Connect with us

Tips & Trick

6 Ide Usaha Sampingan Modal Kecil Keuntungan Tinggi

Published

on

Apakah Anda adalah salah satu karyawan tetap di sebuah perusahaan dan ingin memiliki penghasilan lebih? Usaha sampingan merupakan jalan keluarnya. Usaha sampingan merupakan pilihan bebas untuk karyawan dan perusahaan tidak melarangnya, selama tidak bertentangan dengan peraturan atau bisnis dari perusahaan.

Kendala yang selalu menjadi alasan utama mengapa banyak karyawan tidak memulai usaha sampingan adalah modal. Banyak diantara kita beranggapan tanpa modal yang kuat atau besar, maka bisnis sampingan tersebut tidak akan mulai. Jika Anda memiliki gaji pas-pasan sebagai karyawan maka pinjaman dana tunai dari bank merupakan harapan modal bisnis.

Memang benar, pinjaman bank dapat dijadikan salah satu modal bisnis yang dapat diandalkan. Akan tetapi, ada juga cara lain untuk memulai usaha sampingan Anda tanpa membutuhkan pinjaman. Cara tersebut melalui usaha sampingan modal kecil. Berikut adalah 15 ide yang dapat Anda ikuti untuk usaha sampingan modal kecil lengkap dengan penjelasannya.

Menjual Foto di Internet

Modal: Kamera Smart Phone

Jika Anda suka fotografi maka Anda juga dapat memulai menjadikannya sebagai sumber penghasilan. Caranya dengan menjual foto online. Anda dapat mendaftarkan diri ke website penjualan foto seperti Istockphoto.com dan ShutterStock.com. Kemudian mengupload foto Anda. Jika ada pengunjung yang ingin membeli foto Anda maka Anda akan mendapatkan komisi.

Untuk Istockphoto komisinya adalah 15% per foto dan ShutterStock 20-30% per foto. agar mendapatkan komisi itu dengan mudah Anda dapat membuat akun di PayPal, sehingga situs-situs tersebut dapat mengirimkannya lewat PayPal.

Modal yang Anda butuhkan hanyalah kamera digital. Anda dapat menggunakan kamera Smart Phone Anda dan memulai mengambil gambar. Pastikan foto Anda berkualitas tinggi dan memiliki karakter atau menjelaskan cerita tertentu. Target pasar Anda adalah website online yang membutuhkan foto untuk website mereka.

Jual Pulsa Elektrik

Modal: Rp 1 Juta

Kini siapa yang lagi yang tidak menggunakan telepon genggam atau Hand Phone (HP). Hampir semua kita memiliki Smart Phone, dan sebagian besar dari penduduk Indonesia menggunakan kartu pra bayar.

Jika Anda mencari usaha sampingan yang memiliki modal serendah Rp 1 juta dengan omzet penjualan yang pasti, jual pulsa elektrik adalah salah satu jalannya. Mudah, tanpa modal besar dan waktu yang fleksibel, inilah kelebihan dari usaha sampingan pulsa elektrik. Anda cuma perlu mendaftar ke provider pulsa elektronik online seperti istana-reload.com atau pulsamurahlengkap.com, kemudian melakukan deposit dari modal. Setelah itu Anda dapat memulai menjual pulsa elektrik dengan harga yang memberikan Anda keuntungan.

Omzet dari usaha sampingan jual pulsa elektrik diperkirakan dapat mencapai Rp 20 triliun setahun. Angka itu berdasarkan dari data pebisnis pulsa skala besar di Jakarta. Permintaan akan pulsa elektrik tidak diragukan lagi keberadaannya di pasaran masyarakat. Baik itu teman kantor, teman kos, tetangga, ataupun relatif Anda dapat menjadi target penjualan bisnis pulsa elektronik.

Membuat blog

Modal: Waktu dan tulisan

Bisnis sampingan satu ini bisa dikatakan tidak memerlukan modal sama sekali, kecuali paket internet rumah. Memulai blogging merupakan cara termurah untuk Anda mendapatkan uang saku tambahan. Satu kelemahannya hanya terletak pada waktu.

