Connect with us

Brand

5 Mitos Tentang Baterai Smartphone, Yang Masih Menjadi Kontrovesi !

Published

on

Trenteknologi.com – Beberapa pengguna smartphone saat ini masih mempercayai mitos-mitos tentang baterai smartphone yang sebenarnya adalah kesalahpahaman saja. Mitos-mitos yang umum dibicarakan mengenai baterai smartphone yaitu seperti jangan menggunakan smartphone pada saat sedang di charge, charger imitasi dapat merusak baterai hingga pengisian baterai smartphone selama semalaman akan merusak baterai Anda, sampai saat ini masih dipercayai dan menjadi kontroversial oleh beberapa pengguna smartphone. Maka dari itu mari kita bahas lebih lanjut tentang mitos-mitos yang beredar saat ini mengenai baterai smartphone. Berikut ini adalah 5 mitos umum tentang baterai smartphone, yang masih menjadi kontroversi hingga saat ini !

 

Jangan Menggunakan Ponsel pada saat Sedang di Charge

Beberapa pengguna smartphone tampaknya masih berpikir bahwa menggunakan ponsel pada saat sedang di-charge akan berdampak negatif pada kualitas baterai nantinya. Pernyataan tersebut tidak 100% benar, kecuali jika Anda menggunakan charger dengan kualitas rendah. Beberapa waktu yang lalu terdapat sebuah kasus yaitu sebuah smartphone meledak, dan beberapa orang percaya hal tersebut dikarenakan pengguna menggunakan ponselnya pada saat sedang di charge. Namun pada kenyataannya setelah diselidiki, meledaknya smartphone tersebut dikarenakan pengguna menggunakan charger dengan kualitas rendah !

 

Charger Imitasi Dapat Merusak Baterai

Charger dengan kualitas rendah memang sangat berbahaya untuk baterai Anda. Namun charger imitasi tidak berbahaya untuk baterai Anda, asalkan memiliki kualitas yang baik. Kekurangan menggunakan charger imitasi hanya berdampak pada tidak optimalnya pengisian daya baterai, seperti salah satu contohnya adalah pengisian baterai akan sangat memakan waktu yang cukup lama.

BACA JUGA :  4 Aplikasi Android ini Wajib Anda Gunakan Disaat Mudik & Travelling !

 

Pengisian Baterai hingga Semalam-an, Akan Merusak Baterai

Beberapa peneliti mengatakan bahwa penyataan ini salah ! Karena smartphone sesuai namanya, sudah cukup “Pintar” untuk tahu kapan harus menghentikan pengisian baterai. Namun, ada satu hal yang dapat Anda lakukan untuk memperpanjang umur baterai Anda. Cobalah untuk selalu menjaga kapasitas baterai Anda antara 40% hingga 80% pada saat malam hari atau sedang tidak Anda gunakan dalam waktu yang lama.

 

Koneksi Internet Membuat Baterai Boros

Pernyataan seperti ini juga sangat tidak benar ! Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya yang membuat baterai menjadi boros adalah aplikasi yang mengandalkan Chipset Grafis atau biasa disebut dengan GPU (Graphic Processing Unit) smartphone Anda. GPU merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai pengolah grafis, dan cukup membutuhkan energi besar dari baterai untuk kinerjanya. Maka dari itu koneksi internet bukan satu-satunya penyebab baterai Anda menjadi boros, kecuali Anda menggunakan sebuah aplikasi yang membutuhkan kinerja dari koneksi internet dan GPU sekaligus, seperti streaming melalui YouTube atau game online.

 

Wajib Mengisi Baterai Hingga Penuh, Untuk Smartphone Baru

Mitos yang satu ini merupakan mitos yang paling banyak dipercayai pengguna ponsel hingga saat ini. Masih banyak orang berpikir bahwa hal pertama yang mereka harus lakukan dengan smartphone baru adalah wajib melakukan pengisian baterai hingga 100% sebelum digunakan pertama kalinya. Ini hanyalah sebuah mitos !

BACA JUGA :  Tips Android : Ini Alasan Mengapa Charge Baterai Android sangat Lambat !

Karena pada dasarnya, biasanya sebelum sebuah smartphone dimasukkan kedalam box-nya pada saat masih di pabrik, kapasitas baterai telah berada pada 40% hingga 80%, dan sudah langsung siap untuk Anda gunakan.

 

Apakah Anda pengguna smartphone yang masih mempercayai mitos-mitos yang disebutkan diatas ? Jika ya, mulai saat ini sebaiknya Anda tidak perlu mempercayai 100% mitos-mitos diatas, selama Anda menggunakan smartphone Anda dengan baik.

 

Sumber : techrepublic.com

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Berita

Realme XT Pimpin Tren Kamera Smartphone “Quad Camera” Beresolusi 64MP

Published

on

Trenteknologi.com – Inilah waktu bagi realme membuka era baru kamera smartphone Tanah Air. Setelah sempat memberikan bocorannya, kini saatnya realme menguak produk terbaru mereka. realme XT menjadi salah satu pelopor dalam menghadirkan kemampuan menangkap sebuah foto melalui resolusi yang super besar. Dengan besaran kamera utamanya 64MP, tangkap semua detail secara luar biasa hanya dengan satu jepretan.

Setelah berhasil melakukan penelitian mendalam untuk mengimplementasikan kamera resolusi tinggi ke smartphone, realme berfokus ke pengguna anak muda dengan menantang dirinya sendiri. Mereka ingin untuk selalu bisa menghadirkan teknologi paling mutakhir ke penggunanya. Inilah yang menjadi cikal bakal kelahiran realme XT ke Indonesia. realme XT akan menjadi 64MP Quad Camera Xpert dengan menghadirkan sensor kamera tertinggi di dunia yang belum pernah ada sebelumnya.

realme XT mampu hasilkan foto beresolusi 9216×6912 piksel yang sangat detail dalam mode bernama Ultra 64MP. Ukuran foto akan 4 kali lebih besar dari pemotretan reguler 16MP. Ini memberikan keuntungan dengan detail yang sangat tajam saat diperbesar. Sebagai gambaran, saat ini resolusi kamera terbesar yang ada di pasaran adalah 48MP. realme pun menjadi salah satu pelopor lahirnya era 48MP, dan telah siap untuk melompat lebih jauh melalui resolusi 64MP.

Ponsel realme XT juga masih masuk ke dalam kategori Quad Camera, yang berarti tidak hanya mengandalkan satu kamera saja di bagian belakang, tapi bersama-sama dengan tiga kamera lain. Dimulai dari realme 5 dan realme 5 Pro, Quad Camera menjadi identitas baru realme dalam meluncurkan produk-produk andalan. Ini disebabkan oleh buah pemikiran akan hasil foto yang harus bisa memberikan kualitas terbaik di berbagai skenario.

BACA JUGA :  Ini Cara Menjadikan Kamera Smartphone sebagai FingerPrint !

Hal tersebut mungkin diwujudkan melalui kamera-kamera terdedikasi. Seperti kamera dengan lensa ultra-wide untuk tangkapan lebar, lensa ultra-macro untuk tangkapan objek kecil, dan lensa telefoto untuk hasilkan foto dengan efek bokeh terbaik. Di bagian depan, terdapat kamera selfie beresolusi 16MP yang ditempatkan di minidrop notch.

Sebagai gambaran, kamera 64MP realme XT memiliki ukuran sensor yang lebih besar dari realme 5 Pro. Bersama dengan teknologi ISOCELL Plus, sensor 64MP dari Samsung menggunakan teknologi piksel Tetracell 4-in-1 untuk menggabungkan empat piksel yang berdekatan menjadi satu piksel besar berukuran 1.6μm. Teknologi Tetracell dan 3D HDR akan memungkinkan para pengguna mengambil foto-foto sejernih kristal kapan pun. Kamera realme XT bisa memberikan tampilan yang cantik dan menakjubkan di segala kondisi pemotretan.

Tentu realme XT tidak hanya akan hadir dengan keunggulan di sektor kamera. Smartphone ini turut dilengkapi dengan spesifikasi mumpuni lain di berbagai bidang. Sebut saja dalam urusan prosesor, teknologi pengisian baterai, dan layar yang membawanya setingkat dengan perangkat-perangkat flagship.

Maka bersiaplah untuk menyambut dan mencoba 64MP Quad Camera Xpert dari realme XT. Smartphone yang berikan pengalaman mobile photography benar-benar berbeda di rentang harga Rp 3 Jutaan.

Continue Reading

Berita

Realme XT dengan Kamera 64MP Bakal Dijual di Indonesia, dengan Harga 3 Jutaan

Published

on

Trenteknologi.com – Untuk mempertahankan posisinya sebagai Top 5 Smartphone Brand di Indonesia, Realme akan kembali membawa produk terbarunya ke Indonesia yaitu realme XT. Ponsel terbarunya ini akan diluncurkan pada 23 Oktober 2019 mendatang, realme XT akan menjadi 64MP Quad Camera Xpert dengan menghadirkan sensor kamera tertinggi di smartphone saat ini yang belum pernah ada sebelumnya kepada anak muda di Indonesia.

Setelah beberapa waktu lalu memboyong Realme 5 dan Realme 5 Pro ke Indonesia, Realme XT sendiri juga merupakan salah satu seri produk “Leap To Quad Camera” dari realme yang tentunya lebih canggih dari rangkaian produk realme sebelumnya. realme XT akan melanjutkan kesuksesan seri X dari realme, yang dikenal sebagai seri yang memiliki banyak inovasi terbaru. realme XT akan membawa pengguna ke era baru mobile photography yang super detil dan super jernih dengan resolusi tinggi dan konfigurasi kamera quad yang dibawa olehnya.

“Sebagai merek smartphone baru yang “Dare to Leap”, realme berkomitmen untuk terus mengeksplorasi kemungkinan dalam menciptakan era baru mobile photography. Setelah realme 5 Series, seri kamera quad pertama kami diluncurkan di Tanah Air mendapat sambutan baik oleh pelanggan kami, oleh karena itu kami akan segera meluncurkan 64MP Quad Camera Xpert. Hari ini, dengan senang hati saya mengumumkan bahwa realme XT, yang merupakan smartphone expert terlengkap di segmen harga Rp 3 Jutaan akan diluncurkan di Indonesia pada tanggal 23 Oktober. Dengan realme XT, kami percaya kami dapat memberikan pengalaman fotografi yang baru dari kamera smartphone dalam mengambil gambar dan memberikan pengalaman seperti fotografer profesional hanya dengan sebuah smartphone,” kata Josef Wang – Marketing Director realme SEA.

BACA JUGA :  Tips Android : Ini Alasan Mengapa Charge Baterai Android sangat Lambat !

Realme XT akan hadir dengan layar 6,4 inci FHD+ Super AMOLED Dewdrop yang menawarkan In-Display Fingerprint serta rasio layar 91,9%. Smartphone ini juga ditenagai oleh Snapdragon 712 yang dipasangkan dengan pilihan RAM hingga 8GB dan penyimpanan internal 128GB. realme XT didukung oleh baterai besar 4.000 mAh dengan dukungan VOOC Flash Charge 3.0. realme XT akan hadir dalam dua varian, 4GB+128GB dan 8GB+128GB.

Di bagian belakang, realme XT menggunakan konfigurasi quad-camera yang membawa sensor 64MP Samsung ISOCELL Bright GW1 dengan aperture f/1.8 dan EIS. realme XT juga memiliki mode Ultra 64MP dalam pengaturan kamera yang akan memungkinkan pengguna mengambil foto dengan resolusi penuh. Pengaturan quad-camera juga mencakup kamera ultra-wide 8MP, kamera ultra-macro 2MP dan kamera depth-sensor 2MP. Di bagian depan, terdapat kamera selfie beresolusi 16MP yang ditempatkan di minidrop notch.

Berbicara tentang desain dan finishing, realme XT akan memberikan pengguna sensasi premium dan material yang disempurnakan. realme XT adalah smartphone pertama dari realme yang membawa kaca Gorilla Glass 5 di bagian depan dan belakang, yang bertujuan untuk memberikan tampilan dan nuansa premium. realme XT menghadirkan desain 3D glass hyperbola curve back yang tidak hanya memberikan pengalaman menggenggam yang lebih baik, tetapi juga memberikan efek visual yang sangat menarik. realme XT akan memiliki dua varian warna: Pearl Blue & Pearl White.

BACA JUGA :  4 Aplikasi Android ini Wajib Anda Gunakan Disaat Mudik & Travelling !

Persiapkan diri Anda untuk menyambut dan mencoba 64MP Quad Camera Xpert dari realme XT yang melampaui batas, memberikan pengalaman mobile photography yang benar-benar berbeda di rentang harga Rp 3 Jutaan. Bagi yang ingin lebih tahu tentang realme XT, anak-anak muda di Indonesia dapat mengunjungi web resmi realme Indonesia melalui realme.com/id.

Continue Reading

Review

Menjajal Redmi Note 8 Yang Akan Meluncur ke Indonesia, Bagaimana Hasil Kameranya ?

Published

on

Trenteknologi.com – Xiaomi resmi mengkonfirmasi akan memboyong smartphone terbarunya Redmi Note 8 ke Indonesia. Tidak hanya Redmi Note 8, Xiaomi juga mengkonfirmasi juga akan membawa Redmi Note 8 Pro untuk para Mi Fans di Indonesia pada tanggal 17 Oktober 2019 mendatang.

Dan sebelum diluncurkan minggu depan, Trenteknologi.com mendapatkan kesempatan untuk mencoba secara langsung Redmi Note 8, terutama mencoba bagaimana hasil kameranya yang mengunggulkan sensor kamera beresolusi 48MP. Menurut versi globalnya, seri Redmi terbaru ini telah dibekali dengan empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama beresolusi 48MP, kamera 8MP dengan lensa Ultra-Wide, 2MP Depth Sensor dan juga 2MP lensa Macro. Lalu seperti apakah kualitas foto yang dihasilkan oleh Redmi Note 8 ini ?

Hasil Kamera Redmi Note 8

Dari segi desain, ponsel ini memiliki desain yang tidak jauh berbeda dengan pendahulunya yaitu Redmi Note 7, dengan masih mempertahankan desain layar Dot Drop untuk kamera depan beresolusi 13MP dan juga bodi belakang berjejer 4 kamera dan juga Fingerprint beraksen kaca dengan dua pilihan warna yaitu Space Black dan Neptune Blue. Lalu pada bagian bawah bodinya, terdapat port jack 3.5mm, USB Type-C dan juga lubang speaker sekaligus Mic. Dan pada bagian atas bodinya, terdapat juga lubang Mic dan Infra Red.

BACA JUGA :  Moto Z Play, Baterai Berkapasitas Besar & Daya Tahan Hingga 45 Jam !

Desain Redmi Note 8

 

Untuk spesifikasi Redmi Note 8 jika menurut versi globalnya, ponsel ini akan dibekali dengan prosesor Snapdragon 665 Octa-Core yang disertai chipset grafis Adreno 610. Untuk mendukung kinerja dari prosesor tersebut, Redmi Note 8 akan menggunakan RAM sebesar 4GB dengan penyimpanan internal berkapasitas 64GB. Selain itu ponsel ini juga akan dibekali dengan kapasitas baterai berkapasitas besar yaitu 4000 mAh dengan dukungan USB Type-C 18W Fast Charger.

Lalu untuk Redmi Note 8 Pro, Xiaomi sendiri belum ingin buka suara mengenai seri “Pro” ini apakah akan turut dibawa ke Indonesia, karena mereka akan memberikan kejutan untuk para Mi Fans. Namun dari terkuaknya sertifikasi TKDN Kementrian Perindustrian (Kemeperin), yang mencantumkan nomor kode M1906G7G. Kode tersebut disimpulkan merupakan nomor kode untuk Redmi Note 8 Pro, yang menurut versi globalnya, Redmi Note 8 Pro akan menjadi smartphone pertama yang menggunakan sensor kamera 64MP di Indonesia.

Continue Reading
Advertisement

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement

Top 5