Connect with us

Brand

5 Mitos Tentang Baterai Smartphone, Yang Masih Menjadi Kontrovesi !

Published

on

Trenteknologi.com – Beberapa pengguna smartphone saat ini masih mempercayai mitos-mitos tentang baterai smartphone yang sebenarnya adalah kesalahpahaman saja. Mitos-mitos yang umum dibicarakan mengenai baterai smartphone yaitu seperti jangan menggunakan smartphone pada saat sedang di charge, charger imitasi dapat merusak baterai hingga pengisian baterai smartphone selama semalaman akan merusak baterai Anda, sampai saat ini masih dipercayai dan menjadi kontroversial oleh beberapa pengguna smartphone. Maka dari itu mari kita bahas lebih lanjut tentang mitos-mitos yang beredar saat ini mengenai baterai smartphone. Berikut ini adalah 5 mitos umum tentang baterai smartphone, yang masih menjadi kontroversi hingga saat ini !

 

Jangan Menggunakan Ponsel pada saat Sedang di Charge

Beberapa pengguna smartphone tampaknya masih berpikir bahwa menggunakan ponsel pada saat sedang di-charge akan berdampak negatif pada kualitas baterai nantinya. Pernyataan tersebut tidak 100% benar, kecuali jika Anda menggunakan charger dengan kualitas rendah. Beberapa waktu yang lalu terdapat sebuah kasus yaitu sebuah smartphone meledak, dan beberapa orang percaya hal tersebut dikarenakan pengguna menggunakan ponselnya pada saat sedang di charge. Namun pada kenyataannya setelah diselidiki, meledaknya smartphone tersebut dikarenakan pengguna menggunakan charger dengan kualitas rendah !

 

Charger Imitasi Dapat Merusak Baterai

Charger dengan kualitas rendah memang sangat berbahaya untuk baterai Anda. Namun charger imitasi tidak berbahaya untuk baterai Anda, asalkan memiliki kualitas yang baik. Kekurangan menggunakan charger imitasi hanya berdampak pada tidak optimalnya pengisian daya baterai, seperti salah satu contohnya adalah pengisian baterai akan sangat memakan waktu yang cukup lama.

BACA JUGA :  Meizu, Kesempurnaan Inovasi Melalui Seni dan Teknologi

 

Pengisian Baterai hingga Semalam-an, Akan Merusak Baterai

Beberapa peneliti mengatakan bahwa penyataan ini salah ! Karena smartphone sesuai namanya, sudah cukup “Pintar” untuk tahu kapan harus menghentikan pengisian baterai. Namun, ada satu hal yang dapat Anda lakukan untuk memperpanjang umur baterai Anda. Cobalah untuk selalu menjaga kapasitas baterai Anda antara 40% hingga 80% pada saat malam hari atau sedang tidak Anda gunakan dalam waktu yang lama.

 

Koneksi Internet Membuat Baterai Boros

Pernyataan seperti ini juga sangat tidak benar ! Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya yang membuat baterai menjadi boros adalah aplikasi yang mengandalkan Chipset Grafis atau biasa disebut dengan GPU (Graphic Processing Unit) smartphone Anda. GPU merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai pengolah grafis, dan cukup membutuhkan energi besar dari baterai untuk kinerjanya. Maka dari itu koneksi internet bukan satu-satunya penyebab baterai Anda menjadi boros, kecuali Anda menggunakan sebuah aplikasi yang membutuhkan kinerja dari koneksi internet dan GPU sekaligus, seperti streaming melalui YouTube atau game online.

 

Wajib Mengisi Baterai Hingga Penuh, Untuk Smartphone Baru

Mitos yang satu ini merupakan mitos yang paling banyak dipercayai pengguna ponsel hingga saat ini. Masih banyak orang berpikir bahwa hal pertama yang mereka harus lakukan dengan smartphone baru adalah wajib melakukan pengisian baterai hingga 100% sebelum digunakan pertama kalinya. Ini hanyalah sebuah mitos !

BACA JUGA :  Tips MIUI 7 : 10 Tips ini akan Maksimalkan Fitur di MIUI 7 !

Karena pada dasarnya, biasanya sebelum sebuah smartphone dimasukkan kedalam box-nya pada saat masih di pabrik, kapasitas baterai telah berada pada 40% hingga 80%, dan sudah langsung siap untuk Anda gunakan.

 

Apakah Anda pengguna smartphone yang masih mempercayai mitos-mitos yang disebutkan diatas ? Jika ya, mulai saat ini sebaiknya Anda tidak perlu mempercayai 100% mitos-mitos diatas, selama Anda menggunakan smartphone Anda dengan baik.

 

Sumber : techrepublic.com

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Brand

Inilah HP Lenovo Terbaru yang Bisa Kamu Gaet Tahun 2019 Ini

Published

on

Tidak ingin kalah saing dari produsen smartphone lainnya, Lenovo terus maju dengan mengeluarkan produk-produk terbaru mereka. Produk-produk baru tersebut juga ditarget untuk berbagai kalangan, mulai dari menengah sampai atas. Tidak heran jika sampai sekarang Lenovo masih menjadi pilihan masyarakat Indonesia dari semua kalangan. Apabila Anda juga salah satu yang ingin mengganti HP dengan HP Lenovo terbaru, berikut ini adalah beberapa yang direkomendasikan untuk Anda.

  1. HP Lenovo K5

Dimulai dari yang baru dirilis April 2018 kemarin, ada Lenovo K5. HP satu ini terbilang cukup murah di pasaran, harganya hanya berkisar Rp. 1.3-1.5 jutaan sekarang. Dengan harga terjangkau, konsumen sudah diberikan kualitas produk ponsel dengan layar cukup lebar, yaitu selebar 5.7 inci dengan IPS LCD. Untuk dapur pacunya sendiri, menggunakan chipset Mediatek MT6750V/CB dengan CPU Octa core berkecepatan 4×1.5GHz Cortex-A53 dan 4×1.0 GHz Cortex-A53. Tidak lupa, demi tampilan grafis memukau, disematkan GPU Mali-T860MP2. Sayangnya, sistem operasinya masih memakai Android seri 7.1 Nougat dengan ZUI Lite 3.1. Meskipun begitu HP ini sudah ditunjang dengan RAM sebesar 3GB dengan ROM 32GB.

  1. HP Lenovo K5 Play

Sama-sama dirilis bulan April 2018 dan sama-sama dari K series. HP Lenovo terbaru K5 Play memiliki harga yang juga tidak jauh beda dari K5, yaitu sekitar Rp. 1.3 jutaan. Namun, tentu saja dengan jeroan yang berbeda. Untuk menunjang kenyamanan pengguna, chipset yang dipakai adalah Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430 dengan ukuran 28nm. Tidak lupa CPU-nya adalah Octa-core dengan kecepatan 1.4GHz Cortex-A53. Dengan harga yang terjangkau, HP ini juga sudah dibekali RAM 3GB dan ROM 32GB. Bahkan kamera belakangnya menggunakan konsep dual, yang resolusinya sebesar 13MP dan 2MP.

BACA JUGA :  Hanya Dengan Teks Sederhana, Smartphone Android Dapat Dengan Mudah di Hack !
  1. HP Lenovo Z5

Diluncurkan setelah seri K, Lenovo juga meluncurkan HP Lenovo terbaru seri Z, yaitu Z5 yang dirilis bulan Juni 2018 lalu. Harga HP Lenovo terbaru ini juga lebih mahal daripada dua seri sebelumnya. Di pasaran, harganya masih sekitar Rp. 2.8 jutaan. Hal ini ditunjang pula dengan layarnya yang lebih lebar, yaitu sebenar 6.2 inci dengan pelindung Corning Gorilla Glass 3 sehingga anti gores. Chipsetnya pun menggunakan Qualcomm SDM636 Snapdragon 636 sebesar 14nm. Ditambah dengan CPU sudah Octa-core berkecepatan 1.8 GHz Kryo 260. Dikarenakan lebih baru, system operasinya juga memakai Android yang baru yaitu Android 8.1 Oreo. Tidak lupa dilengkapi kamera dual di bagian belakang sebesar 12 MP dan 8MP. Juga baterai yang cukup besar yaitu Li-Ion 330mAh.

  1. HP Lenovo Z5s

HP Lenovo terbaru yang benar-benar baru dirilis bulan Desember lalu adalah Lenovo Z5s. HP ini dibuat dengan layar lebih lebar, yaitu 6.3 inci. Bahkan dengan water drop notch yang kelihatan menggemaskan di bagian atas. HP ini juga dibandrol dengan harga cukup mahal, sekitar Rp. 4.3 jutaan. Tidak mengherankan, karena RAM-nya pun sudah 4 dan 6GB. Bahkan chipsetnya sudah memakai Snapdragon 710. Tidak ketinggalan, kamera bagian belakang mengadopsi dual camera dengan resolusi 16MP dan 8MP. Untuk kamera depan, sudah 16MP.

