Connect with us

Berita

Bank BRI Bekerjasama Dengan Cloudera Demi Tingkatkan Inklusi Keuangan di Indonesia

Published

on

Trenteknologi.com – Cloudera, Inc. , penyedia platform modern untuk pembelajaran mesin dan analitik yang dioptimalisasi untuk cloud, hari ini mengumumkan bahwa PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI), salah satu bank BUMN terbesar di Indonesia, telah menerapkan Cloudera Enterprise untuk memanfaatkan kekuatan data mereka sehingga dapat menyajikan layanan yang lebih baik bagi para konsumennya dan mengakselerasi inklusi keuangan di Indonesia. Dengan memperkuat platform big data perusahaan melalui solusi Cloudera, lembaga keuangan itu telah memperluas basis pelanggannya dan meningkatkan kemampuan pendeteksian penipuan melalui teknologi pembelajaran mesin.

Didirikan pada tahun 1895, BRI memiliki spesialisasi dalam pinjaman keuangan mikro dan melayani sekitar 30 juta klien ritel melalui lebih dari 4.000 cabang, unit, dan pos pelayanan pedesaan di seluruh Indonesia. Guna semakin menumbuhkan bisnisnya, Bank BRI perlu memanfaatkan nilai yang seutuhnya dari data pelanggan, tidak hanya untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada, tetapi juga untuk mendapatkan pelanggan baru.

Dengan begitu besarnya data pelanggan yang dikumpulkan selama bertahun-tahun, Bank BRI memulai misi untuk mendigitalisasi kegiatan operasionalnya dengan menerapkan sebuah platform pengelolaan data modern yang skalabel, aman, dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dengan mengganti sistem lama mereka dan beralih ke Cloudera Enterprise, BRI mampu menganalisis data historis yang terkumpul selama lima tahun dan menggunakan informasi yang dihasilkan untuk meningkatkan sistem penilaian kredit mereka. Informasi yang dihasilkan juga menyingkapkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai perilaku pelanggan. Berbekal pengetahuan tersebut, BRI kini dapat mendorong penjualan yang lebih besar melalui layanan cross-selling dan upselling yang paling relevan bagi setiap pelanggan yang ada.

Komitmen BRI juga selalu sejalan dengan Visi Go Digital 2020 yang dicanangkan pemerintah Indonesia dan berfokus pada percepatan tingkat inklusi keuangan di Indonesia. Sebelumnya, BRI selalu mendistribusikan pinjaman dengan cara tradisional yang seringkali menyita waktu dan membutuhkan proses yang panjang. Hal ini menjadi penghambat dalam mendorong tingkat inklusi keuangan. Dengan mengadopsi pendekatan berbasis data dan menerapkan pembelajaran mesin, BRI mampu meningkatkan penyerapan pinjaman digital dan mengembangkan tingkat produktivitas dalam hal pemrosesan pinjaman kredit hingga 50%, sehingga mengurangi waktu yang diperlukan dari dua minggu menjadi dua hari saja. Menurut laporan Global Findex Database 2017, hampir 50% orang dewasa di Indonesia kini telah memiliki rekening bank. Hal ini mencerminkan kemajuan yang telah dicapai oleh negara dalam mendorong inklusi keuangan. Dan BRI bermaksud untuk semakin mempersempit kesenjangan inklusi keuangan ini dengan memberikan akses yang lebih besar terhadap pinjaman bank secara digital melalui pengenalan aplikasi.

Untuk mengatasi kekhawatiran yang meningkat seputar keamanan data, baik dari regulator maupun konsumen, BRI juga baru-baru ini memulai proyek percontohan untuk meningkatkan Fraud Detection System (Sistem Pendeteksian Penipuan). Cloudera Data Science Workbench digunakan untuk mengembangkan suatu model pembelajaran mesin untuk pendeteksian penipuan dengan memanfaatkan data dari beberapa set data. Model ini akan diterapkan dan bekerja secara real-time dengan menerapkan HBase sebagai penyimpanan data di backend. Dengan Fraud Detection System yang baru dikembangkan ini, BRI akan mampu memroses dan mendeteksi penipuan secara real time dengan menyoroti berbagai anomali yang ditemukan dalam berbagai peristiwa yang terjadi di beragam touch points para pelanggan, seperti di mesin ATM dan portal internet banking.

