Confluent Tawarkan Solusi untuk Optimalkan Bisnis dengan Potensi Data Streaming di Indonesia

Trenteknologi.com – Dalam era transformasi digital yang sedang berlangsung, pengelolaan dan pemanfaatan data menjadi kunci kesuksesan bagi perusahaan. Confluent, yang dimulai sebagai perusahaan rintisan berbasis open-source Apache Kafka pada tahun 2011, telah menjelma menjadi pemimpin dalam menyediakan solusi data streaming yang membantu bisnis di Indonesia mendapatkan nilai lebih dari data mereka.

Confluent tidak hanya sekadar perusahaan teknologi. Didirikan oleh sekelompok visioner yang sebelumnya bekerja di LinkedIn, Confluent berkomitmen untuk menggerakkan data melalui infrastruktur yang dimodernisasi. Fokusnya adalah membuka nilai baru dari data dan menghubungkan seluruh organisasi untuk membangun aplikasi yang cerdas dan real-time.

Pentingnya penggunaan data real-time tidak bisa diabaikan. Dengan memanfaatkan teknologi Apache Kafka, Confluent membantu perusahaan modern mengoptimalkan pengambilan keputusan, mengurangi tekanan pada infrastruktur lama, dan bahkan memitigasi risiko terkait ancaman siber dengan pengambilan data secara real-time.

“Confluent, melalui kehadirannya sebagai solusi data streaming terdepan, tidak hanya menjawab tantangan bisnis, tetapi juga menciptakan peluang baru untuk perusahaan di Asia. Dengan kebijakan inovatif untuk mewujudkan visi transformasi digital, membantu perusahaan menggali nilai sejati dari data real-time, dan memandu langkah-langkah menuju masa depan yang cerdas dan terhubung.” kata Rully Moulany sebagai Area Vice President Asia, Confluent.

Kontribusi Confluent di Indonesia

Confluent telah menjadi mitra bagi perusahaan di Indonesia selama lebih dari dua tahun. Dengan menyediakan platform data streaming lengkap yang menggunakan Apache Kafka, Confluent memastikan bahwa perusahaan dapat memanfaatkan data real-time dengan optimal. Berbagai industri, seperti perbankan, telekomunikasi, pemerintahan, asuransi, dan manufaktur, telah merasakan dampak positif dari solusi Confluent.

BACA JUGA :  realme Buds T110 Tawarkan Pengalaman Audio Maksimal dengan Baterai Tahan Lama Hingga 38 Jam

Salah satu kisah sukses yang mencuat adalah kerja sama dengan Bank BCA. Sebagai bank swasta terbesar di Indonesia dengan aset mencapai Rp. 1.029,83 triliun (USD 68,5 miliar) pada tahun 2022, Bank BCA telah memanfaatkan solusi Confluent sejak tahun 2018. Dengan bantuan Confluent, Bank BCA berhasil mengakselerasi transformasi digital, memperkuat posisinya di pasar, dan meningkatkan pengalaman nasabah melalui layanan perbankan digital yang inovatif.

Pentingnya Data Streaming untuk Perusahaan

Data streaming memberdayakan organisasi untuk menjadi lebih gesit. Melalui aliran wawasan yang selalu aktif dari data real-time, perusahaan dapat memperbarui aplikasi dengan downtime yang rendah, meningkatkan efisiensi operasional, dan mengurangi kerumitan. Data streaming juga memungkinkan perusahaan untuk mengambil keputusan berbasis data, membangun pengalaman pelanggan yang kuat, dan meningkatkan retensi serta dampak bisnis secara keseluruhan.

Confluent tidak hanya menawarkan solusi data streaming biasa. Mereka menyajikan solusi yang tidak hanya menyelesaikan masalah batch-pipeline, tetapi juga mengatasi hambatan mendasar yang sering menghambat perusahaan dari pencapaian potensi penuhnya. Platform data streaming seperti Confluent menjadi jalur terdepan yang mampu mengubah kekacauan data menjadi produk data unggulan.

Mendorong Nilai Bisnis dan ROI yang Kuat

Fakta menunjukkan bahwa penggunaan data streaming yang matang dapat membawa keuntungan besar bagi perusahaan. Sebanyak 68% organisasi pada Level 2 dengan tingkat penggunaan data streaming yang matang mengantisipasi keuntungan 2x-5x lipat. Angka ini meningkat menjadi 75% pada perusahaan Level 3. Pemimpin TI juga melaporkan manfaat signifikan dari data streaming dalam hal peningkatan profitabilitas produk atau layanan, dengan 73% menyatakan hal tersebut.

BACA JUGA :  Ini Keunggulan Lensa Telefoto Periskop pada realme 12 Pro+ 5G

Selain itu, data streaming juga membawa dampak positif terhadap efisiensi TI dan bisnis secara keseluruhan. Lebih dari 3 dari 4 perusahaan melihat peningkatan efisiensi tersebut, membuktikan bahwa data streaming bukan hanya menjadi kebutuhan, tetapi juga motor penggerak pertumbuhan bisnis.

Prioritas Investasi TI di Era Digital

Investasi dalam data streaming dianggap sebagai prioritas utama oleh 89% perusahaan, dengan 49% menyebutkannya sebagai prioritas strategis utama untuk investasi TI secara keseluruhan. Statistik global juga mencerminkan tren serupa. Pemimpin TI menyatakan bahwa mereka menggunakan data streaming untuk mendukung aplikasi penting, dan 57% menyebutkan bahwa lima atau lebih sistem penting dalam organisasi mereka bergantung pada teknologi ini.

Bank BCA, sebagai salah satu pemimpin dalam industri perbankan Indonesia, telah sukses mengintegrasikan solusi data streaming Confluent dalam operasionalnya. Dengan memanfaatkan teknologi terdepan dari Confluent, Bank BCA mampu meningkatkan efisiensi operasional dan menghadirkan layanan perbankan digital yang inovatif. Sebagai pelanggan setia Confluent sejak tahun 2018, Bank BCA terus mengalami transformasi digital yang signifikan, yang tidak hanya memperkuat posisinya di pasar tetapi juga memberikan pengalaman unggul kepada nasabah melalui layanan seperti Debit BCA, Tunai BCA, internet banking KlikBCA, mobile banking m-BCA, dan EDCBIZZ. Kolaborasi antara Bank BCA dan Confluent membuktikan bahwa pemanfaatan data real-time melalui platform data streaming dapat menjadi kunci kesuksesan bagi perusahaan modern, terutama di sektor perbankan yang semakin tergantung pada teknologi untuk memenuhi kebutuhan nasabah secara efektif dan efisien.

BACA JUGA :  Bocoran Spesifikasi realme GT 6T yang Akan Segera Diluncurkan

“Confluent menjadi kekuatan yang mendorong perubahan di Bank BCA, melalui solusi data streaming yang revolusioner. Dengan visi inovatif Confluent, kami dapat mengoptimalkan nilai data real-time, mengubah pengalaman digital, dan membawa layanan perbankan kami ke puncak keunggulan.” kata Thomas Armand Lahey, Wakil Presiden Eksekutif Application Management Group, Bank BCA.

Dengan begitu banyak perusahaan mengakui pentingnya data streaming, Confluent hadir sebagai mitra strategis yang dapat membantu perusahaan Indonesia memanfaatkan potensi penuh data mereka. Confluent telah membawa revolusi dalam pengelolaan data real-time di Indonesia. Melalui solusi data streaming yang inovatif, mereka membantu perusahaan memperoleh nilai lebih dari data mereka, mendorong transformasi digital, dan menciptakan dampak bisnis yang signifikan. Di tengah pentingnya pengelolaan data, Confluent hadir sebagai katalisator pertumbuhan bagi perusahaan di Indonesia yang ingin tetap kompetitif di era digital ini.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Cloudera Soroti Peran AI Generatif untuk Ketahanan Bisnis dan Tantangan Perusahaan Asia Pasifik di 2024

Next Post

realme C67 Segera Hadir di Indonesia, Bakal Bawa Peningkatan Besar dari Generasi Sebelumnya

Related Posts
Total
0
Share