BACA JUGA :  Tips MIUI 7 : 10 Tips ini akan Maksimalkan Fitur di MIUI 7 !

Untuk tahu HP Lenovo terbaru lainnya, Anda juga bisa melihatnya langsung melalui aplikasi Bukalapak. Jika tidak punya aplikasinya, bisa juga buka websitenya di www.bukalapak.com. Di Bukalapak, Anda dapat menemukan smartphone kualitas terbaik dengan harga yang cukup miring. Apalagi, Bukalapak menyediakan fitur cicilan untuk yang belum mampu membayar kontan. Tidak ketinggalan, berbagai promo juga akan membuat pengalaman belanja lebih menyenangkan. Untuk keamanan dan kenyamanan transaksi di Bukalapak, ada baiknya Anda pelajari dahulu 5 Tips Belanja Produk Elektronik Secara Online.

Continue Reading

Berita

Paris Dipilih Sebagai Lokasi Peluncuran Huawei P30 Series, Ini Alasannya

Published

on

Trenteknologi.com – Huawei kembali akan meluncurkan smartphone berteknologi tinggi yang menonjolkan performa dan juga kameranya yaitu Huawei P30 Series pada 26 Maret 2019 besok di Kota Paris. Vendor smartphone terkemuka di dunia ini memilih Paris untuk meluncurkan produk terbarunya tersebut bukan tanpa alasan, dan inilah alasan Huawei memilih Paris.

Sebagai kota yang sudah dikenal dengan julukan “The Fashion Capital of the World”, “The City of Love” serta “The City of Lights”, Kota Paris menjadi kota yang menjadi pusat keindahan, budaya, seni, dan sejarah sejak Renaissance Prancis. Maka dari itu sangat masuk akal untuk memilih tempat ini menjadi lokasi untuk memamerkan Huawei P30 Series kepada khalayak, smartphone terbaru dari Huawei yang menawarkan fitur unggulan pada kamera yang telah diakui kualitasnya selama beberapa tahun terakhir.

Deputy Country Director, Huawei Device Indonesia mengungkapkan “Namun mempertimbangkan bahwa Huawei juga memilih kota-kota lain seperti Barcelona dan London untuk memperkenalkan smartphone terbarunya, ada fakta lain sehingga Huawei P Series, dimulai dari Huawei P20 dan sekarang Huawei P30, kerap selalu menginjakan kaki di Paris”

Tentu saja ada kaitannya fitur kamera berteknologi tinggi dari Huawei P30 Series yang telah dilengkapi dengan lensa Leica. Akan tetapi bukankah Leica berasal dari Jerman?

“Menarik untuk mengetahui bahwa Paris sebenarnya juga memiliki keterkaitan yang dalam dengan perkembangan fotografi. Karena itu kami ingin berbagi kepada Anda alasan dibalik Huawei memilih Paris sebagai tempat untuk memperkenalkan Huawei P30 Series,” lanjut Khing Seng.

BACA JUGA :  Hanya Dengan Teks Sederhana, Smartphone Android Dapat Dengan Mudah di Hack !

Paris Menjadi Awal Beberapa Penemuan Kamera dan Fotografi

Boulevard du Temple pada 1839. (Foto: Louis Daguerre)

Foto Boulevard du Temple, Paris yang diambil oleh seniman Perancis Louis Daguerre menjadi foto tertua di dunia. Louis Daguerre sampai saat ini dianggap menjadi bapak fotografi dan juga penemu metode fotografi daguerreotype. Metode daguerreotype adalah metode fotografi umum yang digunakan sampai tahun 1860-an dan sebagian besar digunakan untuk menangkap potret atau pemandangan lanskap.

Dikenal Sebagai Kota Cahaya

Kemudian Paris juga dikenal sebagai “Kota Cahaya”, julukan tersebut berawal dari dua orang saudara lelaki yang dikenal dengan nama Lumiere Bersaudara yang terkenal di Paris dan sangat penting bagi pengembangan teknologi fotografi.

