Confluent Luncurkan Tableflow untuk Integrasikan Analisis dan Operasi dengan Data Streaming

Trenteknologi.com – Confluent yang dikenal sebagai pionir dalam bidang data streaming, telah mengumumkan serangkaian kapabilitas baru pada Confluent Cloud, platform cloud-nya, yang dirancang untuk menyederhanakan pengalaman pengguna dalam melakukan streaming, menghubungkan, mengelola, dan memproses data. Tujuan utama dari pengumuman ini adalah untuk memberikan pengalaman yang lebih lancar dan wawasan yang tepat waktu kepada pelanggan, sambil tetap menjaga keamanan data mereka.

Salah satu fitur utama yang diperkenalkan adalah Confluent Tableflow, yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengonversi topik Apache Kafka® dan skema terkait menjadi tabel Apache Iceberg® hanya dengan satu klik. Ini membantu dalam menyuplai data lakes dan data warehouses dengan lebih baik. Penggunaan Tableflow diharapkan dapat memfasilitasi integrasi yang lebih lancar antara berbagai alat data, serta memberikan pengguna kemampuan untuk mengatur dan berbagi aliran data dengan aman di seluruh organisasi.

Selain itu, Confluent juga meningkatkan konektor yang dikelola sepenuhnya oleh Confluent Cloud dengan menawarkan jalur jaringan yang lebih aman dan biaya output yang lebih rendah hingga 50 persen. Hal ini bertujuan untuk memberikan integrasi yang lebih lengkap, aman, dan efisien secara biaya bagi para pengguna.

Mengatasi Tantangan Integrasi Data antara Operasional dan Analitik

Menurut Shaun Clowes, Chief Product Officer di Confluent, sebuah tantangan utama yang dihadapi oleh perusahaan modern adalah terkait dengan integrasi data antara operasional dan analitik. Banyak organisasi memiliki data yang terpisah dalam silo-silo yang mempersulit navigasi dan menghambat perolehan wawasan secara real-time.

BACA JUGA :  realme 12 5G Andal Abadikan Momen di Hari Raya Idul Fitri dengan Fitur Terbaik di Segmennya

Untuk mengatasi masalah ini, banyak perusahaan telah beralih ke Apache Kafka untuk streaming data di bagian operasional dan menggunakan Apache Iceberg sebagai format tabel standar untuk kumpulan data di bagian analitik. Dengan menggunakan Iceberg, perusahaan dapat berbagi data di seluruh tim dan platform tanpa kehilangan konsistensi data.

Namun, untuk mengintegrasikan data secara efektif antara ruang lingkup operasional dan analitik, masih diperlukan solusi yang menyatukan keduanya dan mengelola kompleksitas migrasi, format data, dan skema. Inilah yang menjadi fokus utama dari upaya Confluent dengan pengumuman baru ini.

Inovasi dan Kemudahan Penggunaan dengan Confluent Cloud Terbaru

Selain fitur Tableflow, Confluent Cloud juga menghadirkan berbagai penyempurnaan lainnya, termasuk peningkatan pada Connect – sebuah komponen penting dalam platform streaming data Confluent. Dengan Connect, pelanggan Confluent dapat terhubung dengan aman ke sistem data penting di jaringan pribadi menggunakan DNS Forwarding dan Jalur Akses Keluar. Selain itu, Connect juga menawarkan kemampuan untuk menyediakan konektor dengan cepat dan andal, serta streaming data secara terjangkau dalam skala apa pun dengan pengurangan biaya transfer data hingga 50 persen.

Dalam upaya untuk memberikan nilai tambah yang lebih besar kepada pelanggan, Confluent juga telah mengembangkan program mitra Connect with Confluent (CwC), yang memungkinkan akses mudah ke aliran data yang dikelola sepenuhnya melalui mitra teknologi yang telah bekerja sama dengan Confluent. Hal ini diharapkan dapat menyederhanakan pengembangan produk data real-time dan memperluas ekosistem streaming data.

BACA JUGA :  ASUS ROG Phone 8 Series Resmi Meluncur di Indonesia, Harga Mulai Rp 10 Jutaan

Terakhir, untuk meningkatkan tata kelola dan kepatuhan data, Confluent juga telah meningkatkan fitur Stream Governance pada Confluent Cloud. Sekarang, semua pelanggan Confluent Cloud akan memiliki akses mudah ke fitur-fitur utama Stream Governance, termasuk Schema Registry, dengan SLA yang lebih baik tersedia untuk meningkatkan ketersediaan dan keandalan.

Dengan serangkaian inovasi dan peningkatan fitur, Confluent Cloud terus berusaha untuk menjadi solusi yang komprehensif dan andal bagi perusahaan dalam mengelola data secara streaming, menghubungkan aliran data operasional dan analitik, serta memenuhi kebutuhan tata kelola dan kepatuhan data. Diharapkan bahwa langkah-langkah ini akan membantu perusahaan untuk mencapai wawasan yang lebih baik, meningkatkan efisiensi operasional, dan meraih keunggulan kompetitif dalam era digital yang semakin kompleks ini.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Sambut Ramadan, Infinix Hadirkan Diskon dan Gift Menarik di Infinix Store dan E-Commerce

Next Post

Rubrik Tunjuk Wini Anggreni sebagai Country Manager Indonesia

Related Posts
Total
0
Share