Connect with us

Brand

5 Mitos Tentang Baterai Smartphone, Yang Masih Menjadi Kontrovesi !

Published

on

Trenteknologi.com – Beberapa pengguna smartphone saat ini masih mempercayai mitos-mitos tentang baterai smartphone yang sebenarnya adalah kesalahpahaman saja. Mitos-mitos yang umum dibicarakan mengenai baterai smartphone yaitu seperti jangan menggunakan smartphone pada saat sedang di charge, charger imitasi dapat merusak baterai hingga pengisian baterai smartphone selama semalaman akan merusak baterai Anda, sampai saat ini masih dipercayai dan menjadi kontroversial oleh beberapa pengguna smartphone. Maka dari itu mari kita bahas lebih lanjut tentang mitos-mitos yang beredar saat ini mengenai baterai smartphone. Berikut ini adalah 5 mitos umum tentang baterai smartphone, yang masih menjadi kontroversi hingga saat ini !

 

Jangan Menggunakan Ponsel pada saat Sedang di Charge

Beberapa pengguna smartphone tampaknya masih berpikir bahwa menggunakan ponsel pada saat sedang di-charge akan berdampak negatif pada kualitas baterai nantinya. Pernyataan tersebut tidak 100% benar, kecuali jika Anda menggunakan charger dengan kualitas rendah. Beberapa waktu yang lalu terdapat sebuah kasus yaitu sebuah smartphone meledak, dan beberapa orang percaya hal tersebut dikarenakan pengguna menggunakan ponselnya pada saat sedang di charge. Namun pada kenyataannya setelah diselidiki, meledaknya smartphone tersebut dikarenakan pengguna menggunakan charger dengan kualitas rendah !

 

Charger Imitasi Dapat Merusak Baterai

Charger dengan kualitas rendah memang sangat berbahaya untuk baterai Anda. Namun charger imitasi tidak berbahaya untuk baterai Anda, asalkan memiliki kualitas yang baik. Kekurangan menggunakan charger imitasi hanya berdampak pada tidak optimalnya pengisian daya baterai, seperti salah satu contohnya adalah pengisian baterai akan sangat memakan waktu yang cukup lama.

BACA JUGA :  5 Aplikasi Android yang Bermanfaat dan Mungkin Belum Kamu Ketahui

 

Pengisian Baterai hingga Semalam-an, Akan Merusak Baterai

Beberapa peneliti mengatakan bahwa penyataan ini salah ! Karena smartphone sesuai namanya, sudah cukup “Pintar” untuk tahu kapan harus menghentikan pengisian baterai. Namun, ada satu hal yang dapat Anda lakukan untuk memperpanjang umur baterai Anda. Cobalah untuk selalu menjaga kapasitas baterai Anda antara 40% hingga 80% pada saat malam hari atau sedang tidak Anda gunakan dalam waktu yang lama.

 

Koneksi Internet Membuat Baterai Boros

Pernyataan seperti ini juga sangat tidak benar ! Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya yang membuat baterai menjadi boros adalah aplikasi yang mengandalkan Chipset Grafis atau biasa disebut dengan GPU (Graphic Processing Unit) smartphone Anda. GPU merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai pengolah grafis, dan cukup membutuhkan energi besar dari baterai untuk kinerjanya. Maka dari itu koneksi internet bukan satu-satunya penyebab baterai Anda menjadi boros, kecuali Anda menggunakan sebuah aplikasi yang membutuhkan kinerja dari koneksi internet dan GPU sekaligus, seperti streaming melalui YouTube atau game online.

 

Wajib Mengisi Baterai Hingga Penuh, Untuk Smartphone Baru

Mitos yang satu ini merupakan mitos yang paling banyak dipercayai pengguna ponsel hingga saat ini. Masih banyak orang berpikir bahwa hal pertama yang mereka harus lakukan dengan smartphone baru adalah wajib melakukan pengisian baterai hingga 100% sebelum digunakan pertama kalinya. Ini hanyalah sebuah mitos !

BACA JUGA :  Besok, Vivo V5 Siap Diluncurkan dengan Terobosan Terbaru !

Karena pada dasarnya, biasanya sebelum sebuah smartphone dimasukkan kedalam box-nya pada saat masih di pabrik, kapasitas baterai telah berada pada 40% hingga 80%, dan sudah langsung siap untuk Anda gunakan.

 

Apakah Anda pengguna smartphone yang masih mempercayai mitos-mitos yang disebutkan diatas ? Jika ya, mulai saat ini sebaiknya Anda tidak perlu mempercayai 100% mitos-mitos diatas, selama Anda menggunakan smartphone Anda dengan baik.

 

Sumber : techrepublic.com

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Berita

Realme Kembali Pecahkan Rekor di Harbolnas 12.12 Untuk Penjualan Realme U1

Published

on

Trenteknologi.com – Realme kembali pecahkan rekor untuk penjualan perdananya dengan ikut serta dalam perayaan Hari Belanja Online Nasional 12.12, Realme U1 berhasil memecahkan kembali rekor dengan mencatatkan penjualan sepuluh kali lebih banyak dari rekor yang pernah ada di Shopee.

Tidak perlu menunggu lama setelah sukses mengadakan acara peluncurannya pada tanggal 10 Desember kemarin, Realme juga membuka pemesanan online untu penjualan perdana Realme U1, smartphone pertama di dunia dengan MediaTek Helio P70 dan kamera AI 25MP SelfiePro yang powerful. Hasilnya, Realme memecahkan rekor penjualan online perdana di Shopee dimana Realme U1 telah berhasil menjadi Pre-sale Champhion dengan pre-order yang dilakukan sepuluh kali lebih banyak dari rekor yang pernah ada di Shopee. Hal ini membuktikan bahwa Realme U1 berhasil menarik perhatian anak-anak muda di Indonesia yang menginginkan smartphone yang powerful untuk selfie.

Rekor pemesanan online Realme U1 diraih karena Realme mengadakan pre-order Realme U1 dimulai dari tanggal 11 Desember pukul 00.00 sampai pada Hari Belanja Online Nasional tanggal 12 Desember di Shopee. Rekor yang dibuat oleh Realme U1 ini semakin melengkapi rekor-rekor penjualan online perdana rangkaian produk Realme 2 Series dan Realme C1 yang telah hadir di Indonesia beberapa bulan lalu.

“Ini merupakan rekor yang sangat membanggakan mengingat kami baru saja meluncurkan Realme U1 di Indonesia. Rekor ini bukan tercipta begitu saja, namun rekor ini mampu kami raih karena Realme U1 merupakan rangkaian produk terbaru dari kami yang paling powerful untuk mengambil foto selfie.  Realme U1 adalah smartphone yang powerful dan cocok untuk anak muda yang menginginkan pengalaman selfie maupun bermain game secara maksimal. Apalagi dengan bonus Realme Smartphone Case gratis, anak muda di Indonesia dapat langsung merasakan nilai lebih dari pre-order yang kami adakan di Shopee,” kata Josef Wang, Marketing Director of Realme SEA.

BACA JUGA :  Besok, Vivo V5 Siap Diluncurkan dengan Terobosan Terbaru !

Penjualan Realme U1 akan kembali diadakan pada tanggal 20 Desember untuk penjualan perdananya secara eksklusif di Shopee. Penjualan perdana nanti akan hadir dengan pilihan memori 3GB + 32GB dengan harga Rp 2.499.000 dan 4GB + 64GB dengan harga Rp 2.899.000. Realme U1 akan hadir dalam dua warna; Ambitious Black dan Brave Blue, serta iconic phone case untuk Realme U1 juga bisa dipesan dengan harga Rp 89.000. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pembelian online smartphone dan aksesori Realme di Shopee, silakan kunjungi tautan berikut: https://shopee.co.id/m/realme-u1

Continue Reading

ASUS

Resmi Hadir di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harga ASUS ZenFone Max Pro M2

Published

on

Trenteknologi.com – ASUS hari ini mengumumkan ZenFone Max Pro M2, smartphone gaming penerus ZenFone Max Pro M1 yang kini hadir dengan performa lebih kencang, baterai lebih tahan lama, bodi lebih tangguh, serta desain lebih elegan.