Lumières La Sortie de l’Usine Lumière à Lyon 1895

Lumiere (bahasa Prancis untuk cahaya) bersaudara Auguste Marie Louis Nicolasnd Louis Jean telah mematenkan teknologi Autochrome Lumière (Autochrome Light) pada tahun 1903 dan menemukan pelat warna yang penting untuk kemajuan bidang fotografi. Mereka juga salah satu pembuat film pertama dengan sinematografi yang dipatenkan sendiri dan melakukan pemutaran publik pertama dari sepuluh film pendek berdurasi 50 detik pada tahun 1895 di Salon Indien du Grand Café di Paris.

Rumah untuk World’S Largest Photography-Themed Art Fair

Kota Paris juga menjadi tuan rumah pameran seni internasional tahunan terbesar di dunia yang didedikasikan untuk fotografi, Paris Photo, yang didirikan pada tahun 1997. Pada tahun 2017, lebih dari 64.500 pengunjung menghadiri sepanjang 5 hari pameran, yang dihadiri oleh para kolektor fotografi. Fotografer profesional, seniman, dan para penggemar. Setahun setelahnya, Huawei juga memamerkan foto-foto pemenang dari “2018 HUAWEI NEXT-IMAGE Awards” di Paris Photo 2018.

BACA JUGA :  Xiaomi Resmi Membuka Gerai Mi Home Pertamanya di Indonesia !

Rumah Para Profesional Legendaris dan Koleksi Fotografi Terkemuka

Sejak kelahiran kamera, Paris telah menjadi salah satu subjek fotografi yang populer. Fotografer terkenal seperti Robert Doisneau, Henri Cartier-Bresson dan Man Ray memiliki karya yang berkaitan dengan Paris. Dan Anda juga dapat mengunjungi beberapa museum fotografi yang didirikan di Paris seperti Rumah Fotografi Eropa, Musée Carnavalet dan e Jeu de Paume.

Rumah Dari Landmark Dunia yang Fotogenik

Sebagai salah satu tujuan wisata utama, Paris memiliki banyak landmark monumental yang menarik wisatawan dan penggemar fotografi. Dari Museum Louvre, Katedral Notre-Dame, Arch of Triumph, Champ d’Elysee yang indah, adalah tempat yang sempurna bagi orang-orang untuk mengambil foto-foto yang luar biasa. Tidak heran Huawei P30 akan diluncurkan di tempat yang menawarkan peluang untuk mengambil begitu banyak foto indah tanpa batas.

Rumah untuk Kelahiran Huawei P30 Series

Dengan sejarah yang kaya dan relevansi budaya dalam bidang fotografi, tidak ada keraguan sama sekali untuk Huawei memilih Paris untuk meluncurkan seri andalannya yang membanggakan teknologi dan fitur fotografi.

“Huawei P30 Series tidak hanya memungkinkan Huawei memecahkan rekornya lagi, seperti yang telah kita lakukan pada generasi sebelumnya Huawei P20, tetapi juga menetapkan standar baru foto dan videografi. Line-up ini dapat dianggap sebagai “Ponsel Super Kamera” ponsel pertama di dunia dan dapat membawa kita ke era baru fotografi ponsel cerdas,” ucap Lo Khing Seng.

BACA JUGA :  Meizu, Kesempurnaan Inovasi Melalui Seni dan Teknologi

Peluncuran Huawei P30 Series di Paris pada 26 Maret nanti, akan menandai bab lain dalam sejarah Paris yang terkenal dan fotografi. Bagi Anda yang tertarik untuk menyaksikan peluncuran Huawei P30 Series secara live dapat melihatnya pada Live Streaming dibawah ini.

Continue Reading

Berita

Ini 3 Fakta mengenai Huawei P30 Series yang akan Diluncurkan di Paris

Published

on

Trenteknologi.com – Peluncuran Huawei P30 Series pada 26 Maret mendatang di Paris Convention Center, membuat dunia maya bergetar untuk beberapa waktu. Huawei P Series telah mengguncang industri smartphone selama dua tahun terakhir dengan fitur fotografi yang inovatif. Foto-foto yang bocor ke dunia maya telah menampilkan bagaimana kemampuan super zoom seri P30 dan telah membangkitkan antusiasme dalam berbagai pemberitaan.