Untuk memulai blog, Anda dapat menggunakan platform blog gratisan blogspot.com. Kemudian Anda dapat memulai mengisi blog dengan konten atau tulisan dari Anda. Tulisan ini dapat berupa artikel yang informatif atau pengalaman tentang hidup Anda yang berguna bagi pembaca. Dengan demikian pengunjung yang menemukan blog Anda akan tetap mengunjungi blog Anda dan tertarik dengan informasi yang Anda berikan. Saat Anda baru memiliki blog mungkin Anda akan mengalami kesusahan dalam mencari pengunjung. Tetapi Anda dapat memulainya dengan mengpromosikan blog Anda ke sosial media atau teman-teman Anda.

Seiring jangka waktu tertentu, setelah jumlah pengunjung yang datang ke blog Anda meningkat. Anda dapat memasang iklan di blog Anda melalui Google Adsense. Jadi setiap pengunjung yang mengklik iklan tersebut maka Anda dapat menerima uang. Atau jika blog Anda sangat populer, maka banyak usaha lain yang ingin terfitur di blog Anda. Lalu Anda dapat menagihkan sejumlah biaya untuk layanan tersebut.

Jika Anda hendak memulai blogging dan tidak memiliki internet rumah, maka Anda dapat memeriksa terlebih dahulu penyedia internet rumah terbaik.

Jadi Social Media Influencer

Modal: Follower

Bila Anda merupakan salah satu pengguna sosial media yang aktif, maka istilah sosial media influencer mungkin merupakan sesuatu yang tidak asing lagi. Kini banyak sosial media influencer yang pekerjaan tetapnya memproduksi konten di channel sosial media mereka. Baik itu video di youtube, foto-foto di Instagram ataupun konten lainnya. Jika Anda ingin memperoleh penghasilan tambahan seperti sosial media influencer, Anda juga dapat melakukannya.

Hal terpenting dari usaha sampingan ini adalah follower. Jika Anda belum memilikinya maka Anda perlu memulai untuk mengembangkan jumlah follower Anda di sosial media. Tentukan konten yang ingin Anda ciptakan, apakah itu video tentang travel atau foto tentang makanan ataupun review tentang game dan banyak pilihan lainnya. Setiap konten ini memiliki jumlah pasar pengikut yang berbeda-beda dan cukup besar di dunia internet. Anda perlu aktif dalam menciptakan konten yang berkualitas dan informatif sehingga jumlah pengikut Anda terus berkembang.

Setelah Anda memiliki jumlah follower yang cukup banyak maka Anda dapat menghampiri perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang berhubungan dengan konten Anda. Kemudian Anda dapat bernegosiasi untuk mengpromosikan produk mereka di sosial media Anda dengan sejumlah biaya.

Jasa Laundry

Modal: Rp 6 Juta

Percaya atau tidak, jasa laundry kiloan merupakan salah satu usaha sampingan dengan modal yang cukup rendah dan dapat memberikan keuntungan yang lumayan. Cukup dengan perkiraan modal sebesar Rp 6 jutaan Anda dapat memulai bisnis ini. Modal ini untuk mesin cuci, mesin pengering, deterjen, pewangi, timbangan, setrika dan plastik. Untuk memperkecil modal Anda dapat memilih mesin cuci yang sudah tergabung langsung dengan mesin pengering.

Di zaman dimana semua orang ingin serba praktis, permintaan untuk layanan mencuci dan menyetrika pakaian pun meningkat. Terutama di kalangan mahasiswa dan karyawan. Dengan menempatkan usaha laundry ini di daerah yang dekat dengan tempat tinggal karyawan atau mahasiswa, Anda dijamin tidak akan kehabisan pelanggan. Kemungkinan besar Anda dapat meraih keuntungan 15%-25% dari tarif laundry per kilo. Asumsi tarif laundry sekitar Rp 4.000 sampai Rp 6.000 per kilogram.

Jual Beli Motor Bekas

Modal: Kurang dari Rp 5 juta

Jual beli motor bekas bukanlah sesuatu bisnis yang asing lagi. Jumlah penjualan motor di Indonesia dari tahun ke tahun selalu meningkat. Dengan begitu jumlah motor bekas pun tidak mungkin menurun. Dengan tingginya permintaan akan motor bekas dan tersedianya jumlah motor yang beredar di pasaran, Anda dapat memulai melakukan bisnis jual beli motor bekas yang menguntungkan. Kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari pesatnya perkembangan bidang ini merupakan sesuatu yang harus Anda manfaatkan.

Untuk memulai usaha ini Anda hanya memerlukan modal kurang dari Rp 5 juta. Anda dapat membeli motor bekas dan menjualnya dengan harga yang sedikit lebih tinggi. Jika ada kenalan Anda yang ingin menjual motor maka Anda dapat memeriksa motor tersebut dan membelinya jika Anda merasa motor itu dapat dijual dengan harga lebih tinggi. Jika tidak maka Anda dapat memeriksa secara online motor bekas di OLX.co.id. Anda juga dapat membandingkan harga pasaran motor bekas melalui online sehingga Anda mengetahui motor mana yang dapat dijual dengan marjin tinggi.

Salah satu kelemahan dari bisnis ini, banyak motor yang tidak lengkap surat-surat kendaraannya, onderdil aslinya sudah diganti dengan yang palsu, dan hasil curian. Serta Anda harus memiliki pengalaman dan mengerti tentang motor.

 

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tips & Trick

Strategi Bisnis Menggunakan Sosial Media

Published

on

Berbicara mengenai peluang bisnis internet saat ini memang banyak sekali macamnya, salah satunya dengan memanfaatkan media sosial untuk berjualan. Misalnya dengan menggunakan media sosial seperti Facebook yang banyak diakses oleh kalangan usia muda.

Oleh karena itu ada baiknya kita mencari tahu akan sebuah pasar yang benar dan tertarget, serta memberikan fasilitas yang mudah dalam berbelanja online bagi pengguna jejaring sosial tersebut, dengan demikian hampir bisa dipastikan kita akan memperoleh profit lebih banyak.

Jika Anda sudah menetapkan pilihan dan berminat untuk membuka bisnis online melalui media sosial ini dan ingin tahu strategi jitu dalam berjualan, maka Anda bisa membaca strategi bisnis menggunakan sosial media yang saya ulas berikut khusus untuk pembaca TrenTeknologi.

Menentukan Barang Jualan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan barang yang akan dijual. Ada banyak barang yang bisa Anda jual di internet, contohnya baju, sepatu, alat elektronik, dan sebagainya. Anda bisa menggunakan ini sebagai referensi barang populer di Indonesia di Shopee.

Anda juga bisa memanfaatkan industri kecil di sekitar Anda untuk dijadikan barang dagangan di internet seperti kerajinan batu alam, pengrajin batik, pembuatan aneka kerajinan tangan atau souvenirs, pabrik pembuatan sepatu kulit, dan sebagainya yang ada di seputaran tempat Anda.

Misalnya Anda tertarik dengan barang dagangan berupa sepatu, apakah sepatu tersebut buatan sendiri atau mengambil dari pengerajin lain.

Kalau Anda mempunyai dana yang memadai, dan juga mengetahui cara membuatnya, dan mempunyai tempat usaha, maka Anda bisa memproduksinya sendiri dan mengerjakannya sendiri atau membayar karyawan jika jumlah produksinya banyak.

Sedangkan jika modal Anda tidak terlalu besar maka Anda bisa mengambilnya dari produsen pembuat sepatu atau boleh bekerjasama dengan sistem makelar yang bahkan bisa tanpa modal.

Anda juga bisa memanfaatkan tempat usaha kulakan yang dirasa memberikan harga murah dan memberi untung jika Anda jual kembali seperti kulakan handphone, kelontong, pakaian, dan barang dagangan lainnya.

Anda juga dapat memilah-milah untuk sebuah barang yang peminatnya sangat banyak dipasaran, dengan demikan usaha Anda akan tepat sasaran dan juga cepat laku terjual.

Cara Berjualan yang Tepat

Untuk cara berjualan di media sosial ini Anda cukup membuat sebuah e-mail untuk perusahaan Anda sebagai persyaratan untuk membuat akun di berbagai sosial media. Kemudian buatlah akun baru di sosial media yang sering dikunjungi para netizen seperti di FB, di Twitter, bisa juga di Path, di Instagram dan di sosial media lainnya, agar peluangnya lebih besar.

Baca juga: 7 Ciri Anda Adalah Seorang Entrepreneur Sejati

Untuk facebook contohnya, Anda bisa membuat nama perusahaan yang menarik untuk dilihat para user facebook, misal untuk barang berupa handphone yang akan dijual dengan nama Tekno Selular

Kemudian upload contoh gambar barang yang akan dipasarkan, Anda bisa mengambilnya dari internet atau akan lebih baik mengambil foto langsung pada barang dagangan Anda.

Selanjutnya uraikanlah keterangan atau deskripsi yang lengkap dan terperinci pada setiap item barang yang akan dijualkan, misalnya tentang harganya, sarana komunikasi misalnya nomor telepon dan handphone dengan layanan SMS, dan tata cara pembayaran yang termudah bagi kebanyakan orang, dan keterangan lain yang dianggap perlu.

Nah kalau sudah demikian, maka peluang bisnis internet dengan menggunakan media sosial ini akan lebih efektif jika menggunakan barang jualan untuk anak muda karena kebanyakan penggunanya memang berasal dari kalangan anak muda.

Menggunakan Trik Khusus

Agar barang dagangan Anda lebih laku dan mendapat perhatian dari pengguna internet. Maka Anda bisa menggunakan trik khusus agar tingkat penjualan Anda lebih bagus dan meningkat.

Misalnya mengiklankan barang dagangan Anda melalui iklan Facebook yang akan lebih banyak dilihat orang atau mempromosikannya agar menarik banyak pelanggan dengan biaya cukup terjangkau mulai dari 60 ribuan per hari.

Untuk dapat menggunakan berbagai macam fasilitas yang disediakan di internet, Anda membutuhkan kartu kredit sebagai alat pembayaran. Mulai bandingkan kartu kredit yang paling cocok dengan Anda di situs GoBear Indonesia.

Baca juga: 6 Ide Usaha Sampingan Modal Kecil Keuntungan Tinggi

Kalau tidak ingin mengeluarkan banyak modal untuk iklan, maka cukup promosikan lewat teman-teman dan invite teman untuk memberikan like di page Anda. Jika dirasa sudah cukup banyak orang yang memberikan acungan jempol alias Like pada FB Anda, berikutnya Anda dapat memberikan diskon promo agar peluang bisnis internet ini lebih maju.

Demikianlah tadi ulasan dari GoBear kali ini mengenai strategi bisnis menggunakan sosial media yang juga merupakan strategi bisnis online saat ini yang sedang nge-trend. Bijak menggunakan sarana sosial media akan berbuah manfaat yang baik untuk kita yang sebagai user-nya. Salam bisnis!!.

Continue Reading

Aplikasi

Jasa Iklan Google dan Cara Mudah dalam Melakukannya

Published

on

Perkembangan jaman untuk saat ini sudah mengalami perkembangan yang begitu sangat drastis, sehingga wajar saja bila perkembangan jaman untuk saat ini sudah banyak para masyarakat yang terbiasa dengan gaya hidup yang modern yang segala sesuatunya sudah dapat dilakukan dengan cara yang mudah dan praktis, sehingga hal inilah yang telah menjadikan para masyarakat melakukan segala halnya hanya dengan mengandalkan pada perkembangan jaman, misalnya seperti jasa iklan google yang saat ini sedang booming diantara para pebisnis yang menginginkan bisnis yang dimilikinya mampu memberikan hasil yang lebih menggiurkan.

 

Masih ada banyak cara lagi yang dapat dilakukan untuk melakukan pengiklanan untuk produk maupun jasa yang Anda miliki. Memiliki sebuah bisnis tanpa adanya pemasaran yang baik tentu bisnis yang Anda miliki pun tidak akan mampu berkembang dengan baik, sehingga agar bisnis yang Anda miliki mampu berkembang dengan baik, maka lakukan strategi serta pemasaran yang handal agar produk maupun jasa yang Anda tawarkan banyak dikenal oleh banyak orang.

