Ini Alasan Kenapa realme C30s Jadi Hape Canggih Sejutaan yang Wajib Dimiliki

realme C30s adalah smartphone terjangkau di segmen entry-level yang menghadirkan desain tipis 8,5 mm, prosesor Octa-Core, layar 6,5 inci, baterai 5000 mAh, dan menjadi smartphone dengan pemindai sidik jari pertama di kelasnya.

Trenteknologi.com – realme secara resmi telah meluncurkan satu lagi smartphone seri C di Indonesia yaitu realme C30s dan merupakan varian yang ditingkatkan dari realme C30 yang telah diluncurkan lebih dulu di Indonesia. Ponsel ini adalah smartphone terjangkau di segmen entry-level yang menghadirkan desain tipis 8,5 mm, prosesor Octa-Core, layar 6,5 inci, baterai 5000 mAh, dan menjadi smartphone dengan pemindai sidik jari pertama di kelasnya.

Jadi bagaimana kesan kami selama menggunakan smartphone terbaru realme ini? Inilah kesan kami selama mencoba realme C30s secara langsung selama beberapa hari.

Layar Luas 6.5 Inci dengan Warna dan Kecerahan yang Baik

realme C30s hadir dengan desain layar mini-drop berukuran 6.5 inci dengan resolusi 720×1600. Pada bagian mini-drop menjadi tempat untuk menampung modul kamera depan beresolusi 5MP. Sebagai hape dengan harga sejutaan, layar yang dimilikinya terbilang cukup luas berkat screen-to-body Ratio mencapai 88.7%.

Pada awalnya kami tidak berharap banyak dengan kualitas layar dari ponsel yang dibandrol dengan harga sejutaan ini. Namun setelah kami menggunakannya beberapa hari, kami sangat puas pada saat menggunakannya untuk menonton berbagai jenis konten dan konten yang ditampilkan pada layar hape realme ini luar biasa.

Kami melihat dari segi warna yang ditampilkan pada layarnya, warnanya juga sangat akurat dan performa layarnya juga terasa halus serta responsif. Berkat kecerahan hingga 400 nits juga membuat layar dari hape realme terbaru ini cukup cerah untuk penggunaan di luar ruangan, kami masih bisa melihat layar dengan baik bahkan dibawah sinar matahari. Bahkan di dalam ruangan, kami masih bisa melihat layar dengan baik tanpa harus meningkatkan pengaturan kecerahan layar secara maksimal.

BACA JUGA :  realme GT 6 Resmi Rilis di Indonesia, Hadirkan Rangkaian Fitur Kelas Flagship dengan Teknologi AI

Desain Minimalis yang Anti-Slip dan Tidak Meninggalkan Sidik Jari 

Menurut kami desain adalah salah satu aspek terbaik dari realme C30s ini. Hape kelas entry-level membutuhkan daya tarik untuk terlihat menarik, dan realme melakukannya di sini melalui desainnya. Ponsel ini memiliki dimensi desain yang sangat ramping dengan ketebalan hanya 8.5mm dengan bobot yang juga cukup ringan hanya 186 gram.

realme C30s hadir dengan 2 pilihan warna yaitu Stripe Black yang kami gunakan saat ini, dan juga pilihan warna Stripe Blue. Ponsel ini dikemas dalam balutan desain minimalis yang mengesankan, dengan desain  membuatnya dapat memberi cengkeraman sangat baik pada saat digenggam dan juga tidak meninggalkan sidik jari. Di bagian belakang, terdapat modul kamera utama beresolusi 8MP yang dibalut dalam bodi berbahan material polikarbonat, terlihat bagus dan terasa sangat kokoh pada saat digenggam.

Lalu pada sisi samping kanan terdapat tombol power yang juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari yang merupakan fitur pertama di smartphone sejutaan dan juga terdapat tombol pengaturan untuk volume. Di sisi samping kiri terdapat slot untuk SIM Card, sedangkan di sisi bawah terdapat port Micro USB, 3.5mm headphone jack, speaker, dan juga mikrofon. 

Baterai Besar yang Tahan Seharian

realme C30s hadir dengan baterai besar 5000mAh, yang merupakan daya standar untuk smartphone di kisaran harga ini. Baterai dapat diisi dengan pengisi daya 10W yang sudah disertai pada paket penjualan.

Terdapat fitur canggih seperti Ultra Saving Mode untuk mengoptimalkan penggunaan daya baterai, yang ketika diaktifkan akan memberikan waktu penggunaan menjadi lebih lama. Baterai 5% dapat bertahan selama 16.5 jam standby, atau 1.5 jam telepon, atau 3.8 jam jika digunakan untuk mendengarkan Spotify.

BACA JUGA :  realme 12 5G Turun Harga! Tawarkan Cashback Rp 400 Ribu

Performa Mumpuni di Kelasnya dengan Prosesor Octa-Core

realme C30s dibekali dengan prosesor Octa-Core yang cukup bertenaga untuk kelasnya. Ponsel ini hadir dalam dua varian RAM dan penyimpanan internal yaitu RAM 3 GB + 3 GB dengan penyimpanan internal 32 GB dan varian teratas yaitu RAM 4 GB + 4 GB dengan penyimpanan internal 64 GB, penyimpanan dapat diperluas melalui kartu microSD dengan kapasitas hingga 1TB pada kedua varian.

Di sisi kinerja, kinerjanya cocok untuk penggunaan sehari-hari, Anda dapat menggunakannya untuk menelepon, mengirim pesan, menonton video, bermain game ringan, mendengarkan musik, dan sebagainya. Kami juga melakukan pengujian performa pada smartphone ini dengan menggunakan beberapa aplikasi Benchmark untuk mengetahui skor performa yang didapatkan secara akurat.

  • 3D Mark (Sling Shot Extreme) : 434
  • GeekBench 5 : 127 (Single Core) – 475 (Multi Core)

Untuk mendukung kinerjanya agar menjadi lebih mulus, realme C30s berjalan pada sistem realme UI Go Edition yang berbasis Android 12 terbaru, antarmuka telah disesuaikan oleh realme untuk kinerja dan keamanan yang baik dengan Android Security Update tertanggal 5 Desember 2022. Terdapat juga beberapa fitur berguna seperti Ultra Saving Mode untuk masa pakai baterai lebih lama.

Sebagai smartphone dengan sidik jari pertama di segmen sejutaan, kinerja pemindai sidik jari yang dimiliki oleh realme C30s ini juga sangat baik. Pada saat kami mencoba pemindai sidik jarinya untuk membuka kunci, responnya sangat cepat bahkan diklaim oleh realme memiliki tingkat akurasi hingga 99% dengan kecepatan buka kunci hanya 0.58 detik saja.

BACA JUGA :  realme 13 Pro Series 5G Bakal Hadir dengan Teknologi AI Imaging Terbaru

Kamera Dengan Kualitas Foto Bagus di Segmen Harganya

realme C30s hadir dengan satu kamera utama 8MP di bagian belakang dan kamera selfie 5MP di bagian depan. Walaupun hanya dibekali dengan kamera utama bersensor 8MP, namun menurut kami kualitas foto yang dihasilkan terbilang bagus untuk smartphone di segmen ini, detail gambar dan juga warna yang ditampilkan juga masih cukup baik dan jelas.

Gambar yang diambil dalam kondisi cahaya redup juga cukup menarik meski dengan sedikit hambatan seperti masalah saturasi dan warna yang tidak terlalu bagus namun tetap ideal untuk ponsel dengan harga sejutaan ini. Pada Night Mode, kamera smartphone terbaru realme ini juga berhasil menangkap gambar dengan dinamika yang jauh lebih luas, lebih sedikit noise dan sedikit detail serta warna yang bagus.

Kesimpulan

realme C30s adalah smartphone entry-level yang terjangkau dari realme dan hadir dengan desain yang bagus, dengan ketebalan yang ramping dan ringan, fitur pemindai sidik jari samping, CPU Octa-Core yang bertenaga, dan baterai besar 5000 mAh dalam dua pilihan warna, Stripe Blue dan Stripe Black, dan akan dijual dengan harga Rp1.399.000 (3GB+3GB*|32GB) dan Rp1.599.000 (4GB+4GB*|64GB).

realme C30s adalah smartphone entry-level yang bagus di kisaran harga ini dan dapat dipertimbangkan jika Anda mencari sebuah smartphone dengan harga sejutaan dengan desain dan fitur yang luar biasa.

Total
0
Shares
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Samsung Perkenalkan ISOCELL HP2, Sensor Kamera 200 Megapiksel untuk Fotografi Resolusi Tinggi

Next Post

Laptop Acer Nitro 5 12th Gen Terbaru dengan Desain Lebih Gres, Performa Ngebut Abis

Related Posts
Total
0
Share