Melalui akun Instagram resminya, Huawei pun mengindikasikan bahwa lini P30 Series mendatang akan dibekali dengan kemampuan zoom dan low light yang semakin dapat diandalkan, seperti dalam kedua tautan video teaser berikut:

https://www.instagram.com/p/BvLCyJbAO9i/

https://www.instagram.com/p/BvNq5IBlCqx/

Meski ada banyak spekulasi mengenai smartphone teranyar dari Huawei itu, berikut ini beberapa fakta menarik mengenai Huawei P Series:

Dilahirkan di Luar China

Sebagai seri smartphone andalan Huawei, seri P memiliki prestise internasional sejak peluncuran generasi pertamanya. Diluncurkan pertama kali di Kanada pada tahun 2012, generasi pertamanya diberi nama Ascend P1, tak ubahnya simbol melesatnya seri P di pasar smartphone global. Generasi berikutnya diluncurkan di perhelatan-perhelatan besar dunia, seperti di London, di Barcelona, dan akhirnya kini menetap di Paris untuk peluncuran smartphone terbaru di seri itu, seperti: P20 series dan akhirnya P30 series yang akan datang.

Keluarga Smartphone dengan Kamera Revolusioner

Peluncuran awal telah menempatkan P series pada kedudukan terhormat, tapi Huawei seri P benar-benar mencapai puncaknya pada 2016. Pada saat peluncuran seri P9, Huawei secara resmi mengumumkan kemitraannya dengan Leica untuk mengembangkan kamera smartphone paling canggih, dimulai dengan dual camera pertama yang ditanamkan di smartphone Huawei. Sejak itu, Huawei tidak pernah lagi melihat ke belakang.

BACA JUGA :  Meizu, Kesempurnaan Inovasi Melalui Seni dan Teknologi

Huawei melangkah lebih jauh dengan seri P10-nya, dengan meningkatkan kualitas smartphone, serta menawarkan fitur fotografi dalam pencahayaan rendah yang unggul berkat kemampuan lensa dalam mengumpulkan lebih banyak cahaya. Kamera depan juga dilengkapi dengan lensa Leica untuk menangkap foto selfie yang menakjubkan.

Sementara itu, P20 dan P20 Pro telah mencapai terobosan revolusioner dengan menawarkan fitur triple camera Leica di belakang, yang sejak itu diikuti oleh banyak pesaing. Susunan itu juga telah membuat P20 Pro memuncaki daftar DxOMark Mobile selama berbulan-bulan, sebelumnya akhirnya berbagi mahkota dengan ‘saudaranya’: Mate 20 Pro.

Dengan beredarnya informasi di internet yang menyatakan bahwa seri P30 akan hadir dengan susunan empat kamera belakang, tidak mengherankan bahwa banyak orang telah mengantisipasi peluncuran smartphone ini dengan penuh gairah.

Seri yang Paling Banyak Memenangi Penghargaan

Dari antusiasme penggemar datanglah pengakuan. Seri P telah meraih banyak penghargaan di industri smartphone, dan berikut adalah daftar pendek dari penghargaan tersebut:

P9

  • EISA European Consumer Smartphone 2016 – 17
  • “Best Dual Lens Smartphone” di TeknoTel 2016 Awards

P10 dan P10 Plus

  • Penghargaan “Best of MWC: Best Smartphone” dari Android Authority
  • “MWC 2017 Awards: Best Phone” dari T3
  • “HDblog Awards: Best Editor Choice” dari HDBlog
  • “Editor’s Pick of MWC 2017” dari FoneArena
  • Penghargaan EISA Smartphone Camera 2017-2018
BACA JUGA :  Hanya Dengan Teks Sederhana, Smartphone Android Dapat Dengan Mudah di Hack !

P20 dan P20 Pro

  • “Best Smartphone of the Year” (2018) untuk P20 Pro dari EISA
  • Best Photo Smartphone untuk P20 Pro dari Technical Image Press Association
  • Penghargaan Flagship Phone of the Year 2018 untuk P20 Pro dari Trusted Reviews
  • Phone of the Year 2018 untuk P20 Pro dari Tech Radar

Lantas bagaimana dengan P30 Series yang bakal diluncurkan pada 26 Maret mendatang di Paris? Akankah smartphone ini mengikuti jejak sukses pendahulunya? Seperti apa pula fitur-fitur revolusioner yang ditawarkannya? Tunggu saja tanggal mainnya.

Continue Reading
Advertisement Skillupacademy.com

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement

Top 5