 

Jika Anda tidak ingin melakukan pemasaran dengan cara yang tidak ribet dan bersusah-susah payah, maka Anda dapat untuk mengandalkan jasa iklan google yang mampu membawa bisnis Anda hingga pada tingkat keberhasilan. Jasa iklan yang ada di google ini dikeluarkan oleh pihak google. Sedangkan untuk jaman sekarang ini hampir seluruh masyarakat yang ada di dunia menggunakan google sebagai pencarian sumber informasi yang mudah, sehingga sudah hal yang wajar bila Anda menggunakan jasa iklan menggunakan google ini akan ada banyak orang yang mengenal iklan Anda.

 

Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan melalui jasa pengiklanan yang ada di google yang dianggap sebagai salah satu cara yang lebih efektif serta mudah untuk melakukan iklan tanpa harus bersusah-susah payah mengatur segala strategi yang ada untuk menarik perhatian para masyarakat pengguna google, karena apabila Anda memasang iklan yang ada di google, maka segala sesuatunya termasuk kata kunci yang ada di google pun sudah dipikirkan oleh pihak google, sehingga Anda tidak perlu memikirkan hal semacam ini.

 

Berikut ini adalah manfaat yang dapat Anda rasakan apabila Anda ingin memasang jasa pengiklanan di google, yaitu sebagai berikut ini:

 

  1. Jasa iklan di google akan memberikan kemudahan untuk menargetkan segala hal yang berhubungan mengenai iklan yang Anda miliki, sehingga hal ini akan membuat banyak orang yang lebih mengenal produk atau jasa yang Anda tawarkan.
  2. Jasa pengiklanan google mampu memberikan suatu kendali pada biaya Anda yang akan Anda keluarkan serta Anda inginkan, sehingga Anda dapat memilihnya sendiri mengenai besar kecil nya pada pembelanjaan yang nantinya akan Anda inginkan pada setiap bulannya.
  3. Bisa untuk memberikan kemudahan dalam hal mengukur kesuksesan pada bisnis yang Anda miliki.
  4. Jasa iklan pada google bisa memberikan kemudahan bagi Anda dalam hal mengelola pada kampanye iklan yang Anda miliki.

 

Banyak para pebisnis yang sudah menggunakan jasa iklan google yang menginginkan bisnis yang dimilikinya mampu berkembang dengan sebaik mungkin, sehingga wajar saja bila cara yang semacam ini sudah banyak diminati oleh masyarakat sebagian yang tidak ingin melakukan pemasaran. Tidak hanya itu saja, sekarang ini pun juga sudah banyak sekali situs belanja online yang menggunakan jasa pengiklanan bisnis yang berkeinginan agar bisnis yang dimilikinya mampu dikenal oleh banyak orang diseluruh dunia.

Continue Reading

Android

6 Tips Memilih Smartphone Baru

Published

on

Trenteknologi.com – Ingin beralih dari ponsel biasa ke ponsel pintar atau smartphone? Atau sebelumnya sudah menggunakan smartphone namun salah pilih? Sebelum membeli, coba pertimbangkan dahulu sebelum datang ke toko atau membeli secara online. Kalau perlu, survei terlebih dahulu smartphone apa yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Jika masih bingung apa saja yang perlu dicari, coba simak baik-baik tips berikut ini.

 

Memilih Sistem Operasi Smartphone

Sistem operasi atau Operation System (OS) ibarat jiwa dari sebuah smartphone. Dari sistem operasi, pengguna akan melihat tampilan menarik dari pikiran sebuah komputer. Mungkin kamu tahu ada beragam sistem operasi yang tersemat dalam smartphone. Namun saat ini yang paling populer adalah iOS dan Android.

Kedua sistem operasi itu perlu dipertimbangkan menjadi pilihan utama karena banyak developer lebih tertarik mengembangkan aplikasi di kedua sistem operasi itu. Kamu bisa memilih sistem operasi lain, seperti Windows maupun BlackberryOS, namun kamu harus terima risiko jika aplikasi yang tersedia tidak sebanyak iOS dan Android.

 

Baterai

Baterai berpengaruh pada ketahanan smartphone untuk tetap menyala saat digunakan. Di sisi lain, semakin besar ukuran baterai semakin besar pula ukuran smartphone.

