Laptop Acer Nitro 5 12th Gen Terbaru dengan Desain Lebih Gres, Performa Ngebut Abis

Acer Nitro 5 12th Gen atau Acer Nitro 5 (AN515-58) terbaru ini sudah mendapatkan sejumlah pembaruan khususnya dari segi komponen hardware dibandingkan pendahulunya. Contohnya, 12th Generation Intel® Core™ Processors terbaru, serta GPU NVIDIA® GeForce® RTX 30 series versi paling terbaru.

Trenteknologi.com – Mengawali tahun 2023, sejumlah brand laptop telah meluncurkan perangkat terbaru mereka di Indonesia. Acer Indonesia pun tidak ketinggalan dengan salah satu line laptop yang mereka miliki yaitu Nitro 5 (AN515-58). Acer Nitro 5 (AN515-58) terbaru ini sudah mendapatkan sejumlah pembaruan khususnya dari segi komponen hardware dibandingkan pendahulunya. Contohnya, 12th Generation Intel® Core™ Processors terbaru, serta GPU NVIDIA® GeForce® RTX 30 series versi paling terbaru.

Acer Nitro 5 (AN515-58) terbaru ini menawarkan dua pilihan dari 12th Generation Intel® Core™ Processors Yaitu Intel® Core™ i7-12700H Processor dan Intel® Core™ i5-12500H Processor. Tak hanya prosesor, tersedia 3 varian GPU yaitu NVIDIA® GeForce® RTX 3060 dengan GDDR6 VRAM berkapasitas 6GB, NVIDIA® GeForce® RTX 3050 Ti, dan NVIDIA® GeForce® RTX 3050.

Semua varian prosesor dan kartu grafis Acer Nitro 5 (AN515-58) memiliki spesifikasi yang hampir sama. Pastinya, perbedaan tersebut hanya terdapat pada kartu grafis, prosesor dan harga jual di pasaran.

Berkat pembaruan hardware tersebut, Acer Nitro 5 (AN515-58) ini memang ditujukan untuk gamers casual yang membutuhkan laptop gaming mumpuni dalam merasakan pengalaman gaming yang maksimal. Lalu, seperti peningkatan performa dari Acer Nitro 5 (AN515-58) terbaru ini?

Untuk itu kami akan melakukan sejumlah pengujian dari Acer Nitro 5 (AN515-58) terbaru dengan varian Intel® Core™ i5-12500H Processor dan GPU NVIDIA® GeForce® RTX 3050.

Desain dengan Tingkatan Lebih Gres

Pada bagian sasis Acer Nitro 5 (AN515-58) varian Intel® Core™ i5-12500H Processor dan GPU NVIDIA® GeForce® RTX 3050 ini telah disempurnakan dengan kehadiran pendinginan kipas ganda, saluran masuk ganda yang letaknya berada di atas dan bawah, dan desain port quad-exhaust.  Exhaust ini bekerja dengan dua kipas pendingin Acer untuk untuk menjaga suhu laptop tetap stabil. Melalui sistem pendingin tersebut, proses pendinginan pada laptop ini berjalan optimal, sekaligus menghindari terjadinya penurunan performa.

Sistem pendingin tersebut dapat dikustomisasi melalui software NitroSense. Mulai dari kecepatan kipas, pencahayaan, dan lainnya untuk memberikan sistem pendingin optimal hingga 25% airflow.

Quad-exhaust atau empat exhaust ini merupakan tempat udara keluar masuk yang ditempatkan pada bagian belakang laptop. Masih di bagian belakang, terdapat pula port sebuah port USB 3.2 Gen 2 sekaligus port untuk charger, dan satu port USB Type-C™ port (USB 3.2 Gen 2) (Thunderbolt 4).

Terdapat pula beberapa port seperti port Ethernet (RJ-45), HDMI 2.1, sebuah port USB 3.2 Gen 1, satu port USB 3.2 Gen 2 yang dibubuhi di sisi kanan dan kiri laptop. Beralih ke bagian depan laptop, terbentang layar seluas 15,6 inci beresolusi FHD dengan refresh rate tinggi hingga 165 Hz dan response time 3ms terbentang di bagian depan laptop gaming ini.

Ketika digunakan bermain game ataupun menonton video, bahkan untuk rutinitas lainnya, layar ini memang terbukti menyuguhkan kualitas visual yang tinggi dan sangat nyaman dipandang mata, meski seharian.

BACA JUGA :  Yup dan Bank Raya Permudah Jutaan Masyarakat Indonesia ke Perbankan Digital

Tepat di bawah layar, dibubuhi touchpad dan keyboard RGB 4 zona yang bisa dikustomisasi melalui hotkey NitroSense khusus. Tombol WASD dan panah juga mendapatkan sentuhan yang berbeda untuk memberikan visibilitas yang lebih baik. Jadi saat bermain game, mengetik dokumen, browsing dan kegiatan lainnya jauh lebih nyaman dengan keyboard ini karena lebih responsif dan empuk.

Menengok bagian atas laptop terdapat logo Acer berwarna hitam pekat. Tak hanya logonya saja, sekujur body laptop masih menggunakan warna hitam seperti pendahulunya.

Namun, laptop ini diberi sedikit sentuhan desain terbaru, seperti aksen garis-garis berwarna biru dan ungu. Inilah yang membuat Acer Nitro 5 (AN515-58) varian Intel® Core™ i5-12500H Processor dan GPU NVIDIA® GeForce® RTX 3050 ini nampak lebih gres.

Sementara di bagian bawah, dibalut casing yang mengusung desain upgradeable dengan dual slot SSD NVMe, dual slot RAM dan sebuah slot SATA. Dengan begitu, memudahkan Anda untuk lepas pasang casing bawah laptop, saat ingin upgrade komponen hardware. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu melepaskan bagian bawah sasis laptop.

Performa Super Ngebut Abis

Varian Intel® Core™ i5-12500H Processor kali ini memiliki kecepatan clock 4.50 GHz dan daya prosesor 45 W. Prosesor ini mempunyai 14 cores (6P-core + 8E-core) dan hingga 20 threads.

Didukung arsitektur baru yang inovatif mampu menyesuaikan core yang tepat dengan beban kerja yang tepat. Dengan begitu, software apapun yang berjalan di latar belakang tidak akan mengganggu permainan kami. Disamping itu, kami juga lebih leluasa saat mengobrol, menjelajah, streaming, mengedit, merekam, dan bermain tanpa henti.

Selain Prosesor, kartu grafis terbaru NVIDIA® GeForce® RTX 3050 ini mampu menyuguhkan visual gaming yang luar biasa. GPU ini memiliki arsitektur 2nd Gen RTX Ampere NVIDIA yang memberikan grafik ray-tracing paling realistis dan fitur AI mutakhir seperti NVIDIA DLSS.

BACA JUGA :  Cari Hape dengan Kamera 4K? Ini Daftar Hape realme dengan Kamera 4K Termurah

Dengan NVIDIA DLSS, kualitas gambar jadi lebih tajam serta meningkatkan kinerja laptop saat bermain game. Untuk meningkatkan pengaturan dan resolusi untuk pengalaman visual yang lebih baik, Anda juga bisa mengaturnya sendiri. Ditunjang ray-tracing dapat mensimulasikan cahaya dalam di dunia nyata ke dalam game untuk menghasilkan grafis nyaris seperti sungguhan.

Guna mendongkrak performanya, laptop ini juga disematkan RAM DDR4 yang dapat dengan mudah untuk di upgrade hingga kapasitas 32 GB. Sama halnya dengan SSD NVMe yang bisa diekspansi hingga 512GB dan HDD up to 1TB.

Semuanya dapat Anda upgrade dengan mudah, melalui casing bawah laptop. Berkat kombinasi ini memungkinkan software apapun, termasuk gaming terbuka dengan sangat cepat.

Guna mengurangi rasa penasaran kami atas pembaruan dari hardware laptop ini, kami mencoba bermain game AAA. Game yang kami mainkan kali ini adalah Call of Duty: Modern Warfare II dan Marvel’s Spider-Man Remastered.

Berkat kerjasama yang apik antara prosesor, kartu grafis, dan storage yang sempurna, game Call of Duty: Modern Warfare II dan Marvel’s Spider-Man Remastered disapu bersih oleh Acer Nitro 5 (AN515-58). Kedua game AAA tersebut berjalan mulus dan tanpa lag dengan tampilan lebih halus.

Didukung DTS:X® Ultra dan dua speaker 2W, suara menjadi jernih dan dapat disajikan dalam 3D spatial soundscape. Dengan begitu, Anda bisa mendengar arah pergerakan lawan dalam game dengan presisi yang tepat. Terlebih lagi, ketika adegan baku tembak dalam bermain game Call of Duty: Modern Warfare II, suara dentuman peluru terdengar lebih menggelegar, nyaris seperti sungguhan.

Sistem pendingin Dual-fan Cooling dan Quad-Exhaust pada laptop ini bekerja optimal. Terbukti dengan suhu laptop yang tetap normal ketika digunakan untuk gaming dan kegiatan lainnya selama hampir seharian.

Saat digunakan pun, seperti aktivitas untuk bermain game dan aktivitas lainnya seperti mengetik dokumen, menonton video atau film, sosial media dan berselancar internet, daya tahan baterai laptop ini cukup awet. Karena laptop gaming ini disokong baterai Li-ion berkapasitas 57.5Wh.

Ditopang teknologi Intel® Killer™ Ethernet  E2600 Controller, Intel® Killer™ Wi-Fi 6 AX1650i, dan Control Center 2.0, mampu menstabilkan koneksi internet dengan latensi rendah. Intel® Killer™ Ethernet E2600 dapat secara otomatis mendeteksi, mengklasifikasikan, dan memprioritaskan lalu lintas jaringan dan memastikan data yang paling penting dikirimkan dengan cepat dengan throughput 1Gbps.

BACA JUGA :  2 Hape realme Rp 3 Jutaan realme 12 5G dan realme 11 Pro 5G, Pilih Yang Mana?

Ditambah lagi dengan Intel® Killer™ Wi-Fi 6 AX1650i terbaru menggunakan channel 160Mhz, menghasilkan throughput hingga 2,4 Gbps dan kinerja mutakhir. Disertakan juga Killer Control Center 2.0 dengan tampilan antarmuka baru yang memungkinkan para gamer dan pengguna PC untuk menganalisis, mengoptimalkan, dan mengontrol kinerja jaringan PC mereka dengan mudah.

Dengan begitu tidak perlu khawatir terputus koneksi saat bermain game online, sosial media atau sekedar browsing internet.

Dari segi desain fisik, memang tak banyak yang berubah dari Acer Nitro 5 (AN515-58) varian Intel® Core™ i5-12500H Processor dan GPU NVIDIA® GeForce® RTX 3050 ini. Hanya diberi aksen garis-garis berwarna biru dan ungu sehingga terlihat lebih gres dari generasi pendahulunya. Sementara sekujur tubuhnya masih menggunakan warna hitam yang menjadi ciri khas dari Nitro Series.

Mengambil peran penting juga yakni hadirnya RAM DDR4 up to 32GB, SSD NVMe up to 512GB dan HDD up to 1TB. Semua komponen storage tersebut, dapat Anda upgrade dengan mudah, hanya dengan membuka sasis bawah laptop ini.

Kerjasama yang sangat baik antara Intel® Core™ i5-12500H Processor dan GPU NVIDIA® GeForce® RTX 3050 ini mampu meningkatkan kinerja laptop ketika bermain game dan menampilkan visual gaming yang lebih imersif.  Serta dukungan layar 15,6 inci beresolusi FHD dengan refresh rate tinggi hingga 165 Hz dan response time 3ms, membuat visual dalam game terlihat lebih detail, nyaris seperti di dunia nyata.

Acer Nitro 5 (AN515-58) terbaru dengan Intel® Core™ i5-12500H Processor dan GPU NVIDIA® GeForce® RTX 3050 sudah tersedia di Indonesia melalui Acer Official Store Indonesia secara online maupun offline dengan harga mulai dari Rp. 14.299.000. Dalam setiap pembelian Acer Nitro 5 (AN515-58) varian baru ini disertakan pula Windows 11 Home & Office Home & Student 2021 yang sudah siap digunakan.

Jadi, bagi Anda para gamer casual yang tertarik dengan Acer Nitro 5 (AN515-58), silahkan mengunjungi Acer Official Store Indonesia, terdekat dengan tempat tinggal Anda. Untuk pembelian online, Anda bisa mengunjungi Acer Online Store Indonesia di tautan berikut https://store.acer.com/en-id/nitro-5-an-515-58-i5-nh-qfhsn-002.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar produk terbaru Acer dan promo terkini, Anda bisa mengakses Acer eStore di https://store.acer.com/en-id/ dan www.acerid.com.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Ini Alasan Kenapa realme C30s Jadi Hape Canggih Sejutaan yang Wajib Dimiliki

Next Post

Bigetron Era Berhasil Menjuarai Mobile Legend Women’s Invitational 2023

Related Posts
Total
0
Share