , sebuah perusahaan Cyber Security yang mengkhususkan diri dalam perangkat mobile.

Dalam sebuah pernyataan kepada CNNMoney, Google mengakui adanya kecacatan pada sistem operasinya ini. Dan menurut Zimperium, Bug tersebut akan mempengaruhi smartphone yang menggunakan sistem operasi Android yang dibuat dalam lima tahun terakhir. Smartphone tersebut termasuk yang berjalan pada Android Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, KitKat dan Lollipop.

Pada 9 April lalu, Google sebenarnya telah berjanji akan menyediakan Patch terbaru untuk memperbaiki bug ini. Tetapi sampai saat ini Google terlihat belum dapat memperbaiki bug tersebut. Maka dari itu, Zamperini akhirnya menyebarkan berita ini ke publik, agar Google dapat segera memperbaiki bug yang sangat berbahaya bagi pengguna smartphone Android ini.

Dan sebagai informasi, malware sejenis ini bukan hanya menghapiri smartphone Android namun juga menghampiri produk besutan Apple yaitu iPhone. Namun dalam kasus iPhone, pesan teks tersebut hanya dapat membekukan iPhone atau memaksa iPhone untuk me-restart. Dan bug pada Android ini lebih buruk dibandingkan iPhone, karena seorang hacker bisa mendapatkan kontrol penuh dari smartphone Anda, seperti menghapus data perangkat, mengakses aplikasi atau diam-diam menyalakan kamera.

 

Sumber : CNNMoney

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Advertisement

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement