Ingin Hasilkan Foto Landscape Lebih Menakjubkan dengan Hape realme? Ikuti Tips ini!

Trenteknologi.com – Fotografi lanskap adalah salah satu genre yang sangat menarik untuk dijelajahi, terutama dengan menggunakan smartphone realme sebagai alat fotografi. Dengan kemajuan teknologi kamera pada ponsel pintar seperti realme, semakin mudah bagi para fotografer, baik pemula maupun yang sudah berpengalaman, untuk menangkap keindahan alam dalam berbagai momen.

Salah satu keunggulan realme dalam fotografi lanskap adalah kemampuan kamera yang mumpuni, dilengkapi dengan berbagai fitur dan teknologi canggih seperti ultra wide-angle lens, mode malam yang memukau, serta kemampuan untuk menghasilkan detail yang tajam dan warna yang hidup. Dengan realme, para fotografer dapat menangkap panorama alam dengan sudut pandang yang luas, memungkinkan mereka untuk mengabadikan pemandangan yang luas dan indah dengan lebih mudah dan cepat.

Bagi Anda yang ingin menjelajahi hobi ini, tentu mereka harus memahami dasar-dasar teknik fotografi Landscape. Hal ini dilakukan agar hasil fotografi maksimal dan memiliki nilai estetika yang tinggi. Untuk lebih jelasnya, simak tips dan triknya di bawah ini.

Pengertian Landscape
Fotografi Landscape adalah genre fotografi yang memanfaatkan alam dan lingkungannya sebagai objek. Bagi setiap fotografer, mengambil gambar dengan tema pemandangan alam akan memberikan kepuasan tersendiri.

Selain memiliki banyak objek yang tersedia dan tak terbatas, Anda juga dapat memberikan kesan kesejukan. Tidak sedikit tempat yang memberikan kesan unik untuk ditampilkan. Jadi tidak mengherankan banyak fotografer yang bersedia berburu objek unik dari lingkungan alam.

Pada dasarnya, mengambil gambar pemandangan alam itu mudah. Seseorang hanya perlu menyiapkan kamera dan kemudian mencari pemandangan alam yang bagus. Setelah itu, tinggal diabadikan dalam bentuk foto.

Fotografi Landscape dapat dikategorikan menjadi 5 kategori, yaitu:

1. Fotografi Representasi Landscape
Dalam jenis fotografi ini, apa yang Anda lihat adalah apa yang Anda dapatkan. Biasanya fotografer tidak melakukan apapun pada pemandangan Landscape, hanya memotret keindahan alam yang sebenarnya. Anda perlu memperhatikan cahaya dan cuaca saat memotret agar foto Anda terlihat mengesankan. Anda juga dapat menambahkan filter untuk membuat foto Anda lebih halus seperti lukisan.

BACA JUGA :  Rekomendasi Hape Rp 1 Jutaan dari realme C Series yang Bisa Jadi Pilihan Terbaik

2. Foto Landscape Impresi
Jenis foto ini biasanya menggunakan teknik yang bertujuan untuk menciptakan gambar yang memiliki emosi dan aktivitas. Jenis fotografi ini biasanya subjektif karena setiap orang yang melihatnya memiliki persepsi yang berbeda. Jenis fotografi ini masih termasuk dalam foto Landscape karena objek yang diambil adalah keindahan alam.

3. Foto Abstrak Landscape
Dalam fotografi Landscape juga bisa menampilkan pola dan bentuk yang terbuat dari alam. Selain itu, tidak selalu harus pemandangan alam, bisa juga perkotaan dan bangunan yang dapat memberikan garis, dan sudut dalam membuat foto.

4. Foto Landscape Pedesaan
Biasanya foto ini menggambarkan pemandangan di mana tidak ada manusia. Sebagian besar foto-foto ini diambil di luar daerah perkotaan, seperti di lapangan atau daerah pertanian dan perkebunan.

5. Foto Landscape Lautan
Jenis foto ini menunjukkan pemandangan pantai atau samudra yang luas. Biasanya foto Anda akan terlihat lebih berkesan ketika daratan dan laut bertemu. Bisa juga terjadi interaksi dengan aktivitas manusia di dalamnya.

Teknik Fotografi Landscape

Apakah Anda tahu teknik hebat untuk menghasilkan foto Landscape yang menakjubkan? Tentu saja, seorang fotografer harus memahami teknik yang seharusnya dilakukan.

Berikut adalah beberapa teknik pemotretan Landscape yang dapat dipraktikkan:

1. Ciptakan Visibilitas Maksimum
Mungkin Anda ingin menjadi kreatif dari waktu ke waktu dengan menggunakan bidang pandang yang lebih sempit. Namun pastikan bahwa jumlah objek yang tertangkap tetap berada pada titik fokus yang tepat.

2. Manfaatkan Lensa Ultra Wide Angle
Fotografer Landscape profesional cenderung menyukai penggunaan lensa wide-angle. Hal ini karena jarak pandang dan ruang untuk mengambil foto juga lebih besar. Fungsi dari lensa wide angle sendiri adalah untuk menangkap objek yang luas dalam jarak dekat atau ruang kecil. Ciri khas dari lensa ini adalah membuat objek terlihat lebih kecil dari ukuran aslinya.

3. Manfaatkan Penggunaan Filter Secara Maksimal
Agar gambar lebih estetis dan baik, manfaatkanlah dua filter utama dalam foto Landscape. Filter polarisasi berfungsi untuk menyeimbangkan warna langit yang gelap dan awan putih. Sedangkan filter Neutral Density (ND) berfungsi untuk mencegah pencahayaan yang berlebihan. Filter ini sangat berguna saat Anda sedang memotret dalam cuaca yang cerah.

BACA JUGA :  realme C63 Meluncur di Indonesia, Harga Rp 1 Jutaan dengan Desain Premium!

4. Manfaatkan Objek yang Bergerak
Banyak orang berpikir bahwa pemotretan Landscape menggunakan pemandangan alam yang tenang sebagai objeknya. Pada dasarnya, cakupan foto Landscape tidak hanya itu. Ini juga mencakup objek yang bergerak, seperti ombak di pantai, angin yang bertiup, air terjun, sungai yang mengalir, gerakan awan, burung terbang, dan sebagainya.

5. Manfaatkan Pantulan dari Air
Kombinasi air dengan pencahayaan yang baik akan memberikan pantulan indah dari pemandangan. Perhatikan waktu yang tepat untuk menghasilkan foto pantulan yang bagus, yaitu pada dua jam emas. Waktu ini adalah setelah matahari terbit dan sebelum matahari terbenam. Jangan lupa bawa tripod saat memotret agar gambar yang dihasilkan lebih tajam.

6. Pilih Komposisi Warna yang Tepat
Percaya atau tidak, warna dapat mengubah cara seseorang menafsirkan sebuah gambar. Tidak banyak orang yang menyadari bahwa warna cahaya sebenarnya bergeser secara signifikan. Ini terjadi sepanjang hari. Seorang fotografer yang baik harus memperhatikan hal ini secara seksama. Dengan teknik yang tepat, dia dapat memanipulasi perbedaan warna yang mungkin timbul. Jika ini dipertimbangkan dengan baik, hasil foto Landscape akan bermakna dan indah.

7. Tentukan Area Titik Fokus
Pada dasarnya, setiap proses pemotretan memerlukan titik fokus atau area fokus. Dalam fotografi Landscape, gambar akan terlihat seperti kertas kosong tanpa titik fokus. Menyajikan titik fokus dalam sebuah gambar Landscape dapat berupa berbagai bentuk, misalnya pohon yang menonjol dari yang lain, bangunan tua, batu besar, dan sebagainya. Pikirkan juga bagaimana titik fokus ditempatkan dalam foto Anda.

Tips untuk Membuat Foto Landscape Lebih Menakjubkan

1. Aktifkan Grid
Aktifkan grid untuk menampilkan batas sepertiga di seluruh bingkai. Grid memungkinkan Anda mengkomposisi foto dengan lebih efektif, terutama jika Anda kesulitan memutuskan bagaimana cara mengkomposisinya. Usahakan dengan meletakkan subjek yang menarik sepanjang garis atau di titik pertemuan mereka. Struktur ini dapat membantu menyampaikan bentuk kepada penonton dan menjaga pusat foto dalam pikiran.

BACA JUGA :  Cari Hape dengan Kamera 4K? Ini Daftar Hape realme dengan Kamera 4K Termurah

2. Cari Foreground yang Baik
Salah satu pilihan yang bagus sebagai titik fokus adalah foreground atau objek di depan. Tidak jarang foreground juga dapat menjadi POI (Point of Interest) dalam sebuah foto. Oleh karena itu, carilah foreground yang baik saat memotret objek di Landscape.

3. Pilih Tanah atau Langit
Atmosfer langit saat matahari terbit atau terbenam akan membuat pemotretan Landscape lebih menakjubkan. Namun, Anda juga perlu menentukan apakah horizon akan ditempatkan sedikit di bawah untuk menyertakan sebagian besar langit atau sebaliknya. Sedangkan jumlah tanah yang disertakan dalam foto ditentukan oleh lokasi horizon di atas. Tidak peduli sebagus apa atmosfer langit dan tanahnya, pastikan Anda menentukan lokasi horizon sesuai.

4. Cari Pola atau Garis Pemandu
Anda dapat mencari pola atau garis tertentu untuk menjadi titik fokus yang menakjubkan dalam bidikan Landscape. Tidak jarang hal ini bahkan menjadi titik minat dalam fotografi Landscape. Garis akan menggambarkan kedalaman ruang atau rasa skala. Ada berbagai garis dan pola yang dapat digunakan, seperti garis pantai, garis horizon, sawah bertingkat, dan bukit. Gunakan komposisi dan sudut yang tepat agar pola dan garis pemandu lebih kuat.

5. Tidak Terpaku pada Satu Sudut
Tidak jarang seseorang begitu terpaku pada satu sudut pandang atau sudut mainstream. Misalnya, ketika Anda mengunjungi suatu tempat yang memiliki banyak foto menggunakan sudut yang sama. Padahal, ada banyak cara yang dapat dieksplorasi untuk menghasilkan sudut pandang baru. Anda tidak harus selalu menggunakan sudut pandang mata, cobalah menggunakan sudut pandang lain seperti sudut pandang pinggang, sudut rendah, dan sudut tinggi. Juga tidak harus menggunakan orientasi horizontal, sesekali coba gunakan orientasi vertikal.

Ulasan tentang foto Landscape di atas dapat menjadi referensi Anda saat memotret Landscape alam menggunakan realme. Pada dasarnya, genre fotografi ini akan menghasilkan karya yang menakjubkan ketika seseorang menggunakan teknik yang baik dan benar.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Tips Menghasilkan Foto Potrait Berkualitas dengan Kamera realme

Next Post

realme Note 50 Dapat Respon Positif, Terjual Lebih dari 20 Ribu Unit!

Related Posts
Total
0
Share