Namun, tren sekarang banyak perusahaan yang menghadirkan smartphone dengan bentuk tipis. Untuk itu, kamu perlu mengenali besarnya ukuran baterai. Setidaknya pilih smartphone yang dapat bertahan selama sehari.

 

Kapasitas Penyimpanan

Kapasitas penyimpanan menyangkut besaran smartphone dalam menyimpan data, baik dokumen, foto, maupun video. Hal ini tergantung seberapa banyak kamu menyimpan data di dalam smartphone dan kapan akan memindahkannya ke perangkat komputer atau dengan komputerisasi  awan. Smartphone sendiri memiliki dua bentuk penyimpanan, pertama terbenam dalam perangkatnya.

Kedua dapat ditambahkan dengan memori eksternal. Keduanya ada untung dan ruginya. Sebagai saran, pilihlah smartphone dengan kapasitas memori tertanam sebanyak 32 GB. Itu karena bisanya sistem operasi dan aplikasi bawaan menguras banyak memori tanam dalam smartphone. Jika kurang dari 32 biasanya smartphone akan menjadi lambat dalam bekerja.

 

Layar

Smartphone sekarang sudah semakin mengusung banyak ukuran layar, kebanyakan lebih dari 4 inci. Namun kamu pun bisa tetap memilih layar dengan ukuran 4 inci ke bawah jika lebih menyukai smartphone yang dapat digenggam dengan satu tangan.

Namun, sejauh ini hanya iPhone yang masih menyematkan ukuran layar kecil ke smartphone buatannya. Selebihnya banyak perusahaan yang membuat layar smartphone besar, bahkan hampir seukuran tablet atau biasa disebut phabet.

 

Jaringan yang Tersedia

Pastikan jaringan yang tersedia di tempatmu sesuai dengan spesifikasi smartphone. Jika kamu berada di perkotaan, pastikan jaringan smartphone sudah dapat menyesuaikan jaringan 4G. Untuk itu, sebelum membeli, pastikan smartphone yang kamu pilih sudah dapat jaringan 4G. Jaringan 4G pun dianggap lebih murah dan lebih cepat. Tentunya harganya tergantung dari operator seluler yang ada, baik pulsa maupun paket internet.

Kamu pun perlu memilih apakah memilih jaringan GSM atau CDMA. Hal tersebut berpengaruh terhadap smartphone yang akan kamu beli. Untuk pulsa dan paket internet kamu tak perlu khawatir karena pulsa dan paket internet sekarang sudah murah. Kamu pun dapat dengan mudah mendapatkannya. Kamu tak perlu jauh-jauh pergi ke counter karena sekarang sudah banyak perusahaan penyedia pembelian pulsa secara online, contohnya Traveloka dengan fitur terbarunya Traveloka Connectivity.

Traveloka menyediakan pulsa dan paket internet dari berbagai operator, seperti Terkomsel, Indosat, dan XL. Kamu pun tidak perlu bersusah payah membelinya. Itu karena pembelian pulsa dan paket internet dapat dilakukan langsung dari aplikasi Traveloka di smartphone.

 

Menentukan Harga

Dari 5 hal di atas, berikutnya kamu bisa menentukan harga yang cocok sesuai dengan kebutuhanmu. Namun tak usah heran jika merek smartphone tertentu bisa jadi mematok harga murah dengan spesifikasi yang sama. Untuk itu kamu perlu melihat reputasi dan review dari pemakai. Lihat performa smartphone apakah berdaya tahan lama dan berkualitas atau tidak. Untuk smartphone yang menjual kualitas sebanding dengan harga, kamu bisa membeli smartphone iPhone. Namun untuk perangkat Android, biasanya perusahaan smartphone akan menjual dengan harga yang bervariatif tergantung spesifikasi.

Setelah menentukan merek dan model dari smartphone yang diinginkan, barulah kamu bisa membelinya. Jika masih ragu, coba tanyakan pada temanmu yang telah membeli dengan merek dan model yang sama. Dengan begitu kamu bisa semakin mantap untuk membeli atau justru mencari tahu lagi smartphone yang lebih cocok.

Continue Reading

Facebook

Advertisement
Advertisement

Tips & Trick

Review

Advertisement

Xiaomi Corner

Advertisement

Top 5