“Bersiaplah untuk pengalaman bermain game maksimal lewat ZenFone Max Pro M2,” ujar Jimmy Lin, Regional Director ASUS South East Asia. “Dibandingkan generasi sebelumnya, ZenFone Max Pro M2 hadir dengan serangkaian peningkatan, baik dari sisi performa, desain, hingga sistem kameranya.”

ModelZenFone Max Pro M2 (ZB631KL)
Display, Resolution6.3-inch Full HD+ (2280 x 1080) All-screen display LED Backlit IPS LCD, 450nits / 1500:1 contrast ratio / 94% NTSC color gamut / 90% screen-to-body ratio
SoC ProcessorCPUPowerful 14nm Qualcomm Snapdragon 660 Octa Core Processor
GPUQualcomm® Adreno™ 512 GPU
MemoryRAM / StorageLPDDR4 3GB RAM, 32GB ROM

LPDDR4 4GB RAM, 64GB ROM

LPDDR4 6GB RAM, 64GB ROM

Supports up to 2TB MicroSD, 100GB Google Drive (free 1 year)

Camera SystemRear (main)

Camera

12 MP Sony IMX486 with F1.8 wide aperture and PDAF
Rear (wide)

Camera

5 Megapixel for bokeh mode
Front camera13MP, F2.0, 77.2 degree view angle with LED Flash
Camera featurePixelMaster 4.0 camera mode: Beauty, Auto (with HDR features), Selfie Panorama, GIF Animation

AI Camera with 13 types AI Scene Detection

WirelessWLAN 802.11 a/b/g/n, 2.4HGHz with Wi-Fi Driect / Bluetooth 5.0 (with aptX)
SensorRear fingerprint sensor (0.3 seconds unlock, supports 5 fingerprints), Face Recognition, Accelerator, E-Compass, Proximity, Ambient Light Sensor, Gyroscope
SIM card and SD slotTriple Slots: dual SIM, one MicroSD card

Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card, Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM Card, Slot 3: Supports up to 256GB MicroSD card

Both SIM card slots support 3G WCDMA / 4G LTE network band. But only one SIM card can connect to 4G LTE service at a time.

NetworkFDD-LTE, TD-LTE, WCDMA, GSM. Data rate: DC-HSPA+ (DL/UL): 42/5.76 Mbps; LTE CAT 7 (DL/UL): 300/150 Mbps, 3CA support
GPSGPS, AGPS, Glonass, BDS
OSPure Android 8.1 Oreo
Battery5.000mAh capacity
Audio / Microphone5-magnet speaker with NXP 9874 smart amplifier, Dual internal microphones with ASUS Noise Reduction Technology, FM Receiver
Size / Weight157.9 X 75.5 X 8.5 mm / 175 grams
ColorMidnight Blue, Cosmic Titanium

Max performance

ZenFone Max Pro M2 ditenagai oleh SoC Qualcomm Snapdragon 660 yang dibangun di atas arsitektur 14nm. SoC tersebut sudah dilengkapi dengan AI Engine untuk performa yang lebih lancar.

Didukung dengan RAM hingga 6GB, Snapdragon 660 memiliki peningkatan performa CPU hingga 11% dan performa GPU hingga 33% dari generasi sebelumnya. Snapdragon 660 dipastikan mampu menghadirkan performa superior ketika bermain game.

Max battery

Performa baterai yang tahan lama sudah menjadi tradisi dari seri ZenFone Max sejak pertama kali hadir. Meski hadir dengan desain yang lebih ramping, ZenFone Max Pro M2 masih hadir dengan baterai super besar berkapasitas 5.000 mAh.

Dengan baterai tersebut, ZenFone Max Pro M2 mampu memiliki waktu standby di jaringan 4G hingga 35 hari. Baterai ini juga mampu menghadirkan pengalaman bermain game hingga 10 jam non-stop serta menonton TouTube selama 19 jam.

Max durability

ZenFone Max Pro M2 merupakan smartphone pertama di kelasnya yang menggunakan Corning Gorilla Glass 6. Dalam pengujiannya, smartphone yang dilapisi Corning Gorilla Glass 6 bisa bertahan hingga 15 kali uji jatuh dengan ketinggian satu meter. Performa ketahanannya setara dengan dua kali lipat dari Corning Gorilla Glass 5 yang merupakan seri sebelumnya.

“Smartphone merupakan perangkat yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita semua. Riset kami menunjukkan rata-rata pengguna menjatuhkan smartphone-nya 7 kali dalam setahun dan hal tersebut sangat berbahaya,” ujar Scott Forester, Division Vice President, Marketing and Innovation Products, Gorilla Glass. “Kami senang bisa bekerja sama dengan ASUS untuk menghadirkan Corning Gorilla Glass 6 untuk melindungi ZenFone Max Pro M2.”

Max camera

Sistem kamera di smartphone ini sudah dilengkapi dengan fitur AI Scene Detection yang sama seperti yang ada di seri ZenFone 5. Kamera canggih tersebut membuat pengguna ZenFone Max Pro M2 bisa mengambil foto berkualitas dan merekam video beresolusi 4K dengan mudah.

Sistem kamera ganda di ZenFone Max Pro M2 menggunakan sensor premium berseolusi tinggi Sony IMX486 yang memiliki kepekaan lebih tinggi terhadap cahaya ketimbang sensor kamera lain sekelasnya. Sensor ini mampu menghasilkan gambar yang lebih nyata baik dalam kondisi terang maupun minim cahaya. Ditambah dengan fitur Phase-detection Autofocus (PDAF) dan Electronic Image Stabilization (EIS), pengguna ZenFone Max Pro M2 akan bisa mengambil gambar yang stabil bebas dari blur.

Agar bisa menghasilkan foto potrait yang cantik, kamera kedua ZenFone Max Pro M2 memiliki teknologi depth-sensing sehingga bisa menampilkan efek bokeh dengan sangat baik. Kamera ini juga bisa memberikan efek tajam pada bagian yang fokus serta efek blur pada background yang sangat natural.

Max Entertainment

ZenFone Max Pro M2 menggunakan layar all-screen high-res 6,3 inci FHD+ (2280 x 1080) dengan aspect ratio lebar 19:9. Kualitas tampilan layarnya lebih baik dari geneasi sebelumnya dengan color gamut NTSC hingga 94%, tingkat kecerahan hingga 450cd/m2, dan rasio kontras 1500:1. Dengan layar tersebut, ZenFone Max Pro M2 cocok digunakan untuk menikmati beragam konten multimedia.

Untuk pengalaman multimedia yang lebih baik, ZenFone Max Pro M2 juga menggunakan lima speaker dengan voice coil berbahan metal. Speaker tersebut dikontrol oleh teknologi NXP low-distortion smart amplifier sehingga mampu menghasilkan detail suara dengan sangat baik.

Premium design, max convenience

ZenFone Max Pro M2 merupakan varian ZenFone pertama yang menggunakan desain dengan tampilan Wave Pattern yang eye-catching. Bodinya juga didesain sangat ergonomis dengan bentuk 3D-curved di untuk bagian belakangnya, sehingga sangat nyaman digenggam. Tidak hanya itu, desain tersebut juga membuat ZenFone Max Pro M2 terlihat lebih mewah dan elegan.

Agar bisa menghadirkan konektivitas sekaligus penyimpanan tambahan, ZenFone Max Pro M2 sudah hadir dengan fitur triple-slot yang bisa mengakomodasi dua kartu SIM dan satu kartu MicroSD. Dua slot kartu SIM tersebut sudah mendukung teknologi 4G LTE (dual SIM / dual stancby). Sementara slot MicroSD memungkinkan penyimpanan tambahan hingga 2TB.

Harga ASUS ZenFone Max Pro M2

Penjualan perdana ZenFone Max Pro M2 versi RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB akan digelar secara eksklusif di Shopee pada tanggal 12 Desember 2018 pukul 00.00 WIB dengan banderol harga Rp3.199.000.

Continue Reading

Berita

Realme U1 Resmi Mendarat di Indonesia, Ini Keunggulan dan Harganya

Published

on

Trenteknologi.com – Realme kembali menunjukkan komitmennya di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan rangkaian produk terbaru Realme U1, smartphone unggulan kelas menengah yang dibuat khusus untuk selfie dalam seri U yang merupakan seri SelfiePro. Realme U1 adalah smartphone pertama di dunia yang dilengkapi dengan prosesor MediaTek Helio P70. Dalam rangka memenuhi permintaan keinginan anak muda untuk mengambil foto selfie terbaik, Realme U1 dilengkapi dengan kamera selfie dengan resolusi hingga 25 MP – SelfiePro dengan resolusi untuk kamera depan terbesar di kelasnya – yang secara otomatis menganalisis gambar untuk menghasilkan foto selfie yang sempurna.

“Realme memiliki posisi yang jelas dan tujuan yang jelas: kami akan terus menyediakan smartphone yang mengintegrasikan kinerja yang kuat dan desain yang stylish, dibuat untuk anak-anak muda di seluruh dunia. Produk kami dibuat untuk memenuhi permintaan mereka – smartphone untuk personalisasi dan individualitas, dan memungkinkan lebih banyak anak muda untuk memiliki pengalaman yang nyata dari kombinasi teknologi dan keindahan. Realme U1 adalah smartphone untuk semua anak muda di dunia yang menyukai fotografi dan fesyen; bagi mereka yang berani mengekspresikan diri; dan mereka yang berbagi kebahagiaan dengan orang-orang di sekitar mereka. Bersama mereka, kami berharap dapat memberikan terobosan dalam teknologi, menikmati keindahan, tetap setia pada diri sendiri dan proud to be young,” kata Josef Wang, Marketing Director Realme SEA.

Kekuatan dari dalam: Realme U1 adalah smartphone pertama di dunia yang dilengkapi dengan prosesor MediaTek Helio P70

BACA JUGA :  Hadir dengan Spesifikasi Mumpuni, Ini 8 Kelebihan yang dimiliki Mi Max !

Dengan AI Engine yang disempurnakan dan berjalan di CPU dan GPU, Helio P70 memberikan kinerja yang jauh lebih cepat untuk aplikasi AI dan efisiensi daya yang tinggi. Realme U1 akan menjadi perangkat mobile gaming baru yang kuat untuk para gamer. Peningkatan GPU Helio P70 juga memberikan pengalaman gaming yang lebih baik secara keseluruhan.

Kemampuan tersebut dioptimalkan untuk mengurangi lagging pada frame-rate dan meningkatkan latensi untuk kontrol sentuh dan menampilkan visual untuk pengalaman gaming yang halus dan mempesona. Tidak hanya untuk gaming, sebagai prosesor berperforma high-end untuk produk mid-range, AI Engine pada Helio P70 di Realme U1 juga kuat untuk fotografi.

Kamera depan SelfiePro 25MP dengan AI adalah teknologi selfie terbaik

Baik di Indonesia atau di belahan dunia lain, selfie adalah cara penting bagi anak muda untuk mengabadikan kehidupan mereka, bersosialisasi, mengekspresikan diri dan berbagi kegembiraan mereka. Realme U1 merupakan produk yang lahir untuk mengambil foto selfie, dengan sensor unggulan Sony IMX576 pada kamera depannya. Kamera depan beresolusi 25MP mampu mengambil foto selfie sejernih kristal, menawarkan kontrol noise dan reproduksi warna yang lebih baik.

Dengan bantuan Helio P70, kemampuan Realme U1 pada pengolahan gambarnya juga telah ditingkatkan secara signifikan, termasuk HD depth engine terbaru, hingga 3 kali peningkatan dalam in-depth mapping, dan preview efek bokeh 24fps yang halus. Performa AI yang ditingkatkan juga memastikan eksposur, fokus, dan white balance yang lebih baik dalam pengenalan wajah serta dalam mode pengenalan photo scene.

Sebagai merek smartphone global, Realme selalu memperhatikan faktor estetika dari anak-anak muda di Indonesia dalam pengaturan kamera dan mengoptimalkan fitur beautification yang sesuai, memungkinkan kamera U1 SelfiePro memberikan warna kulit alami orang Indonesia yang flawless dan secara tepat memulihkan detail fitur wajah orang Indonesia.

BACA JUGA :  Konsep Desain ini Diduga Merupakan iPhone 6s & iPhone 6s Plus !

Realme U1 menawarkan mode beautification untuk selfie dengan banyak orang, yang menampilkan algoritma yang secara otomatis mengidentifikasi jenis kelamin setiap orang dalam satu foto yang sama dan menerapkan solusi beautification yang paling sesuai, yang mengungkapkan keunikan pada setiap orang yang berbeda dalam satu foto. Realme U1 juga dilengkapi kamera belakang ganda 13MP+2MP yang menggabungkan ketepatan pencitraan kamera Utama 13MP dengan berbagai efek menggunakan kamera bantu 2MP.

Desain Light pillar & layar dewdrop menangkap esensi tekstur dan tampilan

Untuk memuaskan selera anak muda terhadap desain smartphone, Realme U1 mengadopsi gaya desain yang lebih modis dan berani, menggantikan desain polos yang solid dengan efek light pillar yang unik. Dalam pencahayaan yang berbeda, smartphone Realme U1 menampilkan bagian belakangnya yang memiliki tampilan bertekstur unik dari berbagai sudut. Untuk mendapatkan hal tersebut, panel belakang smartphone ini dibuat dengan menggunakan 13 lapis setingkat mikron yang telah dipanggang dan dipoles pada suhu yang sangat tinggi, dengan lapisan halus dipadukan untuk mencapai ikatan tingkat atom pada tiap laminasinya. Hasilnya adalah casing belakang yang menggabungkan transparansi dan daya tahan yang kuat.

Realme U1 memiliki rasio screen-to-body sebesar 90,8% dan rasio layar 19.5:9 untuk sudut pandang ultra-lebar yang meningkatkan efisiensi penyajian informasi. Pengguna akan dapat melihat konten visual yang lebih mendalam saat menjelajahi gambar dan menonton video. Dalam hal resolusi, Realme U1 dilengkapi dengan layar beresolusi 2340×1080 pixel dengan kepadatan layar 409PPI yang menampilkan gambar yang sangat jelas. Layar Realme U1 memiliki kontras yang tinggi 1500:1 dengan kecerahan layar 450nit yang memungkinkan pengguna memilih mode HD 1080P saat menonton video di YouTube sehingga akan meningkatkan pengalaman menonton mereka.

BACA JUGA :  Resmi Dikonfirmasi, MIUI 8 Global Stable akan Dirilis 23 Agustus 2016 !

Harga & Ketersediaan

Realme akan tersedia untuk pre-sale mulai 11 Desember 2018. Anak-anak muda di Indonesia dapat melakukan pre-order Realme U1 melalui Shopee dengan pilihan memori 3GB + 32GB dengan harga Rp 2.499.000 dan 4GB + 64GB dengan harga Rp 2.899.000.

Realme U1 akan hadir dalam tiga warna: Ambitious Black, Brave Blue and Fiery Gold. Bahkan lebih istimewanya lagi, untuk 2000 pembeli pertama akan mendapatkan Realme Smartphone Case gratis. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pembelian online smartphone dan aksesori Realme di Shopee, silakan kunjungi tautan berikut: https://shopee.co.id/m/realme-u1

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement

Top 5