“Kami berkomitmen untuk memberikan layanan yang secara terus-menerus menjawab permintaan pelanggan sekaligus mengurangi risiko,” kata Indra Utoyo, Direktur TI dan Operasional, BRI. “Platform Cloudera yang aman, skalabel, dan sesuai ketentuan yang berlaku, telah memberdayakan kami untuk menganalisis volume data yang sangat besar, yang kemudian memungkinkan kami untuk membuat keputusan berdasarkan informasi, yang membantu mengurangi tingkat kehilangan jumlah pelanggan, meningkatkan wallet share, dan mencegah penipuan dengan lebih baik. Kami juga memilih Cloudera karena referensi yang kuat di pasar Indonesia dan dukungan teknis yang tangguh yang diberikan oleh tim lokal dan global mereka.”

“Agar tetap dapat menjadi yang terdepan dalam kompetisi, bank-bank membutuhkan analitik dan pembelajaran mesin untuk mendapatkan pemahaman yang menyeluruh mengenai pelanggan mereka guna menghadirkan penawaran yang lebih terpersonalisasi, mentaati ketentuan yang berlaku, serta mengurangi risiko,” tutur Mark Micallef, Vice President for Asia Pacific and Japan, Cloudera. “Kami sangat senang untuk membantu BRI dalam meraih peluang-peluang pertumbuhan baru dan menghadapi berbagai tantangan bisnis yang kompleks.”

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita

Realme 5 & Realme 5 Pro Sudah Mulai dijual Secara Online & Offline, Menangkan juga Hadiahnya !

Published

on

Trenteknologi.com – Setelah diluncurkan beberapa hari lalu, tidak butuh waktu lama untuk mengetahui peminat produk ponsel dari Realme di Indonesia. Pada penjualan perdananya di Lazada, realme 5 Pro langsung terjual habis sebanyak 5.000 unit dalam waktu tiga menit saja. Hal tersebut tidak heran sepertinya dikarenakan Realme pada produk terbarunya ini membawa fitur Quad Camera pada Realme 5 dan Realme 5 Pro, yang menjadi sebuah inovasi baru untuk standar baru ke pasar ponsel di Indonesia.

Namun bagi kalian yang kemarin kurang beruntung mendapatkan Realme 5 ataupun Realme 5 Pro pada saat penjualan perdananya di Lazada, tidak perlu khawatir karena pada tanggal 21 September 2019 baik realme 5 Pro maupun realme 5 sudah mulai tersedia untuk dibeli secara online maupun offline. Ditambah, realme juga  akan menyelenggarakan sebuah kompetisi fotografi secara global yang akan diselenggarakan hingga 1 Januari 2020.

Kompetisi yang akan diselenggarakan oleh Realme bernama Shot On realme tersebut merupakan ajang bagi para pengguna realme untuk menunjukkan kehebatan skill fotografi, tentunya dengan menggunakan gadget Realme. Dan bagi para pemenangnya nanti, akan tersedia hadiah total jutaan rupiah yang bisa didapatkan untuk para pemenang terpilih.

Oleh karena itu ada baiknya jika kita mengenal lebih dekat apa saja kelebihan dari Realme 5 dan Realme 5 Pro yang sangat berguna bagi kalian yang ingin mendapatkan hasil foto yang kreatif dan berkualitas untuk diikutkan dalam kompetisi Shot on Realme.

Salah satu dari segudang fitur yang ditawarkan di kedua ponsel itu adalah keberadaan Quad Camera. Quad Camera merupakan teknologi yang menghadirkan kamera dengan susunan kamera lensa lebar, kamera utama, kamera dengan lensa portrait, dan juga kamera dengan lensa makro. Keempatnya akan bersinergi untuk selalu bisa memberikan hasil foto terbaik di setiap momen.

Lensa Wide-Angle
Kamera lensa lebarnya memiliki luasan hingga 119 derajat. Ukuran yang sangat cukup untuk bisa menangkap keindahan dari adegan-adegan seperti pemandangan, gedung-gedung bertingkat, hingga untuk keperluan foto bersama dalam jumlah orang yang banyak.

Lensa Utama 48MP dengan sensor Sony IMX586

Kamera utamanya juga tidak main-main. realme percaya bahwa semakin besar bukaan lensa maka akan semakin banyak jumlah cahaya yang masuk untuk kamera. Sedangkan cahaya adalah jiwa dari sebuah kamera. Maka itu baik realme 5 dan 5 Pro menghadirkan kamera utama dengan ukuran aperture besar juga ukuran satuan piksel yang lebih besar. Usaha ini akan memungkinkan sensor untuk memberikan hasil foto terang meski diambil di lingkungan rendah cahaya.

Terlebih, khusus di realme 5 Pro, kamera utamanya memiliki resolusi sangat besar yaitu 48MP dengan sensor Sony IMX586. Jadi kamera ini bisa mengabadikan hasil bidikan tanpa menghilangkan detail yang ditangkap dengan mata. Sekaligus sangat andal saat menangkap foto di lingkungan rendah cahaya.

Lensa Potrait untuk Hasil Foto Bokeh

Berlanjut memenuhi permintaan hasil foto dalam mode bokeh yang lebih baik, kini disediakan lensa portrait. Lensa ini disediakan untuk membantu berikan kemampuan eksposur yang lebih tinggi untuk foto dan meningkatkan kontras antara terang dan gelap gambar.

Lensa Makro

Terakhir, menjadi tambahan manis adalah keberadaan kamera makro. Di rentang harga dua dan tiga jutaan pengguna sudah bisa menangkap detail-detail kecil di sekitar melalui kamera makro yang memang terdedikasi untuk adegan seperti itu.

Dengan empat kamera untuk menghadapi skenario berbeda dalam pemotretan, pengguna akan bisa lebih baik untuk berkreasi menghasilkan foto terbaik kapan pun. Bergabunglah dengan Shot On realme, dan bersiap menangkan hadiahnya.

Continue Reading

Berita

Realme Power Bank, Power Bank Berkapasitas 10.000 mAh dengan Pengisian Cepat Dua Arah

Published

on

Trenteknologi.com – Disaat yang bersamaan dengan peluncuran Realme 5 dan Realme 5 Pro, guna memperluas portofolio aksesorisnya Realme juga turut menghadirkan aksesoris terbarunya yaitu Realme Power Bank. Dengan tagline “Kecepatan Daya yang Sesungguhnya” dan untuk membuat hidup anak muda lebih menyenangkan dan lebih mudah, Realme Power Bank memiliki desain yang simpel namun elegan dengan tiga pilihan warna yaitu kuning, merah dan abu-abu. Dan juga ada tombol power di paling kanan serta empat LED yang berfungsi sebagai indikator level baterai.

 

Realme Power Bank memiliki dua port – port USB Type-C dan port USB A. Untuk Port Type-C berfungsi ganda yaitu sebagai port input dan output. Lalu kedua port tersebut juga telah mendukung pengisian cepat dua arah 18W, yang berarti Anda juga dapat mengisi daya Power Bank tersebut dengan cepat. Realme juga mengklaim bahwa Realme Power Bank ini dapat mengisi baterai iPhone XS Max dari kondisi 0% hingga 100% dalam waktu 56 menit saja.

Realme Power Bank memiliki baterai lithium berkapasitas 10000mAh yang diklaim Realme dapat mengisi daya Realme 5 Pro sebanyak 1,73 kali, Realme X sebanyak 1,86 kali dan iPhone XS sebanyak 2,3 kali. Realme bahkan juga mengklaim bahwa Realme Power Bank ini dapat mengisi daya laptop dan juga perangkat lainnya yang berdaya rendah secara bersamaan. Dari segi keamanan, Power bank ini juga telah dibekali dengan 12 perlindungan berbeda demi keamanan pengguna.

Realme Power Bank ini akan dijual dengan harga Rp. 349.000 dan akan mulai tersedia mulai Oktober 2019 di seluruh Indonesia melalui Store Realme online ataupun offline.

 

 

Continue Reading

Berita

Realme 5 dan Realme 5 Pro Resmi Dirilis, Apa Saja Sih Kelebihannya ?

Published

on

Trenteknologi.com – Realme semakin mengejar kompetitornya dengan kembali lagi menghadirkan produk unggulannya, hal tersebut dibuktikan dengan diluncurkannya Realme 5 dan Realme 5 Pro di Indonesia pada hari ini. Kedua smartphone tersebut menjadi smartphone pertama dari Realme yang mengusung konsep Quad Camera, baik Realme 5 dan Realme 5 Pro akan menampilkan pengaturan quad camera dengan konfigurasi kamera ultra wide-angle, kamera utama, kamera portrait dan lensa ultra macro. Dan walaupun desain dari kedua smartphone tersebut terlihat sangat mirip namun sebenarnya terdapat beberapa perbedaan yang cukup signifikan.

Realme 5 Pro : Quad Camera SpeedMaster dengan Sensor 48MP

Realme 5 Pro menggunakan Qualcomm Snapdragon 712 sebagai otaknya, yang dapat memberikan kinerja optimal serta teknologi yang canggih menjadikannya sebagai smartphone Quad Camera SpeedMaster. Empat kamera yang dimiliki oleh Realme 5 Pro dibagi menjadi empat fungsi yaitu kamera utama 48MP Sony IMX586, lensa Ultra-Wide 119 ° (8MP), lensa Portrait (2MP) dan lensa Ultra-Macro (2MP). Selain itu bagi para penggemar Selfie, juga telah disematkan kamera depan dengan teknologi AI 16MP Sony IMX471.

Desain elegan dari Realme 5 Pro juga menghadirkan layar FHD+ Dewdrop Full Screen 6,3 inci, dengan warna holografis diamond cutting yang baru dengan tekstur yang berkilau demi mencapai efek visual berlapis yang lebih kaya. Realme 5 Pro juga menghadirkan teknologi pengisian daya VOOC Flash Charge 3.0 yang tersedia di dalam kotak penjualan & menjalankan sistem operasi Android 9.0 ColorOS 6.0.

Realme 5 : Quad Camera SpeedMaster dengan Layar dan Baterai yang Lebih Besar

Walaupun terlihat mirip dengan Realme 5 Pro, namun sebenarnya spesifikasi Realme 5 memiliki cukup perbedaan. Pada sektor layar menggunakan layar mini drop HD+ 6.5 inci, yang memiliki ukuran lebih besar sehingga memberikan pengalaman bermain game, audio dan video yang luar biasa. Dengan realme 5, realme juga telah memperbaharui desain diamond cutting dengan warna holografik dan tekstur yang berkilau.

 

Realme 5 membawa pengalaman baru dalam memotret dengan pengaturan quad-camera – lensa ultra wide-angle 119° (8MP), kamera utama (12MP), lensa portrait (2MP) dan lensa ultra-macro (2MP), serta kamera depan AI (13MP). realme 5 menghadirkan baterai 5000 mAH yang sangat besar untuk menikmati pengalaman pemakaian ekstra panjang dan berjalan pada sistem operasi Android 9.0 ColorOS 6.0.

Software Baru dengan ColorOS 6.0 berbasis Android 9.0

Di sektor software, semua smartphone realme akan mendapatkan ColorOS 6.0 yang baru ditingkatkan pada desain, fungsi manajemen hotspot dan mendukung fungsi Google AR Core. Peningkatan desain akan diberikan ke sistem lockscreen, layar home dan halaman notifikasi yang lebih luas, dan bahasa desain realme yang lebih dekat dengan pengalaman Android stock.

Fungsi real privacy dapat membantu pengguna menyembunyikan aplikasi, foto, file, dan konten lainnya ke dalam ruang privasi, terlindungi oleh sidik jari. Fungsi manajemen hotspot akan membantu mengatur kecepatan dan penggunaan jaringan hotspot. Semua pembaruan ini akan datang ke semua smartphone realme melalui OTA.

Harga Realme 5 Pro dan Realme 5

Realme 5 Pro sudah bisa dibeli mulai hari ini pukul 19:00 melalui program flash sale di Lazada, AkuLaku & Realme Indonesia Official Website. Pre-order offline telah dimulai dari tanggal 16 September hingga 20 September. Bagi mereka yang tidak mendapatkan realme 5 Pro pada program pre-order atau flash sale, realme juga akan mengadakan program open sale pada 21 September baik online & offline. realme 5 Pro tersedia dalam 2 varian, 4GB+128GB dengan harga Rp 2.999.000 & 8GB+128GB dengan harga Rp 3.699.000.

Lalu khusus untuk Realme 5 baru dapat dibeli melalui flash sale pertama di tanggal 30 September pukul 11:00 pagi dan flash sale kedua pada 2 Oktober di Lazada, AkuLaku & realme Indonesia Official Website sedangkan open sale akan diadakan pada 5 Oktober. realme 5 akan tersedia dalam 3 varian, 3GB + 32GB dengan harga Rp 1.999.000 dan harga flash sale menjadi Rp 1.899.000, 3GB+64GB dengan harga Rp 2.199.000 & 4GB+128GB dengan harga Rp 2.699.000.

Continue Reading
Advertisement

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement

Top 5