Connect with us

Brand

5 Mitos Tentang Baterai Smartphone, Yang Masih Menjadi Kontrovesi !

Published

on

Trenteknologi.com – Beberapa pengguna smartphone saat ini masih mempercayai mitos-mitos tentang baterai smartphone yang sebenarnya adalah kesalahpahaman saja. Mitos-mitos yang umum dibicarakan mengenai baterai smartphone yaitu seperti jangan menggunakan smartphone pada saat sedang di charge, charger imitasi dapat merusak baterai hingga pengisian baterai smartphone selama semalaman akan merusak baterai Anda, sampai saat ini masih dipercayai dan menjadi kontroversial oleh beberapa pengguna smartphone. Maka dari itu mari kita bahas lebih lanjut tentang mitos-mitos yang beredar saat ini mengenai baterai smartphone. Berikut ini adalah 5 mitos umum tentang baterai smartphone, yang masih menjadi kontroversi hingga saat ini !

 

Jangan Menggunakan Ponsel pada saat Sedang di Charge

Beberapa pengguna smartphone tampaknya masih berpikir bahwa menggunakan ponsel pada saat sedang di-charge akan berdampak negatif pada kualitas baterai nantinya. Pernyataan tersebut tidak 100% benar, kecuali jika Anda menggunakan charger dengan kualitas rendah. Beberapa waktu yang lalu terdapat sebuah kasus yaitu sebuah smartphone meledak, dan beberapa orang percaya hal tersebut dikarenakan pengguna menggunakan ponselnya pada saat sedang di charge. Namun pada kenyataannya setelah diselidiki, meledaknya smartphone tersebut dikarenakan pengguna menggunakan charger dengan kualitas rendah !

 

Charger Imitasi Dapat Merusak Baterai

Charger dengan kualitas rendah memang sangat berbahaya untuk baterai Anda. Namun charger imitasi tidak berbahaya untuk baterai Anda, asalkan memiliki kualitas yang baik. Kekurangan menggunakan charger imitasi hanya berdampak pada tidak optimalnya pengisian daya baterai, seperti salah satu contohnya adalah pengisian baterai akan sangat memakan waktu yang cukup lama.

BACA JUGA :  Xiaomi Akan Luncurkan Mi 4c, Dibekali Dengan Prosesor Snapdragon 808 SoC !

 

Pengisian Baterai hingga Semalam-an, Akan Merusak Baterai

Beberapa peneliti mengatakan bahwa penyataan ini salah ! Karena smartphone sesuai namanya, sudah cukup “Pintar” untuk tahu kapan harus menghentikan pengisian baterai. Namun, ada satu hal yang dapat Anda lakukan untuk memperpanjang umur baterai Anda. Cobalah untuk selalu menjaga kapasitas baterai Anda antara 40% hingga 80% pada saat malam hari atau sedang tidak Anda gunakan dalam waktu yang lama.

 

Koneksi Internet Membuat Baterai Boros

Pernyataan seperti ini juga sangat tidak benar ! Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya yang membuat baterai menjadi boros adalah aplikasi yang mengandalkan Chipset Grafis atau biasa disebut dengan GPU (Graphic Processing Unit) smartphone Anda. GPU merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai pengolah grafis, dan cukup membutuhkan energi besar dari baterai untuk kinerjanya. Maka dari itu koneksi internet bukan satu-satunya penyebab baterai Anda menjadi boros, kecuali Anda menggunakan sebuah aplikasi yang membutuhkan kinerja dari koneksi internet dan GPU sekaligus, seperti streaming melalui YouTube atau game online.

 

Wajib Mengisi Baterai Hingga Penuh, Untuk Smartphone Baru

Mitos yang satu ini merupakan mitos yang paling banyak dipercayai pengguna ponsel hingga saat ini. Masih banyak orang berpikir bahwa hal pertama yang mereka harus lakukan dengan smartphone baru adalah wajib melakukan pengisian baterai hingga 100% sebelum digunakan pertama kalinya. Ini hanyalah sebuah mitos !

BACA JUGA :  10 Tips Sederhana untuk Perlindungan & Keamanan Ponsel Xiaomi Anda !

Karena pada dasarnya, biasanya sebelum sebuah smartphone dimasukkan kedalam box-nya pada saat masih di pabrik, kapasitas baterai telah berada pada 40% hingga 80%, dan sudah langsung siap untuk Anda gunakan.

 

Apakah Anda pengguna smartphone yang masih mempercayai mitos-mitos yang disebutkan diatas ? Jika ya, mulai saat ini sebaiknya Anda tidak perlu mempercayai 100% mitos-mitos diatas, selama Anda menggunakan smartphone Anda dengan baik.

 

Sumber : techrepublic.com

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Advertisement

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement