Connect with us

Berita

Huawei Mobile Services, Ini Dia Beragam Fitur Menariknya !

Published

on

Trenteknologi.com – Huawei Mobile Services saat ini telah menjadi solusi perangkat ponsel Huawei untuk menggantikan peran Google Mobile Services sejak Google memutuskan hubungannya dengan Huawei. Dengan hadirnya Huawei Mobile Services, para pengguna ponsel Huawei tetap bisa menikmati pengalaman menggunakan perangkat mobile dengan nyaman, lebih mudah mengakses informasi, tetap bisa mempertahankan produktivitas kerja mereka, dan bisa memaksimalkan fungsi smartphone. Bahkan saat ini 600 juta pengguna Huawei makin nyaman dengan Huawei Mobile Services dengan lebih dari 1,3 juta pengembang turut berpartisipasi untuk membantu mengembangkan HMS.

Huawei Mobile Services

Huawei Mobile Services sendiri sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru. Karena seperti yang kita tahu, banyak layanan Google yang sebenarnya sudah sejak lama tidak diperkenankan di China. Sebagai solusinya, Huawei membuat platform HMS. Jadi, HMS sudah ada sejak lama di pasar domestik China di mana GMS memang diblokir oleh pemerintah setempat. Kini, HMS diperkenalkan di luar Cina setelah Huawei tidak bisa lagi menggunakan GMS pada smartphone yang mereka pasarkan secara global.

HMS diperkenalkan secara global bersamaan dengan peluncuran Honor V30 Pro dan beberapa smartphone lainnya, termasuk Honor 9X Pro dan Huawei Mate XS. HMS sendiri akan menjadi paket yang sudah terinstal secara default pada perangkat-perangkat tersebut, dan akan bisa di-download dan digunakan untuk semua hp Huawei di seluruh dunia.

Untuk bisa memahami lebih jauh mengenai Huawei Mobile Services? Apa kegunaannya? Apa saja yang bisa dilakukannya? dan, Apakah HMS bisa menggantikan GMS? Anda bisa melihat jawabannya di bawah ini.

Apa Saja Fitur yang Terdapat di Huawei Mobile Services ?

Huawei Mobile Services adalah platform yang diciptakan untuk meningkatkan pengalaman menggunakan smartphone Huawei agar terasa lebih mudah, lancar, dan lebih cepat. Layanan ini akan menggantikan layanan Google seperti Gmail, penyimpanan cloud (GDrive), Maps, dan lain sebagainya. Tidak hanya menyediakan layanan untuk user, Huawei juga menyediakan tools dan layanan bagi developer atau pengembang untuk membuat aplikasi mereka sendiri.

Jadi, HMS berfungsi sebagai penyedia komponen seperti Browser, AppGallery, hingga layanan video streaming yang dikenal dengan sebutan Huawei Video, yang dapat dengan bebas digunakan oleh user atau pengguna.

Disamping komponen untuk pengembang (developer) yang disebut HMS Core. Komponen untuk pengembang tersebut terdiri atas SDK, API, dan berbagai layanan yang dapat dimanfaatkan untuk membuat atau mengembangkan aplikasi, khususnya aplikasi untuk smartphone Huawei.

Sebagai salah satu vendor smartphone terbesar di dunia, Huawei tentu saja memiliki banyak pengguna aktif. Tidak kurang dari 570 juta pengguna aktif smartphone Huawei global kini telah menggunakan AppGallery dari HMS yang tersedia di lebih dari 170 negara.

Jadi, Jika Anda berniat untuk membeli salah satu smartphone Huawei atau Honor, Anda tak perlu lagi khawatir apabila smartphone tersebut tidak menyertakan GMS. Pasalnya, HMS bisa memberikan pengalaman yang serupa, meliputi:

1. Huawei ID

Seperti halnya saat kita menggunakan layanan Google atau menggunakan perangkat Apple, terlebih dahulu kita harus punya sebuah ID sebagai alat akses. Pada HMS, hal tersebut juga dibutuhkan dan menjadi persyaratan utama.

Jadi, sama seperti ketika kita membuat akun Google atau Apple ID, terlebih dahulu kita juga harus mendaftar dan memiliki Huawei ID jika ingin memaksimalkan fungsi HMS. Dengan Huawei ID, pengguna bisa sync data pribadi, kontak, calendar, pesan, backup data, menyimpan data-data penting seperti sandi WIFI, dan lain sebagainya.

2. Huawei Browser

Setiap smartphone Huawei sudah dibekali dengan sebuah perambah bernama Huawei Browser. Browser merupakan salah satu aplikasi yang sangat penting, karena dapat digunakan untuk banyak hal. Mulai dari browsing, download aplikasi ataupun musik dan game, bisa digunakan untuk membuat atau membuka email, dan dapat juga dimanfaatkan untuk mengakses berbagai layanan.

Sejumlah keunggulan Browser Huawei diantaranya adalah:

  • Relatif cepat ketika digunakan untuk surfing
  • Menyediakan Breaking News yang dapat disesuaikan dengan negara pengguna
  • Menyediakan fitur shortcut yang akan memudahkan user mengakses dan situs-situs favorit mereka, dan
  • Ini, merupakan salah satu pilihan Browser yang aman untuk digunakan menjelajahi berbagai web dan blog
BACA JUGA :  Xiaomi Resmi Rilis Pocophone F1, Dengan Prosesor Snapdragon 845 !

3. Huawei Assistant

Lebih dari satu dekade silam, sebelum teknologi berkembang seperti saat ini, jamak kita lihat seseorang pergi ke kampus, kantor, atau ke mana saja, dengan membawa tas berat yang penuh perlengkapan. Mulai dari buku catatan, dokumen, alat tulis, ponsel (alat komunikasi), hingga musik portable.

Namun di era modern ini, kondisi tersebut sudah jauh berubah. Kini, pergi ke kantor, kuliah, atau kemanapun, banyak orang yang hanya berbekal gadget dan dompet saja. Karena, gadget seperti smartphone bisa dijadikan sebagai pengingat acara, membuat schedule, belanja online, bisa berfungsi sebagai music player, notebook atau tempat membuat dan menyimpan dokumen, bisa digunakan untuk alat komunikasi serba bisa, browsing internet, menerima dan berkirim email, bermain game, hingga menonton film atau streaming TV dan video.

Singkatnya, sebuah smartphone di era modern ini berfungsi layaknya asisten pribadi yang serba bisa. Karena perangkat ini tidak hanya dapat digunakan sebagai alat komunikasi saja, tapi juga bisa difungsikan sebagai pengingat meeting, perekam aktivitas, pencatat jadwal, membantu transaksi online atau transfer uang, hingga meningkatkan produktivitas kerja.

Di smartphone Huawei yang sudah terinstall HMS, kini tersedia Huawei Assistant yang berfungsi layaknya Google Assistant. Kehadiran Huawei Assistant, akan membuat pengguna lebih mudah mencari informasi yang mereka butuhkan, lebih mudah memerintah atau berkomunikasi dengan smartphone mereka, dan akan lebih mudah mengakses berita teraktual mengenai saham hingga kegiatan olahraga.

4. Huawei Mobile Cloud

Teknologi cloud adalah gaya hidup modern yang sulit untuk diabaikan begitu saja. Betapa tidak, dengan adanya ruang penyimpanan cloud, kita bisa memiliki storage yang fleksibel dan dapat diakses kapan saja atau dari mana saja (selama ada jaringan internet). Di cloud storage, kita bisa menyimpan data-data seperti dokumen, musik, film, foto, e-book, berbagi file dalam bentuk software maupun aplikasi, dan masih banyak yang lainnya.

Huawei Mobile Cloud akan memudahkan pengguna Huawei untuk menyimpan file, data, hingga informasi penting secara online agar bisa diakses dari berbagai macam perangkat, khususnya smartphone.

Pengguna HMS, secara otomatis akan memperoleh ruang penyimpanan cloud gratis sebesar 5 GB. Ruang penyimpanan tersebut akan terintegrasi secara otomatis dengan Huawei ID sebagai kunci akses. Seperti yang telah disampaikan di atas, ruang penyimpanan ini berfungsi sebagai tempat menyimpan informasi kontak, kalender, foto maupun video, catatan yang kita buat di smartphone Huawei, dan lain sebagainya.

Jika ruang penyimpanan tersebut sudah penuh atau Anda rasa kurang, Anda bisa dengan mudah membeli dan menambah kapasitas penyimpanan hingga 2 TB (terabyte).

Selain memudahkan kita untuk menyimpan ataupun mengakses data, Huawei Cloud juga akan membantu kita mengamankan berbagai file atau data penting. Pasalnya, setelah memiliki Huawei ID Anda tak perlu lagi khawatir apabila lupa bawa hp ke kantor atau mengalami kerusakan dan kehilangan smartphone.

Karena data-data yang tersimpan di Huawei Cloud dapat Anda akses kapanpun dan dari manapun dengan menggunakan Huawei ID yang telah Anda miliki. Ini juga akan memudahkan Anda ketika akan bermigrasi atau mengupgrade smartphone. Karena semua kontak, catatan, ataupun foto dan video yang ada di smartphone lama bisa langsung di-restore di hp Huawei baru yang Anda beli.

5. Huawei Music

Banyak orang yang merasa tak bisa hidup tanpa musik. Karena musik merupakan salah satu sumber hiburan yang dapat membantu mengurangi stres, merilekskan pikiran dan tubuh, membuat suasana hati jadi lebih baik, serta masih banyak manfaat mendengarkan musik lainnya.

Karena banyak orang sangat mengandalkan musik dalam hidup mereka maka, Huawei pun menyediakan layanan streaming musik bernama Huawei Music untuk setiap perangkat yang telah menginstall HMS.

Layanan ini akan memudahkan pengguna untuk mengakses musik-musik dari artis populer, serta memutar musik sesuai dengan suasana hati, genre, wilayah, atau favorit mereka.

Salah satu kelebihan Huawei Music yang sangat menarik adalah, layanan ini menyediakan fitur Party Mode yang memungkinkan pengguna untuk mendengarkan musik atau memutar trek yang sama secara bersamaan di smartphone yang berbeda. Sehingga, pengguna bisa mendengarkan musik secara bersama-sama dengan pasangan atau kekasih mereka sekalipun terpisah jarak dan waktu.

BACA JUGA :  Buktikan Komitmen di Indonesia, Infinix Produksi Hot S3 di Cikarang

6. Huawei Video

Meskipun belum tersedia secara global dan masih secara eksklusif diperuntukan bagi pemilik ID Huawei di wilayah Spanyol dan Italia, namun cepat atau lambat Huawei Video pasti akan tersedia secara global.

Apa sih, Huawei Video itu? Bagi Anda yang bertanya-tanya, ini adalah layanan streaming video layaknya YouTube yang dapat digunakan untuk mengakses video olahraga seperti sepak bola, film, video pendek atau video klip, hingga TV online.

7. Huawei Quick App

Kehadiran Huawei Quick App adalah salah satu yang telah lama dinanti-nanti oleh para pengguna Huawei mobile. Betapa tidak, dengan aplikasi ini, para pengguna tak perlu lagi repot-repot mengunduh dan menginstall aplikasi di ponsel.

Ya, layanan ini berfungsi layaknya aplikasi cloud yang jamak kita temukan di era modern seperti yang diterapkan pada Adobe CC, Microsoft 365, Google Docs, atau aplikasi sejenisnya.

8. Petal Search Widget

Petal Search Widget menghadirkan pengalaman pencarian alternatif yang menempatkan dan mengumpulkan informasi, memberikan hasil akurat dan relevan bagi setiap pengguna untuk memungkinkan mereka mempersonalisasikan keinginan sepenuhnya dan mengatur pengalaman penggunaan smartphone mereka.

Petal Search Widget saat ini telah mendukung lebih dari 40 bahasa dan tersedia di 45 negara dan area, serta ke depannya direncanakan untuk hadir di berbagai negara lainnya. Find Apps saat ini sudah dapat diunduh dengan mudah di AppGallery dengan memasukan kata kunci ‘Petal Search – Find Apps’ pada kolom pencarian.

9. Huawei Themes

Dengan menggunakan Huawei Themes, pengguna dapat menciptakan tampilan yang dipersonalisasi untuk ponsel mereka dengan desain yang trendi dan seni tinggi, dengan menggunakan puluhan ribu tema, font, dan wallpaper yang telah tersedia di Huawei Themes.

Pengguna dapat melakukan beragam personalisasi sesuai yang diinginkan untuk tampilan Lockscreen, Icon, Wallpaper hingga Font. Selain itu Huawei Theme juga akan memberikan berbagai rekomendasi Tema sesuai dengan musim ataupun gaya penggunanya.

HMS Kini Sudah Mendukung Aplikasi Lokal

Informasi penting lainnya yang perlu Anda tahu mengenai HMS adalah tentang kehadiran aplikasi lokal di AppGallery, sesuai dengan wilayah atau asal negara pengguna. Kita yang tinggal di Indonesia misalnya, kini bisa menikmati aplikasi perbankan, digital payment, e-commerce, aplikasi traveling, ekspedisi, hiburan, berita, operator telekomunikasi, hingga kuliner.

Karena di AppGallery, kini telah tersedia aplikasi-aplikasi yang mendukung gaya hidup modern seperti, aplikasi Akulaku, BCA, Go Mobile CIMB Niaga, Kredinesia, Permata Mobile, DANA, ID DBS, TunaiKita, AdaKami; aplikasi e-commerce seperti Shopee, Bukalapak, Blibli, JD ID, Tokopedia, Lazada, Mitra Tokopedia, JakartaNotebook, iLotte, Tokopedia Seller App; Traveloka, KAI Access, Garuda Indonesia, UseeTV, LangitMusik, RCTI Plus, JOOX, Video, Maxstream, dan berbagai macam aplikasi penting lainnya.

HMS Core untuk Developer

Bagi Anda para pengembang atau developer (game, aplikasi, e-commerce, dan lain sebagainya), Huawei membuka pintu selebar-lebarnya bagi Anda untuk ikut berpartisipasi menambah koleksi AppGallery yang telah digunakan oleh lebih dari 570 juta pengguna aktif di 170 negara dan wilayah setiap bulannya.

Huawei juga dikabarkan bekerja sama dengan Oppo, Xiaomi, hingga Vivo, dalam mengembangkan aplikasi terpadu yang dapat diakses melalui berbagai smartphone dari brand-brand yang telah disebutkan dan mendistribusikannya melalui OEM.

Kesempatan ini tentu tak boleh Anda lewatkan begitu saja karena bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan dan memperluas jangkauan pengguna aplikasi Anda, dapat dimaksimalkan untuk meraup keuntungan, serta bisa juga digunakan untuk meningkatkan skill.

Untuk memudahkan para Developer dalam membuat atau mengembangkan aplikasi, Huawei telah menyediakan HMS Core. Di dalam Core ini terdapat berbagai tools yang meliputi API dan SDK serta tools lainnya seperti location detector (GPS), face detection, ads, pembelian aplikasi, text recognize, dan masih banyak yang lainnya.

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Advertisement

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement